Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGERTIAN TEKNOLOGI DAN INFORMASI

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGERTIAN TEKNOLOGI DAN INFORMASI"— Transcript presentasi:

1

2 PENGERTIAN TEKNOLOGI DAN INFORMASI
SUATU ALAT YANG DICIPTAKAN OLEH MANUSIA YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMUDAHKAN PEKERJAAN MANUSIA. “ HASIL PERKEMBANGAN DARI ILMU PENGETAHUAN YANG ADA “ INFORMASI HASIL PROSES ATAU HASIL PENGOLAHAN DATA YANG BERUPA : HASIL GABUNGAN HASIL ANALISA HASIL PENYIMPULAN YANG DAPAT DIPAKAI SEBAGAI DASAR YANG OBJEKTIF DALAM MENGAMBIL SUATU KEPUTUSAN

3 KOMPUTER DAN PENGOLAHAN INFORMASI
1. DEFINISI KOMPUTER MERUPAKAN ALAT ELEKTRONIK YANG DAPAT MENERIMA INPUT DATA DAN MENGOLAHNYA MENJADI SUATU INFORMASI, DENGAN MENGGUNAKAN SUATU PROGRAM YANG TERSIMPAN DI MEMORINYA, SERTA DAPAT MENYIMPAN PROGRAM DAN HASIL PENGOLAHANNYA, DIMANA BEKERJA SECARA OTOMATIS. 2. PENGOLAHAN INFORMASI 1. DATA DAN INFORMASI DATA ADALAH KUMPULAN KEJADIAN YANG DIANGKAT DARI SUATU KENYATAAN. DATA DAPAT BERUPA ANGKA, HURUF ATAUPUN SIMBOL-SIMBOL KHUSUS. DATA MENTAH MASIH BELUM DAPAT BANYAK ‘BERBICARA’, SEHINGGA PERLU DIOLAH LEBIH LANJUT. INFORMASI ADALAH HASIL DARI KEGIATAN PENGOLAHAN DATA YANG MEMBERI BENTUK YANG LEBIH BERARTI DARI SUATU KEJADIAN.

4

5 2. PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK
PENGOLAHAN DATA (DATA PROCESSING) ADALAH MANIPULASI DARI DATA KE DALAM BENTUK YANG LEBIH BERGUNA DAN LEBIH BERARTI, BERUPA SUATU INFORMASI. PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK (PDE) ATAU ELECTRONIC DATA PROCESSING (EDP) ADALAH MANIPULASI DARI DATA KE DALAM BENTUK YANG LEBIH BERARTI BERUPA SUATU INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN SUATU ALAT ELEKTRONIK, YAITU KOMPUTER. 3. SIKLUS PENGOLAHAN DATA (DATA PROCESSING CYCLE) INPUT PROSES OUTPUT ORIGINATION PROCESING DISTRIBUTION STORAGE SIKLUS PENGOLAHAN DATA YANG DIKEMBANGKAN

6 PENJELASAN DIAGRAM PENGEMBANGAN PENGOLAHAN DATA
ORIGINATION PROSES PENGUMPULAN DATA / PENCATATAN DATA KE DOKUMEN DASAR INPUT MEMASUKKAN DATA KEDALAM SISTEM KOMPUTER MELALUI ALAT INPUT. PROCESSING PROSES PENGOLAHAN DATA YANG SUDAH DI INPUT KEDALAM SISTEM KOMPUTER. OUTPUT MENGELUARKAN HASIL PROSES DARI PENGOLAHAN DATA BERUPA INFORMASI. DISTRIBUTION MENDISTRIBUSIKAN HASIL PENGOLAHAN DATA KEPADA YANG MEMBUTUHKAN INFORMASI. STORAGE PEREKAMAN HASIL KE SIMPANAN LUAR, UNTUK DIGUNAKAN SEBAGAI INPUT PADA PROSES SELANJUTNYA.

7 4. SISTEM KOMPUTER SISTEM ADALAH JARINGAN DARI ELEMEN YANG SALING BERHUBUNGAN, MEMBENTUK SATU KESATUAN UNTUK MELAKSANAKAN TUJUAN POKOKNYA. TUJUAN POKOK DARI SISTEM KOMPUTER ADALAH MENGOLAH DATA UNTUK MENGHASILKAN INFORMASI. JADI AGAR KOMPUTER DAPAT BEKERJA, HARUS ADA 3 ASPEK DASAR YAITU : HARDWARE (PERANGKAT KERAS), PERALATAN. SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK), PROSEDUR. BRAINWARE (MANUSIA), PELAKSANA. 5. KEMAMPUAN KOMPUTER KECEPATANNYA YANG DAPAT MENCAPAI WAKTU PICOSECOND. MEMPUNYAI INGATAN / MEMORY YANG BESAR MEMPUYAI KETEPATAN YANG TINGGI

