Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

UNIVERSITAS MULTIMEDIA NUSANTARA

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "UNIVERSITAS MULTIMEDIA NUSANTARA"— Transcript presentasi:

1 UNIVERSITAS MULTIMEDIA NUSANTARA
PROPOSAL PENELITIAN OPTIMALISASI PEMAKAIAN LOW-COST INTERACTIVE WHITEBOARD PADA UNIVERSITAS MULTIMEDIA NUSANTARA Stenley Timex PROGRAM STUDI SISTEM KOMPUTER UNIVERSITAS MULTIMEDIA NUSANTARA Tangerang 2011

2 Bab I PENDAHULUAN

3 Latar Belakang Masalah
Perkembangan Teknologi Cost Percobaan Mr. Vo Tan Dung Penelitian sekelompok mahasiswa ITS Penggunaan LCIW di UMN

4 Perumusan Masalah Bagaimana merancang dan menggunakan low-costinteractive whiteboard dengan menggabungkan sistem yang sudah ada sehingga lebih efektif dan optimum di UMN?

5 Tujuan Penelitian Menghasilkan sistem low-cost interactive whiteboard yang efektif dan optimum dalam penggunaannya di UMN.

6 Manfaat Penelitian Digunakan sebagai sarana media pembelajaran modern di UMN bahkan di institusi pendidikan lainnya.

7 Bab II Tinjauan pustaka

8 Tinjauan Pustaka Penempatan Wiimote
Wiimote diarahkan ke pusat layar dengan dengan jarak 450 dan jarak dua kali tinggi layar. Sumber: Dung,Vo Tan ”Interactive Teaching & Learning with Low-cost Interactive Smart Boards”.Vietnam Smoothboard User Guide.2010.Singapore:Smoothboard Tech.

9 Tinjauan Pustaka Agar LCIW dapat digunakan secara luas maka diperlukan: sinyal dari pena inframerah yang cukup kuat. Wiimote ditempatkan di luar jangkauan perhatian siswa dan pengajar. Modifikasi pada Wiimote agar pairing jarak jauh dapat dilakukan. Modifikasi pada Wiimote untuk menghindari pemborosan baterai dan kesulitan dalam penggantiannya. Sumber: Dung,Vo Tan ”Interactive Teaching & Learning with Low-cost Interactive Smart Boards”.Vietnam

10 Tinjauan Pustaka penggunaan LCIW memberikan pengaruh positif dalam kegiatan belajar mengajar di kelas khususnya di Vietnam Sumber: Dung,Vo Tan ”Interactive Teaching & Learning with Low-cost Interactive Smart Boards”.Vietnam

11 Gambar 1 : Hasil survey yang dilakukan kepada para pengajar di Vietnam
Tinjauan Pustaka Gambar 1 : Hasil survey yang dilakukan kepada para pengajar di Vietnam

12 Gambar 2 : Hasil survey yang dilakukan kepada para siswa di Vietnam
Tinjauan Pustaka Gambar 2 : Hasil survey yang dilakukan kepada para siswa di Vietnam

13 Gambar 3 : Hasil survey yang dilakukan kepada para teknisi di Vietnam
Tinjauan Pustaka Gambar 3 : Hasil survey yang dilakukan kepada para teknisi di Vietnam

14 BAB III metodologi penelitian

15 Alat dan Bahan Alat yang diperlukan dalam penelitian ini adalah :
Komputer Wii remote Bluetooth adapter Proyektor dan papan tulis

16 Alat dan Bahan Bahan yang diperlukan dalam penelitian ini adalah:
LED inframerah (panjang gelombang 940nm) Momentary switch Baterai AA battery holder Spidol cover external button AC Power adapter Kabel Program aplikasi

17 Pembuatan Pena Inframerah
Pena inframerah dibuat dengan menggunakan LED inframerah, momentary switch, baterai AA, battery holder, berdasarkan skema yang diberikan oleh Johnny Lee Sumber: Lee, Johnny Chung.”Low-Cost Multi-point Interactive Whiteboards Using the Wiimote”. Dalam

