Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehAida Trie Telah diubah "10 tahun yang lalu
1
Oleh : Tim Pengembang TIK BTKP Dinas Dikpora DIY PROSEDUR PENGEMBANGA BAHAN BELAJAR Berbasis Internet
2
Media Presentasi Multimedia Interaktif VS Mengandung semua komponen pembelajaran Salah satu komponen pembelajaran Alat bantu Perlu kehadiran guru Interaktivitas langsung dengan penyaji Self-explanation/penjelasan Bisa dipelajari tanpa kehadiran guru Interaktivitas dengan program Fleksibel, mengakomodir kecepatan belajar siswa
3
PRINSIP PEMBELAJARAN BASIS WEB Active: melakukan sesuatu membuat belajar lebih bermakna dan menyenangkan Explorative: mencari memberikan pengalaman untuk menemukan sendiri Insight : menemukan memberikan rasa percaya diri Trial and error: mencoba-coba memberikan keberanian untuk berbuat salah dan memperbaikinya Stimulus and respond: respond positif dan segera dapat memberikan penguatan terhadap hasil belajar Repetitive: pengulangan memberikan pemahaman dan keterampilan Scanning: user membaca materi yang terdapat di Web dilakukan secara cepat (scanning) Kecepatan membaca: lewat Web lebih lambat dan umumnya tidak sabar, bila dibandingkan membaca lewat media cetak atau buku
4
MATERI PEMBELAJARAN DI http://www.jogjabelajar.org Dikembangkan sesuai kurikulum Dimulai dengan pembuatan peta materi dan peta kompetensi Pemilihan topik berdasarkan pertimbangan; esential, sulit, abstrak, dan relevan dengan media web Terdiri dari topik yang spesifik dan fokus Optimalkan media; teks, gambar, foto, animasi, simulasi, (video dan audio masih terbatas) Seharusnya…
5
Analisis Kebutuhan Penulisan GBIM & JM Ya tidak Revisi Naskah Penulisan naskah Pembuatan Alur materi Revisi Program tidak Ya Revisi ? Produksi Siap Upload Naskah Final
6
Pebentukan Tim Produksi (TL, Programer, Grafis & Animator) Pebentukan Tim Produksi (TL, Programer, Grafis & Animator) Ya tidak Perbaikan Pelaksanaan Produksi Masing-masing Tim Produksi Mempelajari Naskah Masing-masing Tim Produksi Mempelajari Naskah tidak Ya DiTes baik ? Program Final Di review baik ? Siap Upload
7
PBB, 2005 Programmer Desainer grafis Animator Narator dan Teknisi Penyedia media
8
Division of Higher Education, UNESCO, 2002 l Harus menguasai pemrograman (software) yang akan digunakan l Harus menguasai alur pemrograman l Menguasai istilah-istilah teknis pemrograman l Mampu menterjemahkan naskah ke dalam bentuk (teks, audio, gambar, animasi dan video) pada programan yang sedang dirancang l Mengenal estetika disain tampilan (tata letak tampilan, komposisi warna) dll. l Harus menguasai media pembelajaran l Harus menguasai karakteristik media l Terbuka dalam menerima masukan-masukan l Mau melihat hasil karya orang lain dan menggali sumber lain guna peningkatan diri l Mau dikritik untuk perbaikan berikutnya
9
Syarat Media Pembelajaran V Visible (Mudah dilihat) I Interesting (Menarik) S Simple (Sederhana) U Useful (Bermanfaat) A Accurate (Benar) L Legitimate (Sah, masuk akal) S Structure (Terstruktur)
10
V Visible (Mudah dilihat) I Interesting (Menarik) S Simple (Sederhana) U Useful (Bermanfaat) A Accurate (Benar) L Legitimate (Sah, masuk akal) S Structure (Terstruktur)
11
Mengoptimalkan semua jenis media Kontrol pada user Belajar terprogram Mudah dan cepat diakses Dapat disimpan Interaktif dan kolaboratif Tepat waktu dan sesuai sasaran Marerinya lebih Up to date Banyak literatur yang dapat dimanfatkankan sebagai sumber belajar Dapat digunakan untuk berkolaborasi antar siswa, guru dan orang tua.
12
Terima Kasih
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.