8 TABEL SATUAN WAKTU KECEPATAN KOMPUTER
TABEL SATUAN KAPASITAS MEMORY KOMPUTER

9 TABEL PERBANDINGAN KEMAMPUAN MANUSIA DENGAN KOMPUTER

10 JADI SEBENARNYA PENGGUNAAN KOMPUTER TIDAK SELURUHNYA MENGGANTIKAN FUNGSI KERJA MANUSIA, TETAPI HANYA SEBAGAI ALAT BANTU SAJA UNTUK MEMPERMUDAH PEKERJAAN MANUSIA. KOMPUTER MERUPAKAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI YANG PENTING KARENA MENINGKATKAN KEMAMPUAN DARI MANUSIA. 6. CARA MENGUASAI KOMPUTER ADA 3 TAHAPAN UNTUK DAPAT MENGUASAI DAN MENGGUNAKAN KOMPUTER DENGAN BAIK DAN BERHASIL, YAITU: 1. MEMBACA BUKU-BUKU KOMPUTER. 2. MENCOBA LANGSUNG / MEMPRAKTEKKAN PADA KOMPUTER. 3. MENULIS SUATU PROGRAM KOMPUTER.

11 TIGA KOMPONEN UTAMA KOMPUTER
SYSTEM UNIT OUTPUT UNIT INPUT UNIT

12 MA IN BOARD

13 INPUT UNIT ALAT INPUT LANGSUNG KEYBOARD
POINTING DEVICE CONTOH MOUSE,LIGHT PEN, DIGITIZER GRAPHIC TABLET SCANNER CONTOH MICR, MAGNETIC STRIP, OPTICAL DATA READER (OCR READER, OCR TAG READER, BAR CODE WAND, OMR READER) SENSOR CONTOH DIGITIZING CAMERA VOICE RECOGNIZER ATAU SPEECH RECOGNIZER ALAT INPUT TAK LANGSUNG KEY TO CARD KEY TO TAPE KEY TO DISK

14 PROCESSING / SYSTEM UNIT
CPU (CENTRAL PROCESING UNIT) MERUPAKAN TEMPAT PEMROSESAN INSTRUKSI – INSTRUKSI PROGRAM BIASA DISEBUT MICROPROCESSOR TERDIRI DARI UNIT KENDALI (CONTROL UNIT) UNIT ARITMATIKA DAN LOGIKA (ARITMETIC AND LOGIC UNIT) ALU SIMPANAN (REGISTER) MAIN MEMORY REGISTER RAM (RANDOM ACCESS MEMORY) ADALAH MEMORY YANG DAPAT DIAKSES DAN BERSIFAT VOLATILE ROM ( READ ONLY MEMORY) ADALAH MEMORY YANG HANYA DAPAT DIBACA DAN BERSIFAT NON VOLATILE SIMPANAN LUAR (EXTERNAL MEMORY)

15 OUTPUT UNIT 1. HARD COPY DEVICE
BERUPA ALAT YANG DIGUNAKAN UNTUK MENCETAK TULISAN SERTA IMAGE PADA MEDIA KERAS SEPERTI KERTAS, PLASTIK ATAU FILM CONTOH : PRINTER, PLOTER, COMPUTER OUTPUT TO MICROFILM (COM) 2. SOFT COPY DEVICE BERUPA ALAT YANG DIGUNAKAN UNTUK MENAMPILKAN TULISAN SERTA IMAGE PADA MEDIA LUNAK YANG BERUPA SIGNAL ELEKTONIK CONTOH : VIDEO DISPLAY (CRT), FLAT PANEL DISPLAY (LCD), SPEAKER DRIVE DEVICE BERUPA ALAT YANG DIGUNAKAN UNTUK MEREKAM SIMBOL DALAM BENTUK YANG HANYA DAPAT DIBACA OLEH MESIN DAN BERFUNGSI SEBAGAI ALAT INPUT MAUPUN ALAT OUTPUT. CONTOH : DISK DRIVE, TAPE DRIVE, OPTICAL DRIVE, CD-ROM

16 TEKNOLOGI OPTIKAL DAN SINAR LASER (OPTICAL AND LASER TECHNOLOGY)
Perkembangan teknologi informasi dalam bidang media penyimpanan berkembang cepat dengan hadirnya teknologi optikal. Jika pada magnetic tape dan magnetic disk ukuran kapasitas penyimpanan datanya relatif kecil, maka dengan teknologi optic hal tersebut diperbesar. Medianya menggunakan kepingan fiber glass yang bisa dibaca. Kepingan tersebut dikenal dengan nama cd (compact disk). Data direkam di optical disk dengan cara membakar titik-titik kecil di lapisan permukaan cd dengan sinar laser. Pada mulanya hanya dikenal suatu cd yang hanya bisa ditulis satu kali, tanpa bisa di tulis kembali, yang dikenal dengan istilah cd-r (cd readable) namun lalu berkembang dengan kehadiran keping cd yang bisa di baca tulis berulang kali yang dikenal dengan istilah cd-rw (cd re-writeable).

