Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GERAK LURUS BERATURAN

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GERAK LURUS BERATURAN"— Transcript presentasi:

1 MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GERAK LURUS BERATURAN
Guru Pamong Tri Wahyuni,S.Pd Praktikan Purwati ( ) Esti Maretasari ( ) MASUK

2 MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GERAK LURUS BERATURAN
HOME Pada dasarnya, pembahasan mengenai gerakan dibedakan menjadi dua kelompok besar, yaitu kinematika dan dinamika. Kinematika berisi pembahasan tentang gerakan benda tanpa mempertimbangkan penyebab gerakan tersebut. Sedangkan dinamika berisi pembahasan tentang gerakan benda dengan memperhatikan penyebab gerakan benda tersebut, yaitu gaya. Kali ini kita akan mempelajari salah satu sub bab kinematika gerak lurus yaitu Gerak Lurus Beraturan. KOMPETENSI INDIKATOR MATERI SOAL AUTHOR

3 MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GERAK LURUS BERATURAN
HOME STANDAR KOMPETENSI : Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik KOMPETENSI DASAR: Menjelasakan konsep perpindahan Menjelaskan perbedaan antara kecepatan dan kelajuan. Menjelaskan konsep GLB KOMPETENSI INDIKATOR MATERI SOAL AUTHOR

4 MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GERAK LURUS BERATURAN
HOME INDIKATOR Siswa dapat menjelaskan mengenai konsep perpindahan Siswa dapat menjelaskan perbedaan antara kecepatan dan kelajuan. Siswa dapat menjelaskan konsep GLB. KOMPETENSI INDIKATOR MATERI SOAL AUTHOR

5 MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GERAK LURUS BERATURAN
HOME 1. Perpindahan Perpindahan adalah perubahan posisi (kedudukan) suatu benda dalam waktu tertentu. Sebuah partikel berpindah dari titik P ke titik Q menurut lintasan kurva PQ, seperti pada Gambar 1.4. Apabila posisi titik P dinyatakan sebagai rP dan posisi titik Q dinyatakan sebagai rQ maka perpindahan yang terjadi dari titik P ke titik Q tersebut adalah vektor Δ r, yaitu Δr = rQ – rP (1–2) Persamaan (1–2) jika diubah dalam kalimat dapat dinyatakan bahwa perpindahan suatu benda sama dengan posisi akhir benda dikurangi posisi awal. KOMPETENSI INDIKATOR Y p Q Δr rp rq MATERI SOAL AUTHOR

6 MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GERAK LURUS BERATURAN
HOME Bagaimanakah cara menentukan besar perpindahan yang dilakukan oleh partikel tersebut? Setiap benda membutuhkan waktu untuk berpindah atau mengubah kedudukannya. Dalam kasus perpindahan tersebut, pada saat t = t1, partikel berada di titik P dengan vektor posisinya rP. Pada saat t = t2, partikel berada di titik Q dengan vektor posisinya rQ. Kemudian, apabila rP= (xPi + yPj) dan rQ = (xQi + yQj), Persamaan (1–2) dapat dituliskan menjadi rPQ = (xQi + yQj) – (xPi + yPj) = (xQ – xP)i + (yQ – yP)j. Apabila xQ – xP = Δx dan yQ – yP = Δy, serta perpindahan yang dilakukan partikel rPQ dinyatakan sebagai Δr, Persamaan (1–2) berubah menjadi Δr = Δxi + Δyj (1–3) KOMPETENSI INDIKATOR MATERI SOAL AUTHOR

7 MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GERAK LURUS BERATURAN
HOME Oleh karena besar perpindahan partikel Δr sama dengan panjang vektor Δr maka dapat dituliskan |Δr| = ( ) ( ) Δ + Δ2 2 x y (1–4) Arah perpindahan partikel dapat ditentukan dari besar sudut yang dibentuk oleh vektor perpindahan Δr terhadap sumbu-x.Apabila sudut yang dibentuk oleh vektor perpindahan Δr terhadap sumbu-x adalah θ , arah perpindahan vektor Δr dinyatakan sebagai KOMPETENSI INDIKATOR MATERI SOAL AUTHOR

