Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehBung Umam Telah diubah "10 tahun yang lalu
1
Arsitektur Komputer “Pengenalan Arsitektur Komputer ”
Kurniawan Teguh Martono Sistem Komputer FT UNDIP
2
Menurut Anda : Arsitektur Komputer?
3
Arsitektur Komputer ? Merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana komputer dapat berinterkoneksi, memahami perintah dari programer yang berkaitan dengan atribut-atributnya. Apa saja yang akan dipelajari : Set Instruksi Teknik Pengalamatan Penyajian data Kesimpulan : Arsitektur Komputer = Instruksi set + Organisasi Mesin
4
Analogi Building : Material : Rumah Batu bata Kantor Semen Apartemen
Stadion Material : Batu bata Semen Pasir besi konstruksi Plans Tujuan : Fungsi Biaya Keamanan Efisiensi energi desain
5
Sehingga Arsitektur komputer
Manufatur Computer : Server Desktop Mobile Phone Game Console Supercomputer Teknologi : Gerbang logika Memori IC Storage Packaging Plans desain Tujuan : Fungsi Unjuk kerja Biaya Efisiensi energi Ketahanan
6
Aplikasi yang dihasilkan dari komputer
Automatic teller Machines Computer in Automobiles Laptop Computer Human Genome Project
7
Klasifikasi Komputer berdasar karakterisitiknya
Desktop Computer Server Supercomputer Embedded Computer
8
Desktop Computer Merupakan sebuah komputer yang didesain untuk digunakan secara perorangan Perangkat terdiri atas : GPU Keyboard Mouse dll
9
Server Komputer yang didesain untuk menangani program yang besar yang digunakan oleh banyak user secara bersama sama dan biasanya diakses melalui jaringan Perangkat terdiri atas: GPU Keyboard Mouse Jaringan
10
Supercomputer Merupakan komputer dengan kelas unjuk kerja dan harga yang tinggi. Contoh : Komputer untuk rendering animasi Komputer untuk simulasi
11
Embedded Komputer Merupakan komputer yang hanya dapat menjalankan perintah yang spesifik. Contoh : Sistem Parkir pada mobil Sistem Alarm
12
Perkembangan klasifikasi komputer
13
Sistem perangkat lunak
Merupakan perangkat lunak yang menyedikan layangan yang sering digunakan dalam komputer Sistem software : Sistem operasi, program yang digunakan untuk mengawasi dan memanajemen sumber sumber dalam sebuah komputer agar komputer dapat berjalan Compiler, Sebuah program yang digunakan untuk menterjemahkan dari high level language ke bahasa rakitan (assembly) Assemblers, Sebuah program yang digunakan untuk menterjemahkan simbol dari sebuah intruksi ke dalam bentuk binari
14
Hirarki layer
15
Komunikasi di dalam komputer
Komputer bekerja berdasarkan perintah Perintah = instruksi Kumpulan instruksi = program Count Ada Lovelace Programer pertama Programming language : Generation Programming Language 1 Machine Language 2 Assembly Language 3 High Level Language 4 Very High Level Language 5 Natural Language
16
Bahasa mesin Merupakan bahasa tingkat rendah Menggunakan anggka
Dan dan instruksi 0 dan 1 Program yang ditulis dengan bahasa lain harus diubah ke dalam bahasa mesin sebelum di eksekusi
17
Basaha assembly Bahasa tingkat rendah
Penulisan menggunakan kode mnemonic, singkatan Program yang ditulisa dengan bahasa ini diterjemahkan ke dalam bahasa mesin sebelum dieksekusi
18
Bahasa tingkat tinggi Muncul tahun 1960
Dengan bahasa ini diharapkan dapat membuat program yang lebih kompleks Penterjemah code program disebut dengan compiler yang akan merubah program ke dalam bahasa mesing sebelum di eksekusi Contoh : Java :System.out.println(“Sistem Komputer”); C : printf(“Sistem Komputer”); C++ :cout<<“Sistem Komputer”; Cobol :DISPLAY”Sistem Komputer”; Basic :PRINT”Sistem Komputer”;
19
Natural Language Seperti berbicara dalam bahasa inggris
Natural language menterjemahkan intruksi manusia kedalam kode yang dapat dipahami oleh komputer
20
compiler
21
Instruksi Set
22
Instruksi Set Arsitektur
Digitak Alpha (v1, v2) HP PA-RISC (v1.1, v2.0) Sun Sparc (v8, v9) SGI MIPS (MIPS I, II, III, IV, V, MIPS 32, MIPS 64) Intel (8086, 80286, 90486, pentium, MMX, SSE, SSE2)
23
MIPS ISA Tipe insturksi Register Instruction format Load/store
Jump/branch Floating point Memori management Special Computational Register 32 gps PC Instruction format 32 bit RISC
24
X86 ISA (ia32) Tipe instruksi Register Format instruksi Load/store
Computational Jump/Branch Floating point Stack operation Subroutine calls Memory management Special Register 8 32 bit register (SP) 8 80 bit FP Register 8 64 bit MMX register 8 128 bit XMM SIMD Regiters (SSE/SSE2) Format instruksi Not fixed length CISC
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.