Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehRonny Yohanes Telah diubah "10 tahun yang lalu
1
Antrian (Queue) Desain dan Analisis Algoritma
I Ketut Resika Arthana, S.T., M.Kom | Jurusan Pendidikan Teknik Informatika FTK - UNDIKSHA
2
Warming Up Buat program untuk menampilkan bilangan 0 sampai 10. Jika bilangan tersebut adalah kelipatan 3, maka disamping bilangan tersebut ditulis * Output 0* 1 2 3* 4 5 6* 7 8 9* 10
3
Warming Up Buat program untuk menghitung akar-akar persamaan kuadrat dari Ax2+Bx+C=0 A, B dan C diinputkan oleh user Hitung nilai D = B2 -4*A*C Jika D<0 maka tampilkan “Akar AX2 + BX +C=0 adalah imajiner” Jika D=0 maka hitung : AKar1= -B / (2*A ) Akar2=Akar 1 Tampilkan tulisan nilai akar1 dan akar2 Jika D>0 AKar1= -B + Akar(D)/ (2*A ) Akar2= -B - Akar(D)/ (2*A )
4
Type data struct typedef struct { char data[MAX]; int head; //posisi kepala int tail; //posisi ekor } Queue; Queue antrian;
5
Materi Array SCELE FASILKOM-UI
6
Pengenalan Struktur data antrian dalam kehidupan nyata :
Antrian dikasir supermarket Antrian di SPBU Antrian Tiket Kereta Api Karakteristik : Penambahan data : dibelakang (tail) Penghapusan data : didepan (head) Prinsip : FIFO ( First In First Out )
7
Implementasi Antrian Array (Larik) Linked List (Senarai Berantai)
Implementasi dengan linked list akan memberikan ketersediaan ruang yang dinamis, yaitu sesuai dengan kebutuhan penggunaan ruang yang tidak dapat ditentukan dengan pasti
8
Implementasi dengan Larik
Depan Antrian Keluar Antrian Masuk Antrian A B C D E Belakang Antrian
9
Cara 1 Kondisi awal (antrian kosong) dinyatakan dengan posisi depan=0, belakang=-1; Banyaknya elemen : Belakang -Depan + 1 Jika terjadi penghapusan antrian maka posisi depan ditambah dengan 1 Jika terjadi penambahan elemen baru ke dalam antrian maka posisi belakang ditambah dengan 1, lalu dimasukkan elemen baru Belakang = Belakang + 1; Antrian[Belakang] = X;
10
Cara 1 Head 1 2 3 4 A B C D E Tail
11
Prosedur yang harus dipersiapkan
Init : Inisiasi posisi head dan tail isEmpty : mengecek apakah antrian kosong isFull : mengecek apakah antrian penuh Enqueue : Menambah elemen dalam antrian Dequeue : Menghapus elemen awal CountElement : MenghitungJumlahElemen
12
Cara1 : Deklarasi * Deklarasikan array dngn nama data, panjangnya : MAX * Deklarasikan variable head dan tail bertipe integer Tampilkan tulisan “Program Antrian di inisialisasi Inisisialisasi head antrian dengan 0 Inisialisasi tail antrian dengan -1
13
Cara1: funct isEmpty isFull
Jika tail antrian lebih kecil dari head antrian maka kembalikan nilai 1 untuk menandakan bahwa antrian kosong. Sebaliknya kembalikan nilai 0 untuk menandakan bahwa antrian tidak kosong Antrian disebut penuh jika posisi tail saat ini sama dengan nilai (max-1) Kembalikan nilai 1 jika penuh, sebaliknya kembalikan nilai 0 jika antrian tidak penuh
14
Cara1 : enqueue dequeue Jika Antrian tidak penuh maka geser posisi tail kekanan; Isi data pada antrian sesuai posisi saat ini dengan karakter D Jika ternyata antrian penuh, tampilkan tulisan bahwa antrian penuh Jika Antrian tidak kosong maka simpan karakter yang ada pada posisi kepala ke variabel bertipe char dengan nama c Geser posisi head antrian kekanan Tampilkan tulisan bahwa data tersebut keluar dari antrian Jika ternyata antrian kosong, tampilkan pesan bahwa antrian kosong
15
Cara1 : countElement Print
Hitung jumlah elemen dengan dengan cara mencari selisih posisi tail dengan posisi head ditambah dengan 1 Tampikan jumlah antrian saat ini Tampilkan posisi head dan tail antrian saat ini Tampilkan isi antrian secara horishontal
16
Cara1 : Main, TestCase Bangun test case dengan memasukkan karakter A,B,C,D, kemudian keluarkan data dari dalam antrian sebanyak 5 kali. Masukkan karakter E dan F Disetiap testcase, tampilkan isi antrian, jumlah elemen dan posisi head dan tail antrian
17
Cara1: Output
18
Permasalahan Cara 1? False Alarm : Dalam antrian masih ada tempat yang kosong, tetapi tidak diijinkan untuk mengantri baru
19
Cara 2 Head 1 2 3 4 A B C D Tail
20
Modif Coding Dequeue Modifikasi function dequeue sehingga terjadi pergeseran ketika terjadi penghapusan dari antrian
21
Permasalahan Cara 2 Dalam jumlah data besar, terjadi banyak geseran sehingga menyebabkan biaya komputasi yang besar
22
Solusi dari masalah kedua
menyimpan elemen antrian sebagai larik yang memutar (circular), bukan lurus (straight), membuat elemen pertama larik terletak berdekatan langsung dengan elemen terakhir larik
23
Solusi Array Cilcular
24
Array Circullar E D C Kondisi awal : head =0, tail =-1
Penambahan Elemen Baru (E) : (jika antrian blm penuh) 4 E antrian.tail = antrian.tail +1 antrian.data[antrian.tail] = ‘E’ Bagaimana jika menambah lagi? tail sudah di posisi max D 3 1 Tail antrian.tail = (antrian.tail + 1) % 5 C 2 Penghapusan : Jika antrian tidak kosong Head
25
Deklarasi * Deklarasikan array dngn nama data, panjangnya : MAX
* Deklarasikan variable head , tail dan count bertipe integer
26
Inisialisasi dan hitung elemen
Inisialisasi head antrian menjadi 0, tail menjadi -1 status menjadi 0
27
Antrian dan penghapusan
Data diantrikan jika antrian kosong atau jumlah elemen di antrian tidak sama dengan maksimal array. Jika tidak maka tampilkan info bahwa antrian penuh Tail antrian di geser sekali kekanan, memutar kembali jika sudah diujung Masukkan data sesuai dengan posisi tail saat ini. Tampikan informasi bahwa antrian telah dimasukkan
28
Data pada antrian dihapus jika antrian sudah terisi, jika tidak tampilkan tulisan bahwa antrian kosong Tampung nilai yang akan dihapus ke variabel karakter Pindahkan head kekanan, memutar kembali jika sudah penuh Tampilkan info bahwa data c keluar dari antrian Tampilkan jumlah antrian saat ini
29
Posisi dan isi antrian Tampilkan posisi head dan tail saat ini
Tampilkan antrian, antrian hanya ditampilkan jika ada elemen didalam antrian
30
Program utama : testcase
Test case dengan mengantrikan karakter A sampai F Keluarkan sebanyak 4 kali Antrikan karakter G dan H ANALISA
31
Tugas Modifikasi program tersebut agar bisa interaktif menggunakan menu Pilihan : Antrikan Data Hapus dari Antrian Keluar
32
Sekian
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.