Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pemrograman Berorientasi Objek (Project)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pemrograman Berorientasi Objek (Project)"— Transcript presentasi:

1 Pemrograman Berorientasi Objek (Project)
Achmad fezryan Lukman Andi W Roy Anugrah

2 Tujuan penulisan fungsi
FUNGSI (FUNCTION) Fungsi adalah suatu bagian dari program yang dipergunakan untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang menghasilkan suatu nilai untuk dikembalikan ke program pemanggil dan letaknya dipisahkan dari bagian program yang menggunakannya. TUJUAN FUNGSI Menghindari pengulangan tujuannya untuk menghindari penulisan bagian kode program berulang-ulang.

3 Struktur fungsi Method atau fungsi dalam java adalah suatu cara untuk memecah program menjadi beberapa bagian, sehingga ketika mengerjakan program tersebut bisa dilakukan pembagian tugas kepada beberapa orang. Ketika kita sudah mendevelop program dalam sekala besar maka kita perlu menggunakan yang namanya method. Deklarasi method: (modifier) tipeKembalian namaMethod (parameter input) [throws exception] { Statement }

4 Variabel Lokal (Variabel Otomatis)
Variabel yang didefinisikan didalam suatu fungsi dan berlaku sebagai variabel lokal bagi fungsi Variabel hanya dikenal di dalam fungsi dimana variabel itu didefinsikan dan tidak dikenal oleh fungsi lain Sifat variabel otomatis: • Hanya diciptakan saat fungsi dipanggil • Saat fungsi berakhir, variabel otomatis akan dihapus • Hanya dapat diakses didalam fungsi yang mendefinisikannya

5 Variabel Ekternal (Variabel Global)
Variabel yang didefinisikan di luar fungsi manapun sehingga dikenal oleh semua fungsi Variabel eksternal mempunyai lifetime selama program dieksekusi Variabel eksternal sebaiknya digunakan sesedikit mungkin atau bahkan tidak digunakan sama sekali.

6 Variabel statis Variabel statis memiliki beberapa sifat sebagai berikut: • Variabel hanya dapat diakses pada fungsi yang mendefinisikannya • Variabel tidak hilang setelah eksekusi berakhir. Nilainya akan tetap dipertahankan sehingga akan dikenali pada pemanggilan fungsi untuk tahap berikutnya • Inisialisasi oleh pemrogram hanya dilakukan sekali saja selama program dijalankan. Jika tidak ada inisialisasi secara eksplisit, maka variabel diisi dengan nilai nol

7 Operator khusus Operatorkhusus yang berupa simbol atau tanda yang memerintahkan compiler untuk melakukan berbagai operasi terhadap sejumlah operand.Perintah operasi dispesifikasikan oleh operator, dimana operand-nya adalah variabel, pernyataan, atau besaran literal. Operator yang dibahas pada bagian ini adalah : operator aritmatika, increment dan decrement, assignment (penugasan), relasi, logical, dan bitwise.

8 Overload Method overloading atau overload adalah salah satu feature dalam bahasa pemrograman Java, dimana dua buah method bisa dideklarasikan dengan nama yang sama asal argumenya berbeda, baik dari jumlahnya, tipenya atau urutan dari parameternya.

9 Berikut ini adalah method yang berbeda walaupun namanya sama :
public void setId(Long aId) {} public void setId(Integer aId) {} public void setId(Long aId, boolean checkNull) {} public void setId(boolean checkNull,Long aId) {} Overloading dan overriding juga berlaku terhadap constructor, karena pada dasarnya constructor adalah method.

10 Konsep dan deklarasi array
Array adalah object di java yang dapat menyimpan kumpulan data dengan tipe yang sama. Array dapat menyimpan data dengan tipe primitif, wrapper class maupun reference.Walaupun array bisa menyimpan tipe data primitif, tetapi array selalu berada di heap, atau bisa dibilang apapun tipe arraynya, array itu sendiri adalah object. Array dideklarasikan dengan mendefnisikan tipe datanya diikuti dengan tanda kurung kotak buka dan tutup kemudian diikuti nama variabelnya. Contohnya sebagai berikut : int[] data;

11 Cara ini tidak direkomendasikan, karena kalau ingin mendeklarasikan lebih dari satu variable array, maka kurung kotak buka tutup harus ditulis di setiap variabel.Jika kurung kotak bukatutup tidak ditulis, maka variabel tersebut bertipe int, bukan array. Contohnya adalah : int data[], key[], values; variabel data dan key bertipe array int sedangkan variabel values bertipe int, bukan array.Jumlah kurung kotak menentukan dimensi array, misalnya kita ingin membuat array dua dimensi(di dalam array ada array) dan tiga dimensi (di dalam array ada array dari array).Contohnya : String[][] arrayDuaDimensi; String[][][] arrayTigaDimensi;

