Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehHendry Syauqi Telah diubah "10 tahun yang lalu
1
Teknik Elektro – UIN Sunan Gunung Djati Bandung
DASAR PEMROGRAMAN 2013 Teknik Elektro – UIN Sunan Gunung Djati Bandung
2
Just Answer.. Apakah Anda telah memahami atau telah belajar tentang pemrograman sebelumnya ? Jika jawaban soal 1 ‘Ya’ bahasa pemrograman apa yang digunakan? Menurut anda pentingkah mata kuliah pemrograman? Berikan alasan. Berapakah nilai akhir yang anda inginkan untuk mata kuliah ini? Apa saja usaha anda untuk mewujudkannya?
3
Deskripsi dan Silabus Nama Mata Kuliah : DASAR PEMROGRAMAN
Kode Mata Kuliah : 77201 Bobot SKS : 2 Jam Kuliah : 100 menit Dosen : Husnul Rizka M Phone : (feel free to contact )
4
Praktikum Jadwal Praktikum (optional) Menggunakan Bahasa C
Tool Programminng : IDE DevC++
5
IDE DevC++ IDE (Integrated Development Environment, merupakan lembar kerja terpadu untuk pengembangan program. IDE dari DevC++ dapat digunakan untuk: Menulis naskah program Mengkompilasi program(compile) Melakukan pengujian terhadap program (debugging) Mengaitkan objek dan library ke program (linking) Menjalankan program (running)
7
Kompetensi Matakuliah
Mahasiswa mampu: menjelaskan logika berpikir komputer menjelaskan alasan-alasan komputer dapat mengerjakan perintah-perintah yang diberikan, menjelaskan prinsip kerja program, menggambarkan logika jalannya program secara tertulis dengan algoritma dan dilengkapi dengan diagram alir (flow chart) menjelaskan konsep pemrograman terstruktur membuat program sederhana dengan bahasa C
8
Kompetensi Detail Mampu menjelaskan Prinsip-prinsip Algoritma
Mampu menjelaskan Konsep Bahasa Pemrograman Mampu membuat Algoritma dan Flowchart Mampu menjelaskan Konsep Dasar Bahasa C Mampu membuat program Struktur Input/Output Mampu membuat program Percabangan Mampu membuat program Perulangan Mampu menjelaskan Pemrograman Modular Mampu membuat Fungsi: parameter, kembalian fungsi by value Mampu menjelaskan dan membuat program Array 1 dimensi Mampu menjelaskan dan membuat program Array 2 dimensi Mampu membuat program Manipulasi String Mampu menjelaskan dan membuat program yang menggunakan pointer
9
Silabus Kontrak Perkuliahan & Pengantar Dasar Pemrograman
Algoritma dan Flowchart Pengantar Bahasa Pemrograman (dengan Bahasa C) plus praktikum Input & Output pada Bahasa C Struktur Kontrol Percabangan Struktur Kontrol Perulangan Struktur Kontrol Perulangan Bertingkat UTS Modular Programming Fungsi Array 1 Dimensi Array 2 Dimensi Pengolahan Karakter dan String Pointer Struktur UAS
10
Referensi Antonius C Rahmat, “Algoritma dan Pemrograman dengan Bahasa C, Konsep, Teori dan Implementasi”, Penerbit Andi Yogyakarta, 2010. Rinaldi Munir, Algoritma dan Pemrograman Dalam Bahasa C, Penerbit Informatika, 2007 Herberth Schildt, C the Complete Reference, 2nd, McGraw Hill
11
Buku Acuan Utama
12
Range Penilaian Standar
70 – 80 = B = C 59 – = D < = E
13
Komponen Penilaian UAS UTS Tugas Mandiri Quiz
Tugas Besar – (Tugas Kelompok) Nilai Akhir = ((1xUTS)+(2xUAS)+(1xTugas)+(1xQuiz))/5
14
Tips Belajar Buat catatan! Baca buku acuan!
Banyak latihan / praktek / mencoba Banyak bertanya dan belajar dari sumber lain
15
Mengapa Belajar Dasar Pemrograman?
Untuk menulis kode dalam bahasa yang dimengerti komputer Untuk melatih logika berpikir Untuk dasar matakuliah lain di Teknik Elektro
16
Apakah belajar programming itu sulit?
Hanya butuh waktu / “jam terbang” Hanya butuh semangat dan kemauan Hanya butuh sering mencoba / latihan! Kuncinya latihan dan diskusi!
