Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

JABATAN ADMINISTRASI DAN URAIAN TUGASNYA 01 Berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "JABATAN ADMINISTRASI DAN URAIAN TUGASNYA 01 Berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri."— Transcript presentasi:

1 JABATAN ADMINISTRASI DAN URAIAN TUGASNYA 01 Berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia No. 183 Tahun 2016, Jabatan dalam bidang administrasi adalah sebagai berikut: 1. Office Administrative (administrasi kantor) 2. Junior Administrative Assistant (Sekretaris Junior) 3. Administrative Assistant (Sekretaris) 4. Excecutive Administrative Assistant (Sekretaris Eksekutif) 5. Office Manager (Manager Kantor)

2 1. Office Administrative (administrasi kantor) 02 Seorang administrasi kantor bertugas melaksanakan fungsi resepsionis dan tugas-tugas administrasi, tugas administrasi tersebut adalah: a. Pembuatan naskah sederhana, lembar kerja, dan bahan presentasi melalui pemakaian software yang sesuai b. Menerima dan meneruskan telepon masuk kepada pihak yang dituju c. Menggunakan peralatan kantor, seperti mesin faksmile dan mesin fotokopi d. Menerima dan meneruskan surat/dokumen kepada pihak yang dituju e. Menerima dan mengantar tamu f. Melakukan pengarsipan dan memasukkan data ke dalam lingkup dan konteks yang terbatas dibawah pengawasan langsung dan sesuai arahan atasannya

3 03 2. Sekretaris Junior Sekretaris junior memiliki tugas tidak jauh berbeda dengan office administrative atau staff administrasi kantor, tugasnya yaitu: a. Membuat dokumen, lembar kerja dan bahan presentasi melalui pemakaian software yang sesuai b. Menggunakan internet untuk mencari data c. Menerima dan meneruskan telepon masuk kepada pihak yang dituju d. Menerima dan mengantar tamu e. Menerima dan meneruskan surat/dokumen kepada pihak yang dituju f. Melakukan pengarsipan dan memasukkan data g. Menggunakan peralatan kantor, seperti mesin faksmile, mesin fotokopi, LCD, OHP, printer dan scanner h. Membantu pekerjaan yang dilimpahkan baik oleh administrative assistant maupun executive assistant i. Melakukan fungsi resepsionis

4 3.Administrative assistant (sekretaris) 01 Keterampilan yang ekstensif dalam menggunakan beberapa jenis software computer. 04 02 Memiliki kemampuan untuk menganalisis informasi yang diperoleh melalui bantuan internet. 03 Mampu menguasai komputer dengan baik. 04 Memiliki Jiwa Kepemimpinan yang tinggi dan dapat membawahi beberapa staf administrasi. 05 Memiliki kemampuan berkomunikasi & berinteraksi yang baik dengan staf, manajemen, kolega atau klien. Administrative assistant atau sekretaris merupakan posisi yang berperan menjalankan tugas-tugas yang mendukung administrasi bisnis dan memerlukan pengalaman tambahan, serta yang dibawahi oleh beberapa penyelia.

5 4. Executive Administrative Assistant (sekretaris eksekutif) 05 Keterampilan yang ekstensif dalam menerapkan prinsip-prinsip manajemen administrasi dengan menggunakan beberapa metode. Jiwa kepemimpinan yang tinggi diperlukan karena seorang sekretaris eksekutif harus membawahi beberapa administrative assistant atau sekretaris. Kemampuan berkomunikasi yang tinggi. Posisi yang berperan menjalankan tugas-tugas yang mendukung administrasi assitant (sekretaris)

6 Memiliki keterampilan yang ekstensif dalam menerapkan prinsip-prinsip manajemen organisasi dengan menggunakan beberapa metode. 5. Office manager (manajer kantor) Memiliki kemampuan memimpin tingkat atas. Memiliki kemampuan tinggi dalam menggunakan dan memaksimalkan sumber daya kerja.

7 TERIMA KASIH 07


Download ppt "JABATAN ADMINISTRASI DAN URAIAN TUGASNYA 01 Berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google