Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Penemu Komputer Pertama??
1822 Charles Babbage mengemukakan idenya tentang sebuah alat yang dapat membantu manusia dalam melakukan perhitungan yang rumit. Mesinnya yang tidak selesai dibuat saat ini berada di London Museum of Science Dr. John V Atanasoff dan Clifford Berry mendesain komputer digital elektronis pertama. Dengan nama ABC (Atanasoff- Berry Computer). ABC hanya dapat menghitung tambah dan kurang Selama Perang Dunia 2, ilmuwan Inggris yang bernama Alan Turing mendesain komputer elektronik khusus untuk tentara Inggris. Digunakan untuk menembus kode pertahanan Jerman.
2
1944 Howard Hathaway Aiken (american) membuat Mark I
1944 Howard Hathaway Aiken (american) membuat Mark I. Sebuah komputer hitung digital pertama yang dibuat. Memiliki luas 7,45 kaki x 50 kaki, dengan berat 35 ton. Mark I dapat digunakan untuk menghitung probabilitas Dr. John von Neumann menulis konsep penyimpanan data. Saat itu masih berupa ide.
3
1946 Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr
1946 Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr. menyelesaikan komputer skala besar yang pertama, diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer). Dunia mengetahui kedua orang ini sebagai PENEMU KOMPUTER. ENIAC berbobot 30 ton, terdiri dari lampu tabung (transistor ukuran besar), memiliki luas 30 kaki x 50 kaki, memakai tenaga watt. Pertama kali komputer ini dinyalakan, seluruh jaringan listrik di Philadelphia mendadak mati. ENIAC tidak hanya dapat menghitung tambah kurang kali bagi, tapi juga dapat diprogram untuk melakukan proses sederhana. Dibanding Mark I yang hanya dapat menghitung, dapat dilihat bahwa ENIAC adalah KOMPUTER pertama di dunia.
4
1947 Transistor pertama ditemukan oleh William Shockley, John Bardeen, dan Walter Brattain. Semenjak transistor ditemukan, ukuran komputer semakin mengecil.. Dari bacaan diatas, diketahui bahwa penemu KOMPUTER (bukan kalkulator) adalah Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr.. materi referensi: Buku Discovering Computers: Concept for a Digital World 2003; Garry B. Shelly, Thomas J. Cashman, Misty E. Vermaat.
5
Definisi Komputer Oxford English Dictionary (OED)
Suatu perangkat yang digunakan untuk menghitung atau mengendalikan operasi- operasi yg dinyatakan dalam bentuk numerik atau logika
6
Definisi Komputer V.C.Hamacher dalam bukunya “Computer Organization”
mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi
7
Definisi Komputer Robert H.Blissmer (1985), dalam bukunya “Computer Annual” suatu alat elektronik yang mampu menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan, menyediakan output dalam bentuk informasi
8
Definisi Komputer William M.Fuori dalam “Introduction to the computer, the Tool of Business” suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara tepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan manusia
9
Definisi Komputer Sanders (1985)
sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yg telah tersimpan dalam memori
10
Komputer Perangkat elektronik yg dpt menerima masukan (input), dan selanjutnya melakukan pengolahan (process) untuk menghasilkan keluaran (output) berupa informasi. Perangkat utama: perangkat input, proses, dan perangkat output, ditambah penyimpan data
11
(PROSES) (OUTPUT ) KELUARAN (INPUT) MASUKAN PENGOLAHAN
TEMPAT PENYIMPANAN YANG TERUS MENERUS BERJALAN DENGAN SANGAT CEPAT. DARI SISTEM KERJA DEMIKIAN KEMUDIAN SECARA OTOMATIS BERDASARKAN URUTAN PERINTAH DAN DATA YANG DIMASUKKAN (DI INPUT)
12
Bagian Komputer
13
Sebuah komputer minimal memiliki:
Casing Komputer bersama power supply (biasanya dijual sekalian) Motherboard Processor dengan kipas atau pendingan (biasanya dijual sekalian) Minimal sebuah memory card. Penyimpan data (harddisk) Keyboard dan mouse untuk memberikan input Monitor untuk menampilkan output secara visual
14
Elemen Sistem Komputer
Perangkat keras (hardware) Perangkat lunak (software) Manusia yang mengoperasikan (brainware)
15
Perangkat keras (hardware)
Peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa diraba atau dipegang. Contoh: Printer Monitor CPU Keyboard dll