8 MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GERAK LURUS BERATURAN
HOME 2. KELAJUAN DAN KECEPATAN Menentukan kelajuan sebuah benda yang sedang bergerak lurus, yaitu sarna dengan jarak yang ditempuh dibagi waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak tersebut. Misalnya, jika sebuah mobil menempuh jarak 1000 meter dalam waktu 50 sekon, maka kelajuan mobil v = 1000 m/50 s = 20 m/s. Misalnya, seorang anak berlari,pada posisi pertama, kedudukan anak berada di 0 m, kemudian pada sekon 1 kedudukan anak = berada di 1 m, sekon 2 berada di 2 m, sekon 3 berada di 3 m, dan seterusnya. Di sini terjadi baik perubahan kedudukan maupun perubahan waktu, yang dinyatakan sebagai kelajuan. Kelajuan didefinisikan sebagai cepat lambatnya perubahan jarak terhadap perubahan waktu. Sedangkan, KOMPETENSI INDIKATOR MATERI SOAL AUTHOR

9 MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GERAK LURUS BERATURAN
HOME kecepatan didefinisikan sebagai cepat lambatnya perubahan kedudukan benda terhadap waktu. Hampir sarna dengan jarak dan perpindahan yang merupakan besaran skalar (jarak) dan vektor (perpindahan), kelajuan dan kecepatan juga merupakan be saran skalar (kelajuan) dan vektor (kecepatan).Karena kelajuan merupakan besaran skalar, maka untuk menghitungnya kita tidak perlu tahu arah gerak benda tersebut; yang penting adalah jarak yang ditempuh benda selama waktu tertentu. Rumus yang digunakan untuk menghitung kelajuan adalah dengan v = kelajuan (m/s) s = jarak yang ditempuh (m) t = waktu tempuh (s) KOMPETENSI INDIKATOR MATERI SOAL AUTHOR

10 MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GERAK LURUS BERATURAN
HOME Berbeda dengan kelajuan, kecepatan merupakan besaran vektor sehingga untuk menghitungnya kita harus mengetahui arah gerak benda tersebut, yang dalam hal ini adalah perpindahan benda tersebut dalam waktu tertentu. Oleh karena itu, persamaan yang digunakan untuk menghitung kecepatan adalah atau Dengan, v = kecepatan Δs = perpindahan Sb = kedudukan akhir benda Sa = kedudukan awal benda tb = waktu akhir ta = waktu awal KOMPETENSI INDIKATOR MATERI SOAL AUTHOR

11 MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GERAK LURUS BERATURAN
HOME 3. Gerak Lurus Beraturan Yang dimaksud dengan gerak lurus adalah gerak yang lintasannya berupa garis lurus. Contoh gerak lurus adalah gerak mobil di jalan tol yang lurus dan gerak kereta api. Pada umumnya, jalan tol dan reI kereta api relatif lurus, sehingga gerak mobil dan kereta api bisa dianggap sebagai gerak lurus Gerak lurus beraturan adalah gerakan benda yang lintasannya lurus dan kecepatannya tetap. Berarti, sebuah benda yang, bergerak lurus beraturan menempuh jarak yang sarna untuk selang waktu yang sarna. Misalnya, jika tiga sekon pertama menempuh jarak 15 m, maka tiga sekon berikutnya juga menempuh jarak 15 m. KOMPETENSI INDIKATOR MATERI SOAL AUTHOR

12 MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GERAK LURUS BERATURAN
HOME Dalam kehidupan sehari-hari, jarang kita jumpai contoh dari benda yang bergerak lurusberaturan dalam jangka waktu yang relatif lama. Misalnya, sebuah mobil yang sedang bergerak dengan kelajuan 80 krn/jam terpaksa harus mengurangi kelajuannya ketika di depannya ada mobil lain. Atau, mobil tersebut harus menambah kelajuannya ketika akan mendahului mobil lain di depannya. Dengan demikian, kelajuan mobil tidak selamanya tetap, tetapi berubah-ubah. Namun, untuk selang waktu tertentu, kelajuan mobil tersebut bisa dikatakan tetap, sehingga dikatakan mobil bergerak lurus beraturan. KOMPETENSI INDIKATOR MATERI SOAL AUTHOR

