Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Sistem Operasi #0 “Overview”
Antonius Rachmat C, S.Kom, M.Cs
2
Sistem Operasi SKS : 3 Hari : Ruang :
Rabu, A dan B 13.30 Ruang : Dosen : Antonius Rachmat C, S.Kom, M.Cs Blog : YM : antonie_oo Web : E-class :
3
Deskripsi Matakuliah ini mengajarkan konsep dasar Sistem Operasi, dimana matakuliah berisi tentang perkembangan dan komponen- komponen penyusun Sistem Operasi. Dalam matakuliah ini tidak secara khusus membahas Sistem Operasi yang beredar luas di masyarakat secara konseptual. Namun konsep umum yang sama di setiap OS. Apabila diperlukan DOS, Windows dan LINUX dibahas sebagai contoh kasus.
4
Kompetensi Setelah menempuh matakuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar sistem operasi, khususnya komponen-komponen pembentuk suatu sistem operasi. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep penjadwalan CPU, pengaturan memory, dan sistem I/O Mahasiswa dapat mencari penerapan konsep sistem operasi pada sistem operasi populer Mahasiswa dapat membuat program sederhana yang berhubungan dengan sistem operasi
5
Materi Pendahuluan (Overview) dan silabus – 29/8
Struktur Sistem Komputer – 5/9 Struktur Sistem Operasi – 12/9 Process - 19/9 Thread – 26/9 Penjadwalan CPU – 3/10 Sinkronisasi Proses & TK1 – 10/10 TTS Deadlock (kebuntuan) – 31/10 Manajemen Memori – 7/11 Memori Virtual – 14/11 File System Security – 21/11 Input/Output System & TK2 – 28/11 Presentasi Program – 5/11 TAS
6
Referensi Silberschatz, Avi, Galvin, Peter, Gagne, Greg, 2006, Operating System Concepts 7ed and 8ed, John Wiley & Sons, Inc. Silberschatz, Avi, Galvin, Peter, Gagne, Greg, 2004, Operating System Concepts with Java 6ed, John Wiley & Sons, Inc. Tanenbaum, Andrew S., 1992, Modern Operating Systems, Prentice-Hall, Inc., Englewood Cliffs, New Jersey. Silberschatz, Avi, Galvin, Peter, Gagne, Greg, Operating System Concepts Essentials, John Wiley & Sons, Inc. Rahmat M. Samik-Ibrahim, M.Sc, Pengantar Sistem Operasi Komputer, Ardi Publishing, 2004
7
Buku Ed 7 dan 8
8
Buku terbaru
9
Penilaian A 4.0 A- 3.7 B+ 3.3 70.0 – 74.9 B 3.0 65.0 – 69.9 B- 2.7 60.0 – 64.9 C+ 2.3 55.0 – 59.9 C 2.0 0 – E 0.0
10
Distribusi Nilai TAS 25% (individu) TTS 20% (individu)
Tugas Program 20% (kelompok) Tugas Kasus 15% (kelompok) Kasus 10%, tanya jawab 5% Quiz 20% (individu)
11
Tugas KASUS MINGGUAN Setiap kelompok wajib membaca chapter sesuai gilirannya Setiap kelompok harus selalu siap untuk membuat studi kasus nyata pada sistem operasi populer sesuai bab materi kuliah sesuai gilirannya Jumlah anggota kelompok: 5 dan 2 orang Diundi per minggu (waktunya pengerjaan 1 minggu) Siapkan dalam bentuk slide dan gambar (capture) – point 10% Waktu presentasi: 10 menit
12
Tanya Jawab Mingguan Semua kelompok harus mengajukan minimal 1 pertanyaan teori mengenai topik minggu itu Pertanyaan akan dicatat oleh dosen dan akan dijawab oleh kelompok lain secara acak. Pertanyaan yang tidak bisa dijawab akan didiskusikan di kelas Point: 5% Waktu: 10 menit
13
Tugas Program Program Utilities pada Sistem Operasi, misalnya :
Folder synchronizer Searching File REGEX – content & file Mass File Renamer Process Manager Launcher Pilih salah satu (atau ada ide lain yang harus dikonsultasikan sebelumnya, tdk boleh ada yg sama antar kelompok) Atau buat program berupa implementasi 2 buah algoritma yang dibahas di kelas Dikerjakan kelompok Semua anggota harus presentasi Tidak boleh ada yang sama antar kelompok Dipresentasikan sesuai jadwal Point 20%
14
TTS dan TAS Berupa soal teori dari materi sesuai jadwal
Berupa pilihan ganda dan essay TTS bersifat open satu lembar kertas TAS Bersifat open books
15
PERBAIKAN Remidi hanya untuk Tes Kecil
Diadakan tgl 6 atau 7 Desember 2012 Yang nilai TK1 / TK2 < 6 Nilai maks remidi TK adalah 6 Perbaikan hanya untuk mahasiswa yang ikut TK (tidak ada susulan)
16
Ketentuan Lain Tidak ada TK, TTS dan TAS susulan dengan alasan apapun (tidak bisa remidi) Mengenakan pakaian yang rapi dan sopan Toleransi keterlambatan 15 mnt dari dosen masuk Tidak berbuat keributan Berbuat Curang = E!
