Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehIswan Riki Telah diubah "9 tahun yang lalu
1
© 2009 Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur Jl. Ciledug Raya Petukangan Utara Jakarta Selatan 12260 Website: http://fti.bl.ac.id Email: sekretariat_fti@bl.ac.id Arsitektur Komputer Pertemuan – 06 Chace Memory
2
BAGAIMANA MANAJEMEN WAKTU Jika Kita hidup 60 tahun, maka : 1.Tidur 8 jam sehari 2.Nonton TV 2 jam sehari 3.Makan (3 kali) 2 jam sehari 4.Terjebak macet 3 jam sehari 5.Update status di jejaring Sosial … ? Jam 6.……………………. ? 1.Totalnya 20 tahun seumur hidup 2.Totalnya 5 tahun seumur hidup 3.Totalnya 5 tahun seumur hidup 4.Totalnya 7.5 tahun seumur hidup 5.Totalnya …. ? Jam 6.…….. ? BERAPA WAKTU YANG TERSISA UNTUK IBADAH ?
3
Ciri-ciri Waktu : 1. Waktu tidak bisa disewa, dipinjam, atau dibeli 2. Waktu tidak berubah 3. Waktu tidak bisa disimpan dan dikumpulkan 4. Waktu tidak ada penggantinya Prioritas Amal : 1. Wajib, laksanakan 2. Sunah, upayakan 3. Mubah, lakukan yang paling bermanfaat 4. Makruh, hindarkan 5. Haram, tinggalkan BAGAIMANA MANAJEMEN WAKTU ? 1 2
4
Penundaan Telepon Televisi Transportasi Tamu tak diundang Pertemuan Kurangnya rencana harian Melakukan sesuatu secara emosional Tidak bisa mengatakan tidak Kebiasaan hidup yang tidak baik PERAMPOK WAKTU 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
5
KOMPUTER SEBAGAI MESIN MULTI LEVEL Level adalah suatu tingkatan bahasa dan mesin virtual yang mencerminkan tingkat kemudahan komunikasi antara manusia sebagai pemrogram dengan komponen sirkuit elektronik dalam sebuah komputer sebagai pelaksana instruksi sebuah pemrograman. Bahasa atau level yang terletak paling bawah adalah yang paling sederhana dan dapat diproses dengan cepat oleh mesin komputer, tetapi sulit untuk dipahami oleh manusia. Bahasa atau level yang paling atas adalah yang paling rumit dan mesin akan lebih lama melakukan proses instruksinya karena memerlukan interpreter, tetapi manusia lebih mudah memahami bahasa level tersebut.
6
KOMPUTER SEBAGAI MESIN 6 LEVEL
7
Pada level 1 – 3 merupakan bahasa mesin bersifat numerik. Program-program didalamnya terdiri dari deretan angka yang panjang, yang tidak menjadi masalah untuk mesin tapi merupakan persoalan untuk manusia. Mulai pada level 4 bahasa berisi kata / singkatan yang mempunyai arti bagi manusia. Komputer dirancang sebagai suatu rangkaian level, dimana setiap level dibangun diatas level sebelumnya. Setiap level memiliki abstraksi berbeda, dengan objek- objek dan operasi yang juga berbeda. Kumpulan jenis data, operasi dan sifat dari setiap level disebut arsitektur dari level tersebut. Sifat-sifat yang dipahami oleh programmer,seperti berapa besar memori yang tersedia, adalah bagian dari arsitektur. Sedangkan aspek implementasi seperti jenis teknologi chip apa yang digunakan untuk mengimplementasikan memori bukan bagian dari arsitektur. Studi tentang cara merancang bagian-bagian suatu sistem komputer yang terlihat oleh programmer disebut arsitektur komputer. Dalam praktik umum, arsitektur dan organisasi memiliki arti yang sama.