17

18 SEJARAH KOMPUTER ALAT MANUAL ALAT MEKANIK ALAT MEKANIK ELEKTRONIK
1. PERKEMBANGAN PERANGKAT KERAS (HARDWARE) ALAT MANUAL ALAT MEKANIK ALAT MEKANIK ELEKTRONIK ALAT ELEKTRONIK KOMPUTER GENERASI PERTAMA ( ) CIRI-CIRINYA KOMPONEN YANG PERGUNAKAN ADALAH TABUNG HAMPA UDARA (VACUUM TUBE) UNTUK SIRKUITNYA PROGRAM HANYA DAPAT DENGAN BAHASA MESIN CONTOH ASSEMBLER CEPAT PANAS PROSESNYA KURANG CEPAT SIMPANNYA KECIL MEMBUTUHKAN DAYA LISTRIK YANG BESAR ORIENTASINYA TERUTAMA PADA APLIKASI BISNIS

19 KOMPUTER GENERASI KEDUA (1959- 1965)
CIRI-CIRINYA KOMPONEN YANG DIPERGUNAKAN ADALAH TRANSITOR PROGRAM DIBUAT DENGAN BAHASA TINGKAT TINGGI MENGGUNAKAN SIMPANAN LUAR MAGNETIC TAPE DAN MAGNETIC DISK YANG BERBENTUK REMOVABLE DISK MEMBUTUHKAN DAYA LISTRIK LEBIH SEDIKIT MEMPUNYAI KEMAMPUAN REAL-TIME DAN TIME-SHARING UKURAN FISIK KOMPUTER LEBIH KECIL PROSES OPERASI SUDAH CEPAT SAMPAI JUTAAN OPERASI PERDETIK KAPASITAS MEMORI UTAMANYA SUDAH LEBIH BESAR

20 KOMPUTER GENERASI KETIGA (1965-1970)
CIRI-CIRINYA KOMPONEN YANG DIPERGUNAKAN ADALAH IC (INTEGRATRE CIRCUITS) PENINGKATAN DARI SOFTWARENYA LEBIH CEPAT DAN LEBIH TEPAT UKURAN KECEPATAN SAMPAI DENGAN NANOSECONDS(MILIAR) KAPASITAS MEMORI LEBIH BESAR DAPAT MENYIMPAN RATUSAN JUTAAN KARAKTER MEMBUTUHKAN DAYA LISTRIK YANG LEBIH HEMAT MEMUNGKINKAN UNTUK MELAKUKAN MULTIPROCESSING DAN MULTIPROGRAMMING HARGA SEMAKIN MURAH DARI GENERASI SEBELUMNYA KEMAMPUAN MELAKUKAN KOMUNIKASI DATA DARI SATU KOMPUTER KE KOMPUTER LAIN MISALNYA ALAT KOMUNIKASI TELPON.

21 KOMPUTER GENERASI KEEMPAT (SEJAK 1970)
CIRI-CIRINYA MENGGUNAKAN LSI (LARGE SCALE INTERGRATION) ATAU BIPOLAR LARGE SCALE INTEGRATION. DIKEMBANGKANNYA KOMPUTER MIKRO YANG MENGGUNAKAN MICROPROCESSOR DAN SEMICONDUKTOR YANG BERBENTUK CHIP UNTUK INTERNAL MEMORY KOMPUTER GENERASI KELIMA CIRI-CIRINYA MENGGUNAKAN VLSI (VERY LARGE SCALE INTERGRATION) DIKEMBANGKANNYA JOSEPH JUNCTION TEKNOLOGI YANG MEMUNGKINKAN BISA MENGGANTIKAN CHIP YANG DAPAT MEMPROSES TRILIYUNAN OPERASI PERDETIK YANG DIPELOPORI OLEH JEPANG YANG DIKEMBANGKAN OLEH ICOT (INSTITUT FOR NEW COMPUTER TECHNOLOGY) KOMPUTER MASA DEPAN CIRI-CIRINYA MENGGUNAKAN KOMPONEN YANG TERBUAT DARI SINTESA PROTEIN YANG DISEBUT BIOCHIP

22 PENGGOLONGAN KOMPUTER
BERDASARKAN DATA YANG DIOLAH ANALOG KOMPUTER DIGITAL KOMPUTER HYBRID KOMPUTER BERDASARKAN PENGGUNAAN SPECIAL PURPUSE KOMPUTER GENERAL PURPUSE KOMPUTER BERDASARKAN UKURAN MICRO KOMPUTER MINI KOMPUTER SMALL KOMPUTER MEDIUM KOMPUTER LARGE KOMPUTER SUPER KOMPUTER

23 PERKEMBANGAN PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
KATEGORI PERANGKAT LUNAK PERANGKAT LUNAK SISTEM OPERASI PERANGKAT LUNAK BAHASA BERDASARKAN PENTERJEMAHAN ASSEMBLER COMPILER INTERPRETER BERDASARKAN TINGKATAN SOFTWARE BAHASA TINGKAT RENDAH SOFTWARE BAHASA TINGKAT MENENGAH SOFTWARE BAHASA TINGKAT TINGGI BERDASARKAN GENERASI GENERASI PERTAMA GENERASI KEDUA GENERASI KETIGA (HIGH LEVEL LANGUAGE) GENERASI KEEMPAT (4 GL) GENERASI KELIMA (UNTUK EXPERT SYSTEM)

