Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Konsep Kecerdasan Buatan
Dr. Kusrini, M.Kom
2
Pengantar Bisakah mesin berpikir? Jika bisa, bagaimana caranya?
Dan jika tidak bisa, kenapa tidak? Dan apa yang dikatakan sebagai pikiran (mind)?
3
Definisi Kecerdasan Buatan
The exciting new effort to make computers think machines with minds, in the full and literal sense (Haugeland, 1985) "[The automation of] activities that we associate with human thinking, activities such as decision-making, problem solving, learning ..."(Bellman, 1978) Sistem berfikir seperti manusia
4
Sistem bertindak seperti manusia
"The art of creating machines that perform functions that require intelligence when performed by people" (Kurzweil, 1990) "The study of how to make computers do things at which, at the moment, people are better" (Rich and Knight, 1991) Sistem bertindak seperti manusia
5
Sistem berfikir secara rasional
"A field of study that seeks to explain and emulate intelligent behavior in terms of computational processes" (Schalkoff, 1 990) "The branch of computer science that is concerned with the automation of intelligent behavior" (Luger and Stubblefield, 1993) Sistem berfikir secara rasional
6
Sistem bertindak secara rasional
"The study of the computations that make it possible to perceive, reason, and act"(Winston, 1992) "The study of mental faculties through the use of computational models" (Charniak and McDermott, 1985) Sistem bertindak secara rasional
7
Rangkuman-Definisi Sistem yang berfikir seperti manusia
Sistem yang bertindak seperti manusia Sistem yang berfikir secara rasional Sistem yang bertindak secara rasional
8
Tujuan Kecerdasan Buatan Winston dan Prendergast [1984]
Membuat mesin menjadi lebih pintar Memahami apa itu kecerdasan Membuat mesin lebih bermanfaat
9
KECERDASAN kemampuan untuk belajar atau mengerti dari pengalaman
memahami pesan yang kontradiktif dan ambigu menanggapi dengan cepat dan baik terhadap situasi yang baru menggunakan penalaran dalam memecahkan masalah serta menyelesaikannya dengan efektif
10
Kelebihan Kecerdasan Buatan
Kecerdasan buatan lebih bersifat permanen. Kecerdasan buatan lebih mudah diduplikasi dan disebarkan. Kecerdasan buatan lebih murah dibanding dengan kecerdasan alami. Kecerdasan buatan bersifat konsisten. Kecerdasan buatan dapat didokumentasikan. Kecerdasan buatan dapat mengerjakan pekerjaan lebih cepat dibanding dengan kecerdasan alami Kecerdasan buatan dapat mengerjakan pekerjaan lebih baik dibanding dengan kecerdasan alami.
11
Kelebihan Kecerdasan Alami
Kreatif Kecerdasan alami memungkinkan orang untuk menggunakan pengalaman secara langsung Pemikiran manusia dapat digunakan secara luas, sedangkan kecerdasan buatan sangat terbatas
12
Konsep Kecerdasan Buatan
Turing Test – Metode Pengujian Kecerdasan metode pengujian kecerdasan yang dibuat oleh Alan Turing Proses uji ini melibatkan seorang penanya (manusia) dan dua obyek yang ditanyai Yang satu adalah seorang manusia dan satunya adalah sebuah mesin yang akan diuji. Penanya tidak bisa melihat langsung kepada obyek yg ditanyai. Penanya diminta untuk membedakan mana jawaban komputer dan mana jawaban manusia berdasarkan jawaban kedua obyek tersebut. Jika penanya tidak dapat membedakan mana jawaban mesin dan mana jawaban manusia maka Turing berpendapat bahwa mesin yang diuji tersebut dapat diasumsikan CERDAS. Pemrosesan Simbolik Komputer semula didisain untuk memproses bilangan/angka-angka (pemrosesan numerik). Sementara manusia dalam berpikir dan menyelesaikan masalah lebih bersifat simbolik tidak didasarkan kepada sejumlah rumus atau melakukan komputasi matematis . Sifat penting dari AI adalah bahwa AI merupakan bagian dari ilmu komputer yang melukan proses secara simbolik dan non-algoritmik dalam penyelesaian masalah
13
Konsep Kecerdasan Buatan
Heuristic Istilah Heuristic diambil dari bahasa Yunani yang berarti menemukan. Heuristic merupakan suatu strategi untuk melakukan proses pencarian (search) ruang problema secara selektif, yang memandu proses pencarian yang kita lakukan disepanjang jalur yang memiliki kemungkinan sukses paling besar. Penarikan Kesimpulan (Inferencing) AI mecoba membuat mesin memiliki kemampuan berpikir atau mempertimbangkan (reasoning). Kemampuan berpikir (reasoning) termasuk didalamnya proses penarikan kesimpulan (inferencing) berdasarkan fakta-fakta dan aturan dengan menggunakan metode heuristik atau metode pencarian lainnya. Pencocokan Pola (Pattern Matching) AI bekerja dengan metode pencocokan pola (pattern matching) yang berusaha untuk menjelaskan obyek, kejadian ( events) atau proses, dalam hubungan logik atau komputasional.
