Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pemrograman Jaringan Socket Programming Aurelio Rahmadian.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pemrograman Jaringan Socket Programming Aurelio Rahmadian."— Transcript presentasi:

1 Pemrograman Jaringan Socket Programming Aurelio Rahmadian

2 Objektif Socket Client-Server TCP Socket Programming
UDP Socket Programming TCP Socket vs UDP Socket

3 Socket Socket adalah mekanisme komunikasi yang memungkinkan terjadinya pertukaran data antar program atau proses baik dalam satu mesin maupun antar mesin Keunggulan dari penggunaan socket adalah dapat melakukan komunikasi antar proses/program melalui jaringan berbasis yang TCP/IP, bahkan dengan program lain, sepanjang program tersebut berbicara dalam protokol transfer yang sama

4 Socket Socket adalah interface pada jaringan yang menjadi titik komunikasi antarmesin pada Internet Protocol, dan tentunya tanpa komunikasi ini, tidak akan ada pertukaran data dan informasi jaringan Socket terdiri dari elemen-elemen utama sebagai berikut: Protokol Local IP Local Port Remote IP Remote Port

5 Socket Port Port merupakan sebuah koneksi data virtual yang digunakan aplikasi untuk bertukar data secara langsung Terbagi atas 3 bagian: Well-known ports Merupakan port yang telah digunakan secara internal oleh sistem, misalnya port untuk koneksi Internet, service FTP, dan seterusnya. Port yang telah digunakan ini adalah port 0 sampai dengan port 1023. Registered ports Port ini dapat digunakan dalam aplikasi tertentu, range-nya adalah port 1024 hingga port Dynamic/Private ports Dari port sampai dengan port

6 Socket Network Socket merupakan titik akhir arus komunikasi melalui suatu jaringan komputer, ditujukan untuk komunikasi antar aplikasi antar mesin dalam lingkungan jaringan TCP/IP Kebanyakan network socket merupakan Internet Socket

7 Socket Jenis internet socket:
Stream Socket, connection-oriented socket, menggunakan TCP Datagram Socket, connectionless, menggunakan UDP Raw Socket (Raw IP Socket), umumnya berada pada perangkat jaringan

8 Socket Stream Socket Socket komunikasi full-duplex berbasis aliran (stream) data Pada model komunikasi Socket Stream, koneksi dua aplikasi harus dalam kondisi tersambung dengan benar untuk dapat bertukar data Koneksi model seperti ini akan menjamin data dapat dipertukarkan dengan baik, namun memiliki kelemahan dalam hal penggunaan jalur data yang relatif besar dan tidak boleh terputus

9 Socket Datagram Socket
Socket ini tidak membutuhkan koneksi yang tersambung dengan benar untuk mengirimkan dan menerima data Model koneksi semacam ini tidak dapat menjamin data dapat dipertukarkan dengan baik, namun memiliki keunggulan dalam hal penggunaan jalur data yang minimal Tidak ada yang dapat menjamin data dapat diterima dengan baik, kecuali diterapkan metoda rechecking

10 Client-Server Kebanyakan jaringan komputer yang ada saat ini memiliki arsitektur client-server Client melakukan inisiasi proses komunikasi Server merespon permintaan/request dari client

11 Client-Server Untuk membuat aplikasi socket yang sederhana diperlukan dua aplikasi, pertama adalah aplikasi server yang akan menerima data, sedangkan aplikasi kedua adalah aplikasi client yang mengirimkan data pada server Baik aplikasi server dan aplikasi client mendefinisikan port yang sama sebagai jalur komunikasi

12 TCP Socket Programming
Dari sisi server Server berada dalam posisi Listening dan siap menerima koneksi dari client Pengiriman dan penerimaan data menggunakan input dan output stream Dari sisi client Koneksi ke server dilakukan pada pemanggilan constructor

13 TCP Socket Programming
Model TCP Client-Server

14 TCP Socket Programming
Socket pada server memiliki fungsi: Mengikat Port (Bind Function) Mengamati data yang datang (Listen Function) Menerima koneksi dari remote machine pada port tertentu (Accept Function)