18 Penentuan Lokasi Wiimote
Wiimote ditempatkan pada beberapa lokasi di dalam kelas yang paling sedikit ditemukan interferensi. Dalam penempatan yang dilakukan, kamera Wiimote tetap diarahkan ke pusat papan tulis dengan sudut 450 dan jarak dua kali tinggi papan tulis. Wiimote ditempatkan pada beberapa lokasi di dalam kelas yang paling sedikit ditemukan interferensi untuk menemukan lokasi terbaik agar tracking yang dilakukan oleh Wiimote berfungsi secara optimal. Dalam penempatan yang dilakukan, kamera Wiimote tetap diarahkan ke pusat papan tulis dengan sudut 450 dan jarak dua kali tinggi papan tulis.

19 Modifikasi Wiimote Menghubungkan tombol eksternal (1dan 2) dengan Wiimote. Wiimote dihubungkan dengan AC power adapter. Untuk dapat dilakukan pairing jarak jauh maka dilakukan modifikasi pada Wiimote dengan menghubungkan tombol eksternal(1dan 2) dengan Wiimote. Selain itu, untuk menghindari pemborosan baterai dan kesulitan dalam penggantiannya maka Wiimote perlu dimodifikasi dengan menghubungkan AC power adapter.

20 Pengujian Penggunaan LCIW
Pengujian dilakukan dengan diberikannya kesempatan kepada para dosen dan mahasiswa untuk menggunakan LCIW sebagai sarana pembelajaran yang baru. Selain itu para teknisi IT juga diberikan kesempatan untuk menguji LCIW .

21 Pengumpulan Data Setelah pengujian yang dilakukan oleh dosen, mahasiswa, dan teknisi, maka akan dibagikan lembaran survey sebagai penilaian untuk mengetahui tingkat kepuasan dan keektifan dari penggunaan LCIW.

22 Analisa Data Dari data yang diperoleh akan dilakukan analisa tingkat kepuasan yang diperoleh dari dosen, mahasiswa, dan teknisi. Dari situ maka dapat diketahui apakah penggunaan LCIW di UMN sudahlah optimal atau belum.

23 Lokasi dan Waktu Penelitian
Penelitian dilakukan di kampus Universitas Multimedia Nusantara, di ruangan 513. Penelitian dilakukan mulai bulan September 2011 hingga Januari 2012.

24 Jadwal Penelitian Bulan September Oktober November Desember Januari
Minggu 1 2 3 4 Studi Literatur Pengumpulan Alat dan Bahan Pembuatan Pena Inframerah Penentuan Lokasi Wiimote yang Optimal Modifikasi Wiimote Pengujian LCIW Pengumpulan Data Analisa Data Penulisan Skripsi

25 Daftar pustaka

26 [1] Stephen Brown. “Interactive Whiteboards in Education”
[1] Stephen Brown. “Interactive Whiteboards in Education”. The TechLearn service of the JISC-funded Technologies aCentre. [2] Dung,Vo Tan ”Interactive Teaching & Learning with Low-cost Interactive Smart Boards”.Vietnam [3] Smoothboard User Guide.2010.Singapore:Smoothboard Tech. [4] Lee, Johnny Chung.”Low-Cost Multi-point Interactive Whiteboards Using the Wiimote”. Dalam Darmawan, Fariz, et. al Perancangan Interactive Whiteboard Menggunakan Aplikasi Wii Remote dengan Pendekatan High Touch Design Process. Tesis. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November. Lee, Johnny Chung ”Hacking the Nintendo Wii Remote”. In IEEE Pervasive Computing, 7 (3) pp Lee, Johnny Chung.”Low-Cost Multi-point Interactive Whiteboards Using the Wiimote”. Dalam

27 TERIMA KASIH


Download ppt "UNIVERSITAS MULTIMEDIA NUSANTARA"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google