Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Faktor Manusia Pendahuluan Aspek dalam sistem komputer ▫ Aspek hardware (Perangkat Keras) ▫ Aspek software (Perangkat Lunak) ▫ Aspek brainware (Manusia)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Faktor Manusia Pendahuluan Aspek dalam sistem komputer ▫ Aspek hardware (Perangkat Keras) ▫ Aspek software (Perangkat Lunak) ▫ Aspek brainware (Manusia)"— Transcript presentasi:

1

2 Faktor Manusia

3 Pendahuluan Aspek dalam sistem komputer ▫ Aspek hardware (Perangkat Keras) ▫ Aspek software (Perangkat Lunak) ▫ Aspek brainware (Manusia) Ketiga aspek harus saling bekerja sama agar sebuah sistem komputer dapat bekerja secara sempurna.

4 Pendahuluan Untuk dapat merancang sebuah sistem interaksi manusia dan komputer yang sempurna maka perancang tidak saja harus mengetahui aspek teknis dari sistem tersebut, tetapi juga harus mengerti bagaimana manusia mengolah dan menerima informasi dari komputer tersebut. Untuk tujuan diatas komputer biasanya dimodelkan dengan suatu kombinasi antara pengolah pusat dengan pengingat asosiatif serta pengontrol peranti masukan/keluaran sehingga komponen-komponen itu dapat saling berkomunikasi. Dengan memahami cara kerja komputer dan komponen- komponennya maka model yang kita inginkan akan dapat dirancang dengan benar.

5 Pendahuluan Mengapa perancang perlu memahami efek dari faktor manusia ? Jawabannya : Karena manusia mempunyai keterbatasan dalam memproses informasi. Manusia menerima informasi dan memberikan respon lewat saluran yang terbatas seperti visual, auditory, haptic dan movement, dan informasi disimpan di dalam memori yang berhubungan dengan perasaan kemudian informasi diproses dan diterapkan melalui penalaran, problem solving, dan skill dalam menanggani kesalahan.

6 Pendahuluan Kegiatan memodelkan manusia adalah kegiatan yang cukup sulit karena manusia mempunyai karakteristik seseorang dapat sangat berbeda dengan orang lain ditinjau dari keadaan dimana manusia lebih susah untuk diprediksi, kurang konsisten, dan kurang deterministic dibandingkan dengan komputer dan lebih menggunakan panca indera dalam merasakan dunia nyata. Panca indera manusia sebagai pengolah informasi : ▫ Mata berfungsi untuk melihat benda, ukuran, warna, bentuk, kepadatan, dan tekstur ▫ Telinga berfungsi sebagai input pendengaran, untuk mendengarkan nada, warna nada, pola titik nada, intensitas serta frekuensi ▫ Hidung berfungsi membedakan bau yang ada disekeliling ▫ Lidah sebagai indra perasa, untuk membedakan rasa manis, kecut, pahit, asin ▫ Kulit yang membungkus tubuh manusia, berfungsi untuk merasakan tekanan dan suhu Saluran output pada manusia antara lain : Jari-jari, tangan, mata dan suara.

7 Kecapakan Manusia dan Komputer Kecakapan ManusiaKecakapan Komputer EstimasiKalkulasi akurat IntuisiDeduksi logika KreatifitasAktifitas perulangan AdaptasiKonsistensi Kesadaran serempakMultitasking Pengolahan abnormal/perkecualianPengolahan rutin Memori asosiatifPenyimpanan dan pemanggilan kembali data Pengambilan keputusan non- deterministik Pengambilan keputusan deterministik Pengenalan polaPengolahan data Pengetahuan duniawiPengetahuan domain Kesalahan manusiawiBebas dari kesalahan

8 Istilah dalam Penglihatan/Visual Luminans ▫ Banyaknya cahaya yang dipantulkan oleh permukaan obyek ▫ Semakin besar luminans sebuah obyek, rincian obyek yang dapat dilihat oleh mata akan semakin bertambah. Diameter bola mata akan mengecil sehingga akan meningkatkan kedalaman fokusnya. Bertambahnya luminans sebuah obyek atau layar tampilan akan menyebabkan mata bertambah sensitive terhadap kedipan (flicker)