17
Pengantar Sistem Operasi
Sebuah program yang merupakan perantara antara pengguna komputer dan hardware komputer Komputer = tubuh, SO = roh SO digunakan dalam hal: Mengeksekusi program dan membantu menyediakan lingkungan bagi program yang mudah untuk berinteraksi dengan system resource
18
Tujuan OS Convenience : user merasakan kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaan Efficiency : resources system harus dapat di utilisasi semaksimal mungkin Robustness : kehandalan sistem proteksi terhadap kesalahan dari user / sistem Evolution : memudahkan pengembangan, mendukung sistem baru dan program aplikasi yang berkembang
20
Layanan Sistem Operasi
Menyediakan user interface Menyediakan program execution Menyediakan I/O operations Menyediakan file-system manipulation Menyediakan system communications / networking Mampu melakukan error detection Mampu melakukan resource Sharing Ada fasilitas security Fasilitas accounting system
21
Jenis Platform & OS Microcomputers: Unix, Windows, Linux
Mainframe: IBM, Unix Supercomputer: IRIX, Linux Workstation, server: Linux, Windows Networking: Linux, Netware, Windows PDA: Blackberry, Linux, Palm, Windows Mobile Smarphone: Symbian, Linux, Windows Mobile, Android, RIM
22
OS mobile
23
Komponen-komponen Sistem Komputer
Perangkat keras CPU, RAM, storage (harddisk, floppy disk, CDROM, dsb), piranti I/O (printer, scanner, dsb) Operating System Mengontrol dan mengkoordinasikan penggunaan hardware dari berbagai program aplikasi dan user Program-program aplikasi Pengaturan penggunaan system resources untuk pemecahan problem kebutuhan user (kompiler, sistem basis data, games, dan program-program untuk bisnis) User Orang, mesin, atau komputer lain
24
4 komponen sistem komputer
25
Process Process – program dalam mode eksekusi
Eksekusi program harus pada suatu waktu yang sekuensial
26
Foreground vs Background Process
27
Thread Process vs Thread Keuntungan:
Process: suatu aplikasi yg running Thread: beberapa kegiatan dlm 1 proses Keuntungan: Responsiveness Resource Sharing Economy Utilization of Multi Processors Architectures
28
Single vs Multithread
29
Firefox vs Chrome
30
Firefox vs Chrome
31
Schedulling Memilih proses mana dari memory yang siap diekseskusi dan mengalokasikan resource/CPU kepadanya. Keputusan penjadwalan CPU mungkin terjadi waktu proses: 1. Switches from running to waiting state 2. Switches from running to ready state 3. Switches from waiting to ready 4. Terminates Scheduling no 1 dan 4 adalah non-preemptive Selainnya bersifat preemptive
32
Synchronization Why process synchronization needed?
Akses secara konkuren (hampir bersamaan) terhadap data yang bersifat shared, dapat menyebabkan data tidak konsisten Terjadi race condition Banyak algoritma sinkronisasi FCFS (First Come First Served) SJF (Shortest Job First) preemptive dan non preemptive RR (Round Robin)
33
Deadlock Pada multiprogramming, beberapa proses hanya memiliki resource yang terbatas. Jika tidak ada resource yang tersedia, process harus menunggu 2 types of resource: Preempt-able, ex: memory Non-preempt able, ex: printer Harus menunggu jika resource tidak boleh dipakai Permintaan proses mungkin diblok Mungkin bisa gagal dengan kode error tertentu
34
Memory Program harus dibawa (dari disk) ke memory dan ditempatkan pada alamat tertentu agar dapat berjalan Main memory dan registers adalah satu-satunya tempat penyimpanan yang dapat langsung diakses oleh CPU Register mengakses dalam 1 CPU clock (bisa kurang) Main memory mengakses dalam bnyk cycles / clock Cache berada diantara main memory dan CPU registers Protection of memory dibutuhkan untuk menjamin agar operasinya benars
35
Virtual Memory Virtual memory – pemisahan antara memori logis dari memori fisik. Hanya bagian dari program yang dibutuhkan saja yang harus ada dalam memory untuk dieksekusi Logical address space dapat lebih besar daripada physical address space Memperbolehkan address spaces untuk disharing oleh beberapa processes Menyebabkan pembuatan proses secara lebih efisien
36
Virtual Memory Page Replacement
Algoritma FIFO Algoritma Optimal Algoritma LRU Algoritma Perkiraan LRU
37
Konsep File File adalah kumpulan informasi yang berhubungan dan tersimpan dalam secondary storage Tipe: Data (character, numeric, binary) Program Direktori Device Sifat: persistance, big size, dan sharability
38
File Manager
39
Atribut File Name – disimpan dalam human readable name
Identifier – unique tag (number) dalam file system Type – dibutuhkan oleh sistem (ex: .txt) Location – pointer to file location di harddisk Size – current file size Protection – controls siapa yang reading, writing, executing Time, date, and user identification – data untuk protection, security, and usage monitoring Information about files are kept in the directory structure, which is maintained on the disk
40
File properties
41
Perangkat I/O Perangkat block: Perangkat character:
Meliputi berbagai disk drive Perintah baca, tulis, pencarian data Dapat digunakan untuk mengakses memory pada disk Perangkat character: Contoh: keyboard, mouse Perintah menulis, mengambil Dapat dibuat library pengakses data per-baris Perangkat jaringan: Socket: penghubung komputer dengan jaringan. Komunikasi antar komputer dilakukan melalui socket.
42
Characteristics of I/O Devices
43
MS-DOS What is MS-DOS? MS-DOS stands for Microsoft Disk Operating System. MS-DOS controls the computer’s hardware and provides an environment for programs to run. Run in single user, stand alone desktop computer Simple, only have few instructions For Intel 8086, 8088, 80186, & 80286
44
Windows XP Architecture
45
Linux Architecture
46
NEXT Struktur Sistem Komputer
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.