24 PERANGKAT LUNAK APLIKASI (APLICATION SOFTWARE)
APLIKASI PENGOLAH KATA APLIKASI UNTUK DATABASE DAN FILE MANAJEMEN APLIKASI UNTUK PEMODELAN APLIKASI UNTUK INVESTASI MANAJEMEN APLIKASI UNTUK AKUNTANSI PERKEMBANGAN SISTEM OPERASI Operating system atau sistem operasi adalah suatu program atau perangkat lunak yang berfungsi menangani semua kegiatan kerja komputer. Sistem operasi sangat penting kerana tanpa sistem operasi komputer tidak dapat dioperasikan/digunakan. Tugas sistem operasi : 1. Melakukan fungsi manajemen sistem file 2. Mengendalikan berbagai sumber pada sistem 3. Mengatur sejumlah pemakai yang menggunakan sistem secara bersamaan 4. Membentuk penjadwalan proses-proses didalam sistem

25 JENIS-JENIS SISTEM OPERASI :
CP/M 80 (CONTROL PROGRAM FOR MICROPROCESSOR) * DIPAKAI PADA KOMPUTER JENIS APPLE CP/M 86 (CONTROL PROGRAM FOR MICROPROCESSOR) * SISTEM OPERASI INI MERUPAKAN PENYEMPURNAAN DARI CP/M 80 PC-DOS (PERSONAL COMPUTER – DISK OPERATING SYSTEM * PC-DOS PALING TERKENAL DAN PALING BANYAK DIPAKAI * MENIRU SISTEM OPERASI CP/M 80 * DIBUAT OLEH MICROSOFT TETAPI DIPASARKAN OLEH IBM CORP. MS-DOS (MICROSOFT – DISK OPERATING SYSTEM) * KEMBARAN DARI PC-DOS * DIBUAT DAN DIPASARKAN OLEH MICROSOFT DR-DOS (DIGITAL RESEARCH – DISK OPERATING SYSTEM) * MIRIP DENGAN PC-DOS DAN MS-DOS * KELEBIHAN DALAM HAL PENGELOLAAN DIRECTORY

26 UNIX SISTEM OPERASI INI DITULIS DALAM BAHASA C DIBUAT PERTAMA KALI OLEH AT & T SEMULA DIGUNAKAN PADA KOMPUTER BESAR SAAT INI ADA YANG DIGUNAKAN UNTUK PC MEMPUNYAI MASA DEPAN YANG CERAH MEMPUNYAI KEMBARAN AIX XENIX LINUX OS/2 * PENGEMBANGAN DARI PC-DOS * LEBIH BAIK DARI PC-DOS * DIBUAT OLEH MICROSOFT DAN DIPASARKAN OLEH IBM WINDOWS 95/97/98/ME * KHUSUS UNTUK KOMPUTER STAND ALONE (WORKSTATION) * LEBIH MEMUDAHKAN PENGGUNA DIBUAT DAN DIPASARKAN OLEH MICROSOFT WINDOWS 97 PERBAIKAN PADA WINDOWS 95 WINDOWS 98 PENYEMPURNAAN DARI WINDOWS 97 DAN BAIK UNTUK INTERNET WINDOWS MEPENYEMPURNAAN DARI WINDOWS 98SE, MENDUKUNG FULL MULTI MEDIA DAN JARINGAN KOMPUTER RUMAHAN (HOME PC)

27 KHUSUS UNTUK MENANGANI NETWORK SISTEM KEAMANAN YANG CUKUP BAIK
WINDOWS NT KHUSUS UNTUK MENANGANI NETWORK SISTEM KEAMANAN YANG CUKUP BAIK KELEMAHANNYA ADALAH TIDAK MENGENALI HARDWARE YANG BARU DIPASANG DIBUAT DAN DI PASARKAN OLEH MICROSOFT WINDOWS 2000 * PENGGABUNGAN ANTARA DUA SISTEM OPERASI YAITU WINDOWS 98 DAN WINDOWS NT LEBIH STABIL DARI SISTEM OPERASI YANG SUDAH ADA MEMPUNYAI TINGKAT KEAMANAN YANG BISA DIHANDALKAN BAIK DIGUNAKAN UNTUK KOMPUTER WORKSTATION TARGET PENJUALANNYA ADALAH CORPORATE DIBUAT OLEH MICROSOFT DAN DIPASARKAN OLEH MICROSOFT WINDOWS 2000 SERVER DAN ADVANCE SERVER * KHUSUS UNTUK MENANGANI NETWORK * PENGEMBANGAN DARI WINDOWS NT YANG SUDAH ADA MAMPU MENGENALI HARDWARE YANG BARU DIPASANG WINDOWS WHISTLER * KHUSUS UNTUK MENANGANI NETWORK * PENGEMBANGAN DARI WINDOWS 2000 YANG SUDAH ADA STMIK BUDI LUHUR PTI - 005

28 SILSILAH SISTEM OPERASI WINDOWS

29 PERKEMBANGAN PENGGUNA KOMPUTER (USER)
PROFESI DALAM PDE : A. System Analyst Dan Design Bertugas mempelajari, mengenalisa, merancang suatu proyek aplikasi dari pemakai komputer beserta tata cara prosedur yang akan dilakukan dalam instalasi komputer sesuaoi dengan permintaan pemakai komputer. B. Programmer Bertugas mengerjakan program berdasarkan spesifikasi program dari system analyst.

