Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
STTI I-Tech Susana Dwi Yulianti, SKom
2
PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI
Berasal dari bahasa yunani yaitu : Teknos yang berarti ilmu dan Logos yang berarti pengetahuan Jadi Teknologi adalah Ilmu Pengetahuan INFORMASI Sekumpulan fakta (data) yang diorganisir dengan cara tertentu sehingga mereka mempunyai arti bagi si penerima yang dapat dipakai sebagai dasar yang objektif dalam mengambil suatu keputusan
3
PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI
Menurut Haaq dan Keen : Seperangkat alat yang membantu bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi. Menurut Martin : Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
4
PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI
Perlunya Teknologi Informasi, karena: Kompleksitas tugas manajemen Pengaruh gLobalisasi Perlunya response time cepat Tekanan persaingan bisnis Tujuan Teknologi Informasi Memecahkan masalah, membuka kreativitas, efektivitas dan efisiensi.
5
PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI
Fungsi Teknologi Informasi Menangkap (Capture), Mengolah (Processing), Menghasilkan (Generating), Menyimpan (Storage), Mencari Kembali (Retrieval), Melakukan Transmisi (Transmission). Keuntungan Teknologi Informasi Speed, Consistency, Precision, Reliability Teknologi Informasi dalam Berbagai Bidang Akuntansi, Finance, Marketing, Produksi atau Manajemen Produksi, Manajemen Sumber Daya Manusia
6
PENGENALAN PENGANTAR DATA ELEKTRONIK
fakta-fakta mentah atau deskripsi-deskripsi dasar dari hal, event, aktivitas, dan traksaksi yang ditangkap, direkam, disimpan, diklasifikasikan, tetapi tidak diorganisasikan untuk tujuan spesifik tertentu. PENGOLAHAN DATA Segala macam operasi terhadap data yang membuat data menjadi berguna sesuai dengan hasil yang diinginkan dan yang akhirnya dapat berguna bagi pengambil keputusan.
7
PENGERTIAN KOMPUTER Komputer (computer) diambil dari computare (bhs latin) yang berarti menghitung (to compute atau to reckon) Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan, yang pada mulanya pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak hanya berhubungan dengan matematika.
8
BAGIAN-BAGIAN KOMPUTER
Hardware (Perangkat Keras) Prosesor, atau CPU unit yang mengolah data Memori RAM, tempat menyimpan data sementara Hard drive, media penyimpanan semi permanen Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse, keyboard, dan tablet Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor dan printer. Software (Perangkat Lunak) Sistem operasi Program komputer
9
CARA KERJA KOMPUTER Keterangan:
Data diterima melalui bagian input dan dikirim ke memory, di memory data disimpan untuk diproses. Proses dilanjutkan di ALU (Aritmatic Logical Unit) dan hasil proses disimpan kembali ke memory, sebelum dikeluarkan melalui output. Control section melakukan koordinasi dan kontrol secara keseluruhan terhadap bekerjanya sistem komputer.
10
SISTEM KOMPUTER Sistem adalah jaringan daripada elemen- elemen yg saling berhubungan membentuk satu kesatuan utk melaksanakan suatu tujuan pokok. Tujuan Pokok Sistem Komputer adalah mengolah data utk menghasilkan informasi.
11
ELEMEN-ELEMEN DARI SISTEM KOMPUTER
Perangkat Keras (Hardware) yaitu semua peralatan yg secara fisik terlihat dan dapat dijamah dalam suatu komputer. Perangkat / Piranti Lunak (Software) yaitu program yg berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data. Manusia-nya (Brainware) adalah manusia atau orang-orang yang bekerja di dalam mengoperasikan serta mengatur system komputer
12
PERANGKAT KERAS (HARDWARE)
Secara garis besar hardware dapat dikelompokkan menjadi : Alat Input (Input device) yaitu bagian dari system komputer yg berfungsi untuk menerima input (masukan data), contohnya keyboard, pointing device, scanner, sensor Alat Pemroses yaitu alat dimana instruksi-intruksi program diproses untuk mengolah data yang sudah dimasukkan lewat alat input dan hasilnya akan ditampilkan dalam alat ouput. Alat pemroses terdiri dari central processor atau CPU (central processor unit) dan main memory. Alat Output (Output device) yaitu bagian dari system komputer yg berfungsi sebagai penerima hasil pengolahan data dan mengeluarkannya sehingga menghasilkan output
13
PERANGKAT / PIRANTI LUNAK (SOFTWARE)
Software dapat dikelompokkan menjadi : Bahasa program (program language), yg dipakai oleh para pembuat program (programmer) utk membuat daftar instruksi (program) yg harus dilaksanakan oleh komputer. Contoh bahasa program adalah Basic, Cobol, Fortran, Pascal, Assembler, dll Paket Aplikasi (package software) yaitu program yg sudah siap digunakan untuk suatu aplikasi tertentu, misalnya, Wordstar, MS-Office, Lotus 123, SPSS, dll Sistem operasi (operating system) adalah suatu program yg berfungsi sebagai pengendali kerja komputer, misalnya DOS, UNIX, Windows, Linux,dll.
