Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Wirausaha Produk Grafika PKWU X IPA 4 KELOMPOK 2 BAB 2 SEMESTER 2 JANUARI 2019.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Wirausaha Produk Grafika PKWU X IPA 4 KELOMPOK 2 BAB 2 SEMESTER 2 JANUARI 2019."— Transcript presentasi:

1 Wirausaha Produk Grafika PKWU X IPA 4 KELOMPOK 2 BAB 2 SEMESTER 2 JANUARI 2019

2 Anggota Kelompok Adnan Ahmad Ainul Hayati Aisyah Rohie Azza Indrijati Nompo Nurul Fithriyani Rizqi Darmawan

3 Materi Pembahasan Perencanaan Usaha Produk Grafika Perancangan dan Produksi Produk Grafika

4 Pengertian Grafika Grafika (Graphics) adalah presentasi visual yang berupa gambar dan teks yang ditampilkan pada bidang datar, yang bertujuan untuk memberikan informasi/keindahan. Teknik yang digunakan dalam produksi grafika Torehan langsung Stensil Cap

5 Perencanaan Usaha Produk Grafika

6 Sumber daya Material, Teknik dan Ide Produk Grafika Sumber daya usaha yang dibutuhkan untuk wirausaha produk grafika yaitu bahan baku atau material, teknik dan alat, serta keterampilan. Wirausaha produk grafika dapat dimulai dengan melihat potensi bahan baku, potensi teknik dan keterampilan yang ada di daerah tersebut. Bahan yang dibutuhkan untuk produk grafika adalah bidang datar yang akan dicetak, pewarna dan alat cetak. Alat cetak yang dibutuhkan bergantung pada teknik cetak yang akan dipakai.

7 Ada 5 jenis teknik cetak berdasarkan prinsipnya, yaitu CETAK TINGGI Cetak tinggi atau relief print adalah teknik cetak yang memiliki acuan permukaan timbul atau meninggi, dimana permukaan timbul tersebut berfungsi sebagai penghantar tinta. Tahapan cetak tinggi : Zat pewarna ditempatkan pada permukaan tertinggi dari bidang pencetak (acuan cetak). Bidang pencetak dapat berupa balok kayu, karet, logam atau bahan lainnya yang diberi gambar atau tulisan. Gambar atau tulisan tersebut diukirkan pada satu permukaan bidang. Warna dioleskan pada permukaan bahan yang sudah diukir lalu dicetakkan pada permukaan kertas atau bahan datar lainnya. Tinta yang tercetak pada kertas sesuai dengan gambar pada permukaan tertinggi dari ukiran bidang cetakan.

8 Contoh produk cetak tinggi CA P STEMPELSTEMPEL SEDERHANA

9 CETAK DALAM Teknik mencetak/memperbnyak/memproduksi suatu gambar/tulisan dengan menggunakan media CETAKAN yang mempunyai permukaan dalam (cekung) Tahapan cetak dalam : Siapkan tembaga/ seng atau plastik tebal, alat gores yang tajam, tinta, kuas, kain lap; Membuat gambar pada tembaga/ seng dengan cara digores; Tinta dioleskan pada bagian yang menjeluk/ dalam; Tinta yang menempel pada bagian datar dibersihkan; Kemudian kertas yang akan dicetak diletakkan pada permukaan klise. Kertas ini harus kertas yang mudah menyerap tinta. Selanjutnya ditindih dengan rata atau dipres dengan alat pres; Akhirnya kertas diangkat dan tampaklah gambar pada kertas Contoh = Plat Nomor

10 Contoh Produk Cetak Dalam

11 CETAK DATAR Cetak datar adalah teknik mencetak atau memperbanyak suatu gambar/tulisan dengan menggunakan media cetakan yang mempunyai permukaan datar/rata Tahapan cetak datar: Air di tuangkan cat beraneka warna, kemudian di tiup untuk mendapatkan gambar yang di inginkan Letakkan kertas diatas air yang telah digambari Kertas ditekan sambil diratakan Angkat kertas dari air

12 Contoh Produk Cetak Datar

13 CETAK SARING Cetak saring adalah salah satu teknik proses cetak yang menggunakan layar (screen) dengan kerapatan tertentu dan umumnya barbahan dasar Nylon atau sutra (silk screen).layarNylonsutra Tahapan cetak saring : Permukaan Screen Sablon di poleskan cairan kental khusus/emulsion. Setelah kering, permukaan itu di tempel/ditutup dengan Film dari hasil Print BW “Black/White” pada media plastik/film transparent atau pada biasanya dapat menggunakan kertas transparan dari Kalkir. Tahapan selanjutnya yakni proses cetak dengan pemberian tinta kusus Sablon. Proses eksekusinya ialah dengan menuangkan tinta di atas layar dan lalu disapu menggunakan palet atau rakel yang terbuat dari karet. Satu layar digunakan untuk satu warna. Sementara bahan yang dicetak berada dibawah screen sablon dan dilakukan penekanan secara sedemkian rupa. Jadi proses cetak sablon ialah tiap warna dalam sekali cetak.

14 Contoh Produk Cetak Saring

15 Cetak Digital Cetak Digital atau yang biasa disebut Digital Printing adalah proses pencetakan suatu gambar atau design ke media cetak dari komputer melalui alat cetak secara langsung tanpa perlu pembuatan film atau plate. Tahapan cetak digital : Siapkan desain gambarnya terlebih dahulu. Cek apakah file desain di komputernya sudah benar dan rapi, pastikan pula gambar tidak pecah. Siapkan media cetak yang akan digunakan. Sebelum mencetak memakai mesin digital printing, cek kondisi tinta yang ada. Setelah itu baru jalankan mesinnya, hasilnya akan langsung keluar serta tidak memerlukan waktu lama.

16 Contoh Produk Cetak Digital

17 Perancangan dan Produksi Grafika

18 Perancangan Produk Grafika Identifikasi masalah menemukan solusi dari permasalahan dalam hal produksi grafika. Mencari solusi dengan curah pendapat Pada proses ini setiap anggota kelompok harus membebaskan diri untuk menghasilkan ide-ide yang beragam. Tuangkan ide-ide tersebut ke dalam sketsa. Rasionalisasi Proses mengevaluasi ide-ide yang muncuk dengan beberapa pertimbangan teknis.

19

20 TERIMA KASIH :


Download ppt "Wirausaha Produk Grafika PKWU X IPA 4 KELOMPOK 2 BAB 2 SEMESTER 2 JANUARI 2019."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google