30 C. Data Entry Operator Bertugas memasukkan data kedalam komputer untuk diproses D. Input / Output Controller Bertugas mengontrol segala dokumen yang diterima dari user / pemakai dan mengontrol hasil komputerisasi (informasi) yang akan digunakan oleh user / pemakai.

31 PERKEMBANGAN PENGOLAHAN DATA
Pengolahan data dengan cara manual Peralatan yang digunakan masih terbatas kepada pensil, kertas, dan lain- lain termasuk typewriter, copier machine dan lain-lain. Pengolahan data dengan cara mekanis Misalnya bookkeping system / machines, cash register machines, dll. selanjutnya dunia mesin maju, hingga pengolahan datanya menggunakan unit record equipment, seperti punched – card, sorter machine, collator machine, dan lain-lain. Peralatan yang digunakan adalah sekelompok mesin yang melakukan fungsi pengolahan datanya secara bertahap. Pengolahan data dengan cara elektronis Diciptakan komputer untuk melaksanakan kegiatan pengolahan data. peralatan tersebut dijalankan oleh tenaga-tenaga elektronis, sehingga sistem pengolahan data dikenal dengan istilah EDPS (Elektronic Data Processing System)

32 SISTEM BILANGAN Sistem bilangan adalah cara untuk mewaikili besaran dari suatu item fisik. Sistem bilangan yang banyak dipergunakan oleh manusia adalah sistem bilangan desimal, di mana manusia mengenal bilangan angka dari 0, 1, 2 hingga 9 (10 digit). Sistem ini digunakan karena manusia memiliki 10 buah jari untuk membuat perhitungan-perhitungan. Lain halnya dengan komputer, logika komputer diwakili oleh bentuk elemen dari dua keadaan (two state elements), yaitu keadaan off (tidak ada arus) dan keadaan on (ada arus). Konsep ini yang dipakai menjadi sistem bilangan Binari yang hanya menggunakan 2 macam nilai untuk mewakili besaran nilai (0 dan 1). Selain itu komputer juga menggunakan sistem bilangan yang lain yaitu sistem bilangan oktal dan sistem bilangan heksadesimal.

33 Standard Exponential Form
Sistem Bilangan Desimal Angka yang dipakai adalah: 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9. Nilai Desimal Standard Exponential Form 123,4 0,1234 x 10 3 12,34 0,1234 x 10 2 1,234 0,1234 x 10 1 0,1234 0,1234 x 10 0 0,01234 0,1234 x 10 -1 -1,234 -0,1234 x 10 1 Sistem Bilangan Biner Angka yang dipakai: 0 dan 1 Misal: nilai bilangan binari dapat diartikan dalam sistem bilangan desimal bernilai: x x x x || || || || = 11

34 Pertambahan Bilangan Biner
Dasar pertambahan untuk masing - masing digit bilangan binary 0 + 0 = 0 0 + 1 = 1 1 + 0 = 1 1 + 1 = 0 Dengan carry of 1 Contoh: Carry of 1 (3 kali) Pengurangan Bilangan Biner Dasar pengurangan untuk masing - masing digit bilangan binary 0 – 0 = 0 1 – 0 = 1 1 – 1 = 0 0 – 1 = 1 Dengan borrow of 1 Contoh: _ borrow of 1 (1 kali) _ borrow of 1 (2 kali)

35 Perkalian Bilangan Biner
Dasar perkalian untuk masing - masing digit bilangan binary 0 x 0 = 0 1 x 0 = 0 0 x 1 = 0 1 x 1 = 1 Contoh : x 0000 1110

36 Pembagian Bilangan Biner
Dasar pembagian untuk masing - masing digit bilangan binary 0 : 1 = 0 0 : 0 = 0 1 : 1 = 1 1 : 0 = 1 Contoh : 101 0101

37 KOMPLEMEN (COMPLEMENT)
Komplemen pada dasarnya merubah bentuk pengurangan menjadi bentuk pertambahan. Bilangan desimal ada 2 macam : Komplemen 9 (merupakan komplemen basis 1) Komplemen 10 (merupakan komplemen basis) Bilangan binari ada 2 macam : Komplemen 1 (merupakan komplemen basis 1) Komplemen 2 (merupakan komplemen basis)

38 Sistem Bilangan Octal Sistem bilangan Octal menggunakan 8 macam simbol bilangan, yaitu : 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6 dan 7. Contoh sistem bilangan octal adalah sebagai berikut: Misalnya bilangan oktal di dalam sistem bilangan desimal akan bernilai x x x x || || || || (1 x 512) (2 x 64) (1 x 8) (3 x 1) = 651 Jika ditulis dengan notasi: =