15 TCP Socket Programming
TCP Server socket( ) bind( ) +----> listen( ) | accept( ) | (block until connection from client ) | read( ) | write( ) close( ) close( )

16 TCP Socket Programming
Create a server socket Prepare the socket to listen Wait for a request to connect, a new client socket is created here Read data sent from client Send data back to client Close client socket Loop back if not told to exit Close server socket is exit command given by client

17 TCP Socket Programming
Socket(InetAddress address, int port) Membuat sebuah stream socket dan koneksi ke suatu nomor port pada suatu komputer yang memiliki alamat IP Socket(String Host, int port) Membuat stream socket dan juga koneksi ke suatu port komputer berdasarkan nama komputernya Socket(String host, int port, InetAddress localAddr, int localPort) Membuat sebuah socket dan mengkoneksikannya ke port yang dituju pada alamat IP yang disebutkan pada parameter address atau namahost Melakukan bind socket ke alamat lokal dan port lokal. (Jika koneksi antara client dan server membutuhkan nomor port yang sudah ditentukan)

18 TCP Socket Programming
TCP Client socket( ) connect( ) write( ) read( ) close( )

19 TCP Socket Programming
Create a socket with the server IP address Connect to the server, this step also names the socket Send data to the server Read data returned (echoed) back from the server Close the socket

20 UDP Socket Programming
Untuk protokol UDP, perbedaanya adalah socket di sisi server sama dengan socket di sisi client, dan tidak ada operasi listen pada sisi server Kemudian saat paket data dikirimkan, alamat socket penerima harus disertakan sebagai argumen

21 UDP Socket Programming
DatagramSocket(int port) Class ini dapat digunakan untuk menyatakan penggunaan suatu nomor port sebagai "pintu“ untuk menerima koneksi dari client DatagramSocket(int port, InetAddress laddr) Class ini membentuk koneksi dengan protokol UDP pada alamat IP lokal tertentu dan pada nomor port tertentu DatagramSocket() Class ini membentuk koneksi dengan protokol UDP pada alamat IP localhost dengan penentuan nomor portnya secara random berdasar tersedianya nomor port yang dapat digunakan

22 UDP Socket Programming
UDP Server Membuat socket menggunakan DatagramSocket object Membuat object dari DatagramPacket class dan menggunakan receive() method untuk menerima pesan yang dikirim client Membuat object dari DatagramPacket class dan menggunakan send() method untuk mengirim pesan ke client Memulai server server dengan memanggil constructor dari UDP server class di method main()

23 UDP Socket Programming
UDP Client Membuat socket dan menggunakan object DatagramSocket untuk melakukan komunikasi dengan server Membuat object dari DatagramPacket class dan menggunakan send() method untuk mengirim pesan ke server Membuat object dari DatagramPacket class dan menggunakan method receive() untuk menerima pesan yang dikirim oleh server

24 TCP Socket vs UDP Socket
TCP adalah protocol yang reliable Menunggu konfirmasi dari pihak socket penerima, dan kalau perlu packet data yang hilang akan dikirimkan kembali Konsekuensinya adalah TCP menimbulkan overhead lalulintas jaringan lebih tinggi dibanding UDP UDP adalah protocol yang unreliable Ketika packet data dikirimkan, UDP tidak mengecek kembali apakah data yang dikirim sampai tujuan Jadi dengan UDP tidak ada kepastian bagi sisi pengirim bahwa datanya sudah sampai ke tujuan dengan keadaan baik

25 TCP Socket vs UDP Socket
TCP: tidak memiliki batasan karena data- data dikirimkan sebagai aliran data (stream) UDP: memiliki batasan ukuran datagram (packet data) yang dikirimkan sebesar 64 kB

26 TCP Socket vs UDP Socket
TCP: membuat setup koneksi dengan socket tujuan terlebih dulu, setelah koneksi terbentuk, tidak dibutuhkan mengirimkan informasi socket pengirim tiap kali data dikirimkan UDP: setiap kali suatu packet data dikirim, informasi socket pengirim dan alamat socket tujuan turut dikirimkan


Download ppt "Pemrograman Jaringan Socket Programming Aurelio Rahmadian."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google