Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

U NIVERSITAS M ERCU B UANA Kelompok 4 :  Herdian (44411010008)  Nia Kurnia Dewi  Risky Prianto.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "U NIVERSITAS M ERCU B UANA Kelompok 4 :  Herdian (44411010008)  Nia Kurnia Dewi  Risky Prianto."— Transcript presentasi:

1 U NIVERSITAS M ERCU B UANA Kelompok 4 :  Herdian (44411010008)  Nia Kurnia Dewi  Risky Prianto

2 E KSISTENSI M ARTABAT M ANUSIA Menurut Ajaran Agama Proses Penciptaan Manusia Tujuan Penciptaan Manusia Fungsi dan Peran Manusia Potensi (Fitrah) Manusia Struktur Kepribadian Hakikat Manusia END

3 Konsep Islam Teori Pengetahuan

4 T EORI P ENGETAHUAN Teori Behaviorisme Teori Kognitif Teori Psikoanalisis Teori Humanisme

5 MENYEBUTKAN MANUSIA SEBAGAI H OMO M ECHANICUS ( TINGKAH LAKU MANUSIA TERBENTUK DARI PROSES PEMBELAJARAN DENGAN LINGKUNGANNYA, TIDAK DARI ASPEK RASIONAL / EMOSIONALNYA )‏ T EORI B EHAVIORISME

6 MENYEBUTKAN MANUSIA SEBAGAI H OMO L UDENS ( MAKHLUK BERMAIN, MANUSIA BERPERILAKU UNTUK MEMPERTAHANKAN, MENINGKATKAN, DAN SELALU MENGAKTUALISASIKAN DIRINYA / BERSIFAT SELALU AKTIF )‏ T EORI H UMANISME

7 T EORI P SIKOANALIS menyebutkan manusia sebagai Homo Valent ( makhluk berkeinginan, memiliki perilaku interaksi antara komponen biologis, psikologis, dan sosial)‏

8 MENYEBUTKAN MANUSIA SEBAGAI H OMO S APIENS ( MAKHLUK BERFIKIR, YANG SELALU BERUSAHA MEMAHAMI LINGKUNGANNYA )‏ T EORI K OGNITIF

9 T EORI I SLAM T EORI I SLAM Konsep An-Naas Konsep Insan Konsep Basyar Konsep Banu Adam

10 K ONSEP B ANU A DAM Menyatakan bahwa manusia adalah sebagai anak keturunan adam yang merupakan manusia yang pertama.

11 K ONSEP A N -N AAS Menyatakan bahwa kepada semua manusia, bahwa kita sebagai makhluk sosial.

12 K ONSEP I NSAN Kita makhluk yang menjadi (becoming), psikologis, spiritualis, yang bergerak ke arah kesempurnaan.

13 K ONSEP B ASYAR Menyatakan bahwa makhluk (manusia) sekedar berada (being), biologis, statis, seperti hewan.

14 P ROSES P ENCIPTAAN M ANUSIA Pengetahuan Umum Pengetahuan Al-Qur’an

15 P ENGETAHUAN U MUM Teori medis / kedokteran Manusia keturunan Adam diciptakan Allah melalui percampuran sperma dan sel telur.

16 P ENGETAHUAN A L -Q UR ’ AN Manusia keturunan Adam diciptakan Allah dari nutfah. (Q.S. 23:13-14), (Q.S. 86:5, dan Q.S. 32: 8-9)‏ Contoh Surah : Al-Mu’minun : 13-14

17 P ENGETAHUAN A L -Q UR ’ AN Manusia keturunan Adam diciptakan Allah dari nutfah. (Q.S. 23:13-14), (Q.S. 86:5, dan Q.S. 32: 8-9)‏                               13. “Kemudian kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim).” 14. “Kemudian air mani itu kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu kami bungkus dengan daging. Kemudian kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta yang paling baik.” Contoh Pada Surah Al-Mu’minuun ayat 13-14, berbunyi :

18 S TRUKTUR K EPRIBADIAN MANUSIA JISMIYAHNAFSIYAHRUHANIYAH HAWA NAFSU AKALKALBU GHADABSYAHWAT

19 ASPEK JISMIAH (JASAD) ‏ Karakteristik:memiliki bentuk / rupa, bergerak / diam, tumbuh dan berkembang, jasad yang terdiri dari berbagai organ. Material yang substansi sebenarnya mati. Hidup karena dimotori oleh substansi lain, yaitu nafs dan ruh.

