Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehRizqi Pecinta Telah diubah "10 tahun yang lalu
1
Introduction to Object Oriented Diah Priharsari diah.priharsari@ub.ac.id priharsari@yahoo.com Sumber: DEV475 Mastering Object-Oriented Analysis and Design with UML 2.0, IBM Corporation, June 2004 PTIIK – Universitas Brawijaya Malang
2
Yang dipelajari Prinsip dasar OO Istilah-istilah pada OO dan notasi UML
3
Mengapa perlu pemodelan – Visualisasi – Spesifikasi – Konstruksi – dokumentasi
4
Prinsip Pemodelan Model mempengaruhi bagaimana masalah dilihat Model berbeda akan mengekspresikan tingkat akurasi berbeda Model terbaik sesuai dengan kenyataan Tidak ada satu modelpun yang cukup
5
Prinsip Dasar OO
6
Abstraksi Pemodelan yang menyangkut aspek yang penting (mengabaikan rincian detail) Misal: mahasiswa terdaftar di kelas sebuah universitas, profesor mengajar suatu mata kuliah di universitas
7
Enkapsulasi Menyembunyikan cara implementasi suatu prosedur
8
Modularity Memecah yang kompleks menjadi bagian- bagian kecil
9
Hirarki Urutan atau tingkatan abstraksi seperti struktur pohon/organisasi Binatang Bertulang belakang mamaliapisces Tidak bertulang belakang Keluarga cacing
10
Definisi object Object: merepresentasikan sebuah entitas Memiliki keadaan (state) dan perilaku (behaviour) State atribut dan relationship Perilaku operation, method objek mempunyai identitas yang unik
11
Definisi Class Kelas adalah deskripsi dari kelompok objek dengan properti yang sama (atribut), kelakuan yang sama (operasi), serta relationship dan semantik yang sama Obyek adalah instansiasi kelas Contoh: – Ayam, burung dara, sangkar, kamera obyek – Kelas: benda hidup dan benda mati
12
Definisi Class (2) Atribut: nama-nama properti dari sebuah kelas yang menjelaskan batasan nilainya dari properti yang dimiliki oleh sebuah kelas tersebut. Operasi: implementasi dari layanan yang dapat diminta dari sebuah objek dari sebuah kelas yang menentukan tingkah lakunya perintah & permintaan
14
Polymorphism Kemampuan yang menutupi bagian-bagian detail didalamnya pengembangan dari enkapsulasi Antarmuka memformulasikan polimorpisma, antar muka mengijinkan kita untuk menentukan polimorpisma secara deklarasi Antarmuka kunci kemampuan plug and play Contohnya: antar muka musik operasi: main dan berhenti. objek piano, gitar, drum dan bass. Antarmuka (interface) bukanlah kelas
17
Relationship
18
Association Hubungan statis antar kelas
19
Agregasi Menyatakan bagian (terdiri atas) An agregate is an “is a part of” relationship Contoh: perpustakaan dengan buku, siswa dengan kelas (jadwal)
20
Composition Agregasi yang lebih kuat kepemilikannya dan mempunyai jangka waktu yang timbul sesuai kebutuhan.
21
Generalization specialization/generalization: hubungan khusus - umum. Makhluk hidup (umum) –Bertulang belakang –Tidak bertulang belakang
22
Dependency Hubungan dimana perubahan di satu kelas akan menyebabkan perubahan di kelas lain
23
Realization Keterhubungan secara tata bahasa antara dua klasifikasi. Satu klasifikasi berlaku sebagai penghubung, sedangkan lainnya menyetujui untuk membawa.
24
ADA PERTANYAAN???
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.