Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMBAHARUAN ISLAM DI MESIR

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMBAHARUAN ISLAM DI MESIR"— Transcript presentasi:

1 PEMBAHARUAN ISLAM DI MESIR
SEJARAH PEMIKIRAN ISLAM PEMBAHARUAN ISLAM DI MESIR DISUSUS OLEH: MUHAMMAD ALI RIDHO - MUCHAMMAD IBNU MUZAKIR - NURUL HIJRAH - RIZKY MUMTAZUL HAKIM - MUHAMMAD FIRDAUS ISTITUT PERGURUAN TINGGI ILMU AL-QUR’AN (PTIQ) JAKARTA PRODI MANAJEMEN PENNDIDIKAN ISLAM PASCASARJANA PTIQ

2 PEMBAHARUAN DALAM ISLAM تحرّك فإن فى الحركة بركة
Kata pembaharuan dalam Bahasa Arab dikenal dengan istilah tajdid, yang berkata dasar "Jaddada-Yujaddidu-Tajdiidan" memiliki makna antara lain; proses, cara, perbuatan membaharui. Tajdid bukan mengganti atau mengubah agama, akan tetapi mengembalikannya seperti sediakala, memberikan jawaban terhadap masalah-masalah yang timbul di era kontemporer sesuai dengan Syariat Allah SWT. Al-Quran dan Sunah dikembalikan menjadi sumber utama tolak ukur pembenar. Melepaskan umat Islam dari suasana yang stagnan untuk tidak mengatakan kemunduran dan selanjutnya dibawa kepada kemajuan sesuai tuntunan Islam yang sebenarnya. الجمود علّة التزول تحرّك فإن فى الحركة بركة

3 P EMBAHARUAN ISLAM DI MESIR LATAR BELAKANG
Mesir menjadi salah satu pusat peradaban Islam dan pernah dikuasai dinasti-dinasti kecil pada zaman Bani Abbas, seperti Fatimiah (sampai tahun 567 H) yang mendirikan Al-Azhar, dinasti Ayubiyah ( H) yang terkenal dengan Perang Salib dan perjanjian ramalah mengenai Palestina, Dinasti Mamluk ( H) sampai ditaklukan oleh Napoleon dan Turki Usmani. LATAR BELAKANG Latar belakang sejarah Mesir secara historis dapat dilihat ketika Mesir berada pada kekuasaan Romawi di Timur dengan Bizantium sebagai ibukotanya merupakan awal kebangkitan Mesir di abad permulaaan Islam. Mesir menjadi sangat menarik pada masa kekuasaan Romawi tersebut karena ia mempunyai potensi yang secara tradisional telah berakar di Mesir.

4 TOKOH-TOKOH PEMBAHARUAN DI MESIR
MUHAMMAD ALI PASYA JAMALUDDIN AL AFGANI MUHAMMAD ABDUH AL-TAHTAWI RASYID RIDHO

5 JAMALUDDIN AL AFGAHANI
Sejarah mengenai tempat kelahiran Jamaluddin al-Afghani terdapat beberapa versi. Versi pertama beliau dilahirkan di di As’adabad dekat kanar wilayah kabul Afghanistan dan menurut versi lainnya di As’adabad dekat hamadan wilayah Persia . Dilahirkan pada pada tahun 1255 H/ 1838 M, wafat pada tahun1315 H/ tanggal 9 Maret 1897 di Istanbul. Memiliki gelar Sayyid dikarenakan berasal keturunn dari Husein bin Ali ibn abi Thalib melaui seorang imam ahli hadist terkenal Ali at-Tirmidzi. Selain memiliki panggilan al-afghani, ia juga dikenal dengan nama Asabadi yang keduanya dinisbatkan dari tempat kelahirannya. Ayahnya bernama Sayyid Safdar, iapun menggunakan gelar Sayyidnya dengan nama Sayyid Jamaluddin al-Husein, akan tetapi nanti ketika ia berada di Turki, Mesir dan Eropa lebih dikenal sebagai Jamaluddin Al-Afghani.

