Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehIra Road Telah diubah "10 tahun yang lalu
1
Pemrograman Dasar Struktur kendali percabangan
if, if-else, if-elseif-else Kondisi dan Operator pembanding
2
Struktur kendali Suatu program dilaksanakan baris per baris. Akan tetapi ada kalanya kita perlu melangkahi baris-baris tertentu, menjalankan baris yang berbeda sesuai kondisi atau mengulang baris-baris program. Untuk tujuan seperti itu, bahasa pemrograman menyediakan struktur kendali.
3
Struktur kendali if Perintah if digunakan untuk menjalankan suatu perintah atau blok perintah berdasarkan suatu kondisi. Sintaksnya: if (kondisi) pernyataan; Sebagai contoh: if(nilai==100) cout<< "Sempurna";
4
operator pembanding revisited
Operator pembanding (hasil: true atau false) Comparison operators/Relational operators Operator Keterangan Contoh Hasil == Sama dengan a == b FALSE != Tidak sama dengan a != b TRUE > Lebih besar dari a > b < Lebih kecil dari a < b >= Lebih besar atau sama dengan a >= b <= Lebih kecil atau sama dengan a <= b
5
Blok pernyataan Jika perlu untuk mengeksekusi lebih dari satu baris perintah berdasarkan suatu kondisi, dapat menggunakan blok pernyataan. Blok pernyataan merupakan sekelompok perintah. Dikelompokkan menggunakan tanda kurung kurawal. Contoh: if (temperatur >= 40) { cout<<"Temperatur ruangan:"<<temperatur<<endl; cout<<"Temperatur ruangan terlalu panas"<<endl; }
6
Latihan Buat program yang menginput umur dan menampilkan “boleh masuk” jika umur lebih dari 17 tahun.
7
struktur kendali if else
Struktur kendali if else digunakan ketika kita ingin memilih dua pernyataan atau blok pernyataan dalam berdasarkan kondisi tertentu. Sintaksnya: if (kondisi) pernyataan1; else pernyataan2; Contoh: if (nilai>=56) cout<<"lulus"; else cout<<"tidak lulus";
8
struktur kendali if else
Jika perlu untuk mengeksekusi lebih dari satu baris, gunakan blok pernyataan seperti pada if. Contoh: if (username=="fandi") { userlevel = "administrator"; cout<<"Selamat datang "<<username<<endl; cout<<"Pilih menu administratif:"<<endl; } else userlevel = "guest"; cout<<"Silahkan melihat-lihat"<<endl;
9
Latihan Buat program yang menampilkan pilihan film yang berbeda berdasarkan umur. Jika umur lebih dari 17 tahun, dapat menonton film: 1. Terminator 2. Twilight Jika tidak, maka dapat menonton: 1. Doraemon 2. Harry potter
10
Struktur kendali if-else if-else
Jika misalkan pilihan pernyataan yang akan dieksekusi lebih dari dua, maka dapat menggunakan struktur kendali if-else if-else. Sintaksnya: if (kondisi1) pernyataan1; else if (kondisi2) pernyataan2; else if (kondisi3) pernyataan3; else pernyataan4;
11
Struktur kendali if-else if-else
Contoh: if (jumlah <= 20) diskon=0; else if (jumlah <=100) diskon=5; else if (jumlah <=500) diskon=10; else diskon=15;
12
Struktur kendali if-else if-else
Jika lebih dari satu pernyataan untuk tiap kondisi, gunakan blok: if (kondisi1) { blok pernyataan1 } else if (kondisi2) blok pernyataan2 else if (kondisi3) blok pernyataan3 else blok pernyataan ke-N
13
Gaya penulisan Dalam penulisan kurung kurawal, dapat juga menggunakan:
if (kondisi1) { blok pernyataan1 } else if (kondisi2) { blok pernyataan2 } else if (kondisi3) { blok pernyataan3 } else { blok pernyataan ke-N }
14
Latihan Buat program yang menerima input berupa nilai. Tampilkan A,B,C,D atau E dan Lulus atau Tidak Lulus berdasarkan tabel berikut: Range Nilai 80 - 100 A 68 B 56 C 45 D E Jika nilai berada di batas, maka ambil nilai pada range yang lebih tinggi. Misalkan: nilai 80 A
15
Thank You for your attention
Thanks to: Pemrograman C++ by Abdul Kadir Yoannita S.Kom & Hermawan S.Kom Sumber slide Renungan
16
Algoritma dan Flowchart
Algoritma merupakan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Flowchart atau sering disebut bagan/diagram alir adalah bagan yang menggambarkan aliran langkah atau kerja dalam menyelesaikan suatu permasalahan.
17
Contoh: Algoritma kirim barang
Kumpulkan barang-barang yang perlu dikirim Cari kardus atau kotak untuk mengisi barang Masukkan barang-barang ke kardus/kotak Tutup kardus / kotak Tuliskan alamat di kardus/kotak Kirimkan barang
18
Flowchart Ada macam-macam flowchart.
Flowchart bisa dipakai untuk program, bisnis, proses industri dan sebagainya. Di samping adalah simbol-simbol flowchart yang biasa dipakai.
19
Flowchart pada pemrograman
Proses Terminal Persiapan Sub proses Pemilihan Konektor satu halaman Input / Output Konektor antar halaman
20
Contoh Algoritma dan flowchart
Perhitungan luas persegi panjang Algoritma: Masukkan panjang Masukkan lebar Hitung luas Tampilkan luas Mulai Masukkan panjang, lebar Hitung Luas = panjang * lebar Tampilkan Luas Selesai
21
Flowchart If Batas umur nonton film Algoritma: Y T Masukkan umur
Cek umur Jika lebih dari 17, boleh masuk Mulai Masukkan umur Selesai umur >=17 Cetak “boleh masuk” Y T
22
Flowchart If Kadang digambar: PENTING: Y T Jangan lupakan Y dan T
Mulai Masukkan umur Selesai umur >=17 Cetak “boleh masuk” Y T
23
Cetak “tidak boleh masuk”
Flowchart If-else Mulai Masukkan umur Selesai umur >=17 Cetak “boleh masuk” Y T Cetak “tidak boleh masuk” Batas umur nonton film Algoritma: Masukkan umur Cek umur Jika lebih dari 17, boleh masuk Jika tidak, tidak boleh masuk
24
Flowchart If-else if-else
Menampilkan nilai huruf Algoritma: Masukkan nilai Cek nilai Jika lebih dari 100, cetak nilai salah Jika lebih dari 80, cetak A Jika lebih dari 68, cetak B Jika lebih dari 56, cetak C Jika lebih dari 45, cetak D Jika tidak semua, cetak E
25
Flowchart nilai huruf 1 T Y Mulai Masukkan nilai Selesai
Cetak “error” nilai >= 80 nilai >= 68 nilai >= 56 nilai >= 45 Cetak “A” Cetak “B” Cetak “C” Cetak “D” Cetak “E” 1
26
Flowchart nilai huruf Mulai Masukkan nilai Y nilai > 100
Cetak “error” T nilai >= 80 Y Cetak “A” T nilai >= 68 Y Cetak “B” Selesai T nilai >= 56 Y Cetak “C” T nilai >= 45 Y Cetak “D” T Cetak “E”
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.