Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
DISPLAY
2
DISPLAY Adalah sebuah istilah yang dipakai dalam metode penampilan informasi secara tidak langsung
3
Fungsinya… Display menampilkan informasi kepada organ tubuh manusia dengan berbagai cara Merupakan proses dinamis dalam sistem manusia-mesin
4
Human-machine system
5
INFORMASI Statis Dinamis Tidak dipengaruhi perubahan waktu
Misalnya: grafik, gambar, diagram Dinamis Dipengaruhi oleh perubahan waktu Misalnya: tekanan, kecepatan, temperatur.
6
INFORMASI Kuantitatif Kualitatif Menunjukkan nilai / angka numerik
Misalnya 500F, 60 rpm Kualitatif Menunjukkan tren Misalnya: meningkat, menurun, panas, dingin.
7
INFORMASI Status Peringatan Menunjukkan kondisi yang terbatas
Misalnya: on/off, stop/caution/go Peringatan Menunjukkan keadaan darurat/bahaya Misalnya: alarm kebakaran
8
INFORMASI Alphanumerik Representasional Menggunakan angka dan huruf
Misalnya: label Representasional Menggunakan gambar, simbol dan warna untuk membedakan informasi Misalnya: ikon ‘recycle bin’ untuk file2 yang telah dihapus
9
INFORMASI Time-phased
Menggunakan sinyal pulsa yang berbeda durasi dan intervalnya Misalnya: kode morse dan lampu kedip
10
MENAMPILKAN INFORMASI
Input dan pemrosesan informasi pada manusia tergantung pada sensor penerima rangsangan yang berasal dari luar Sumber alami informasi adalah: Benda, kejadian, kondisi lingkungan
11
Secara langsung Misalnya: dengan pengamatan langsung Sensor informasi Secara tidak langsung Misalnya: pengamatan dengan menggunakan alat seperti TV, Radio dll.
12
Komponen Kunci dalam Perancangan Display
13
ALAT BANTU DISPLAY Panca Indera: penglihatan, pendengaran, perasa, pengecap, dan pencium Maka harus diciptakan alat bantu display yang berbeda untuk masing – masing panca indera
14
ATURAN MILLER Kapasitas memory kerja manusia terbatas sebanyak 7 ± 2 informasi Individu dapat mengidentifikasi: 5 tingkat nada 5 tingkat kebisingan (loudness) 7 tingkat ukuran objek warna yang berbeda
19
PRINSIP PERANCANGAN DISPLAY
20
Pemilihan Display Modality
Perhatikan: Alat indera mana yang akan jadi sasaran Tempat Tujuan pemasangan display
21
Auditory Presentation
Pesan yang disampaikan sederhana, ringkas, tidak dapat ditunda Pesan berhubungan dengan peristiwa pada waktu itu Membutuhkan respon yang cepat / segera Sistem visual (penglihatan dan target terganggu / terhalang Lokasi penerimaan pesan terlalu terang Target / orang bekerjanya berpindah - pindah
22
Visual Presentation Pesan rumit / kompleks, panjang Dapat ditunda
Berhubungan dengan tempat dalam ruangan Tidak memerlukan respon segera Sistem pendengaran target terganggu Lokasi penerimaan terlalu berisik Untuk orang – orang yang bekerjanya tetap di satu tempat
23
Perubahan dalam Kemampuan Mengolah Informasi karena Faktor Usia
Menjadi lebih lambat dalam menerima informasi, memanggil memori jangka panjang, memilih alternatif pilihan, dan menindaklanjuti rangsangan dengan sebuah respon Memori menjadi lebih lambat karena kesulitan berkonsentrasi
24
Perubahan dalam Kemampuan Mengolah Informasi karena Faktor Usia
Kesulitan dalam mencari ingatan dalam memori jangka panjang Kesulitan dalam menghadapi ketidakkonsistenan Kesulitan dalam mengidentifikasi objek dari representasi yang tidak lengkap (stimuli yang membingungkan)
25
Mendesain Kegiatan Pemrosesan Informasi untuk Lansia
Perkuat sinyal yang didisplay untuk para manula; sampaikan informasi secara lebih nyaring, lebih jelas. Buat desain kontrol dan display untuk mengurangi detil – detil yang tidak relevan Pertahankan tingkat konseptual, hubungan dan pergerakan yang cocok dengan kemampuan lansia
26
Mendesain Kegiatan Pemrosesan Informasi untuk Lansia
Kurangi kebutuhan pembagian waktu Beri waktu antara eksekusi respon dengan sinyal untuk respon selanjutnya Berikan waktu lebih banyak untuk latihan
27
Bagaimana merancang display untuk kaum difabel?
Carilah contohnya…
28
Persepsi Seseorang tidak cukup hanya bisa melihat, tetapi juga harus mengerti Oleh karena itu, display harus didesain untuk memenuhi kriteria: Mudah dilihat dengan jelas Mudah ditangkap maksudnya Persepsi adalah kerja otak, bukan kerja indera
29
Display Design Checklist
32
Menimbulkan persepsi yang salah?
34
Interaksi Manusia-Komputer : Hardware Consideration
Keyboards Pointing devices Monitor screens Notebooks & Hand-held PC PDA
35
Interaksi Manusia-Komputer : Software Consideration
Graphical user interface : WIMP Windows Icons Menus Pointers
37
Display TACTUAL Display OLFACTORY
38
Tugas Kelompok (@4 orang)
Buatlah analisis kebutuhan display di area kampus. Tujuan pemasangan display Siapa targetnya Tipe display yang dipilih Buatlah rancangan display untuk area yang dimaksud. Dikumpulkan selambatnya 9 April 2012
39
Akhir dari Presentasi terimakasih
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.