14
Ruang Lingkup
16
Game Kebanyakan permainan dilakukan dengan menggunakan sekumpulan aturan. Dalam permainan digunakan apa yang disebut dengan pencarian ruang. Teknik untuk menentukan alternatif dalam menyimak problema ruang merupakan sesuatu yang rumit. Teknik tersebut disebut dengan HEURISTIC. Permainan merupakan bidang yang menarik dalam studi heuristic.
17
Contoh Aplikasi Kecerdasan Buatan
Fifa Soccer Lara Croft
18
Sistem Pakar
21
Sistem Pendeteksi Kerusakan Hati (Bustani, F.R.A., ---)
23
Pengolahan Bahasa Alami
28
Telepon untuk penderita bisu tuli
29
Mengubah isyarat ke ucapan
30
Computer Vision
32
See Storm
33
Pengenalan Pola
34
Finger Print
35
Pengawasan Aktivitas di Daerah Perang
36
Pengenalan wajah
37
Penalaran Berbasis Kasus
38
Analisis Kemungkinan Pengunduran diri Calon Mahasiswa Baru
39
Skema Sistem Asesmen Geriatri Jarak Jauh
43
Alat Bantu Deteksi Kelainan pada Saluran Urine (Khasan N, dkk., 2007)
45
Pembangunan Smart Home (Agusto, J.C & Nugent C.D, 2005)
Smart home pada sebuah tempat tinggal di UK Lingkungan disana adalah salah satu dari shared community care yang kurang lebih terdiri dari 30 apartemen pribadi yang berisi gedung yang sama yang semuanya menyediakan solusi teknologi tinggi untuk meningkatkan kehidupan yang mandiri untuk lansia Control Monitoring Facility(CMF) yang memiliki kemampuan untuk mendeteksi semua sensor dan even-even alarm secara simultan dari masing-masing apartemen
47
Kemampuan Apartemen mendeteksi perpindahan orang di dalam rumah dan menyediakan interface untuk memonitor interaksi orang dengan berbagai peralatan rumah tangga
48
Interface Sensor gerak mendeteksi keberadaan seseorang lewat gerakan orang tersebut di tempat tinggalnya Di kamar mandi dan di kamar tidur disediakan tombol darurat yang digunakan untuk menyalakan alarm ke CMF dalam keadaan berbahaya. Suatu sensor papan tekanan diletakkan disamping tempat tidur untuk mendeteksi orang pergi dari tempat tidur Saklar lampu di kamar mandi dan dapur dimasuki sensor untuk mendeteksi kapan dihidupkan atau dimatikan Sensor untuk mendeteksi jika kulkas dibuka/ditutup atau jika cooker telah dihidupkan atau dimatikan Alarm juga bisa menyala apabila sensor suhu/asap aktif
49
CBR Agent Untuk Peramalan Keuangan (Liu, J.N.K. & Leung T.T.S., 2002)
50
CBR untuk Tutoring System (Han, S.G., ---)
51
CBR Indentifikasi Spora Jamur
Alternaria alternata 1m Aspergillus niger 2m Cladosporium Wallenia sebi Rhizopus stolonifer Scopulariopsis Ulocladium botrytis Mycor
52
Robotika Robot Genier, Pemadam Api Robot Asimo
53
Kecerdasan Buatan akan memasuki seluruh sendi kehidupan manusia
54
Referensi http://www.docstoc.com/docs/35308034/Definisi-AI_pertemuan1
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.