16
Perangkat lunak (software)
Program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data. Contoh: Sistem operasi windows dan linux Bahasa pemrograman C++ Pascal Visual Basic dll
17
Brainware Manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer
18
Sistem Komputer Kumpulan dari elemen-elemen komputer (hardware, software, brainware) yang saling berhubungan (terintegrasi) dan saling berinteraksi untuk melakukan pengolahan data dengan tujuan menghasilkan informasi sesuai dengan yang diharapkan
19
Struktur Komputer Cara-cara dari tiap komponen yang menyusun komputer saling berkaitan Piranti masukan (input device) Piranti keluaran (output device) Input/Output (I/O) Port CPU (Central Processing Unit) Memory Data Bus
20
Piranti Masukan (input device)
Berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukan atau perintah dari luar Contoh: Keyboard, mouse, touch screen, scanner, kamera, dll
21
Piranti keluaran (output device)
Berfungsi sebagai media komputer untuk memberikan atau menampilkan keluaran dari hasil pengolahan data Contoh: monitor, speaker, printer, dll
22
Input/Output (I/O) Port
Media penghubung (interface) untuk menerima dan mengirim data Contoh: USB Port, Serial Port, dll
23
CPU (Central Processing Unit)
Unit pusat pengolah data, Seringkali disebut “otak” komputer atau prosesor. Memiliki dua fungsi utama ALU (Aritmetic Logic Unit) CU (Control Unit)
24
CPU ALU (Aritmetic Logic Unit) CU (Control Unit)
Unit untuk melakukan perhitungan-perhitungan aritmatika spt: ADD (+), SUBSTRACT (-), MULTIPLY (*), DIVIDE (/), serta operasi-operasi logika seperti OR, AND, XOR, INVERTION atau NOT. CU (Control Unit) Berfungsi untuk mengendalikan operasi yang dilaksanakan sistem komputer
25
Memory Berfungsi untuk menyimpan data dan program Jenis memory:
ROM (Read Only Memory) permanen, tetap, tidak tergantung keberadaan arus listrik RAM (Random Access Memory) tidak permanen, sementara, bergantung keberadaan arus listrik
26
Data Bus Merupakan jalur-jalur (bus) perpindahan data antar modul dalam sistem komputer Jalur bus biasanya terdiri dari 8,16,32 atau 64 saluran paralel
27
Satuan Waktu dan Frekuensi pada Komputer
Ekivalen Keterangan Byte 8bite Untuk menyimpan sebuah karakter pd sistem ASCII atau EBCDIC Kilobyte 1024 byte Awal PC hanya memiliki memori sebesar 640 kilobyte Megabyte 1024 kilobyte Memori PC pada saat ini berkisar antara megabyte Gigabyte 1024 megabyte Ukuran harddisk yang digunakan biasanya berkisar gigabyte Terabyte 1024 gigabyte Database yang sangat besar Pytabyte 1024 terabyte Penggunaan masa mendatang
28
Satuan Waktu Satuan Ekivalen Milidetik 1/1.000 detik Mikrodetik
Nanodetik 1/ detik Pikodetik 1/ detik
29
Satuan Frekuensi Frekuensi diatur dengan satuan Hertz
Jumlah siklus dalam 1 detik 1 Hertz: dalam satu detik terbentuk sebuah siklus Ukuran frekuensi yang lebih besar: kilohertz dan megahertz 1 kilohertz (KHz)=1000 hertz(Hz) 1 megahertz (MHz)=1000 kilohertz
30
Sistem Pengkodean pada Komputer
3 yang populer: ASCII (American Standar Code for Information Interchange) EBCDIC (Extended Binary Coded Decimal Interchange Code) Unicode
31
ASCII (American Standar Code for Information Interchange)
Dikembangkan oleh ANSI (American National Standards Institute) Awalnya menggunakan 7 bit untuk menyatakan suatu code Karakter kontrol, huruf (A-Z, a-z), digit (0-9), sejumlah simbol spt *, + Dikembangkan menjadi 8 bit Dengan tambahan sejumlah simbol yunani dan karakter grafis
32
EBCDIC (Extended Binary Coded Decimal Interchange Code)
Standar yang dibuat IBM pada tahun 1950-an dan menggunakan 8 bit untuk setiap kode. Pertama kali digunakan pada IBM System/360 Standar ini diterapkan pada berbagai komputer mainframe
33
Unicode Sebuah karakter dinyatakan dengan 16 bit
Dapat mencakup karakter Simbol dalam bahasa seperti arab dan cina bisa ditampung
34
Kemampuan Komputer Kemampuan komputer yang paling menakjubkan adalah kecepatannya. Komputer dapat melakukan suatu operasi dasar, seperti misalnya perhitungan, pertambahan atau pengurangan, dalam waktu yang sangat cepat, yaitu dalam satuan millisecond, microsecond, nanosecond atau picosecond.