12 Inisialisasi array Setelah berhasil mendeklarasikan array, sekarang waktunya menginisialisasi object array. Caranya sangat sederhana, menggunakan keyword new dan mendefnisikan panjang arraynya, contohnya seperti berikut ini : int[] data; data = new data[10]; Kode di atas artinya : buat variabel data dengan tipe array int, inisialisasi arraynya dengan panjang 10 dan isi dengan nilai 0;

13 Mengisi dan mencetak array
Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, caramenginisialisasi array multidimensi ada dua, yang pertama adalah mengisi ukuran semua dimensi array, dan yang kedua adalah mengisi dimensi pertama saja. Kalau cara pertama yang kita pilih untuk menginisialisasi array, maka data bias langsung dimasukkan ke dalam array seperti contoh di bawah ini : int[][] data = new int[3][3]; data[0][0] = 1; data[0][1] = 1; data[0][2] = 1; data[1][0] = 1;

14 Iterasi pada array Di dalam komputer/pemrograman, iterasi adalah sifat tertentu dari algoritma atau program komputer di mana suatu urutan atau lebih dari langkah algoritmik dilakukan di loop program.Hal ini dibedakan dari teknik berulang yang disebut rekursi. Di dalam matematika, iterasi dapat diartikan sebagai suatu proses atau metode yang digunakan secara berulang-ulang (pengulangan) dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematik.

15 Contoh dari suatu iterasi:
var i, a := // memulai iterasi dengan nilai a=0 for i from 1 to 3 // diulang 3 kali { a := a + i // menambah nilai a dengan nilai var. i } print a // mencetak hasil a = 6

16 Konsep dan deklarasi string
Seperti yang telah dibahas pada materi tipe data String bukan tipe data, String adalah sebua kelas.Namun kelas String memiliki keunikan yaitu kita dapat menggunakan String tanpa mendeklarasikan terlebih dahulu. Contoh : String data = “ hehehe”; Jdadi tidak perlu membuat sebuah String dahulu. String data = new String ();

17 Dikarnakam String merupakan kelas, sehingga String pun memiliki banyak metode yang dapat kita gunaakan untuk melakukan proses manipulasi Stringtersebut, seperti menjadikan seluruh hurufnya besar, kecil, dan lain-lain. Contoh : String data = “hehehe”; String hasil = data.toUpperCase (); System.out.println (hasil); Hasil yang di perintah di atas adalah upper dari “hehehe” yaitu “HEHEHE”.

18 String dalam array Kita dapat membuat array bertipe char dari variabel string dengan menggunakan method toCharArray() dari class string. Karena method ini mengembalikan array bertipe char, maka kita perlu mendeklarasikan variabel bertipearray char untuk menyimpan hasil char array dari string.

19 Contoh program :

20 Mengisi dan mencetak string
Java mendefinisikan class String dalam package java.lang.String, sehinggatidak perlu melakukan impor secara eksplisit. contoh sebagai berikut.Perhatikan kode berikut ! String varString = “abcd”; Kode diatas adalah bentuk singkat dari : Char[] datanya = {‘a’,’b’,’c’,’d’}; String varString = new String(datanya);

21 Jadi dapat disimpulkan bahwa String terdiri dari data array yang bertipe char, dan kitajuga dapat membuat objek String dengan menggunakan keyword new yang biasadigunakan untuk membuat objek dari class. dan untuk mngatur keluaran String dapat menggunakan System.out.println sebagai contoh : System.out.println("Variabel Str : ");

22 Mengatur keluaran string
Dalam mengatur keluaran string kita dapat menggunakan System.out.pritln atau menggunakan System.out.print. Perbedaannya adalah pada posisi kursor saat selesai menampilkan suatu kalimat atau tulisan pada console. Untuk lebih jelasnya akan saya tunjukkan melalui contoh :

23 public class MultiStatement{  
public static void main( String args[] ){  System.out.print( "Welcome to " );          System.out.println( "Java Programming!");   }   code di atas akan menghasilkan output :

24 Pointer Pointer (variabel penunjuk) adalah suatu variabel yang berisi alamat memori dari suatu variabel lain. Alamat ini merupakan lokasi dari obyek lain (biasanya variabel lain) di dalam memori Reference adalah pointer ke data atau penyimpanan alamat.Tipe data referensi merupakan tipe data yang digunakan untuk memegang referensi dari sebuah object ( instance dari class).

25 Terdapat tiga data referance yaitu: 1. Array 2. Class 3. Interface
Contoh : // Deklarasi variable myHitung dengan tipe data Class Hitung Hitung myHitung; //Instance class Hitung menjadi objek myHitung= new Hitung(); Terdapat tiga data referance yaitu: 1. Array 2. Class 3. Interface

26 Contoh Projek Array Output :

27 Contoh Projek String dalam Array
Output :

28 Contoh Projek String Output :

29 TRIMAKASIH…………


Download ppt "Pemrograman Berorientasi Objek (Project)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google