Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
computare to compute menghitung
DEFINISI KOMPUTER computare to compute menghitung Komputer adalah : Alat elektronik Dapat menerima input data Dapat mengolah data Dapat memberikan informasi Menggunakaan suatu program yang tersimpan di memori komputer Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan Bekerja secara otomatis. Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
2
SIKLUS PENGOLAHAN DATA
INPUT OUTPUT pengolahan data informasi PROCESSING Data : kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan Pengolahan : manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan berarti Informasi : hasil dari kegiataan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian. Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
3
Pengembangan Siklus Pengolahan Data
ORIGINATION INPUT PROCESSING OUTPUT DISTRIBUTION STORAGE Origination : tahap yang berhubungan dengan proses pengumpulan data (pencatatan) Input : tahap proses memasukkan data ke dalam komputer lewat alat input Processing : tahap proses pengolahan dari data yang sudah dimasukkan yang dilakukan oleh alat proses Output : tahap proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data ke alat output Distribution : tahap penyebaran output ke pihak yang membutuhkan informasi Storage : tahap proses perekaman hasil pengolahan ke simpanan luar. Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
4
SISTEM KOMPUTER Peralatan dari sistem komputer yang secara fisik
Jaringan dari elemen-elemen yg saling berhubungan, membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok HARDWARE Peralatan dari sistem komputer yang secara fisik terlihat dan terjamah SOFTWARE Program yang berisi perintah untuk melakukan pengolaahan data BRAINWARE Manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
5
JENIS KOMPUTER Berdasarkan Data yang Diolah Berdasarkan Ukurannya
Penggunaannya Special Purpose Computer Mainframe Analog Computer Minicomputer Digital Computer General Purpose Computer Hybrid Computer Microcomputer Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
6
GENERASI KOMPUTER Generasi Pertama (1946-1959)
Sirkuitnya menggunakan Vacum Tube Program dibuat dengan bahasa mesin ; ASSEMBLER Ukuran fisik komputer sangat besar Cepat panas Proses kurang cepat Kapasitas penyimpanan kecil Memerlukan daya listrik yang besar Orientasi pada aplikasi bisnis Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
7
Generasi Kedua (1959-1964) Sirkuitnya berupa transistor
Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi ; COBOL, FORTRAN, ALGOL Kapasitas memori utama sudah cukup besar Proses operasi sudah cepat Membutuhkan lebih sedikit daya listrik Berorientasi pada bisnis dan teknik. Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
8
Generasi Ketiga (1964-1970) Generasi Keempat (1970-1990)
Komponen yang digunakan berupa IC ( Integrated Circuit ) Pemrosesan lebih cepat Kapasitas memori lebih besar lagi Penggunaan listrik lebih hemat Bentuk fisik lebih kecil Banyak bermunculan application software Generasi Keempat ( ) Menggunakaan Large Scale Integration ( LSI ) Dikembangkan komputer micro yang menggunakan micro processor & semiconductor yg berbentuk chip untuk memori komputer Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
9
Generasi Kelima (sejak 1990 an) Generasi Keenam ( abad 21 )
Komputer pada generasi ini mengembangkan komputer yang bisa bercakap dengan manusia sehingga bisa meniru intelegensi manusia Dikenal juga dengan sebutan Generasi Pentium. Generasi Keenam ( abad 21 ) Generasi ini adalah generasi masa depan yang nantinya dikenal dengan Generasi Titanium. Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
10
Gambar Konfigurasi Komputer
PENGENALAN HARDWARE Komponen Pokok Hardware Komputer : CCU INPUT MEMORY OUTPUT CCU Alat Input Alat Proses Alat Penyimpanan Alat Output Alat Komunikasi 5 1 3 4 5 2 ALU Gambar Konfigurasi Komputer CU CPU Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
11
Alat Input Tidak Langsung
Point of sale Teleprinter Terminal Financial Transaction Terminal Alat Input Langsung MICR OCR OMR Voice Recognition Pointing Device Touch Screen Light Pen Alat Input Tidak Langsung Punch Card Pita Magnetic Disk Magnetic Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
12
( Central Processing Unit )
ALAT PEMROSES Tugas Arithmetic Logic Unit Melakukan semua perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai instruksi program Melakukan pengambilan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program C P U ( Central Processing Unit ) Tempat pemrosesan instruksi-instruksi program A L U Tugas Contro Unit Mengatur & mengendalikan alat I/O Mengambil instruksi dari main memory Mengambil data dari main memory jika diperlukan oleh proses Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan arithmatika/perbandingan logika serta mengawasi kerja ALU Menyimpan hasil proses ke main memory C U Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
13
ALAT PENYIMPANAN MAIN MEMORY REGISTER EXTERNAL MEMORY
Dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang akan diproses dan dari hasil pengolahan REGISTER Dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses EXTERNAL MEMORY Dipergunakan untuk menyimpan program dan data secara permanen ( simpanan luar ) Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
14
Main Memory / Main Storage / Internal Memory /
Internal Storage / Primary Storage / Temporary Storage / Immediate Access Storage Merupakan tempat penyimpanan terbesar dalam komputer Ukuran dari Main Memory ditunjukkan oleh satuan terkecilnya yakni Byte Kilo Byte ( KB ) = 1024 Byte Mega Byte ( MB ) = 1024 KB Giga Byte ( GB ) = 1024 MB Terra Byte 1 Byte memory terdiri dari 8 Bit ( Binary Digit ), dimana setiap digit diwakili oleh digit 1 atau 0, sehingga membentuk kode pada lokasi memory ( address ) Sistem pengkodeannya dapat berbentuk BCD, SBCDIC, EBCDIC, atau kode ASCII Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
15
Main Memory terdiri dari RAM dan ROM
Alat Pemroses CPU CU Register Alat Input ALU Alat Output Main Memory RAM ROM Main Memory terdiri dari RAM dan ROM Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
16
Input Storage ; untuk menampung input yang dimasukkan oleh alat input
RAM ( Random Acces Memory ) merupakan memory yang dapat diisi dan diambil isinya oleh programmer. Struktur RAM : Input Storage ; untuk menampung input yang dimasukkan oleh alat input 2. Program Storage ; untuk menyimpan semua instruksi program yang akan diproses Working Storage ; untuk menyimpan data yang akan diolah dan dari hasil proses Output Storage ; untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output. RAM memiliki kemampuan untuk melakukan pengecekan dari data yang disimpannya, disebut dengan istilah PARITY CHECK EVEN PARITY CHECK ( Jumlah bit 1 harus genap ) ODD PARITY CHECK ( Jumlah bit 1 harus ganjil ) ROM ( Read Only Memory ) merupakan memory yang hanya dapat dibaca saja. Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
17
REGISTER Merupakan simpanan kecil yang memiliki kecepatan tinggi ( 5 sampai 10 kali kecepatan main memory ) Digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU ( instruksi lain yang menunggu giliran disimpan di main memory ) Terbagi atas : 1. Instruction Register ( IR ) atau Program Register yang digunakan untuk menyimpan instruksi yang sedang diproses 2. Program Counter ( PC ) atau Control Counter / instruction counter adalah register yang digunakan untuk menyimpan alamat ( address ) lokasi dari main memory yang berisi instruksi yang sedang diproses. Register yang berhubungan dengan data yang sedang diproses disebut General Purpose Register yang memiliki kegunaan sebagai Operand Register ( untuk menampung data atau operand yang sedang diolah ) & sebagai Accumulator ( untuk menyimpan hasil dari operasi aritmatika dan logika yang dilakukan ALU ). Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
18
MAIN C P U CACHE MEMORY MEMORY
Sebagai tambahan dari Register, beberapa CPU menggunakan suatu Cache Memory / Scratch-pad Memory / High-speed buffer / Buffer Memory dengan tujuan agar kerja dari CPU lebih efisien dan dapat mengurangi waktu yang terbuang. C P U MAIN MEMORY CACHE MEMORY Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
19
EXTERNAL MEMORY SASD DASD MICRO DISK MINI DISK MAGNETIC DISK
PUNCH CARD REMOVABLE DISK ( DISK PACK ) HARD CARD PAPER TAPE HARD DISK FIXED DISK (WINCHESTER DISK) MAGNETIC TAPE TAPE STRIP CATRIDGE REEL TO REEL DISK CARTRIDGE OPTICAL DISK CARTRIDGE TAPE MAGNETIC DRUM CASSETTE MEGNETIC DUBBLE MEMORY Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
20
ALAT OUTPUT DOT MATRIK PRINTER IMPACK PRINTER DAISY WHEEL PRINTER
HARDCOPY DEVICE PLOTTER THIMBLE PRINTER COMPUTER OUTPUT TO MICROFILM CHAIN PRINTER BAND PRINTER VIDEO DISPLAY DRUM PRINTER ALAT OUTPUT SOFTCOPY DEVICE FLAT PANEL THERMAL PRINTER NON-IMPACT PRINTER SPEAKER LASER PRINTER DRIVE DEVICE THERMAL TRANSFER DISK DRIVE INKJET PRINTER TAPE DRIVE ELECTROSTATISTIC PRINTER Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
21
CONTOH MACAM-MACAM ALAT OUTPUT
MACAM-MACAM KELUARAN : Tulisan Image / gambar Suara Bentuk lain yayng dapat dibaca komputer Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
22
PENGENALAN SOFTWARE BAHASA PEMROGRAMAN Bahasa Tingkat Tinggi
Bahasa Mesin ; Assembler Bahasa Tingkat Tinggi - Menggunakan Compiler sebagai penterjemah ; Fortran, LISP, Cobol, RPG, dsb - Menggunakan Interpreter sebagai penterjemah ; Basic, Pascal, Bahasa C, dsb Bahasa Generasi Ke-4 ; Informix, Oracle, dsb Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
23
- Word Star, dBase-II, Lotus 1-2-3, dll
PAKET APLIKASI - Word Star, dBase-II, Lotus 1-2-3, dll - MS-Word, MS-Excell, MS-Power Point, dll SISTEM OPERASI - IBM–DOS, MS-DOS - WINDOWS - UNIX - LINUX Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
24
PENGENALAN BRAINWARE SYSTEM ANALIS PROGAMMER END-USER secara langsung
Orang yang merancang suatu system PROGAMMER Orang yang membuat program END-USER Orang yang menggunakan komputer secara langsung Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
25
Gambar Hirarki Database
PENGOLAHAN DATABASE Database File Record Field Gambar Hirarki Database Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
26
Database File Record Field Kumpulan dari beberapa File.
Merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan pada hardware komputer dan digunakan software untuk memanipulasinya Kumpulan dari beberapa File. File Terdiri dari record-record yang menggambarkan satu kesatuan data yang sejenis. Record Kumpulan dari beberapa field. Field Menggambarkan suatu atribut yang menunjukkan suatu item dari data. Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
27
KOMUNIKASI & JARINGAN KOMPUTER
Tiga buah elemen untuk komunikasi data : Sumber Media Transmisi Penerima Transmisi Data : Media Transmisi ( Kabel, Satellite System, Laser System ) Kapasitas Channel Transmisi ( Voice Band, Wideband ) Tipe Channel Transmisi ( One-Way, Either-Way, Both-Way ) Kode Transmisi ( ASCII code, SBCDIC code ) Mode Transmisi ( Serial, Synchronous, Asynchronous ) Protocol : suatu kumpulan dari aturan yang berhubungan dengan komunikasi data. Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
28
Modem, untuk merubah data dari bentuk digital ke analog
Hardware Komunikasi Data Modem, untuk merubah data dari bentuk digital ke analog Multiplexer, memungkinkan beberapa signal komunikasi menggunakan sebuah channel transmisi bersama-sama Concentrator, menggabungkan beberapa signal data dari channel transmisi kapasitas rendah ke kapasitas tinggi Communication Processor, mengontrol arus data yang masuk ke CPU Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
29
TOPOLOGI JARINGAN Star Network Hierarchical Tree Network
Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
30
Loop Network Bus Network Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
31
Ring Network Web Network Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
32
Gambar Local Area Network ( LAN )
Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
33
STORAGE Perkembangan media penyimpanan data (data storage) sejak komputer tercipta berubah sangat signifikan. Perbandingannya sangat mencolok, sebagai contoh data yang tersimpan dalam sebuah media penyimpanan sangat kecil, di bawah 4096 bits. Jika dikalkulasikan, 1 DVD setara dengan punch card!!. Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
34
Punch Card Sejak tahun 1725 telah dirancang sebuah media untuk menyimpan data yang diperkenalkan oleh seorang tokoh bernama Basile Bouchon menggunakan sebuah kertas berforasi untuk menyimpan pola yang digunakan pada kain. Namun pertama kali dipatenkan untuk penyimpanan data sekitar 23 September 1884 oleh Herman Hollerith – sebuah penemuan yang digunakan lebih dari 100 tahun hingga pertengahan Contoh di sini adalah bagaimana sebuah punch card dapat berfungsi sebagai media penyimpanan, memiliki 90 kolom (90 column punch card), terjadi tahun Jumlah data yang tersimpan dalam media tersebut sangat kecil, dan fungsi utamanya bukanlah menyimpan data namun menyimpan pengaturan (setting) untuk mesin yang berbeda. Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
35
Punch Tape Seorang tokoh bernama Alexander Bain merupakan orang yang pertama kali mengetahui penggunaan paper tape yang biasanya digunakan untuk mesin faksimili dan mesin telegram (tahun 1846). Setiap baris tape menampilkan satu karakter, namun karena Anda dapat membuat fanfold dengan mudah maka dapat menyimpan beberapa data secara signifikan menggunakan punch tape dibandingkan dengan punch card Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
36
Selectron Tube Pada tahun 1946 RCA mulai mengembangkan Selectron Tube yang merupakan awal format memori komputer dan Selectron Tube terbesar berukuran 10 inci yang dapat menyimpan 4096 bits Harga satu buah tabung sangat mahal dan umurnya sangat pendek di pasaran. Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
37
Magnetic Tape Pada tahun 1950-an magnetic tape telah digunakan pertama kali oleh IBM untuk menyimpan data. Saat sebuah rol magetic tape dapat menyimpan data setara dengan punch card, membuat magnetic tape sangat populer sebagai cara menyimpan data komputer hingga pertengahan tahun 1980-an. Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
38