35
Kemampuan Komputer Komputer mikro sekarang dapat mempunyai kecepatan berkisar dan 8 MHZ sampai dengan 500 MHz. Satu megahertz (MHz) menunjukkan kemampuan melakukan kecepatan sebesar satu juta siklus operasi per detik. Jika kecepatan komputer mikro adalah 500 MHz, ini berarti bahwa komputer ini dapat melakukan (500 juta) siklus operasi per detiknya, atau satu siklus operasi dapat dikerjakan selama 1/ detik atau 0,5 nanosecond
36
Penerapan Komputer Di bidang teknik dan ilmu pengetahuan
Komputer dapat menyelesaikan perhitungan- perhitungan yang sulit dan rumit dalam waktu yang sangat cepat. Perhitungan-perhitungan yang harus dilakukan secara trial dan error yang biasanya sangat lama, sulit, dan membosankan, bisa ditangani oleh komputer. Penelitian dan riset pengembangan yang berbahaya bisa dilakukan manusia dan membutuhkan biaya yang besar, dapat dilakukan secara simulasi pada komputer. Komputer bisa digunakan pada bidang geologi untuk mempelajari keadaan tanah serta kontur suatu daerah.
37
Penerapan Komputer Di bidang bisnis
Untuk menyediakan informasi dengan cepat dan tepat. Bila informasi terlambat atau terhenti waktunya maka sistem perusahaan akan menjadi lusuh. Manajemen membutuhkan informasi secara berbeda tergantung dari tingkatannya di dalam perusahaan. Sistem Informasi Manajemen merupakan sistem informasi yang banyak diterapkan pada perusahaan-perusahaan untuk menyediakan informasi yang diperlukan oleh semua tingkat manajemen. Definisi Sistem Informasi Manajemen adalah suatu sistem informasi yang didasarkan pada komputer, dirancang untuk mendukung operasi, menyediakan informasi kepada manajemen untuk tujuan pengambilan keputusan dalam suatu organisasi.
38
Penerapan Komputer Di bidang industri
Dengan adanya komputer, proses produksi di dalam industri lebih efisien dan lebih efektif. Di dalam proses produksi, komputer dapat digunakan untuk pengawasan numerik (numerical control) atau pengawasan proses (process control). Pengawasan numerik berarti pengawasan secara otomatis terhadap posisi-posisi operasi mesin-mesin yang dipergunakan, misalnya: mesin pemotong, grenda, mesin press, dsb. Pengawasan proses berarti menyediakan otomatisasi si dalam operasi pada industri untuk mengatur secara otomatis variabel- variabel yang mempengaruhi proses produksi tersebut yang sulit dilakukan oleh manusia secara serentak. Komputer ini banyak digunakan pada proses produksi baja, penyulingan minyak, produksi kertas, bahan-bahan kimia, semen, makanan, dll.
39
Penerapan Komputer Di bidang kedokteran
Komputer banyak digunakan pada klinik-klinik dan rumah- rumah sakit untuk membantu para dokter mendiagnosa penyakit dan menemukan obat yang tepat. Dengan memasukkan gejala-gejala penyakit dari pasien ke komputer, dokter akan segera mendapat hasil dari jenis penyakit pasien, dan dapat menentukan obatnya. Komputer dapat digunakan untuk menganalisa organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit dilihat. Sistem CAT (Computerized Axial Tonography) memungkinkan untuk mengambil gambar otak dan organ tubuh lainnya.