13 MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GERAK LURUS BERATURAN
HOME Percepatan sebuah benda yang sedang bergerak lurus beraturan adalah Karena pada gerak lurus beraturan berlaku kelajuan atau kecepatan tetap, maka perubahan kecepatan sarna dengan nol, sehingga Jadi, pada gerak lurus beraturan, percepatan benda a = 0 KOMPETENSI INDIKATOR MATERI SOAL AUTHOR

14 MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GERAK LURUS BERATURAN
HOME Jika kita plot grafik dari data jarak dan waktu tersebut pada koordinat kartesius, dengan jarak pada sumbu vertikal dan waktu pada sumbu horizontal, akan kita dapatkan grafik seperti pada gambar diatas. Dari grafik jarak terhadap waktu dapat kita peroleh informasi tentang kecepatan benda berdasarkan rumus Jarak (1. 10 m) 4 3 2 1 waktu (t) Waktu (s) Jarak (m) 1 10 2 20 3 30 4 40 KOMPETENSI INDIKATOR MATERI SOAL AUTHOR

15 MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GERAK LURUS BERATURAN
HOME Batu dilempar keatas dengan kecepatan awal V0. ternyata batu kembali ketempat semula dalam waktu 8 sekon. Jika g=10 m/s.s, maka kecepatan awal V0 tersebut adalah JAWABAN ANDA SALAH PEMBAHASAN Diket : t = 8 s g = 10 m/s Ditanya : Vo Jawab : pada hmax maka Vt = 0 Vt = V0 + at karena a = -g, maka Vt = V0 – gt 0 = V0 –gt Vo = gt Vo = = 40 m/s JAWABAN ANDA BENAR PEMBAHASAN Diket : t = 8 s g = 10 m/s Ditanya : Vo Jawab : pada hmax maka Vt = 0 Vt = V0 + at karena a = -g, maka Vt = V0 – gt 0 = V0 –gt Vo = gt Vo = = 40 m/s KOMPETENSI INDIKATOR A m/s D m/s MATERI SOAL B m/s E m/s AUTHOR C m/s

16 MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GERAK LURUS BERATURAN
HOME Gerak titik materi dalam suatu bidang datar dinyatakan dalam persamaan (r dalam meter dan t dalam sekon). Pada saat t = 3 sekon, gerak tersebut memiliki kelajuan sebesar JAWABAN ANDA SALAH PEMBAHASAN JAWABAN ANDA BENAR PEMBAHASAN KOMPETENSI INDIKATOR A m/s C m/s MATERI SOAL B m/s E m/s AUTHOR D m/s

17 MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GERAK LURUS BERATURAN
HOME Dua peluru ditembakkan ke atas secara bersamaan. Kelajuan peluru pertama V1 = 100 m/s sedangkan kelajuan peluru kedua V2=200 m/s setelah 4 detik kedua peluru akan berjarak…… JAWABAN ANDA SALAH PEMBAHASAN Diket : t = 4 s V1 = 100 m/s V2 = 200 m/s Ditanya : Vo Jawab : JAWABAN ANDA BENAR PEMBAHASAN Diket : t = 4 s V1 = 100 m/s V2 = 200 m/s Ditanya : Vo Jawab : KOMPETENSI INDIKATOR A m/s D m/s MATERI SOAL B m/s E m/s AUTHOR C m/s

18 MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GERAK LURUS BERATURAN
HOME Sebuah benda bergerak lurus dengan persamaan kecepatan m/s jika posisi benda mula-mula di pusat koordinat, maka perpindahan benda selama 3 sekon adalah JAWABAN ANDA SALAH PEMBAHASAN JAWABAN ANDA BENAR PEMBAHASAN KOMPETENSI INDIKATOR A m/s D m/s MATERI SOAL B m/s E m/s AUTHOR C m/s

19 MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GERAK LURUS BERATURAN
HOME AUTHOR Guru Pamong Tri Wahyuni,S.Pd Praktikan Purwati ( ) Esti Maretasari ( ) KOMPETENSI INDIKATOR MATERI SOAL AUTHOR


Download ppt "MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GERAK LURUS BERATURAN"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google