Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Grafika Komputer (TIZ10) Grafik 3D Disusun oleh Teady Matius Prodi Teknik Informatika – Universitas Bunda Mulia.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Grafika Komputer (TIZ10) Grafik 3D Disusun oleh Teady Matius Prodi Teknik Informatika – Universitas Bunda Mulia."— Transcript presentasi:

1 Grafika Komputer (TIZ10) Grafik 3D Disusun oleh Teady Matius Prodi Teknik Informatika – Universitas Bunda Mulia

2 Definisi 3D Sekumpulan titik-titik 3D yang membentuk bidang muka – bidang muka yang digabungkan menjadi satu.

3 Sistem Koordinat Titik P(x,y,z) dinyatakan dalam bentuk 3D terdiri dari koordinat x, y dan z

4 Representasi Obyek 3D dalam layar 2D Titik-titik dinyatakan dalam struktur 3D, sedangkan layar komputer dalam struktur 2D. Sehingga diperlukan konversi dari 3D menjadi 2D. Langkah-langkah: –Ambil vektor dari setiap titik pada face tersebut –Konversikan setiap vektor 3D menjadi titik 2D –Hasil konversi digambarkan polygon Ada dua macam proyeksi untuk menyatakan 3D dalam bentuk 2D: –Proyeksi Paralel –Proyeksi Perspektif

5 Proyeksi 3D

6 Proyeksi Paralel

7 Jika Xp dan Yp adalah koordinat pada proyeksi Garis proyeksi dari (x,y,z) ke (xp,yp) membentuk sudut  dengan garis pada bidang proyeksi  adalah sudut yang terbentuk dari garis proyeksi dengan arah horisontal pada bidang proyeksi Garis proyeksi dinyatakan dengan L Titik P(x,y,z) pada obyek 3D diproyeksikan ke titik P(Xp,Yp) pada bidang 2D –Xp = X + L cos  –Yp = Y + L sin  Dimana –tan  = z / L  L = z / tan  –L 1 = 1 / tan   L = z.L 1 Maka –Xp = X + z.L 1 cos  –Yp = Y + z.L 1 sin 

8 Matriks untuk Proyeksi Paralel

9 Proyeksi Perspektif

10

11 Prp  Project Reference Point Zvp  view point pada sumbu Zv atau sumbu z pada bidang pandang Parameter u  nilai 0 s/d 1; Jika u=0, maka (x’,y’,z’) = (x,y,z) Jika u = 1 maka (x’,y’,z’) = (0,0,z prp )

12 Proyeksi Perspektif d p adalah jarak prp dari titik pengamat pada sumbu z. z p = z vp

13 Visible - Invisible Visible  bidang yang terlihat langsung oleh pengamat Invisible  bidang yang tertutup oleh bidang yang visible Untuk menerapkan Visible dan Invisible dapat dilakukan dg cara sbb –Gambar dahulu bidang yang invisible –Kemudian gambar bidang yang visible

14 Depth Cuing / pengenalan kedalaman Dengan mengetahui kedalaman suatu bangun kita dapat menentukan bidang visible dan bidang invisible


Download ppt "Grafika Komputer (TIZ10) Grafik 3D Disusun oleh Teady Matius Prodi Teknik Informatika – Universitas Bunda Mulia."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google