39 PERTAMBAHAN BILANGAN OKTAL
+ PERTAMBAHAN BILANGAN OKTAL Pertambahan bilangan oktal dapat dilakukan seperti halnya bilangan desimal, dengan langkah-langkah sebagai berikut: Tambahkan masing-masing kolom secara desimal Ubah hasil dari desimal ke oktal Tuliskan hasil dari digit paling kanan dari hasil oktal Jika hasil pertambahan tiap-tiap kolom terdiri dari 2 digit, maka digit paling kiri merupakan carry of untuk pertambahan pada kolom selanjutnya. Contoh: 258 1278 1548 carry of 1 (1 kali)

40 PENGURANGAN BILANGAN OKTAL
Pengurangan bilangan oktal dapat dilakukan seperti halnya bilangan desimal, dengan langkah-langkah sebagai berikut: Konversikan bilangan yang akan dikurangkan ke bentuk desimal Kurangkan setiap bilangan secara desimal Jika bilangan yang akan dikurangkan nilainya lebih kecil dari bilangan pengurang, maka pinjamlah (borrow of) dari sebelah kirinya dan konversikan ke bentuk desimal. Contoh: 1548 1278 borrow of 1 (1 kali)

41 PERKALIAN BILANGAN OKTAL
Perkalian bilangan oktal dapat dilakukan dengan cara berikut : Kalikan setiap bilangan secara desimal Konversikan hasilnya ke Oktal Jika hasil perkalian setiap bilangan bernilai 2 digit, maka digit yang paling kiri merupakan carry of untuk penjumlahan bilangan berikutnya. Contoh: 16 8 x 70 250 8

42 SISTEM BILANGAN HEKSADESIMAL
Terdiri dari 16 macam simbol, yaitu: 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A, B, C, D, E, dan F Misal bilangan heksadesimal C7 16 dalam sistem bilangan desimal bernilai: C 7 x x = (12x16) + (7x1) = =

43 Pertambahan Bilangan Heksadesimal
Pertambahan bilangan oktal dapat dilakukan dengan cara berikut : Tambahkan masing – masing bilangan secara desimal Konversikan hasilnya ke Heksadesimal Jika Hasil Pertambahan terdiri dari 2 digit maka digit paling kiri merupakan carry of untuk pertambahan bilangan berikutnya. Misal: BAD 16 FDE 16 CBA 16 12E1 16

44 Pengurangan Bilangan Heksadesimal
Pengurangan bilangan Heksadesimal dapat dilakukan dengan cara berikut : Koversikan Bilangan yang akan dikurang ke Desimal Kurangkan setiap bilangan secara desimal Jika Bilangan yang akan dikurang lebih kecil dari bilangan pengurang maka Pinjam atau Borrow dari sebelah kirinya dan konvesikan pula ke Desimal. Contoh: E 1 16 C B A 16

45 Perkalian Bilangan Heksadesimal
Perkalian bilangan heksadesimal dapat dilakukan dengan cara berikut : Kalikan setiap bilangan secara desimal Konversikan hasilnya ke heksadesimal Jika hasil perkalian setiap bilangan bernilai 2 digit, maka digit yang paling kiri merupakan carry of untuk penjumlahan bilangan berikutnya. Contoh: AC 16 1B 16 x 764 AC +

46 PENGENALAN SISTEM OPERASI
DOS DOS (Disk Operating System) adalah software (disket) yang digunakan untuk mengatur kerja komputer secara mendasar seperti mengatur media masukan – proses –keluaran. BOOTING Booting adalah proses pengambilan modul sistem operasi untuk disimpan ke dalam memori komputer (RAM). * Booting terbagi menjadi 2 yaitu : Warm Boot Proses pengambilan modul sistem operasi pada saat komputer dalam keadaan hidup (on). Warm Boot dilakukan dengan menekan tombol RESET / CTRL – ALT – DEL (secara bersamaan). Cold Boot Proses pengambilan modul sistem operasi pada saat komputer dalam keadaan mati (off). Cold Boot dilakukan pada saat kita menghidupkan komputer dengan menjalankan POWER (on).

47 Pengertian File Spesifikasi File : Drive :\ Nama File . Perluasan File Contoh : D:\ latihan.doc Drive : Dapat terdiri dari A – Z (A:\ … Z:\) Penamaan File Ketentuan pembuatan nama file : Maksimum 8 karakter Tidak boleh menggunakan spasi Tidak boleh mengguanakan spesial karakter Perluasan Ketentuan pembuatan perluasan (extension) : Maksimum 3 karakter Tidak boleh menggunakan spesial karakter

