Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
DASAR-DASAR ALGORITMA
Perograman Dasar Lukman Hakim
2
Pendahuluan LOGIKA DAN ALGORITMA
Diperkenalkan Oleh Ahli Matematika : Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi. Definisi Algoritma 1. Langkah- langkah yg dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh. 2. Suatu prosedur yg merupakan urutan langkah- langkah yg berintegrasi. 3. Suatu metode khusus yg digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah yg nyata.(Webster Dictionary) 4. Urutan langkah atau kegiatan untuk memecahkan masalah
3
TAHAP PENYELESAIAN MASALAH
Model Algoritma Program Eksekusi Hasil Data Analisis
4
Kriteria Pemilihan Algoritma
Ada Output, Efektifitas dan Efesiensi, Jumlah Langkahnya Berhingga, Berakhir, ( SEMI ALGORITMA ) Terstruktur, Suatu Algoritma yg terbaik (The Best) : “ Suatu algoritma harus menghasilkan output yg tepat guna (efektif) dlm waktu yg relatif singkat & penggunaan memori yg relatif sedikit (efesien) dgn langkah yg berhingga & prosedurnya berakhir baik dlm keadaan dip’oleh suatu solusi ataupun tdk ada solusinya. “
5
Pernyataan dan Aksi langkah penyelesaian pernyataan (Statement) aksi (action) dieksekusi operasi dikerjakan oleh pemroses Algoritma dan Pemrograman I
6
Contoh Pernyataan dan Aksi :
Pernyataan pada algoritma : Tulis “Hello, world” menggambarkan aksi menuliskan “Hello, world” ke piranti keluaran (layar). efek dari aksi ini, dilayar akan tertera tulisan Hello, world Algoritma dan Pemrograman I
7
Struktur Dasar Algoritma
Runtunan (Sequence) Pemilihan (Selection) Pengulangan (Repetition) Algoritma dan Pemrograman I
8
Runtunan (Sequence) Algoritma merupakan runtunan (sequence) satu atau lebih instruksi/pernyataan, setiap pernyataan dikerjakan secara berurutan sesuai dengan urutan penulisannya. Sebuah instruksi dilaksanakan setelah instruksi sebelumnya selesai dilaksanakan. Urutan instruksi menentukan keadaan akhir algoritma Algoritma dan Pemrograman I
9
Contoh 1 (Runtunan) : Diberikan 2 buah gelas, A dan B; gelas A berisi air berwarna merah, gelas B berisi air berwarna biru. Pertukarkan isi kedua gelas itu sedemikian sehingga gelas A berisi air berwarna biru dan gelas B berisi air berwarna merah. A B A B Algoritma dan Pemrograman I
10
ALGORITMA: Tuangkan air dari gelas A kedalam gelas B Tuangkan air dari gelas B kedalam gelas A Caranya : Kita siapkan satu buah gelas C untuk menampung sementara air dari gelas A sebelum dipindah ke gelas B Algoritma dan Pemrograman I
11
ilustrasi B A A C A C B A Algoritma dan Pemrograman I
12
ilustrasi C B C B A Algoritma dan Pemrograman I
13
Hasil akhir algoritma adalah: gelas A berisi air dari gelas B, dan
Program Tukar_isi Diberikan 2 buah gelas, A dan B; gelas A berisi air berwarna merah, gelas B berisi air berwarna biru. Isi kedua gelas A dan B ditukar sedemikian sehingga gelas A berisi air berwarna biru dan gelas B berisi air berwarna merah. KAMUS : gelas A,gelas B, gelas C : air ALGORITMA: Tuangkan air dari gelas A kedalam gelas C Tuangkan air dari gelas B kedalam gelas A Tuangkan air dari gelas C kedalam gelas B Hasil akhir algoritma adalah: gelas A berisi air dari gelas B, dan gelas B berisi air dari gelas A semula
14
Contoh 2 (runtunan): Misal nilai A=8, B=5
Contoh 2 (runtunan): Misal nilai A=8, B=5. Tukarkan nilai A dan B, sehingga menjadi A=5, B=8. Algoritma : B A A B C A B C Algoritma dan Pemrograman I
15
Pemilihan (Selection)
If kondisi then aksi endIf aksi1 else aksi2 Algoritma dan Pemrograman I
16
Contoh (Pemilihan) : If A>B then Max A endIf If B>A then Max B endIf If A>B then Max A Else Max B endIf Algoritma dan Pemrograman I
17
Pengulangan (Repetition)
for var awal to akhir do aksi Endfor repeat until kondisi_stop while kondisi_ulang do endwhile Algoritma dan Pemrograman I
18
Contoh (Pengulangan) :
For i 1 to 5 do output(“MAAF”) EndFor i1 Repeat ii+1 Until (i>5) While (i<=5) do endwhile Algoritma dan Pemrograman I
19
TopDown Design Cara pendekatan ini sangat bermanfaat dalam membuat algoritma untuk masalah yang cukup rumit dan komplek. Strategi perancangan puncak turun dimulai dengan membuat algoritma secara global (garis besar) lebih dahulu, selanjutnya setiap langkah diuraikan lagi menjadi beberapa langkah yang lebih sederhana Algoritma dan Pemrograman I
20
TopDown Design A A.1 A.2 A.1.1 A.1.2 A.1.3 A.2.1 A.2.2
Algoritma dan Pemrograman I
21
ATURAN PENULISAN TEKS ALGORITMA
1. KEPALA ALGORITMA Kepala algoritma adalah bagian yang terdiri atas nama algoritma dan penjelasan (spesifikasi) tentang algoritma tersebut. 2. DEKLARASI bagian untuk mendefinisikan semua nama yang dipakai didalam algoritma. 3. DESKRIPSI Bagian ini berisi uraian langkah-langkah penyelesaian masalah.
22
TAHAPAN ANALISA ALGORITMA
Bagaimana merencanakan suatu algoritma. Bagaimana menyatakan suatu algoritma Dengan bahasa semu (pseudocode), Contoh : Hitung konversi jam Deklarasi jam, mnt, dtk, jum_dtk; Deskripsi 1. input jam, mnt, dtk 2. Jum_dtk (jam * 3600) + (mnt * 60) + dtk 3. Cetak jum_dtk
23
Dengan diagram alur atau flowchart
scanf ( “%d %d %d”,&jam, &mnt, &dtk); Jum_dtk := (jam* 3600) +(mnt * 60) + dtk Printf (“%d”, jum_dtk) input Jam,mnt,dtk start Jum_dtk =(jam * 3600) +(mnt* 60) + detik write jum_dtk end
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.