Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Praktikum Grafika Komputer
Menggambar Dengan Mode Grafik
2
Mengenal Modus Menggambar Grafik
Modus layar penuh - tergantung resolusi layar x => 1024 pixel ke kanan dan pixel ke bawah - (100,50) => 100 ke kanan dan 50 ke bawah dengan acuan sudut kiri-atas (0,0).
3
Modus windows - Besar-kecil dan posisi window relatif terhadap layar monitor dengan acuan sudut kiri-atas - sistem koordinat biasa : x ke arah kanan dan y ke arah bawah.
4
Modus windows termodifikasi
- sama dengan modus window - sumbu y mengarah ke atas
6
Menggambar Titik Menggunakan modus 3 glBegin(GL_POINTS);
glVertex2i(100,50); glVertex2i(100,130); glVertex2i(150,130); glEnd();
8
glVertex2i(….) gl : awalan fungsi library dari OpenGL Vertex : salah satu perintah dasar dari OpenGL 2 : banyaknya argumen fungsi, 2 argumen x dan y i : type dari argumen, yaitu integer, bisa juga f (float), atau d (double)
9
Try this… #include <windows.h> #include <gl/Gl.h>
#include <gl/glut.h> void myInit(void) { glClearColor(1.0,1.0,1.0,0.0); glColor3f(0.0f, 0.0f, 0.0f); glPointSize(4.0); glMatrixMode(GL_PROJECTION); glLoadIdentity(); gluOrtho2D(0.0, 640.0, 0.0, 480.0); }
10
void myDisplay(void) { glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); glBegin(GL_POINTS); glVertex2i(100, 50); glVertex2i(100, 130); glVertex2i(150, 130); glEnd(); glFlush(); }
11
void main(int argc, char
void main(int argc, char** argv) { glutInit(&argc, argv); glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE | GLUT_RGB); glutInitWindowSize(640,480); glutInitWindowPosition(100, 150); glutCreateWindow("my first attempt"); glutDisplayFunc(myDisplay); myInit(); glutMainLoop(); }
12
Menggambar Garis glBegin(GL_LINES); glVertex2i(40,100); glVertex2i(202,96); glEnd();
13
Polyline dan Poligon
14
Polyline: glBegin(GL_LINE_STRIP); glVertex2i(20,10); glVertex2i(50,10); glVertex2i(20,80); glVertex2i(50,80); glEnd();
15
Polygon : glBegin(GL_LINE_LOOP); glVertex2i(20,10); glVertex2i(50,10); glVertex2i(20,80); glVertex2i(50,80); glEnd();
16
Menggambar titik dengan mouse
Tambahkan 2 fungsi baru sebelum void main void drawDot(int x, int a) { glBegin(GL_POINTS); glColor3f(1,0,0); glVertex2i(x,a); glEnd(); glFlush(); }
17
void mouse(int button, int state, int x,int y)
{ if(button==GLUT_LEFT_BUTTON && state==GLUT_DOWN) drawDot(x,480-y); }
18
Tambahkan di dalam void main
glutMouseFunc(mouse);
19
-THE END-
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.