12
LATAR BELAKANG DISAIN KONVERTOR ANALOG KE DIGITAL ( ADC) DENGAN PENGGUNAAN ASYNCHRONUS METODA ADC CHIP UNTUK APLIKASI KONVERSI ISYARAT VIDEO
13
LATAR BELAKANG (ADC)
15
RESEARCH METHOD (SCHEMATIC DESIGN) ADC Block Compiler
16
RESEARCH METHOD(LAYOUT DESIGN)
18
RESEARCH METHOD CHIP FABRICATION PROCESS
19
Cache Memory Sifat2: 1. Memori Cepat dg kapasitas yg sedikit (2KB – 512KB) 2. Terletak antara main memory dengan CPU 3. Bisa saja diletakkan dalam chip CPU atau module tersendiri
20
Cache Memory Cara Kerja Cache 1. CPU meminta isi data dari lokasi memori tertentu 2. Periksa data tersebut di cache 3. Jika ada ambil dari cache (cepat) 4. Jika tidak ada, baca 1 block data dari main memory ke cache 5. Ambil dari cache ke CPU Parameter Cache Memory 1.Ukuran Cache (size) 2.Fungsi Mapping 3.Algoritma penggantian (replacement algorthm) 4.Cara penulisan (write policy) 5.Ukuran Block 6.Jumlah Cache
21
Cache Memory Karakteristik Cache 1. Cost - Semakin besar semakin mahal 2. Speed - Semakin besar semakin cepat - Check data di cache perlu waktu Prinsip Lokalitas Adalah prinsip yang digunakan untuk mereferensikan sebuah block- data kedalam cache memory, yaitu bahwa: Block-Data berikutnya yang diprioritaskan untuk bisa ditransfer kedalam Cache Memory adalah Block Data yang alamat memorinya berada disekitar block data yang telah terlebih dahulu direferensikan ke dalam cache memory disebut “Prinsip Tetangga Terdekat”
22
Cache Memory Cache Mapping -Untuk menentukan hubungan atau kaitan antara alamat data dalam Main Memory dengan alamat data tersebut ketika berada dalam Cache Memory Ada 3 Teknik Mapping 1.Direct Mapping 2.Associative Mapping 3.Set Associative Mapping
23
Cache Memory Direct Mapping Sifat2: 1.Data dalam cache memiliki “Slot No.” yang terurut (sorted) 2.Proses Searching data dalam cache lebih cepat 3.Swapping terjadi jika ada 2 block data memiliki Slot No. yang sama, sehingga terjadi “bentrok” dan salah satu yaitu block terlama harus dikeluarkan (di-swap) dari cache. 4.Jika Sering terjadi “swapping” dalam cache hal ini akan menurunkan kinerja Cache
24
Cache Memory Direct Mapping
25
Cache Memory Associative Mapping Sifat: 1. Block Data dalam cache disimpan secara “random”, tidak memiliki Slot Number (Slot No.) 2. Searching Data dalam Cache Lambat karena data cache tdk di “urutkan” 3. Alamat Memori di interpretasi sbg TAG dan WORD 4. TAG menunjukkan identitas block memori 5. Setiap baris TAG dicari kecocokannya
26
Cache Memory Associative Mapping
27
Cache Memory Set Associative Mapping 1. Cache dibagi dalam sejumlah SET 2. Setiap SET berisi sejumlah line 3. Suatu blok di maps ke line mana saja dalam set - misalkan Block B dapat berada pada line mana saja dari set-i 4. Contoh: per set ada 2 line - 2 way associative mapping - Suatu block dpt berada pada satu dari 2 lines dan hanya dalam 1 set
28
Cache Memory Set Associative Mapping
29
Cache Memory Studi Kasus : Direct Mapping Jika diketahui sebuah sistem komputer dengan Main Memory = 16 MB, dilengkapi dengan Cache = 64 kB, 1 Block Data = 4 byte Ditanyakan: Struktur Address Direct Mapping Solusi: 16 MB memory memiliki total address sebanyak 2 24 = 16.777.216 (a) TOTAL field = 24 bit (16 M = 2 24 ) (b) WORD field = 2 bit ( 1 block = 4 = 2 2 ) ( c) TAG field = 8 bit(16 M / 64 k = 256= 2 8 ) (d) SLOT field = (24 – 2 – 8 ) = 14 bit
30
Cache Memory HASIL: DIRECT MAPPING
31
Cache Memory Studi Kasus : Associative Mapping Jika diketahui sebuah sistem komputer dengan Main Memory = 16 MB, dilengkapi dengan Cache = 64 kB, 1 Block Data = 4 byte Ditanyakan: Struktur Address Associative Mapping Solusi: 16 MB memory memiliki total address sebanyak 224 = 16.777.216 (a) TOTAL field = 24 bit (16 M = 224) (b) WORD field = 2 bit ( 1 block = 4 = 22 ) (c ) TAG field = 24 – 2= 22bit
32
Cache Memory Hasil: Associative Mapping
33
Cache Memory Studi Kasus : Set Associative Mapping Jika diketahui sebuah sistem komputer dengan Main Memory = 16 MB, dilengkapi dengan Cache = 64 kB, 1 Block Data = 4 byte Ditanyakan: Struktur Address Set Associative Mapping Solusi: 16 MB memory memiliki total address sebanyak 224 = 16.777.216 (a) TOTAL field = 24 bit (16 M = 224) (b) WORD field = 2 bit ( 1 block = 4 = 2 2 ) (c) TAG field = 9 bit(16 M / 32 k = 512= 2 9 ) (d) SET field = (24 – 2 – 9 ) = 13 bit
34
Cache Memory Hasil : Set Associative Mapping
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.