Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehHadori Hidayat Dori Telah diubah "2 tahun yang lalu
1
MENU MATERI SOAL latihanlatihan Kunci jawabanjawaban tes sumatifsumatif remidi MATERI TIK KELAS 7 SEMESTER 1 MTs NEGERI 7 KUNINGAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022
2
NEXTback
3
Pada awalnya nenek moyang kita belum mengenal lambang bilangan. Namun meraka telah mengenal cara berhitung, sebagai contoh mereka menghitung hewan ternak yang digembalakan. Setiap pagi ketika mereka melepas hewan ternak gembalaannya dengan membuat keratan pada pohon, pada sore harinya mereka mencocokkan jumlah hewa ternak dengan jumlah keratan pada pohon tersebut sebelum membawanya pulang ke kandang. Alat lain yang digunakan yaitu jari tangan, batu kerikil, serta simpul-simpul pada tali. NEXTback
4
❑ Di Amerika Selatan, orang India Inka menggunakan simpul-simpul tali sebagai lambang bilangan yag disebut KAIPU. ❑ Seiring bekembangnya waktu, sekitar 1800 tahun yang lalu, ditemukan alat hitung sederhana yang disebut SEMPOA (ABACUS). Sempoa tertua ditemukan di Mesopotamia di Pulau Salamis dan Hiroglif Fir’aun di Mesir. Abacus merupakan cikal bakal ditemukannya komputer. NEXTback
5
Pada tahun 1917, Jhon Napier menemukan cara berhitung dengan bael bujur sangkar yang terdiri dari 9 x 9 kolom yang masing-masing berisi angka 1 sampai 9. alat ini bernama tulang- tulang Napier (Napier’s Bone). Dengan alat ini kita dapat menghitung logaritma. Tahun 1621 ditemukan Slide Rule yang merupakan arah maju pada alat hitung yang bersifat mekanis. backNEXT
6
Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan. NEXTback
7
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646- 1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian. Alat ini dikenal dengan nama Leibnitz Calculaion Machine. NEXTback
8
Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer. Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal. NEXTback
9
Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871). dinamakan Mesin Differensial (Differencial engine). Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine yang merupakan alat komputasi pertama yang menggunakan kartu yang dilubangi untuk menyimpan data. NEXTback
10
Herman Hollerith pada tahun 1890 dari Biro Sensus Amerika berhasil menciptakan mesin punched card counting yang menggunakan punch card (kartu perforasi/berlubang-lubang). Tahun 1944 Howard Aiken dari Hardvard Univercity bekerja sama dengan International Bussines Machine (IBM), berhasil membuat sebuah mesin komputer yang mampu melaksanakan serangkaian operasi aritmatika secara otomatis yang dinamakan Mark I. NEXTback
11
Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, komputerpun mengalami kemajuan, bentuk fisinya dari waktu ke waktu semakin kecil dan penggunaan daya pun semakin hemat. Perkembangan teknologi komputer dapat dikelompokkan sebagai berikut: NEXTback
12
Dikembangkan pada perang Dunia II, dengan ciri-ciri : ➢ Sistem operasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu. ➢ Memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut bahasa mesin (Machine Language), sehingga sulit diprogram dan membatasi kecepatannya. ➢ Membutuhkan banyak daya contohnya ENIAC (160 kW). ➢ Menggunakan tube vakum sehingga ukurannya sangat besar. ➢ Memiliki silinder magnetik untuk menyimpan data. ➢ Yang termasuk komputer generasi pertama : Mark I, Mark II, Mark III, IBM 702, IBM 704, IBM 709, Eniac, Edvac, UNIVAC I,, UNIVAC II, Datamatic I000, CRC, NCR 102A, NCR 102D, Bicmac, dan Bizmac II. NEXTback
13
Memiliki ciri-ciri : ➢ Transistor digunakan sebagai pengganti tube vakum sehingga ukurannya jauh lebih kecil. ➢ Dikembangkan memori inti magnetik sehingga komputer menjadi lebih kecil, lebih cepat, dapat diandalkan, dan hemat energi. ➢ Bahasa mesin diganti dengan bahasa assembly yaitu bahasa yang menggunakan singkatan- singkatan untuk menggunakan kode biner. ➢ Dapat siasosiasikan dengan printer, memory, penyimpan data, sistem operasi dan program. NEXTback
14
Pada masa ini bermunculan bahasa pemrograman yang bisa digunakan yaitu Common Bussines- Oriented language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) Yang termasuk komputer generasi kedua : LARC, IBM 1401, UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC SS90, UNIVAC 1107, Burrouhgs 200, IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400, IBM 1600, NRC 300, Honeywell 400, Honeywell 800, CDC 1604, CDC 160A, G E 635, G E 645, dan G E 200. NEXTback
15
Memiliki ciri-ciri : ➢ Transistor masih digunakan tetapi menghasilkan panas yang dapat merusak komponen-komponen komputer. ➢ Menggunakan Integreted Circuit (IC) sebagai pengganti transistor sebab transistor dapat menimbulkan panas yang cukup besar dan dapat merusak bagian internal komputer. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi/Integreted Circuit (IC). ➢ IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil terbuat dari pasir kuarsa. Ilmuwan pun berhasil memasukkan lebih banyak komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semi konduktor. Akibatnya komputer menjadi lebih kecil. NEXTback
16
Ciri selanjutnya : Menggunaan Sistem Operasi (Operating Sistem) yang memungkinkan mesin menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak. Harga lebih murah dan penggunaan listrik lebih hemat. Yang termasuk komputer generasi ketiga : UNIVAC 1109, UNIVAC 9000, Burrouhgs 5700, Burrouhgs 6700, Burrouhgs 7700, GE 600, GE 235, CDC 3000, CDC 6000, CDC 7000, PDP-8, DAN PDP- 11. NEXTback
17
Pada generasi ini, tujuan pengembangan komputer adalah mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Gambar sebuah chip dalam sebuah sircuit yang disebut microprosesor NEXTback
18
Memiliki ciri-ciri : ➢ Menggunakan Large Scale Integration (LSI), yang dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip, sehingga dapat menurunkan harga komputer, meningkatkan daya kerja, efisien dan keterandalan komputer. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. ➢ Dikembangkan komputer micro yang menggunakan micro processor dan semikonduktor yang berbentuk chip untuk memori komputer. ➢ IBM memperkenalkan Personal Computer (PC). ➢ Komputer pun melanjutkan evolusinya dengan menciptakan laptop bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop). NEXTback
19
Ciri selanjutnya : Perusahaan Apple-Macintos menciptakan sistem grafis pada komputernya dan memperkenalkan penggunaan piranti mouse. Yang termasuk komputer generasi keempat : IBM 370, Apple II, IBM PC/XT, IBM PC/AT, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM PC/486, pentium, pentium II, pentium III, AMD ke 6, dan Anthlon. NEXTback
20
Komputer generasi ini masih dalam pengembangan. Komponen yang digunakan adalah VLSI (Very Large Scale Integration ) Pada generasi ini akan dikembangkan komputer yang dapat menterjemahkan bahasa manusia, diagnosa penyakit dengan lebih akurat, dan diramalkan dapat berpikir dan mempunyai persaan seperti manusia. NEXTback
21
Sekian dan terima kasih Good luck to you
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.