Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Pengertian Perilaku Konsumen
Tindakan individu yang secara langsung terlibat dalam usaha memperoleh dan menggunakan barang-barang jasa ekonomis termasuk proses pengambilan keputusan yang mendahului dan menentukan tindakan-tindakan tersebut. James F. Engel, Et.al. (1968:8) Pengertian perilaku Konsumen
2
Pengertian Perilaku Konsumen
Tindakan , proses, dan hubungan sosial yang dilakukan individu,kelompok dan organisasi dalam mendapatkan, menggunakan suatu produk ayau lainnya sebagai suatu akibat dari pengalamnnya dengan produk, pelayanan dan sumber-sumber lainnya. Pengertian Perilaku Konsumen Gerald zaltman Melanie Wsllendort (1979:9)
3
Kesimpulan: Merupakan tindakan yang dilakukan oleh individu , kelompok atau organisasi yang berhubungan dengan proses pengambilan keputusan dalam mendapatkan, menggunakan barang dan jasa ekonomis yang dapat dipengaruhi lingkungan.
4
Kebutuhan Konsumen : Kebutuhan & perilaku : Perilaku Konsumen
5
Hierarki kebutuhan menurut teori
Abraham Maslow : Kebutuhan untuk mengaktualisasikan diri Kebutuhan rasa harga diri Kebutuhan rasa sosial Kebutuhan rasa aman Kebutuhan fisiologi
6
Kebutuhan menurut David McClelland :
Kebutuhan Konsumen : Kebutuhan menurut David McClelland : Tiga macam kebutuhan manusia : Need of achievement Need for affiliation Need of power
7
Model Sosialisasi Konsumen terdiri atas tiga Unsur Utama
Faktor latar belakang, karakteristik konsumen seperti status sosial, ekonomi, usia, kelas sosial dan agama. Yang melakukan sosialisasi adalah seseorang yang secara langsung berhubungan dengan konsumen dan emmiliki pebgaruh terhadap konsumen tersebut. Proses belajar dipengaruhi oleh orang yang melakukan sosialisasi tersebut dan akan mempengaruhi proses belajar konsumen melalui proses belajar modeling,penguatan dan kognitif. Hasil akhir dari proses sosialisasi adalah konsumen yang telah tersosialisasi.
8
Model Sosialisasi Konsumen Mowen dan Miror (1998)
Latar Belakang Status sosial ekonomi Jenis kelamin Umur Kelas sosial agama Perilaku Sosialisasi Media Anggota Keluarga Teman dekat guru Proses Belajar Model Pengusaha Tahap Pengembangan kognitif Hasil Konsumen yang tersosialisasi
9
Sosialisasi anak Sebagai Konsumen
Proses dimana seorang anak memperoleh pengetahuan dan keterampilan serta sikap yang relevan dengan fungsinya sebagai konsumen di pasar. proses sosialisasi ini diartikan juga sebagimana proses seseorang anak memperoleh pengetahuan tentang barang dan jasa serta pengetahuan konsumsi dan pencarian informasi serta keterampilan untuk menawar barang dan jasa.
10
Model Sosialisasi anak sebagai Konsumen (Sciffman dan Kanuk,2000)
Anak muda Anggota keluarga lainnya Teman-teman Mempengaruhi sikap dan perilaku yang lebih ekspresif >gaya >fashion >fads >*in/out* >perilaku konsumen yang di terima Mempengaruhi nilai-nilai dasar dan perilaku -Agama -Keterampilan individu -Cara berpakaian -Etika dan sopan santun -Motivasi belajar -Pekerjaan, karir -Norma perilaku konsumen
11
10 sikap dan perilaku yang dipengaruhi Budaya
1.Kesadaran diri dan ruang 2.Komunikasi dan bahasa 3.Pakaian dan penampilan 4.Makanan dan kebiasaan makan 5.Waktu dan kesadaan akan waktu 6. Hubungan keluarga,organisasi dan lembaga pemerintah 7. Nilai dan Norma 8. kepercayaan dan sikap 9.proses mental dan belajar 10. kebiasaan kerja
12
Budaya Budaya adalah segala nilai, pemikiran, simbol yang mempengaruhi perilaku, sikap, kepercayaan dan kebiasaan seseorang dan masyarakat. Sifat Budaya Abstrak (nilai,pemikiran dan kepercayaan) Obyek material (artifak kebudayaan/ manifestasi material) misalnya rumah, kendaraan,pakaian,peralatan elektronik, bahasa, musik.
13
Unsur Budaya Nilai (value) Norma (norms) Kebiasaan (costoms)
Laranagn (mores) Konvensi (Conventions) Mitos Simbol
14
Skippp 17 Pengaruh Budaya terhadap Perilaku Konsumen Konsumen
Sistem Periklanan Sistem Fesyen Barang – Barang Konsumen Ritual Pemilihan Ritual Pertukaran Ritual Pemakaian Ritual Pembuangan Konsumen
15
BUDAYA POPULER: 1. IKLAN 2. TELEVISI 3. MUSIK 4. RADIO 5
BUDAYA POPULER: 1. IKLAN 2. TELEVISI 3. MUSIK 4. RADIO 5. PAKAIAN dan Aksesories 6. PERMAINAN 7. FILM 8. KOMPUTER BUDAYA & STRATEGI PEMASARAN : Pemahaman tentang budaya masyarakat dan bangsa akan memberikan inspirasi mengenai produk yang dibutuhkan oleh konsumen
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.