6 JAMALUDDIN AL AFGAHANI
GAGASAN PAN-ISLAMISME SEBAGAI SOLUSI PROBLEMATIKA UMAT PANDANGAN TENTANG MASYARAKAT ISLAM

7 MUHAMMAD ABDUH ‘Abduh lahir di pedusunan delta Nil Mesir pada tahun Keluarganya terkenal berpegang teguh kepada ilmu dan agama. Ayahnya beristri dua. Muhammad ‘Abduh muda merasakan sejak dini sulitnya hidup dalam keluarga poligami. Hal ini menjadi pokok persoalan yang dia sampaikan dengan sangat yakin di kemudian hari ketika dia menegaskan perlunya pembaruan keluarga dan hak-hak wanita. Dalam usia 12 tahun ‘Abduh telah hapal al-Qur’an. Kemudian, pada usia 13 tahun ia dibawa ke Tanta untuk belajar di Mesjid Ahmadi. Mesjid ini sering disebut “Mesjid Syeikh Ahmad”, yang kedudukannya dianggap sebagai level kedua setelah Al-Azhar dari segi menghapal dan belajar al-Qur’an. Pelajaran di mesjid Ahmadi ini ia selesaikan selama 2 tahun.

8 M U H A M M A D A B D U H PEMBARUAN DALAM MASALAH IJTIHAD
PEMBARUAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN

9 JAMALUDDIN AL-AFGHANI
Analisis: Perbedaan dan Persamaan Pemikiran Pembaharuan Jamaluddin al-Afghani dan Muhammad Abduh NO. ASPEK PEMIKIRAN BENTUK PEMIKIRAN JAMALUDDIN AL-AFGHANI MUHAMMAD ABDUH 1 Kerangka teori Islam sesuai untuk semua bangsa, zaman, dan keadaan (shalih li kulli zaman wa makan). Akal dan wahyu (Islam) selaras, tidak ber-tentangan. 2 Metodologi Reinterpretasi ajaran Islam dengan kembali kepada Al-Qur’an dan sunnah melalui konsep ijtihad yang sesuai dengan akal. Reinterpretasi ajaran Islam (Al-Qur’an dan sunnah) secara rasional. 3 Dipengaruhi oleh Kondisi terpuruk umat Islam akibat kolonialisme Barat. Gagasan dan pemikiran pembaruan Islam al-Afghani. 4 Konsep reformasi Islam Melenyapkan pola pikir yang salah  terhadap ajaran Islam, yakni kembali kepada ajaran dasar Islam (al-Qur’an dan hadis). Mengganti sistem pemerintahan otokrasi dengan sistem pemerintahan demokratis. Menggagas Pan-Islamisme, yakni persatuan seluruh negara-negara Islam. Pembaruan teologi Islam; membebaskan umat Islam dari taklid. Restrukturisasi dan pembaharuan pendidikan Islam melalui al-Azhar. Melakukan reformasi doktrin Islam berdasarkan pemikiran modern. 5 Kontribusi pemikiran Menafsirkan ulang Al-Qur’an dan hadis dengan cara yang modernis. Membuka kembali pintu ijtihad. Rasionalisasi tafsir. Rasionalisasi ajaran dan teologi Islam.

10 A N A L I S I S Gagasan reformasi Islam al-Afghani dan Abduh berangkat dari kepentingan yang sama untuk membawa umat Islam dari jurang keterpurukan kepada kemajuan serta melepaskan umat Islam dari belenggu kolonialisme. Ide awal ini kemudian direalisasikan dengan cara melakukan reinterpretasi ajaran Islam dengan kembali kepada dasar ajaran Islam sebagaimana terdapat dalam Al-Qur’an dan hadis. Tetapi konsep dan metode yang mereka gunakan berbeda. Konsep reformasi Islam yang ditawarkan al-Afghani lebih menekankan pada upaya reformasi di bidang politik. Dalam hal ini, al-Afghani menawarkan dua konsep pembaruan di bidang politik, yaitu mengganti sistem pemerintahan otokrasi dengan sistem pemerintahan demokratis dan menggagas Pan-Islam, yakni persatuan seluruh umat Islam.

11 TERIMAKASIH جزاك الله خير كثيرا


Download ppt "PEMBAHARUAN ISLAM DI MESIR"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google