Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Exel J. Permadi Teori Film dan Televisi

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Exel J. Permadi Teori Film dan Televisi"— Transcript presentasi:

1 Exel J. Permadi Teori Film dan Televisi

2 Cinematography Berasal dari Cinema : dari kata cinematos
tography : dari kata Photography Kinematos : Gerak Photos : Cahaya Melukis gerak dengan cahaya Graphos : Lukisan/tulisan Unesco : Lembaga Pendidikan & Kebudayaan PBB : Film,TV,Video Serumpun dengan Moving Image : Bayangan hidup/citra hidup Perbedaan film,tv,video hanya medianya saja (perlu komunikasi)

3 Komunikasi sinematik ,cirinya :
Alur Informasi Yang berkesinambungan Pembentukan imajinasi : membentuk khyalan Inovatif : Ada daya tarik/hal hal baru

4 Dimensi estetika. Artistik . Tercipta sumber cahaya, daya tarik sempurna Dramatik . Menciptakan emosional, nangis,ketawa dan lain lain Etik . Naluri penciptaan, sopan/baik

5 Dimensi teknologi Mekanika. Optikal. Elektronik. Kimia.

6 Sineas Film Penonton Wawasan kultur/budaya * Wawasan Kultur/Budaya
Wawasan Sosial * Wawasan Sosial Kondisi Pribadi Media * Wawasan Intelektual Bakat * Kondisi Pribadi Obsesi Minat Ambisi Pengalaman Pribadi Kondisi Intelektual Wawasan Sinematografi

7 Subjek Sinematik Apa yang kita lihat pada saat menonton film/televisi.
Manusia, hewan, robot. Ruang. Waktu. Peristiwa. Suara

8 Manusia Perwatakan : fisionomi, bentuk, lahiriah yang melambangkan perwatakan, protagonis, antagonis. Pakaian. Tata Rambut. Raut Wajah, warna kulit. Artifact : Benda hasil karya manusia. Tingkah Laku Acting : sarana ekspresi. Bahasa tubuh, body language. Dialog : Apa yang harus diucapkan dan bagaimana cara mengucapkannya.

9 Ruang. Ruang alami : Pegunungan, pantai, padang rumput.
Artifisial / Arsitektur : Interior, eksterior. Ruang menentukan tingkah laku dan kondisi. Arsitektur dapat mencerminkan. Budaya Zaman Era Kondisi Sosial Peradaban

10 Waktu . Siang, pagi, sore. Malam, tengah malam, subuh Sekarang, masa lalu, masa depan. Suara ayam berkokok, srigala, berita pagi. Disini gambar dan suara, lebih dominan tanpa dialog.

11 Peristiwa Beberapa kejadian yang merupakan adegan / scene .
Mise En Scene : Pengadeganan. - Memadukan / menyusun faktor – faktor. - Subjek sinematik dengan konsep dramatik. Peristiwa cerita / skenario. - Novel, cerpen, cergam, kisah nyata, sandiwara radio. - Cerita asli (dari proses sublimasi) kesinopsis, treatment skenario.

12 Skenario sebagai blue print sebuah film.
- Film (citra hidup). - Sequence / terjadi multiple plot. - Scene. Shot. - Fungsional, Informatif / dramatik. - Struktural, Berkaitan / berkesinambungan. - Proporsional, Porsi panjang pendeknya. Shot adalah Struktur bertutur sinematik yang terkecil. Stock Shot : Kejadian sebenarnya di filmkan.

13 Suara Sebagai unsur penunjang. Budaya. Waktu. Tempat.
Musik : Menambah suasana. Suara alam / atmosfir.

14 Tata Kamera. Metode membuat shot dengan dasar – dasar fhotography dikenal juga camera set-up. Tercipta , Skenario shot Shot rekaan penulis. Director shot hasil pemikiran sutradara kreatif Interpretation.

15

16

17

18

19

20


Download ppt "Exel J. Permadi Teori Film dan Televisi"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google