9 Istilah dalam Penglihatan/Visual Kontras ▫ Hubungan antara cahaya yang dikeluarkan oleh suatu obyek dan cahaya dari latar belakang obyek tersebut ▫ Selisih antara luminans obyek dengan luminans latar belakangnya dibagi dengan luminans latar belakang ▫ Nilai kontras dapat positif atau negative ▫ Nilai kontras positif akan diperoleh jika cahaya yang dipancarkan oleh sebuah obyek lebih besar dibanding yang dipancarkan oleh latar belakangnya ▫ Nilai kontras negatif dapat menyebabkan obyek yang sesungguhnya “terserap” oleh latar belakang, sehingga menjadi tidak nampak ▫ Obyek dapat mempunyai kontras negative atau positif tergantung dari luminans obyek itu terhadap luminans latar belakangnya

10 Istilah dalam Penglihatan/Visual Kecerahan ▫ Tanggapan subyektif pada cahaya ▫ Tidak ada kaitan dengan luminans dan kontras, namun luminans dapat berimplikasi pada kecerahan yang tinggi pula Sudut dan ketajaman penglihatan ▫ Sudut penglihatan (visual angle): sudut yang dibentuk antara obyek dengan mata ▫ Ketajaman penglihatan (visual acuity): sudut penglihatan minimum ketika mata masih dapat melihat sebuah obyek dengan jelas. ▫ Sudut penglihatan yang nyaman bagi mata adalah 15 menit dan dalam kondisi penglihatan yang buruk dapat dinaikkan sampai 21 menit.

11 Istilah dalam Penglihatan/Visual Medan penglihatan : sudut yang dibentuk ketika mata bergerak ke kiri terjauh dan ke kanan terjauh ▫ Daerah I adalah tempat kedua mata mampu melihat sebuah obyek dalam keadaan yang sama, disebut dengan penglihatan binokuler. ▫ Daerah II adalah tempat terjauh yang dapat dilihat oleh mata kiri ketika mata kiri kita digerakkan ke sudut paling kiri, disebut dengan penglihatan monokuler kiri. ▫ Daerah III, adalah tempat terjauh yang dapat dilihat oleh mata kanan ketika mata kiri kita digerakkan ke sudut paling kanan, disebut dengan penglihatan monokuler kanan ▫ Daerah IV, adalah daerah buta, yakni daerah yang sama sekali tidak dapat dilihat oleh kedua mata

12 Istilah dalam Penglihatan/Visual ▫ Daerah binokuler akan berada kira-kira sebesar 62 o sampai 70 o ▫ Daerah monokuler akan berada kira-kira sebesar 94 o sampai 104 o Medan penglihatan merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan ukuran layar tampilan atau tata letak tampilan dan peranti pengontrol yang akan digunakan untuk mendapatkan faktor pemanfaatan yang optimum I III II IV 62-70 94-104

13 Faktor Pembentuk Warna 1.Hue (Corak) : bentuk dari bermacam-macam warna dalam corak yang berbeda. Semakin tinggi nilai suatu corak, semakin cerah dan jelas warna yang ditampilkan 2.Intensity (Intensitas) : merupakan kecerahan dari suaru warna 3.Saturation (kejenuhan atau jumlah putih pada warna) : Semakin sedikit unsur putih dari suatu warna, semakin gelap warna itu. Semakin banyak jumlah unsur putih, semakin jenuh warna itu

14 Penggunaan Warna yang Efektif Aspek psikologis Hindarkan penggunaan warna berikut secara bersama-sama seperti cyan, magenta, dan kuning karena dapat menimbulkan kelelahan mata Hindarkan warna biru untuk garis tipis, teks dan bentuk kecil, sebab sistem penglihatan kita tidak disiapkan untuk rangsangan yang tajam, terinci dan bergelombang pendek Hindarkan warna berdekatan yang hanya berada dalam hal komponen warna biru. Sudut-sudut yang berbeda hanya pada presentase komponen warna biru akan terlihat sama Pertimbangkan warna tajam untuk pengguna usia tua Warna akan berubah jika aras cahaya sekeliling berubah dan juga akibat penambahan dan penurunan kontras Perubahan warna yang dapat dideteksi bervariasi untuk warna yang berbeda. Merah dan ungu sukar dideteksi dibandingkan dengan kuning, hijau atau biru

