Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGAMBILAN KEPUTUSAN. 3. Operator Logika TandaKeterangan && Logika DAN  AND I I Logika ATAU  OR ! Negasi (lawan) Logika AND  True AND True = True.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGAMBILAN KEPUTUSAN. 3. Operator Logika TandaKeterangan && Logika DAN  AND I I Logika ATAU  OR ! Negasi (lawan) Logika AND  True AND True = True."— Transcript presentasi:

1 PENGAMBILAN KEPUTUSAN

2 3. Operator Logika TandaKeterangan && Logika DAN  AND I I Logika ATAU  OR ! Negasi (lawan) Logika AND  True AND True = True True AND False = False False AND True = False False AND False = False

3 TTT TFT FTT FFF Logika OR  True OR True = True True OR False = True False OR True = True False OR False = False TTTTFF FTF FFF ORAND

4 Statement IF a. Bentuk If Tunggal sintak penulisan: if cond_expression { True expression True expression } Jika cond_expr salah, maka…..  true statement akan diabaikan.  true statement akan diabaikan. Jika cond_expr benar, maka….  true statement akan dieksekusi  true statement akan dieksekusi

5 b. Bentuk If dengan else sintak penulisan: sintak penulisan: if cond_expression { true_statement true_statement } else } else { false statement false statement } Jika cond_expr benar maka  true statement akan dijalankan Jika cond_expr salah maka  eksekusi program tertuju pada false statement

6 c. Bentuk If Bersarang (Nested If)  bentuk stat.if dengan stat.if lain di  bentuk stat.if dengan stat.if lain di dalamnya. dalamnya.  sintaks penulisan:  sintaks penulisan: if cond_exprA if cond_exprA{ if cond_exprB if cond_exprB { true statementB ;} { true statementB ;} else else { false statementB } { false statementB } } { False statementB } { False statementB }

7 d. Statement Switch  Stat.yg dimanfaatkan untuk menentukan pilihan dari menentukan pilihan dari sejumlah pilihan yang terlibat. sejumlah pilihan yang terlibat.  Mempunyai 2 bentuk 1. Swicth Tunggal 1. Swicth Tunggal 2. Switch Bersarang 2. Switch Bersarang

8  Sintaks penulisan: switch cond_expr switch cond_expr { case konstanta1: { statemen2;break } case konstanta1: { statemen2;break } - - - - - - - - - - default { statement-statemen } default { statement-statemen } }

9 CONTOH PROGRAM #include #include void main () { float ipk; float ipk;

10 // I. Menggunakan printf dan scanf // /* printf("Isikan nilai IPK ="); scanf("%f",&ipk); scanf("%f",&ipk); if (ipk>2.75) printf("Selamat Anda Lulus"); if (ipk>2.75) printf("Selamat Anda Lulus"); else else printf("Maaf...Anda gagal"); printf("Maaf...Anda gagal"); getch(); */

11 // II. Menggunakan Cout dan Cin cout >ipk; cout >ipk; if (ipk > 2.75) if (ipk > 2.75) { cout <<"Selamat Anda Lulus"; } { cout <<"Selamat Anda Lulus"; } else else cout <<"Maaf...Anda gagal"; cout <<"Maaf...Anda gagal";getch();}

12 1. Buatlah program untuk menentukan bilangan genap atau ganjil. 2. Gunakan statement IF dengan Else. 3. Simpan program dengan nama Kuis_XXXX  XXXX = NIM ke folder

13 Contoh statement nested if #include #include void main() { float nilai; // menggunakan printf dan scanf printf ("Isikan Nilai Anda ="); scanf ("%f",&nilai);

14 if ((nilai >0) && (nilai 0) && (nilai <=100)) if (nilai >=60) if (nilai >=60) { printf ("Anda lulus"); printf ("Anda lulus"); } else else { printf ("Maaf...Anda tidak lulus"); printf ("Maaf...Anda tidak lulus"); } else else printf ("Salah nilai");//else if1 printf ("Salah nilai");//else if1getch();}

15 { printf ("Maaf...Anda tidak lulus"); printf ("Maaf...Anda tidak lulus"); } else else printf ("Salah nilai"); printf ("Salah nilai"); getch( ); getch( ); }

16 LATIHAN Analisis program nilai (di atas) Buat program untuk menentukan nilai: A = nilai 90 – 100 B = nilai 70 – 89 C = nilai 60 – 69 D = nilai 50 – 59 E = nilai kurang dari 50

17 Contoh Percabangan dgn switch //PROGRAM KONVERSI NILAI HURUF #include #include void main() { char nilai_huruf; int nilai_angka;

18 printf ("PROGRAM KONVERSI NILAI\n"); printf ("\nNIlai Huruf ="); scanf ("%c",&nilai_huruf); switch (nilai_huruf) { case 'A' : nilai_angka = 4;break; case 'A' : nilai_angka = 4;break; case 'B' : nilai_angka = 3;break; case 'B' : nilai_angka = 3;break; case 'C' : nilai_angka = 2;break; case 'C' : nilai_angka = 2;break; case 'D' : nilai_angka = 1;break; case 'D' : nilai_angka = 1;break; case 'E' : nilai_angka = 0;break; case 'E' : nilai_angka = 0;break; default :printf("Nilai yang dimasukkan salah"); default :printf("Nilai yang dimasukkan salah");}

19 if ( nilai_huruf >= 'A‘ && nilai_huruf = 'A‘ && nilai_huruf <= 'E‘ ) printf ("Nilai Anda %i\n",nilai_angka); printf ("Nilai Anda %i\n",nilai_angka); getch( ); }

20 LATIHAN Buat program menentukan nama bulan Input  angka (untuk lihat nama bulan) Output  nama bulan berdasarkan input Contoh : (input) Memilih Bulan ke = 4 (input) Memilih Bulan ke = 4 (output) Bulan April (output) Bulan April


Download ppt "PENGAMBILAN KEPUTUSAN. 3. Operator Logika TandaKeterangan && Logika DAN  AND I I Logika ATAU  OR ! Negasi (lawan) Logika AND  True AND True = True."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google