Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Memodelkan Kebutuhan Sistem Menggunakan Use-Case

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Memodelkan Kebutuhan Sistem Menggunakan Use-Case"— Transcript presentasi:

1 Memodelkan Kebutuhan Sistem Menggunakan Use-Case
Analisa Desain Sistem Memodelkan Kebutuhan Sistem Menggunakan Use-Case Konsep Sistem untuk Pemodelan dengan Use Case

2 Pembahasan Manfaat use-case modeling Menentukan aktor dan use-cases
Mengenal 4 tipe aktor Relasi dalam diagram model use-case

3 Pemodelan Use Case Tantangan terbesar dalam proses perancangan sistem adalah kemampuan untuk mengetahui kebutuhan sistem (system requirements): Model data dan proses, prototipe, spesifikasi kebutuhan Dimengerti oleh perancang tapi tidak dimengerti oleh pengguna Lingkup dan jadwal cenderung rumit dan ‘menakutkan’

4 Use Case : Definsi Use Case adalah deskripsi dari sebuah perilaku sistem sebagai respon dari suatu aksi / permintaan dari luar sistem. Dengan kata lain, use case mendeskripsikan ‘siapa’ bisa melakukan ‘apa’ pada sebuah sistem. 

5 Pemodelan Use-Case: Definisi
Pemodelan Use-Case : proses modeling fungsi- fungsi sistem dalam terminologi kejadian bisnis (business events) yang memicu peristiwa, dan bagaimana sistem menanggapi kejadian tersebut Use-case modeling berakar dari object-oriented modeling. (pemodelan berorientasi obyek) Merupakan pelengkap dari alat-alat modeling tradisional. (seperti ER Diagram)

6 Use-Case Modelling: Manfaat
Alat mendokumentasikan kebutuhan fungsional. Membantu pembagian lingkup sistem sehingga lebih mudah diatur. Alat mengkomunikasikan fungsionalitas sistem pada pengguna dan stakeholder lain. Usecase memiliki bahasa yang dapat dimengerti oleh berbagai stakeholder. Membantu melakukan estimasi lingkup, upaya, dan jadwal sebuah proyek

7 Use-Case Modelling: Manfaat (cont.)
Dasar untuk melakukan testing (test plans dan test cases) Dasar untuk user help systems, manual dan dokumentasi sistem Alat untuk mengetahui kebutuhan Titik awal untuk identifikasi obyek data atau entitas Spesifikasi fungsional untuk merancang user system interface Alat menentukan kebutuhan akses database (menambah, mengubah, menghapus, membaca) Kerangka untuk mengarahkan proyek pengembangan sistem

8 Use-Case Modelling: Konsep Sistem
Diagram Use-case – diagram yang menggambarkan interaksi antara sistem dan sistem eksternal dengan pengguna (user) Use-case narrative – deskripsi naratif business event dan bagaimana user akan berinteraksi dengan sistem untuk menyelesaikan suatu pekerjaan (task)

9 Simbol-simbol Dasar Use-Case
Use case – sebuah skenario perilaku untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu Digambarkan dalam bentuk elips horisontal Actor – segala sesuatu yang perlu berinteraksi dengan sistem untuk bertukar informasi Contoh: seseorang, organisasi, sistem informasi yang lain, alat eksternal, atau waktu.

10 Empat Tipe Aktor Primary business actor Primary system actor
Stakeholder yang paling diuntungkan dari terlaksananya use- case dengan menerima sesuatu yang dapat diukur Contoh: karyawan yang menerima pembayaran Primary system actor Stakeholder yang berinteraksi secara langsung dengan sistem untuk memicu kejadian bisnis atau sistem (business or system events) Contoh: teller sebuah bank yang memasukkan informasi deposit External server actor Stakeholder yang menanggapi permintaan dari use-case Contoh: biro kredit melakukan otorisasi charge sebuah credit card External receiver actor Stakeholder yang meski bukan primary actor tapi menerima sesuatu yang bernilai dari use-case Contoh: gudang menerima packing slip

11

12 Penjelasan Gambar: Customer ingin memesan sesuatu barang dari sebuah toko. Kemudian menelpon customer service dari toko tersebut. Customer service mengecek pembayaran dari customer apakah sudah diterima bagian finance Jika pembayaran selesai kemudian customer service meminta warehouse menyiapkan barang pesanan. Warehouse kemudian melakukan delivery untuk mengirim barang ke customer

13 Use Case Association Relationship
Association – relasi antara actor dengan use-case dimana terjadi interaksi diantara mereka Asosiasi digambarkan dengan garis yang menghubungkan antara actor dengan use-case Asosiasi dengan anak panah menyentuh use-case mengindikasikan bahwa usecase dipicu oleh actor. Asosiasi tanpa anak panah mengindikasikan receiver actor Asosiasi dapat bersifat dua-arah atau multi-arah (bidirectional or unidirectional)

14 Use Case Extends Relationship
Extension use-case – sebuah use case yang terdiri dari langkah-langkah yang diambil dari use case lain yang lebih rumit untuk mempermudah case aslinya sehingga memperluas fungsionalitasnya Relasi antara extension use case dengan use case yang diperluas disebut sebuah extends relationship Digambarkah dengan garis dengan anak panah, dimulai dari extension use case menuju ke use case yang diperluas. Masing-masing garis extends relationship diberi label “<<extends>>.”

15 Use Case Uses Relationship
Abstract use case: use case yang dapat mengurangi redundansi antar dua atau lebih use case dengan mengkombinasikan langkah langkah yang serupa Abstract case dapat digunakan use case lain yang memerlukan fungsionalitasnya Relasi antara abstract use case dan use case yang menggunakannya disebut uses (includes) relationship

16 Use Case Depends On Relationship
Depends On – relasi use case yang menentukan use case lain mana yang harusdilakukan sebelum use case yang bersangkutan Dapat menentukan urutan dimana use case perlu dikembangkan

17 Use Case Inheritance Relationship
Inheritance – relasi use case dimana perilaku dari dua actor yang memulai use case yang sama diekstrapolasi dan ditugaskan pada satu abstract actor untuk mengurangi redundansi Actor-actor lain dapat mewarisi (inherit) interaksi dari abstract actor

18 Review Question Apakah yang dimaksud dengan Use Case?
Apakah manfaat pemodelan Use Case untuk memodelkan sistem? Terdapat berapa tipe relationship yang ada pada use case? Apa ciri use case inheritance relationship?


Download ppt "Memodelkan Kebutuhan Sistem Menggunakan Use-Case"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google