15 Penggunaan Warna …. (lanjutan) Aspek psikologis (lanj.) Hindarkan warna merah dan hijau dalam skala besar pada tempat berseberangan. Warna yang cocok adalah biru-kuning Warna berlawanan yang dapat digunakan bersama- sama misalnya: merah-hijau dan biru-kuning. Kombinasi hijau-biru memberikan citra jelek Hindarkan perubahan warna tunggal untuk menolong pengguna dengan keterbatasan dalam melihat warna Aspek Perseptual Tidak semua warna mudah dibaca. Secara umum pemakaian warna-warna latar belakang yang cenderung lebih gelap seperti merah, biru, magenta, coklat dan lain-lain akan memberikan kenampakan yang lebih baik disbanding warna yang lebih cerah

16 Penggunaan Warna …. (lanjutan) Aspek kognitif Jangan menggunakan warna secara berlebihan. Penggunaan warna ditujukan untuk menarik perhatian, atau untuk pengelompokkan informasi. Manfaat itu akan hilang jika warna yang digunakan terlalu banyak Waspadalah terhadap manipulasi warna secara tidak linier pada layar tampilan dan bentuk cetakan Kelompokkanlah elemen-elemen yang saling berkaitan dengan warna latar belakang yang sama  Warna yang sama “membawa” pesan yang serupa  Kecerahan dan saturasi akan menarik perhatian

17 Penggunaan Warna …. (lanjutan) Aspek kognitif (lanj.)  Urutkan warna sesuai dengan posisi spektralnya  Warna hangat (panjang gelombang besar) dapat digunakan untuk menunjukkan aras tindakan. Biasanya warna yang hangat digunakan untuk menunjukkan adanya tindakan atau tanggapan yang diperlukan. Warna yang dingin dapat dipakai untuk menunjukkan status atau informasi latar belakang. Warna yang hangat akan Nampak lebih mendekat ke arah kita, sementara untuk warna yang dingin cenderung menjauhi kita

18 Memori Manusia Sensor Information store Short-term memory Long-term memory External environment Visual: 0.1 - 0.2 sec Auditory: 2-4 sec without processing 20-30 sec? forever

19 Memori Manusia Sensory stores  Dapat dipandang sebagai sekumpulan register penyangga temporer  Informasi yang masuk akan dinyatakan dalam bentuk tak terproses atau tak terkodekan  Informasi disimpan dalam bentuk fisik dan bukan dalam bentuk simbolik Terdiri dari : a.Iconic, memori untuk rangsangan visual b.Echoic, memori untuk rangsangan suara c.Haptic, memori untuk rangsangan sentuhan

20 Short-term memory  Dapat dipandang sebagai penyimpan temporer  Informasi yang masuk akan dinyatakan dalam bentuk terkodekan bukan dalam bentuk fisik  Sering disebut sebagai working memory Long-term memory  Informasi yang masuk melalui kesadaran penuh yang disebut proses “belajar” atau lewat proses bawah sadar yang terjadi berulang-ulang  Berbasis semantik dan diakses secara asosiatif  Sifat penyimpanannya sukar dilupakan

21 Memori Manusia Sikap dan Kecemasan Pengguna  Sikap negative pengguna ketika sedang menggunakan komputer dapat mempengaruhi unjuk kerja pengguna.  Dapat melambatnya proses belajar pengguna  Kecemasan pengguna ditimbulkan oleh adanya rasa takut berbuat salah pada sistem yang belum dikenal

22 Memori Pada HCI Internal Memory Memori yang dimiliki manusia (otak) External Memory Memori yang dimiliki oleh komputer, catatan dan yang pasti adalah tempat penyimpanan informasi di luar otak manusia. Pada saat ini ruang penyimpanan yang digunakan oleh komputer sangatlah kompleks dan setiap decade mengalami peubahan secara signifikan seperti VCD, DVD, hardisk, RAM, flash memory dan sebagainya yang memiliki kapasitas penyimpanan yang semakin hari semakin besar.

23


Download ppt "Faktor Manusia Pendahuluan Aspek dalam sistem komputer ▫ Aspek hardware (Perangkat Keras) ▫ Aspek software (Perangkat Lunak) ▫ Aspek brainware (Manusia)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google