Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
KONSEP SISTEM INFORMASI
Pertemuan Ke : 6 Pemanfaatan Jaringan (Network) Untuk Sistem Informasi Imm Gunawan, M. Kom STMIK-AMIK JAYANUSA PADANG
2
Terminologi Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, perangkat komputer tambahan dan perangkat jaringan lainnya yang saling terhubung menggunakan media tertentu dengan aturan yang sama dan bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah: 1. Pembagian sumber daya 2. Komunikasi 3. Akses Informasi: 4. Membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date 5. Sistem penyimpanan data terpusat ataupun terdistribusi yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengaskses data dari berbagai lokasi yang berbeda
3
Jenis-jenis Jaringan Local Area Network (LAN)
Sebuah LAN, adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan. Metropolitan Area Network (MAN) Sebuah MAN, biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. Wide Area Network (WAN) Wide Area Networks (WAN) adalah jaringan yang lingkupnya biasanya sudah menggunakan sarana Satelit ataupun kabel bawah laut.
6
Implementasi LAN Karaketeristik LAN Topologi LAN
Keterbatasan area/lokasi geografi Transfer data kecepatan tinggi Koneksi terus-menerus ke servis lokal Umumnya digunakan media kabel Topologi LAN Bus Ring Star
7
Topologi Bus Sederhana, kabel coaxial dengan penutup 50 ohm
Salah satu segment putus akan mengganggu seluruh jaringan Kemungkinan collision lebih besar Kabel coaxial lebih sulit dibentuk
8
Topologi Ring Lingkaran tertutup yang berisi node-node
Salah satu segment putus akan mengganggu seluruh jaringan Aliran 1 arah, kemungkinan collision kecil Implementasi dengan concentrator terlihat seperti topologi star
9
Topologi Star Setiap node berkomunikasi langsung dengan central node
Salah satu segment putus tidak mengganggu seluruh jaringan Biasanya digunakan kabel UTP
10
Implementasi LAN Berdasarkan media transmisinya dibagi menjadi :
Wired LAN Kabel Twisted Pair, Coaxial, Fiber optic Wireless LAN (WLAN) RF, Bluetooth, Infrared
11
Perangkat untuk membangun Wired LAN
PC (Personal Komputer) Network Interface Card (NIC) Merupakan suatu card yang ditanam di komputer yang berguna untuk menghubungkan dengan komputer lain.
12
Kabel UTP (Unshielded twisted pair)
Ada beberapa jenis kabel untuk jaringan : UTP (Unshielded twisted pair) Kabel paling murah berbentuk mirip kabel telepon. Kabel UTP menggunakan Konektor RJ-45.
13
Ada Dua jenis koneksi pada kabel UTP yaitu :
Cross Biasa dipakai untuk menghubungkan secara langsung 2 komputer (Peer To Peer).
14
Straight Digunakan untuk koneksi 2 buah komputer atau lebih dengan memakai sambungan hub/switch.
15
Koaksial Mirip dengan kabel televisi, dulu banyak digunakan, tapi sekarang jarang sekali digunakan. Menggunakan konektor BNC dan Konektor T.
16
Fiber Optik Kabel termahal, tapi mendukung kecepatan transfer terbagus.
17
Hub atau switch Hub/Switch adalah perangkat penghubung. Hub ada yang 8 port, 16 port, 24 port.
18
Wireless LAN Media Transmisi berupa Frekuensi Radio (RF) dengan frekuensi ISM (Industry, Science and Medicine) frekuensi yang umum digunakan 2,4 Ghz dan 5,8 Ghz Topologi WLAN meliputi BSS (Basic Service Set) IBSS (Independent Basic Service Set) EBS (Extended Service Set) WLAN Mode yang dapat digunakan Infrastructure Mode (BSS dan ESS) ad-Hoc Mode (IBSS)
20
Keunggulan WLAN : Fast Secure Anytime & anywhere
21
Perangkat yang digunakan untuk membangun WLAN antara lain :
Mobile / Desktop Computer Access Point / Wireless Router Wireless LAN Interface Antena External (Optional)
22
Wireless Adapter
23
Access Point (AP) Access Point (AP)
24
Wireless Router (WR) Wireless Router (WR)
25
Contoh antena homebrew 2,4 GHz
Antena Kaleng
26
Wajan bolic
27
Wajan bolic + Yagi 14 element
28
Hal-hal yang perlu diperhatikan pada WLAN :
Jumlah User Cakupan area Penempatan Access Point/ Wireless Router Pemilihan channel Power output
29
Sistem Informasi Berbasis Jaringan
1. Client – Server SI Penjualan di Supermarket, SI Absensi karyawan, dll On-line Bank, Pembayaran Rekening PLN, Pembayaran Pajak, dll Berbasis Web (E-commerce)
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.