20 A SPEK NAFSIAH ADALAH KESELURUHAN KUALITAS KHAS KEMANUSIAAN BERUPA PIKIRAN, PERASAAN, KEMAUAN, DAN KEBEBASAN. N AFS MEMILIKI NATUR GABUNGAN ANTARA JASAD DAN RUH. A PABILA IA BERORIENTASI PADA NATUR JASAD MAKA TINGKAH LAKUNYA MENJADI BURUK DAN CELAKA, TETAPI APABILA MENGACU PADA NATUR RUH MAKA KEHIDUPANNYA MENJADI BAIK DAN SELAMAT. D ENGAN KATA LAIN NAFS DIPERSIAPKAN UNTUK DAPAT MENAMPUNG DAN MENDORONG MANUSIA UNTUK MELAKUKAN PERBUATAN BAIK DAN BURUK. A SPEK N AFSIYAH

21 S TRUKTUR RUH MEMBERIKAN CIRI KHAS DAN KEUNIKAN TERSENDIRI MENURUT AJARAN I SLAM. R UH MERUPAKAN SUBSTANSI PSIKOLOGIS MANUSIA YANG MENJADI ESENSI KEBERADAANNYA. R UH MEMBUTUHKAN JASAD UNTUK AKTUALISASI DIRI. S AMPAI SAAT INI BELUM ADA YANG MEMAHAMI HAKIKAT RUH SECARA PASTI, KARENA RUH MERUPAKAN SEBUAH MISTERI ILAHI. D ALAM A LQURAN DIJELASKAN BAHWA RUH MERUPAKAN URUSAN DAN ATAU HANYA DIPAHAMI OLEH A LLAH. M ANUSIA SAMA SEKALI TIDAK MEMAHAMINYA KECUALI SEDIKIT (QS. A L -I SRA : 85). R UH ADALAH ASPEK PSIKIS MANUSIA YANG BERSIFAT SPIRITUAL. A SPEK R UHANIYAH

22 T UJUAN P ENCIPTAAN M ANUSIA  Tujuan Umum di Dunia Untuk sukses di dunia dan di akhirat dengan cara melaksanakan amal shaleh yang merupakan investasi pribadi manusia sebagai individu.  Tujuan dalam Keluarga Untuk mempunyai keluarga yang bahagia dan tentram.  Tujuan dalam Masyrakat Untuk mendapatkan Keberkahan yang melimpah.  Tujuan Bernegara Menjadi warga Negara yang baik dalam bernegara.  Tujuan dalam Pergaulan Internasional Untuk saling membantu antara negara yang satu dengan negara yang lain.

23 F UNGSI DAN P ERAN M ANUSIA 1. Menjadi Abdi ALLAH 2. Menjadi Saksi ALLAH 3. Menjadi Khalifah ALLAH

24 P OTENSI (F ITRAT ) M ANUSIA  Potensi Fisik (Psychomotoric) Merupakan potensi fisik manusia yang dapat diberdayakan sesuai fungsinya untuk berbagai kepentingan dalam rangka pemenuhan kebutuhan hidup.  Potensi Mental Intelektual (IQ) Merupakan potensi yang ada pada otak manusia  Potensi Mental Spritual Question (SP) Merupakan potensi kecerdasan yang bertumpu pada bagian dalam diri manusia yang berhubungan dengan jiwa dan keimanan dan akhlak manusia.  Potensi Sosial Emosional Merupakan potensi yang ada pada otak manusia fungsinya mengendalikan amarah, serta bertanggung jawab terhadap sesuatu.

25 S EKIAN


Download ppt "U NIVERSITAS M ERCU B UANA Kelompok 4 :  Herdian (44411010008)  Nia Kurnia Dewi  Risky Prianto."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google