Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehIka Radiansyah Telah diubah "10 tahun yang lalu
1
Interaksi Manusia dan Komputer TI1143
Restyandito, S.Kom, MSIS
2
TUJUAN Matakuliah ini memberikan pengantar mengenai bagaimana merancang suatu sistem komputer yang interaktif. Meninjau aspek-aspek perencanaan yang berpengaruh terhadap penggunaan suatu aplikasi komputer Mempelajari dan mengaplikasikan teknik-teknik assesing need, analyzing tasks, dan usability testing suatu aplikasi komputer Mempelajari dan mengaplikasikan teknik-teknik manajemen user interface
3
JADWAL KULIAH A: Selasa, 08.00-10.20, B.3.4
B: Kamis, , B.3.4 C: Kamis, , B.3.4
4
SILABUS PERKULIAHAN 02/09 04/09 Perkenalan + PengantarIMK
► Silabus & Kontrak Perkuliahan ► Apa itu IMK dan Komponen-komponennya MANUSIA DAN TEKNOLOGI: MANUSIA Kerangka Kognitif untuk IMK ► Perspektif Kognitif : Pemrosesan Informasi Manusia ► Perluasan kerangka kognitif 09/09 11/09 Persepsi dan Representasi ► Persepsi Visual ► Representasi Grafik pada interface
5
SILABUS PERKULIAHAN 16/09 18/09 Atensi dan Memori 23/09 25/09
► Focusing attention ► Keterbatasan memori 23/09 25/09 Knowledge dan Mental Model ► representasi pengetahuan ► metafor ► conceptual model 07/10 09/10 Aspek Sosial dan Organisasi ► Analisa percakapan ► Komunikasi kelompok ► Bekerja kelompok dalam suatu konteks
6
SILABUS PERKULIAHAN 13/10 TES TENGAH SEMESTER 28/10 30/10
MANUSIA DAN TEKNOLOGI: TEKNOLOGI Input dan Output ► Berbagai macam piranti input dan output ► Pengembangan piranti input/output ► Tugas Kelompok 1: Technology Assesment 04/11 06/11 Macam-Macam Gaya Interaksi ► Berbagai macam interaksi ► natural language dialogue ► direct manipulation ► hal-hal kognitif yang berhubungan dengan gaya interaksi
7
SILABUS PERKULIAHAN 11/11 13/11 Merancang Sistem Windows 18/11 20/11
► Komponen-komponen Windows ► Fungsi-fungsi umum pada Windows ► CSCW (Computer Supported Cooperatve Work) ► Tugas Kelompok 2: Desain Icon 18/11 20/11 METODE DAN TEKNIK PERANCANGAN User Centered Design ► Prinsip-prinsip user centered design ► Metode user centered design 25/11 27/11 Penunjang dan Panduan Perancangan ► Proses perancangan ► Berbagai macam penunjang
8
SILABUS PERKULIAHAN 02/12 04/12 Pengumpulan Tugas dan Presentasi 09/12
► Tugas Kelompok 3: Presentasi Seminar 09/12 TES AKHIR SEMESTER
9
Website Kuliah http://lecturer.ukdw.ac.id/e-class
10
BUKU ACUAN Preece, Rogers, Sharp,Benyon, Holland & Carey, 1996, Human-Computer Interaction , Addison-Wesley Cooper, Reimann, Cronin, 2007, About Face 3, The Essentials of Interaction Design, Wiley Publishing Inc. Baecker, Grudin, Buxton & Greenberg, 2000, Readings in Human-Computer Interaction: Toward the Year nd Edition, Morgan Kaufmann Inc. Norman, 2002, The Psychology of Everyday Things, Basic books. Preece, Rogers, Sharp, 2002, Interaction Design: Beyond Human-Computer Interaction, John Wiley & Sons, Inc. Shneiderman Ben, 2004, Designing the User Interface: Strategies for Effective Human-Computer Interaction 3rd Edition, Pearson Education
11
PENILAIAN Tes Kecil & Tugas 20% Group Project 30%
Tes Tengah Semester 25% Tes Akhir Semester 25%
12
Sistem Nisbi ( Rata-rata kelas )
Distribusi Nilai Sistem Nisbi ( Rata-rata kelas ) A : AVG + 1,5 STD A- : AVG + 1,25 STD B+ : AVG + 1 STD B : AVG + 0,75 STD B- : AVG + 0,5 STD C+ : AVG C : AVG - 0,5 STD D : AVG - 1,5 STD E : 0 F : Failed
13
Extra Project Bagi mahasiswa yang merasa nilainya kurang memuaskan dapat mengerjakan extra project untuk memperbaiki nilai mereka. Pemberian extra project sepenuhnya merupakan hak pengajar dan memiliki bobot maksimal 10% . Penilaian extra project dilakukan diluar sistem nisbi.
14
TATA TERTIB KELAS Saling menghormati dan menghargai
Menjunjung “Honor System ” Mahasiswa yang tidak hadir lebih dari 25% (3 kali) tidak diperkenankan ikut TAS Tidak ada tes susulan untuk tugas / tes kecil. Tidak melayani konsultasi melalui SMS. Protes nilai dilayani maksimal 1 minggu setelah nilai keluar.
15
The End
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.