Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehBeny Irfansyah Telah diubah "10 tahun yang lalu
1
IX INTERAKSI IX / 1 PIRANTI Interaksi Manusia & Komputer
Tujuan Instruksional khusus Mahasiswa dapat mengerti fungsi piranti yang berinteraksi dengan system komputer Daftar Materi Pembahasan Keyboard Piranti Penunjuk Pengenalan, Digitisasi, dan Penghasilan Ucapan Tayangan Gambar dan Video Printer Teknik Informatika FTI UMB
2
dihafal, beberapa sistem tidak konsisten.
Interaksi Manusia & Komputer Tombol F dan J pada tata letak QWERTY ditandai. Function keys IX / 3 Untuk fungsi-fungsi khusus. Biasa diberi label F1 ... F12 atau PF1 ... PF24, Positif: mengurangi ketukan dan kesalahan. Negatif: letaknya jauh dari home position, fungsinya harus dihafal, beberapa sistem tidak konsisten. Tombol-tombol pergerakan kursor Tata letak yang terbaik adalah yang alami. Populer: T-terbalik (a). Biasa mempunyai typematic {auto repeat). Pergerakan lainnya dengan tombol TAB, HOME, END, dsb. Piranti Penunjuk Piranti penunjuk (pointing devices) digunakan untuk menunjuk dan memilih di layar pada sistem manipulasi langsung. Kelebihan: Mengurangi kesalahan ketik pada keyboard. Dapat memusatkan perhatian pada tampilan. Enam tugas interaksi piranti penunjuk (Foley et al.): Select: memilih dari seperangkat item, Position: memindahkan titik pada ruang berdimensi satu, dua, tiga, atau lebih. Orient: memilih arah pada ruang berdimensi satu, dua, tiga, atau lebih. Path: serangkaian operasi position dan orient yang cepat untuk membentuk jalur atau kurva. Quantify: menentukan nilai numerik. Text: menandai lokasi penyisipan, penghapusan, perubahan teks. Ada dua kelompok piranti penunjuk: Direct pointing devices: kendali langsung di permukaan layar. Indirect pointing devices kendali tak langsung, terpisah dari permukaan Teknik Informatika FTI UMB
3
·Permukaan peka sentuh yang terpisah dari layar Mendeteksi gerakan
Interaksi Manusia & Komputer ·"Mouse terbalik". ·Tidak memakan banyak tempat. · Banyak digunakan pada laptop. IX / 5 Joystick ·Baik untuk tracking. ·Pergerakan sedikit, perpindahan arah mudah. Trackpoint (pointing stick) ·Joystick mini isometrik dari bahan karet yang diletakkan di antara tombol- tombol keyboard dan digerakkan jari tangan. Graphics tablet ·Permukaan peka sentuh yang terpisah dari layar Mendeteksi gerakan stylus atau puck. ·Keuntungan: -Posisi tangan nyaman. -Tidak perlu menunjuk layar. -Permukaan luas. Touchpad ·Permukaan peka sentuh yang biasa digunakan pada laptop. ·Nyaman seperti touch screen namun tidak perlu langsung menyentuh layar. Teknik Informatika FTI UMB
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.