Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Pembelajaran Berbantuan Komputer
Oleh: Gulpi Qorik Oktagalu Pratamasunu
2
Pengantar intelijen atau cerdas
Pembelajaran berbantuan komputer telah berkembang cukup lama, dari bentuk yang sederhana sampai ke bentuk yang kompleks. Show Spoiler Contoh Sederhana : drill-and-practice dan tutorial Kompleks : pengajaran berbantuan komputer yang bersifat intelijen atau cerdas
3
Pengantar Untuk mendapatkan hasil yang optimal, perangkat ajar di dalam pengajaran berbantuan komputer haruslah memberikan kemungkinan-kemungkinan sehingga pemakainya dapat mengolah informasi sedalam mungkin. Show Spoiler Kemungkinan yang dimaksud diatas adalah adanya konsep percabangan di dalam pembuatan media pembelajaran.
4
Pengantar PBK tepat sebagai media pembelajaran individual, namun PBK masih memerlukan kehadiran guru. Show Spoiler PBK merupakan suatu alat bantu untuk meringankan beban guru, sehingga guru mempunyai kesempatan untuk lebih memperhatikan siswa secara individual.
5
Pengantar Penggunaan komputer dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, namun komputer tidak dapat mengganti peran guru secara keseluruhan, karena peran guru tidak dapat digantikan oleh media apapun termasuk komputer. Show Spoiler Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan komputer dan guru lebih efektif daripada pembelajaran dengan komputer saja atau guru saja (Wihardjo, 2008).
6
Pengertian Pembelajaran Berbantuan Komputer adalah aplikasi komputer sebagai bagian integral dalam sistem pembelajaran terhadap proses belajar dan mengajar yang bertujuan membantu siswa dalam belajarnya. Show Spoiler Istilah asing yang menafsirkan diri sebagai PBK antara lain : Computer Assisted Instruction (CAI), Computer Based Instruction (CBI), Computer Assisted Learning (CAL), Computer Managed Instruction (CMI), dan Computer Based Education (CBE) (Alessi, 1991).
7
Komponen PBK terdiri dari Hardware, Software, dan Brainware.
Show Spoiler Hardware, yaitu komputer dan piranti pendukungnya. Software, dapat berupa sistem operasi atau modul program komputer untuk merepresentasikan materi perangkat ajar. Brainware, yaitu pembuat sistem, pengajar, atau siswa.
8
Jenis Secara umum, PBK di bagi menjadi 4 kategori: Tutorial
Drill and Practice Simulation Games No Spoiler Found
9
Tutorial Tutorial bertujuan untuk menyampaikan atau menjelaskan materi tertentu, dimana komputer menyampaikan materi, sesuai dengan bahan yang akan diajarkan. Dalam menyajikan materi, tutorial dapat dibedakan menjadi tutorial linier dan tutorial bercabang (Hastuti, 1997). Show Spoiler Tutorial bercabang lebih menarik dan attractive karena memberikan kebebasan kepada audience untuk memilih topik yang ingin di tampilkan.
10
Drill and Practice Digunakan untuk menguji tingkat pengetahuan siswa dan mempraktekkan pengetahuan mereka, Siswa bertugas menjawab soal setelah selesai menjawab, kemudian siswa memberikan feedback. Show Spoiler Feedback dapat berupa pertanyaan tentang soal-soal yang sulit.
11
Simulation Simulasi digunakan untuk memperagakan sesuatu (keterampilan) sehingga siswa merasa seperti berada dalam keadaan yang sebenarnya. Pada perangkat ajar simulasi siswa dihadapkan pada situasi yang mirip dengan kehidupan nyata. Show Spoiler Simulasi banyak digunakan pada pembelajaran materi yang membahayakan, sulit, atau memerlukan biaya tinggi, misalnya untuk merakit komputer, pemasangan processor.
12
Games Tepat jika diterapkan pada siswa yang senang bermain. Bahkan, jika didesain dengan baik sebagai sarana bermain sekaligus belajar, maka akan lebih meningkatkan motivasi belajar siswa. Dibagi menjadi dua jenis, Intrinsic Games dan Extrincic Games. Show Spoiler Penelitian University of Rochester di New York menyimpulkan, para gamer bergenre Action memiliki fokus yang lebih pada lingkungan sekelilingnya daripada yang jarang main, apalagi yang tidak main sama sekali.
13
Kelebihan Meningkatkan perhatian dan konsentrasi siswa.
Meningkatkan motivasi siswa. Menyesuaikan materi dengan kemampuan siswa. Mereduksi penggunaan waktu penyampaian materi. Membuat pengalaman belajar lebih menyenangkan, memuaskan dan menguatkan siswa.
14
Lanjutan.. Kelebihan Dapat mengakomodasikan banyak siswa dan menjalankan fungsinya dengan sedikit kesalahan. Dapat menggunakan fasilitas penyimpanan untuk mengetahui kemajuan belajar siswa. Materi dapat di desain lebih menarik. Dapat mendorong guru untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mengenai komputer.
15
Kekurangan Dikembangkan dalam dialog terbatas sehingga tidak dapat menjawab semua permasalahan siswa. Masih relatif mahal. Tidak dapat melihat teknik siswa dalam menjawab soal dan penguatan sudah tertentu. Pengembangan PBK memerlukan biaya, waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Pada kasus khusus, PBK hanya dapat dijalankan pada spesifikasi komputer tertentu. Kecepatan perkembangan teknologi komputer memerlukan upgrade yang terus-menerus.
16
Lanjutan.. Kekurangan Penilaian tidak mempertimbangkan apakah siswa sedang lelah, mengantuk atau sakit. Pada umumnya hanya menilai hasil akhir, bukan proses belajar. Komputer tidak dapat meniru tingkah laku guru, misalnya senyuman, raut muka, gerakan tangan dan badan, serta tidak dapat menggantikan ikatan batin antara siswa dan guru.
17
Known Limitation Kurangnya gambar atau ilustrasi (ELEKTRO4 Die..)
Tidak membahas Karakteristik PBK Tidak membahas Konstruktivisme Kurangnya contoh-contoh yang contextual.
18
End of Slide Show Click to Exit.
Thx to : Allah SWT Nabi Muhammad SAW My Parent, DDF Coco, Bioz Community And ALL OF YOU.
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.