Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ahmad Zainul “INUNG” Hamdi

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ahmad Zainul “INUNG” Hamdi"— Transcript presentasi:

1 Ahmad Zainul “INUNG” Hamdi
TEORI-TEORI SOSIAL Ahmad Zainul “INUNG” Hamdi

2 LAHIRNYA SOSIOLOGI Lahir setelah ilmu-ilmu eksak mapan
Positivisme sains berimbas kepada sosiologi Sociology = Positive Science of Society

3 AJARAN POSITIVISME Fisika sebagai model bagi riset sosial
Hukum universal Netral

4 Fungsionalisme Struktural hingga Marxisme
Teori sosial Makro: Fungsionalisme Struktural hingga Marxisme

5 Teori fungsionalisme struktural
Menurut teori ini, tatanan sosial (social order) didasarkan atas kesepakatan (konsensus) bersama dari para anggotanya. Masyarakat ibarat organisme biologis.

6 SOLIDARITAS Mekanik Organik

7 Kritik: Koservatif. Pro-status quo.
Tidak mampu menjelaskan proses-proses perubahan sosial.

8 Esensi Manusia adalah Kerja dalam Rangka untuk Hidup
MARXISME Esensi Manusia adalah Kerja dalam Rangka untuk Hidup

9 Analisis Marx tentang Masyarakat
Masyarakat selalu tersusun atas dua komponen utama: infrastuktutur Superstruktur Selain masyarakat komunias, masyarakat selalu terbagi ke dalam dua kelas: kelas penguasa (ruling class), kelas yang dikuasai (ruled class)

10 Komponen Utama Masyarakat
Infrastuktutur/substruktur/basisstruktur (ekonomi yang merupakan pemenuh kebutuhan material kehidupan manusia) Superstruktur (selain ekonomi) Infrastruktur mendahului dan menentukan superstruktur.

11 kelas penguasa (ruling class) kelas yang dikuasai (ruled class)
Divisi Masyarakat kelas penguasa (ruling class) kelas yang dikuasai (ruled class) “The history of all hitherto existing society is the history of class struggle” (Marx and Engels)

12 Skema besarnya: Superstruktur .
mengubah bentuk sistem ekonomi (infrastruktur) Ruling class Vs ruled class terefleksi ke dalam Superstruktur (keluarga, pendidikan, ide dan keyakinan, hukum, dan politik)

13 Dua hal penting dalam analisis ini:
Sistem sosial ditentukan oleh ekonomi Ide class penguasa selalu adalah ide yang berkuasa (“the ideas of rulling class are, in every age, the ruling ideas” [Marx and Engels]). Natur manusia (pikirannya dan perilakunya) dibentuk oleh masyarakat dan selalu berubah Mengapa kelompok yang tidak beruntung dan yang dieksploitasi mau menerima situasi yang ada?

14 IDEOLOGI Misrepresentasi realitas Fals Consciousness (kesadaran Palsu)

15 Kritik: Hakekat manusia adalah Kerja
Perubahan Masyarakat sebagai hukum alam yang nisacaya

16 TEORI KRITIS: TANTANGAN TERHADAP POSITIVISME
Diilhami oleh Karl Marx Berangkat dari Sisi Humanisme Marx (Alienasi dan Ideologi) Dekat dengan Gramsci (hegemoni)

17 HEGEMONI Hegemoni adalah kontrol ideologis terhadap orang lain melalui institusi kultur dominan. Hegemoni adalah kepemimpinan kultural yang dilaksanakan oleh kelas penguasa. Hegemoni dibedakan dengan penggunaan paksaan.

18 …hegemoni Persetujuan kelompok yang dikuasai bukan menunjukkan adanya konsensus dan agreement, tapi mereka berada dalam keadaan terhegemoni

19 Teori sosial Kritis vs Teori Sosial Tradisional
Kritik atas Rasionalitas Instrumental

20 Jurgen Habermas Tidak ada ilmu (sosial) yang bebas nilai
Keterlibatan ilmuan sosial dalam Praktek sosial

21 Aspek Eksistensial Manusia
Interes Aspek Eksistensial Manusia Disiplin Ilmu Rasio Tujuan Kebutuhan manusia untuk reproduksi dan kelestarian dirinya Kerja Ilmu empiris- analitis (ilmu alam) Instrumental Kntrol dan manipulasi Komunikasi antarsesama dalam kehidupan sosial Interaksi Historis- hermeneutis (ilmu-ilmu humaniora) Komunikatif Intersubjektivita s Otonomi dan tanggung jawab sebagai manusia Kekuasaan Ilmu sosial kritis Kritis Emansipasi

22 Interaksionisme Simbolik hingga Pos–Strulturalisme
Teori sosial Mikro: Interaksionisme Simbolik hingga Pos–Strulturalisme

23 Menurut Interaksionism simbolik
Manusia sebagai mahluk pengguna simbol. Self (diri)—merujuk pada bagaimana seseorang melihat dirinya—dibentuk oleh lingkungan sosial. Individu belajar tentang makna tindakan dari interaksi.

24 Interaksionisme simbolik hendak menyatakan bahwa
Makna sebuah sikap dan tindakan tidak berada di dalam dirinya Diri (self)—identitas, citra diri, who we really are—bukan entitas yang berada di luar sejarah.

25 Konstruksionisme Tidak ada prinsip umum/universal
Segala sesuatu adalah hasil konstruksi.

26 Jacques Derrida Konsep penting dalam pemikiran Derrida adalah differance. Secara singkat bisa dijelaskan sbb: Tidak ada makna yang ada begitu saja dalam sebuah tanda. Makna hadir karena adanya pembedaan dengan yang lain.

27 Michel Foucault Discourse Knowledge and Power Power Relation

28 SEKIAN dan TERIMA KASIH


Download ppt "Ahmad Zainul “INUNG” Hamdi"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google