48 Contoh nama dan perluasannya :
BAS : File Basica DAT : Data File COM : Perintah (Command) File OBJ : Objek File EXE : Execute File PAS : File Pascal DOC : Document File MDB : Microsoft Data Base, dll PERINTAH DOS (DISK OPERATING SYSTEM) Secara garis besar perintah DOS terbagi 2, yaitu : Internal Command (Perintah Internal) dan External Command (Perintah Eksternal). Perintah Internal Perintah Internal adalah perintah DOS yang dapat dijalankan tanpa menggunakan disket DOS (Sudah tersimpan didalam RAM pada saat Booting) Yang termasuk dalam perintah Internal adalah :

49 3. DATE 9. RENAME (REN) 15. MKDIR (MD)
A. Perintah Internal 1. CLS 7. DIR EXIT 2. TIME 8. COPY BREAK 3. DATE 9. RENAME (REN) 15. MKDIR (MD) 4. TYPE 10. ERASE (DEL) 16. CHDIR (CD) 5. VER 11. PATH 17. RMDIR (RD) 6. VOL 12. PROMPT Karakter khusus ?  Sebagai pengganti satu huruf sembarang dari nama file dan ext *  Sebagai pengganti satu kata sembarang dari nama file dan ext <  Sebagai input >>  Sebagai output >  Sebagai output |  Sebagai saluran input/output dari suatu perintah.

50 B. Perintah Eksternal 1. FORMAT 6. DISKCOMP 11. SUBST RECOVER 2. LABEL 7. TREE 12. BACKUP 17. UNDELETE 3. DISKCOPY 8. SYS RESTORE 4. XCOPY 9. CHKDSK 14. DEFRAG 5. COMP 10. ATTRIB 15. DELTREE

51 MICROSOFT WINDOWS Microsoft Windows 2000 merupakan program pengembangan atau perluasan sistem operasi DOS yang mendukung pengoperasian komputer IBM PC dalam modus grafik atau Grafical User Interface (GUI). Microsoft Windows 2000 dapat menjalankan sekaligus lebih dari satu program (multitasking). Microsoft Windows 2000 didukung oleh DOS versi 7.0. Dengan Microsoft Windows 2000 Anda dapat berpindah dari satu program aplikasi lainnya hanya dengan menekan beberapa tombol keyboard atau menekan (klik) tombol mouse. Selain itu, anda dapat juga memindahkan informasi (data) dari satu program aplikasi ke program aplikasi lainnya dan mengorganisasi, serta mengelola file dengan mudah dan optimal.

52 ROADMAP BERBAGAI VERSI WINDOWS
98 SE MILLENIUM WIN NT WIN 2000 WIN XP

53 NOTASI PEMAKAIAN MOUSE
Notasi pemakaian mouse digunakan untuk standarisasi pemakaian kalimat pada saat mempergunakan media mouse. Ini berlaku untuk semua bahasan yang ada pada Diktat ini. Notasi ini juga ditujukan untuk menyingkat pemakaian kata pada kalimat yang menerangkan tindakan (proses) yang harus dilakukan saat mempergunakan media mouse. Notasi kalimat pemakaian media mouse tersebut adalah : Klik Untuk proses penekanan dan melepas tombol terkiri dari mouse banyak satu kali secara cepat. Double-Klik Untuk proses penekanan tombol terkiri dari mouse sebanyak dua kali berturut-turut dengan cepat. Drag Untuk proses menekan tombol terkiri mouse dan tahap pada suatu object untuk dipindahkan. Drop Untuk proses memindahkan object setelah di-drag pada area pilihan.

54 MEMULAI WINDOWS Windows dijalankan melalui tombol Start di pojok kiri layar. Windows yang dibuat berbasiskan GUI, memudahkan penggunanya dengan sistem menu taskbar yang efisien. Berikut adalah tampilan menu Windows:

55 Windows diambil dari pengertian Window (jendela) karena dalam penggunaannya, setiap tampilan diwujudkan menyerupai tampilan sebuah jendela.

56 Icon adalah suatu simbol atau gambar yang mewakili suatu file, menu ataupun operasi.
Control Menu Box yang berfungsi untuk mengontrol operasi window seperti mengaktifkan window, mengubah ukuran window, memindahkan window, menutup window dan lain-lain. Title Bar yang berisi nama judul program operasi Menu Bar berupa sebaris perintah nama menu seperti Menu File, Options, Window dan Help. Minimize Icon, yang berfungsi untuk memperkecil ukuran windows menjadi sebuah Icon. Maximize Icon, yang berfungsi untuk memperbesar ukuran window menjadi maximal (dapat diperbesar menjadi satu laya penuh). Horizontal Scroll Bar digunakan untuk menggulung layar window keatas atau kebawah. Window Border merupakan batas tepi luar dari window yang digunakan untuk mengubah ukuran window pada salah satu sisinya. Window Corner digunakan untuk mengubah ukuran window pada kedua sisinya.