40
Internet Secara harfiah, internet (kependekan daripada perkataan 'interconnected-networking') rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian.
41
Tokoh-tokoh Internet Dunia
Timothy Barners Lee pencipta WWW (World Wide Web) Roy Tomlinson (at) pada alamat
42
Definisi Media komunikasi yang menggunakan komputer dan saluran telekomunikasi sbg tulang punggungnya Rangkaian komputer yang terhubung dalam beberapa rangkaian
43
Kemunculan Internet Rangkaian pusat yang membentuk Internet diawali pada tahun sebagai ARPANET, yang dibangun oleh ARPA (United States Department of Defense Advanced Research Projects Agency). Beberapa penyelidikan awal yang disumbang oleh ARPANET termasuk kaedah rangkaian tanpa-pusat (decentralised network), teori queueing, dan kaedah pertukaran paket (packet switching). Pada 1 Januari 1983, ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya, dari NCP ke TCP/IP. Ini merupakan awal dari Internet yang kita kenal hari ini. Pada sekitar 1990-an, Internet telah berkembang dan menyambungkan kebanyakan pengguna jaringan-jaringan komputer yang ada.
44
Layanan Internet Sebagai media melakukan transfer file (FTP)
Sebagai sarana mengirim surat ( ) Sebagai pusat pembelajaran dan pendidikan Digital library E-learning Sarana untuk penjualan dan pemasaran E-commerce Melakukan mailing list, newsgroup, konferensi Chatting Mesin pencari (search engine) Mengirim SMS ke telepon seluler Sarana entertainment dan permainan
45
Tata tertib internet (Nettiquette)
Netiquette merupakan Etika dalam menggunakan Internet. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet.
46
Beberapa aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah:
Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, mungkin dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengupload data pribadi anda. ada baiknya anda harus betul- betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju adalah dijamin keamanannya. Dan yang paling utama adalah, hargai pengguna lain di internet, caranya sederhana yaitu: jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat. jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalnya melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
47
Kebutuhan untuk koneksi internet
Komputer dgn prosesor minimum Pentium 100 Mhz Memory minimal 16 MB, HDD 1,2 GB Sistem Operasi Windows 9x atau yang lebih baru Modem (ADSL, ISDN, DialUp) Saluran telpon/koneksi dgn ISP Browser PDA, SmartPhone, UMPC, Laptop
48
Istilah Internet Indonesia
attachment = lampiran bandwidth = lebar pita broadband = pita lebar, jalur lebar browser = peramban, penjelajah bulletin board = papan buletin chat = obrol, obrolan, rumpi crash = bertabrakan (biasa untuk perangkat lunak/keras bermasalah) collission = tabrakan data connection = sambungan copy = salin, kopi cut = potong
49
Istilah Internet Indonesia (2)
cyberspace = dunia maya database = pangkalan data, basis data delete/del = hapus domain = ranah download = ambil data, unduh, muat turun edit = sunting, ubah = imel, ratel / surel (surat elektronik), posel (pos elektronik), surat-e forward/fwd ( ) = terusan homepage = laman hosting = hosting interferensi = gangguan signal (berkaitan dengan signal wireless) install = instalasi
50
Istilah Internet Indonesia (3)
interface = antarmuka keyword = kata kunci lag = lambat link = taut, kait, pautan, pranala load = muat login / log in / log on / logon = log masuk, masuk log logout / log out / log off / logoff = log keluar, keluar log network = jaringan newsgroup = kelompok warta, kelompok diskusi mailing list = milis, senarai, forum ratel networking = jejaring off line = tidak terhubung, terputus online / on line = terhubung, tersambung
51
Istilah Internet Indonesia (4)
password = kata sandi, kata kunci paste = tempel preview = pratonton, pratilik, pratayang (internet service) provider = penyelenggara jasa internet save = simpan scan = pindai server = peladen sign in / signin / sign on = lihat login sign out / sign off = lihat logout surfing = berselancar, selancar maya update = pemutakhiran, pembaruan upload = unggah, muat naik username = nama pengguna virtual reality = realitas maya webpage = halaman web website = situs web wireless = nirkabel
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.