Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Memahami Ubiquitous Computing
2
The most profound technologies are those that disappear
The most profound technologies are those that disappear. They weave themselves into the fabric of everyday life until they are indistinguishable from it (Mark Weiser, 1991) Sumber:
3
UC versus VR Muhlhauser dan Gurevych (2009):
UC: membawa komputer ke dunia nyata VR: membawa dunia nyata ke komputer model yang dikembangkan atau apa yang dibayang-kan ada di dunia nyata pemodelan crash landing sebuah pesawat yang parameter-parameternya dapat diatur dengan semakin kompleksnya sistem VR, manusia justru dapat berubah fungsi menjadi peranti input/output
4
Definisi ‘Ubiquitous’ menurut kamus Merriam-Webster bisa diartikan sebagai ‘ada di berbagai tempat dalam waktu yang sama’.
5
Wikipedia Ubiquitous computing (ubicomp) is a post-desktop model of human-computer interaction in which information processing has been thoroughly integrated into everyday objects and activities
6
(Mark Weiser) the method of enhancing computing use by making many devices (services) available throughout the physical environment, but making them effectively invisible to the user 8 Agustus 2009 Sriti AKAKOM
7
Sinonim dari UC Era setelah-PC Pervasive Computing
Ambient Intelligence Disappearing/invisible/calm computing Mixed-mode System Tangible bits
8
Konsep utama (mark weiser)
a vision of small Inexpensive robust networked processing devices, distributed HCI (Human Computer Interaction) Device (tab, pad , board) 8 Agustus 2009 Sriti AKAKOM
9
Mark weiser??? Mark Weiser coined the phrase "ubiquitous computing" around 1988, during his tenure as Chief Technologist of the Xerox Palo Alto Research Center (PARC) 8 Agustus 2009 Sriti AKAKOM
10
Taksonomi Komponen UC UC Component Attach to human Encountered Carried
Worn Implanted Smart Item Smart Environment Mobile Device Smart Badge Body Sensor Smart Tag Internet appliance Sensor Network Muhlhauser dan Gurevych (2009)
11
Arsitektur Acuan Mundo
12
ME (Minimal Entity) peranti-peranti yang melekat erat dengan penggunanya (wearable) yang merupakan representasi pengguna di dunia digital. secara otomatis melakukan tugas autentifikasi, pengelolaan sekelompok peranti, penemuan layanan dan cara koordinasinya lingkungan komputasi personal secara modular diciptakan dengan menghubungkan peranti-peranti lain dengan ME mempunyai keterbatasan --> harus digandeng dengan peranti lain
13
US (Ubiquitous aSsociable object)
US memperluas lingkungan personal ME dengan cara menambahkan kapasitas pemroses, memori, tampilan, peranti interaksi, dll Asosiasi: proses penggandengan disebut dengan asosiasi, dan perantinya disebut dengan US ME akan mengirimkan autentifikasi ke US, membuat sambungan komunikasi yang aman, dan melakukan personalisasi US sesuai dengan kebutuhan. Privasi: US yang dipersonalisasi secara otomatis menjadi tidak tersedia ketika berada di luar jangkauan pengguna ME.
14
IT (smart ITem) peranti pintar yang tidak mendukung asosiasi ke ME sehingga tidak dapat dikategorikan sebagai US Contoh: mesin penjual otomatis (vending machine), barang dagangan yang dilengkapi dengan RFID, mesin anjungan tunai IT adalah sembarang entitas digital atau riil yang mempunyai identitas dan dapat berkomunikasi dengan US atau ME Komunikasi dapat berlangsung secara aktif maupun pasif
15
WE (Wireless group Environment)
jaringan yang bersifat ad-hoc dan terbatas untuk daerah di sekitar ME berfungsi untuk menggabungkan sebuah kelompok yang terdiri atas sebuah ME dan sejumlah US dengan kelompok lain yang mirip dapat digunakan untuk berbagi sumber daya antara pengguna WE
16
THEY (Telecooperative Hierarchical ovErlaY)
merupakan infrastuktur tulang punggung sebagai bagian dari arsitektur Mundo digunakan untuk menghubungkan sejumlah pengguna non-lokal, dan mengirimkan layanan dan informasi ke pengguna mengintegrasikan jaringan fisik yang berbeda menyediakan data akses yang lebih transparan ke pengguna. data yang sering digunakan dapat dicache pada peranti US yang ada.
17
Tren Penelitian Berbagai bidang dapat mempengaruhi arah/tren penelitian dari UC Komunikasi timbak balik antara pengguna dan berbagai aplikasi Pengaruh UC terhadap kehidupan sosial Rancangan antarmuka pengguna (attentive user interface) Interoperabilitas
18
RFID perkembangan ubiquitous network
8 Agustus 2009 Sriti AKAKOM
19
Komputasi tak Gendhong Kemana-mana (Prof. Soesianto)
UC = Komputasi tak Gendhong Kemana-mana (Prof. Soesianto)
20
Ubiquitous, universal, user oriented, unique
U-japan (2004) Ubiquitous, universal, user oriented, unique 8 Agustus 2009 Sriti AKAKOM
21
Terima kasih !!!
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.