57 WINDOWS EXPLORER Dalam mengendalikan keseluruhan operasi Microsoft Windows 2000, digunakan sebuah program bantu yang bernama Windows Explorer. Windows Explorer merupakan program aplikasi window yang mengorganisasi File dan Disk. Tugas utama Windows Explorer adalah melakukan operasi-operasi yang berhubungan dengan File, Direktori/Folder dan Disk. Dengan Windows Explorer, anda dapat melakukan proses : Menampilkan file dan Direktori/Folder Memberikan nama dan mengganti nama file dan Direktori/Folder Memindah dan menduplikasi File dan Direktori/Folder Membuat Direktori baru Memformat Disket Memberi Sistem pada Disket Memberi Label pada Disket

58 Mengatur Direktori/Folder
Dibawah bagian kiri jendela Windows Explorer terdapat Icon-icon Disk Drive, untuk memilih Icon Disk Drive tersebut, anda cukup mengKlik pada Icon Disk Drive yang diinginkan. Misalnya Drive A (disket) atau Drive C (HardDisk). Sedangkan untuk menampilkan nama-nama file dari Folder atau subfolder tertentu, anda cukup mengklik pada nama Folder atau subFolder yang akan ditampilkan isinya. Membuat Folder Untuk membuat Direktori/Folder baru, lakukan langkah berikut : Klik lokasi tempat Direktori/Folder baru tersebut akan diletakkan. Klik Menu File, kemudian klik submenu New dan pilih Folder. Ketikkan nama folder yang diinginkan. Tekan Enter.

59 Menghapus Folder atau File
Untuk menghapus Folder atau File adalah sebagai berikut : Klik nama Folder atau File yang akan dihapus. Klik Menu File, kemudian klik submenu Delete atau langsung tekan tombol Delete. Dalam kotak dialog konfirmasi, klik tombol Yes. Bila perlu klik Yes to All pada kotak dialog Confirm Folder Delete. Menyalin Folder atau File Klik nama Folder atau file yang akan disalin. Klik Menu Edit, kemudian Klik submenu Copy atau tekan tombol CTRL-C. Klik lokasi tempat Folder / file baru. Klik Menu Edit, kemudian Klik submenu Paste atau tekan tombol CTRL-V.

60 Memindahkan Folder atau File.
Klik nama Folder/file yang akan dipindahkan. Klik Menu Edit, kemudian Klik submenu Cut atau tekan tombol CTRL-X. Klik lokasi tempat Folder / file baru. Klik Menu Edit, kemudian Klik submenu Paste atau tekan tombol CTRL-V. Mengganti Nama Folder atau File. Klik nama Folder atau file yang akan diganti. Klik Menu File, kemudian klik submenu Rename Ketik Nama Folder atau file yang baru. Tekan Enter

61 Memilih File Untuk memilih sebuah file, klik langsung pada nama file yang diinginkan. Untuk memilih beberapa file yang disimpan tidak berurutan, tekan tombol Ctrl (jangan dilepas) dan Klik pada setiap nama file yang diinginkan. Untuk memilih beberapa file yang disimpan secara berurutan, dilakukan cara berikut : Klik nama file pertama Tekan tombol Shift (jangan dilepas) dan Klik nama file terakhir dalam urutan tersebut. 4. Untuk memilih semua file didalam Folder, lakukan cara berikut : Klik menu Edit kemudian klik submenu Select All. Cara singkatnya, tekan tombol CTRL-A.

62 Menyalin Disket Klik icon Drive A (disket). Klik kanan dan pilihlah Copy Disk… Klik tombol Start dan biarkan proses pengcopy-an berjalan. Masukkan disket untuk hasil salinan dan Klik OK. Memformat Disket Masukan disket yang akan diformat kesalah satu disk drive misalnya A Klik kanan dan pilihlah Format… hingga tampil kotak dialog seperti ini: Kemudian klik tanda ke bawah kotak Capacity, dan pilih 1.44 Mb (3.5“) Isi label disket keja anda dengan cara klik satu kali kotak Label lalu ketiklah label disket anda (maksimum 11 huruf, tanpa spasi).

63 Untuk Format Type, fungsi masing-masingnya adalah sebagai berikut:
Quick : untuk menghapus isi disket saja tanpa memformat. Full : untuk memformat disket secara penuh Copy sistem files only : untuk mengkopi sistem file saja ke disket. Pada kotak isian Label, ketikkan nama label disket yang diinginkan. Pada kotak pilihan Display summary when finish, jika diaktifkan maka selesai proses format dilakukan akan diberikan sebuah ringkasan informasi mengenai kondisi disket yang telah diformat tersebut. Jika semua option sudah dipilih, maka klik tombol Start untuk memulai proses format yang telah ditentukan. Proses format akan ditunjukkan pada Progress Bar yang terletak dibagian bawah kotak dialog. Klik tombol Close untuk keluar dari kotak dialog Format.

64 Aktifkan disk drive tempat disket yang akan diberi label.
Memberi Label Disket Aktifkan disk drive tempat disket yang akan diberi label. Klik Menu Disk, kemudian Klik submenu Label Disk. Ketikan nama label yang diinginkan pada kotak Label. Klik OK. KELUAR DARI WINDOWS EXPLORER Klik menu File, pilih Close. Atau tekan sekali [ALT - F4] bersamaan. Beberapa istilah: Stand by Shutdown Restart


Download ppt "PENGERTIAN TEKNOLOGI DAN INFORMASI"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google