Compact Cassette Compact Cassette merupakan salah satu bagian dari Magnetic Tape, dikarenakan sudah banyak dari kita yang telah memilikinya, hal itu menjadi bagian yang khusus. Compact Cassette diperkenalkan oleh Philips pada tahun 1963, namun tidak sampai tahun 1970 menjadi populer. Komputer, seperti ZX Spectrum, Commodore 64 dan Amstrad CPC menggunakan kaset untuk menyimpan data. Standar 90 menit Compact Cassette dapat menyimpan sekitar 700kB hingga 1MB dari data tiap sisinya. Jika disetarakan dengan DVD, maka data dalam Compact Cassette dapat dijalankan selama 281 hari. Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
39
Magnetic Drum Magnetic Drum memiliki panjang 16 inci yang bekerja putaran tiap menit. Media ini digunakan untuk menunjang komputer IBM 650 sekitar karakter dari Memori Utama. Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
40
Floppy Disk Pada tahun 1969, floppy disk pertama kali diperkenalkan. Saat itu hanya bisa membaca (read-only), jadi ketika data tersimpan tidak dapat dimodifikasi maupun dihapus. Ukurannya 8 inch dan dapat menyimpan data sekitar 80kB. Empat tahun kemudian, floppy disk yang sama muncul dan dapat menyimpan data sebanyak 256kB. Selain itu, memiliki kemampuan dapat ditulis kembali (writeable). Perkembangan selanjutnya, pada tahun 1990 lahir disk dengan ukuran 3 inci yang dapat menyimpan data sekitar 250 MB, atau biasa disebut juga Zip disk. Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
41
World’s first hard drive
Tanggal 13 September 1956, komputer IBM 305 RAMA dalam kondisi tidak terselubungi. Komputer tidak mengalami perubahan sejak dapat menyimpan data sekitar 4.4 MB (setara dengan 5 milyar karakter) – saat itu sudah menjadi hal yang menakjubkan. Data tersimpan dalam 50 buah Magnetic Diks yang berukuran 24 inci. Lebih dari 1000 sistim dibangun dan diproduksi pada akhir tahun IBM mengeluarkan seharga $3,200 per bulan untuk memproduksi komputer. Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
42
Hard drive Hard drive masih diproduksi di bawah pengembangan yang tetap (konstan). Hitachi Deskstar 7K yang Anda lihat pada gambar di bawah adalah hard drive pertama kali yang dapat menyimpan data 500GB setara dengan World’s first hard drive IBM 305 RAMAC. Hal ini cenderung tiap tahun kita dapat memperoleh drive yang dapat menyimpan data secara cepat dengan harga murah. Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
43
Laser Disk Tahun 1958, Laser Disk ditemukan namun tidak sampai tahun 1972 untuk pertama kalinya Video Disk didemonstrasikan kepada publik. Enam tahun kemudian, yaitu tahun 1978, sudah tersedia di beberapa pasaran. Hal yang tidak mungkin menyimpan data pada disk, namun mereka dapat menyimpan data dalam bentuk video dan gambar secara signifikan dengan kualitas tinggi lebih canggih dari teknik pada VHS. Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
44
Compact Disk Compact disk muncul bermula dari penemuan Laser Disk, namun berukuran lebih kecil. Dikembangkan oleh kerjasama antara SONY dan Philips pada tahun 1979 dan Compact Disk sangat berlimpah di pasaran pada tahun Sekarang tipe CD dapat menyimpan data sebesar 700MB. Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
45
DVD DVD (Digital Versatile Disc atau Digital Video Disc) merupakan dasar dari CD menggunakan teknologi laser yang berbeda. Panjang gelombang laser menggunakan 780nm sinar inframerah (standar CD menggunakan 625 nm hingga 650nm sinar inframerah) yang membuatnya memungkinkan menyimpan data pada space yang sama. Dua lapisan DVD dapat menyimpan data sebesar 8.5 GB. Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
46
Media Penyimpanan Masa Depan
Ada beberapa media penyimpanan data modern seperti kartu memori (memory card), kita tidak memiliki hal semacam itu, namun dalam perkembangan masa depan ada kemungkinan me-launching Blu-Ray dan HD DVD – persaingan dua format sebagai pengganti compact disc yang dapat menyimpan data lebih banyak. Apa yang akan Anda ucapkan jika suatu saat memiliki Holographic Versatile Disc (HVD) yang dapat menyimpan data 160 kali lebih banyak dari Blu-Ray Disc. Kemampuan menyimpa data hingga 3.9 TB (Tera Byte) dalam sebuah disk atau secara dengan – jam menjalankan video menggunakan MPEG4. Pengantar Teknologi Informasi Minggu ke 2 - 9
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.