Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
HUMAN Oleh: HARIS MUNANDAR
2
AGENDA PENGANTAR PEMODELAN SISTEM PENGOLAH
SALURAN INPUT – OUTPUT MANUSIA MODEL OF MEMORY (HUMAN) THINKING SKILL AND MENTAL MODELS ERROR AND MENTAL MODELS
3
PENGANTAR
4
Aspek Sistem Komputer Sistem Komputer Brainware Software Hardware
5
Pemodelan Komputer Pengontrol Peranti Pengingat Asosiatif
Pengolah Pusat Pengingat Asosiatif Pengontrol Peranti Komunikasi
6
Perbandingan Kecakapan Relatif
Kecakapan Manusia Kecakapan Komputer Estimasi Intuisi Kreativitas Adaptasi Kesadaran serempak Pengolahan abnormal Pengingat asosiatif Pengambilan keputusan non-deterministik Pengenalan pola Pengetahuan dunia Kesalahan manusiawi Kalkulasi akurat Dedukasi logika Aktivitas perulangan Konsistensi Pekerjaan serempak Pengolahan rutin Penyimpan dan pemanggil kembali data Pengambilan keputusan deterministik Pengolahan data Pengetahuan domain Bebas dari kesalahan
7
PEMODELAN SISTEM PENGOLAH
8
Model Sistem Pengolahan pada Manusia dan Komputer
9
SALURAN INPUT – OUTPUT MANUSIA
10
Indera Penglihatan Luminasi Kontras Kecerahan
Sudut dan ketajaman penglihatan Medan penglihatan warna: psikologi warna & persepsi Membaca 250 kata/ menit
11
Indera Pendengaran Deteksi suara: 20 H z - 20 KH z
Kebisingan percakapan: 50 dB – 70 dB Menyediakan informasi: jarak, arah, objek
12
Sentuhan Menyediakan umpan balik dari lingkungan.
Dikaitkan dengan aspek ergonomis. Contoh: penggunaan papan ketik.
13
Gerakan Kepala dan mata, terdapat 2 cara perekaman dari mata dan kepala untuk dikonversikan kedalam input data , yaitu: Metode pertama: Electrophysiological, perekaman dilakukan dengan pergerakan yang dilakukan oleh otot-otot yang mengontrol mata. Metode kedua: menggunakan photoelectric reflection untuk merekam gerakan dalam refleksi cahaya dari mata.
14
MODEL OF MEMORY (HUMAN)
15
Model Persepsi, Kognisi, dan Pengingat Manusia
16
Register Sensori Menyimpan suatu informasi dalam waktu yang sangat singkat Iconic – visual Echoic – sound/voice Haptic – touch Informasi berlalu dari alat sensor (sensory) ke memori jangka pendek dengan perhatian Secara terus menerus akan diperbaharui
17
Pengingat Jangka Pendek
Menahan informasi secara terbatas untuk suatu periode waktu/ pendek (a few second). Pengambilan informasi secara sementara. Contoh: perhitungan-perhitungan yang ringan.
18
Pengingat Jangka Panjang
Permanent, Menyimpan informasi dalam jangka waktu yang tidak terbatas. Contoh yang terdapat pada memori jenis ini adalah: Experience knowledge Procedure rules From behaviour
19
THINKING
20
Thinking Reasoning Deducative Inductive Abductive Problem Solving
Gestalt Problem Space Analogi
21
SKILL AND MENTAL MODELS
22
Skill and Mental Models
Keahlian (Skill) Bagaimana keahlian manusia didapat? Bagaimana manusia meningkatkan keahliannya ? Menurut Anderson ACT : Dengan menggunakan metode umum(general-purpose rules) untuk menginterprestasi masalah Dengan mengembangkan metode yang lebih khusus untuk menyelesaikan tugas Metode ditingkatkan untuk mempercepat penyelesaian Kesalahan dan Mental Models Manusia dapat membuat kesalahan (human-error) Kemampuan dan Keterbatasan Manusia mempunyai keterbatasan kemampuan dipengaruhi oleh : Jenis Kelamin Kemampuan fisik ; keletihan , dll Usia Pengaruh Psikologis ; stress, Depresi, dll
23
ERROR AND MENTAL MODELS
24
Error and Mental Models
Slips (tergelincir) niat benar, tetapi gagal melakukannya dengan benar Penyebab: Kemampuan secara phisik yang lemah, tidak memperhatikan dll. Perubahan arah aspek kemampuan perilaku (kebiasaan) dapat menyebabkan Slips Mistakes (kekeliruan) Perhatian yang salah Penyebab : Pengertian yang salah Manusia menbuat ‘mental models’ untuk memjelaskan perilaku (kebiasaan). Jika salah (berbeda dengan sistem yang nyata) kesalahan dapat terjadi.
25
Terima Kasih…
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.