14
MANUSIA-NYA (BRAINWARE)
System Analyst yg bertugas mempelajari, menganalisa, merancang dan membentuk suatu system / prosedur pengolahan data secara elektronik berdasarkan aplikasi yg dipesan oleh pemakai jasa komputer. Programmer yg bertugas di dalam data processing programming berdasarkan program spesialisasi Operator yg bertugas mempersiapkan komputer utk memproses suatu program mulai dari menghidupkan komputer, menjalankan komputer (mengoperasikan program-program komputer / aplikasi komputer)
15
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER
Komputer generasi Pertama ( 1944 – 1959 ) Komputer generasi pertama adalah Komputer yang menggunakan konsep stored program (operasi komputer di kontrol oleh program yg disimpan di memori). ciri-ciri: Program hanya dapat di buat dengan bahasa mesin (machine language) Menggunakan konsep stored program dengan memori utamanya adalah magnetic core storage Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk Ukuran fisik komputer besar dan memerlukan ruangan yang luas Cepat panas sehingga diperlukan alat pendingin Simpanannya kecil Membutuhkan daya listrik yg besar Orientasi terutama pada aplikasi bisnis
16
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER
Contoh: ABC – komputer digital elektronik pertama (1937 – 1942) diciptakan John V. Atanasoff dan Clifford Benry sebagai asistentnya ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) – dikembangkan oleh John W. Mauchly dan J. Presper Eskert. Dibangun tahun 1945 – 1946 EDVAC (electronic discrete variabel automatic computer) Teknologi ini telah berhasil mengurangi penggunaan tabung hampa udara dan kemampuannya jauh lebih baik EDSAC (electronic delay storage automatic calculator) merupakan hasil pengembangan dari EDVAC dengan menggunakan raksa dan tabung hampa udara sebagai penyimpan data, oleh Dr. John Mauchly dan Presper Eckert UNIVAC 1 (universal automatic calculator) merupakan komputer pertama untuk memproses data perdagangan dengan teknologi yang menggunakan raksa sebagai penyimpan pada tahun 1951 oleh oleh Dr. John Mauchly dan Presper Eckert IBM 709 tahun 1951 oleh John Von Neumann bersama Dr. John Mauchly dan Presper Eckert IBM 700 (1953) IBM 650 (1959)
17
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER
Komputer generasi Kedua ( 1959 – 1965 ) ciri-ciri sbb : Komponen yg dipergunakan adalah transistor untuk sirkuitnya, dikembangkan di Bell Laboratories oleh John Bardeen, William Shockley dan Walter Brattain pada tahun 1947. Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language) seperti misalnya FORTRAN, COBOL, ALGOL (The Algorithmic Language) Kapasitas Memori utama sudah cukup besar dengan pengembangan dari magnetic core storage dapat menyimpan puluhan ribu karakter.Ukuran fisik komputer besar dan memerlukan ruangan yang luas Menggunakan simapanan luar magnetic tape dan magnetic disk yg berbentuk removable disk atau disk pack Mempunyai kemampuan proses real time dan time sharing
18
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER
Contoh: IBM-7090 buatan Amerika Serikat merupakan salah satu komputer komersial yang memanfaatkan transistor IBM Serie 1400 NCR Serie 304 MARK IV Honeywell Model 800
19
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER
Komputer Generasi Ketiga ( 1965 – 1975 ) Komputer generasi ketiga memiliki ciri bahwa komponen yang digunakan sudah menggunakan IC-Chip (Integrated Circuit) yg berbentuk hybrid Intergrated circuit dan monolhitic integrated circuits. Komputer yang digunakan untuk otomatisasi pertama dikenalkan pada tahun 1968 oleh PDC 808, yang memiliki 4 KB (kilo-Byte) memory dan 8 bit untuk core memory.
20
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER
Komputer Generasi yang Keempat ( sejak tahun sekarang ) Komputer generasi keempat memiliki ciri bahwa komponen yang digunakan sudah beribu-ribu IC (Integrated Circuit) yang dijadikan dalam sebuah chip yang disebut dengan LSI (large Scale Integration) atau disebut juga dengan Bipolar large Scale Integration (BLSI). Juga telah dikembangkannya microprocessor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer. Komputer generasi ini antara lain IBM 370, komputer untuk komersial yang dinamakan Crai-1, Apple I dan Apple II. pada komputer generasi keempat ini sudah menggunakan system operasi windows yang pertama.
21
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER
Komputer Generasi yang Kelima (Sekarang-masa depan) Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor di antaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lain-lain. Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation, Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam, di samping itu kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.
22
SELESAI
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.