17
Bagan Sistem Komputer
18
Definisi Program/Pemrograman
Adalah kumpulan instruksi-instruksi tersendiri yang biasanya disebut source code yang dibuat oleh programmer (pembuat program) Program adalah kumpulan instruksi atau perintah yang disusun sedemikian rupa sehingga mempunyai urutan nalar yang tepat untuk menyelesaikan suatu persoalan. Instruksi (statement) yang dimaksud adalah syntax (cara penulisan) sesuai dengan bahasa pemrograman yang digunakan yang mempunyai komponen-komponen : Input, Output, Proses, Percabangan dan Perulangan.
19
Bahasa Pemrograman Adalah alat untuk membuat program
Contoh: C, C++, C#, Pascal, Basic, Perl, PHP, ASP, JHP, Java, dll. Perbedaan: cara memberikan instruksi (sintaks) Persamaan: bertujuan menghasilkan output yang sama
20
Mengapa kuliah ini menggunakan bahasa C?
Untuk keseragaman Bahasa C merupakan bahasa ibu dari bahasa pemrograman yang berkembang saat ini. Bahasa C masih bersifat terstruktur/ modular dan cocok digunakan dalam memahamkan mahasiswa tentang bahasa pemrograman Bahasa C dapat menjadi awal untuk mengenal turunan bahasa pemrograman yang lain
21
Bahasa C di tingkat dunia
22
Paradigma Pemrograman
Pemrograman Prosedural / Terstruktur Berdasarkan urutan-urutan, sekuensial Program adalah suatu rangkaian prosedur untuk memanipulasi data. Prosedur merupakan kumpulan instruksi yang dikerjakan secara berurutan. Harus mengingat prosedur mana yang sudah dipanggil dan apa yang sudah diubah. Program dapat dibagai-bagi menjadi prosedur dan fungsi. Contoh: PASCAL dan C Pemrograman Fungsional Berdasarkan teori fungsi matematika Fungsi merupakan dasar utama program. Pemrograman Modular Pemrograman ini membentuk banyak modul. Modul merupakan kumpulan dari prosedur dan fungsi yang berdiri sendiri Sebuah program dapat merupakan kumpulan modul-modul. Contoh: MODULA-2 atau ADA
23
Paradigma Pemrograman
Pemrograman Berorientasi Obyek Pemrograman berdasarkan prinsip obyek, dimana obyek memiliki data/variabel/property dan method/event/prosedur yang dapat dimanipulasi Contoh: C++, Object Pascal, dan Java. Pemrograman Berorientasi Fungsi Pemrograman ini berfokus pada suatu fungsi tertentu saja. Sangat tergantung pada tujuan pembuatan bahasa pemrograman ini. Contoh: SQL (Structured Query Language), HTML, XML dan lain-lain. Pemrograman Deklaratif Pemrograman ini mendeskripsikan suatu masalah dengan pernyataan daripada memecahkan masalah dengan implementasi algoritma. Contoh: PROLOG
24
Computational Thinking
Memecahkan masalah dengan menggunakan komputer secara benar dan logis Alur berpikir: Deklaratif: menggunakan fakta untuk mencari kebenaran / memecahkan masalah Imperatif: menggunakan langkah-langkah yang logis untuk memecahkan masalah
25
Pembagian Target Program
Pemrograman Desktop Pemrograman Web Pemrograman Mobile
26
Siklus Hidup Perangkat Lunak (Software)
Dilihat dari Struktur Sistem Komputer dan Siklus diatas, Algoritma Pemrograman menempati posisi dibagian implementasi karena bagian implementasi merupakan bagian dimana pemrogram melakukan proses coding (pembuatan program).
27
Contoh Kasus Ada 2 gelas kosong berukuran: 5 liter dan 3 liter
Bagaimana cara kita mendapatkan air berukuran 4 liter?
28
Cara Masukkan air ke 3 liter hingga penuh
Masukkan air 3 liter ke 5 liter, sisa 2 liter kosong Tuangkan air 3 liter ke sisa 2 liter, berarti sisa 1 liter di gelas 3 liter Buang seluruh air di gelas 5 liter tadi Tuangkan air 1 liter yg ada di gelas 3 liter tadi hingga ke 5 liter kosong Tuangkan 3 liter ke gelas 5 liter yang sudah ada 1 liter tadi, hingga kita dapat 4 liter
29
Contoh kasus lain Menghitung luas lingkaran
Mengetahui suatu bilangan adalah genap/ganjil Mengetahui apakah suatu bilangan adalah bilangan prima Mengetahui bilangan terkecil dari n bilangan
30
Next Mahasiswa mampu menjelaskan Algoritma dan membuat Flowchart
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.