Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehIrman Mahardika Telah diubah "9 tahun yang lalu
1
MOHON PERHATIAN PRESENTASI AKAN DIMULAI, PERIKSA RESLITING ANDA! DAN DEMI KENYAMANAN SELAMA PRESENTASI, MOHON SEGALA BENTUK ALAT KOMUNIKASI UNTUK DIMATIKAN!
2
SELINGAN !!! Jangan ada perilaku seperti ini !!!
3
Penulisan Ilmiah (Program Kreativitas Mahasiswa = PKM)
Disampaikan dalam OKK 2011 by Bambang Hariadi
4
Lomba Karya Tulis Ilmiah Program Kreativitas Mahasiswa
Dahulu dan Sekarang Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)
5
Kreatif?
7
Slogan Mahasiswa adalah insan kreatif penemu keilmuan
Dengan kreativitasnya, Dia merubah dunia menjadi lebih maju
8
Kreativitas Kreatif : to create
definisi dalam arti luas kreatifitas adalah sebagai daya cipta manusia Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu, untuk mewujud-kan impian dan mencoba hal-hal baru
9
Orang Kreatif Selalu melihat segala sesuatu dengan cara berbeda dan baru, dan biasanya tidak dilihat oleh orang lain. Proses kreatifitas melibatkan adanya ide-ide baru, berguna, dan tidak terduga tetapi dapat di implementasikan.
10
Orang Kreatif Pada umumnya mengetahui permasalahan dengan sangat baik dan disiplin, biasanya dapat melakukan sesuatu yang menyimpang dari cara-cara konvensional.
11
Perhatikan klip kreatif berikut
12
PKM Dikembangkan sebagai upaya mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreatifitas, inovasi berlandaskan penguasaan sain dan teknologi serta keimanan yang baik Kegiatan rutin tiap tahun oleh DIKTI
13
PKM 1. PKM Penelitian (PKMP) 2. PKM Penerapan Teknolgi (PKMT)
5. PKM Penulisan Ilmiah (PKMI) 4. PKM Kewirausahaan (PKMK) 3. PKM Pengabdian Masyarakat (PKMM) 2. PKM Penerapan Teknolgi (PKMT)
14
Kriteria Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)
No KRITERIA PKM Penelitian 1 Inti Kegiatan Karya kreatif, inovatif dalam penelitian 2 Materi kegiatan Sesuai bidang ilmu, lintas bidang dianjurkan 3 Strata Pendidikan Diploma, S1 4 Jumlah Anggota 3-5 orang 5 Alokasi Pendanaan Biaya Maks Rp 6 Laporan Akhir Hasil Kerja 7 Luaran Artikel, paten
15
Kriteria Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)
No KRITERIA PKM Teknologi 1 Inti Kegiatan Karya kreatif, inovatif dalam menciptakan karya teknologi 2 Materi kegiatan Sesuai bidang ilmu, lintas bidang dianjurkan 3 Strata Pendidikan Diploma, S1 4 Jumlah Anggota 3-5 orang 5 Alokasi Pendanaan Biaya Maks Rp 6 Laporan Akhir Hasil Kerja 7 Luaran Paten, model desain, piranti lunak, jasa
16
Kriteria Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)
No KRITERIA PKM Masyarakat 1 Inti Kegiatan Karya kreatif, inovatif dalam membantu masyarakat 2 Materi kegiatan Semua bidang ilmu atau yang relevan 3 Strata Pendidikan Diploma, Si 4 Jumlah Anggota 3-5 orang 5 Alokasi Pendanaan Biaya Maks Rp 6 Laporan Akhir Hasil Kerja 7 Luaran Jasa, desain, barang
17
Kriteria Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)
No KRITERIA PKM Kewirausahaan 1 Inti Kegiatan Karya kreatif, inovatif dalam membuka peluang usaha 2 Materi kegiatan Semua bidang ilmu atau yang relevan 3 Strata Pendidikan Diploma, S1 4 Jumlah Anggota 3-5 orang 5 Alokasi Pendanaan Biaya Maks Rp 6 Laporan Akhir Hasil Kerja 7 Luaran Barang dan jasa komersial
18
Kriteria Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)
No KRITERIA PKM Ilmiah 1 Inti Kegiatan Karya kreatif, dalam penulisan artikel ilmiah 2 Materi kegiatan Karya kelompok yang telah dilaksanakan 3 Strata Pendidikan Diploma, S1 4 Jumlah Anggota 3-5 orang 5 Alokasi Pendanaan Hadiah/Insentif Rp 6 Laporan Akhir Artikel 7 Luaran Publikasi di jurnal ilmiah
19
Informasi PKM (Kecuali PKMI)
Agenda tahunan DIKTI 2. Batas waktu pengajuan usulan selambat-lambatnya tanggal 10 Oktober dengan alamat : Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Pendidikan Tinggi, Wisma Aldiron ( Exs.MBAU) Lantai 4 Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav 72, Pancoran, Jakarta Selatan.
20
Prosedure Pengiriman Pengiriman Proposal dikoordinir oleh masing-masing prodi yang terkait. Dikirim Secara kolektif
21
Persiapan awal Siapkan ide karya ilmiah ikuti seminar, baca jurnal.
Cari permasalahan yang perlu pemecahan dari sisi TI Sesuaikan dengan kemampuan dan minat. Tentukan masalah yang sesuai
22
Permainan Berpikir Kreatif
Hubungkan 9 titik dengan 3 garis lurus yg melewati semua titik, tanpa mengangkat alat tulis
23
Kerangka Karya Ilmiah PENDAHULUAN Latar Belakang Permasalahan Tujuan
Manfaat/luaran/legunaan TELAAH PUSTAKA/TINJAUAN PUSTAKA METODE PENULISAN PEMBAHASAN Sub Bahasan PENUTUP Kesimpulan Saran
24
Judul Singkat dan spesifik, tetapi cukup jelas memberi gambaran mengenai kegiatan yang diusulkan
25
Latar belakang masalah
Kemukakan unsur kreativitas yang diusulkan, hal-hal yang mendorong atau argumentasi pentingnya dilakukan kegiatan yang diusulkan. Uraikan proses dalam mengidentifikasi masalah yang akan dicari solusinya. Merujuk dari berbagai sumber pustaka, pandangan singkat dari para penulis/ peneliti lain yang pernah melakukan pembahasan topik terkait
26
Perumusan masalah Rumuskan dengan jelas permasalahan yang ingin diteliti atau diselesaikan. Dalam perumusan masalah dapat dijelaskan definisi, asumsi, dan lingkup yang menjadi batasan kegiatan. Uraian perumusan masalah tidak harus dalam bentuk pertanyaan.
27
Tujuan Rumuskan tujuan yang akan dicapai secara spesifik yang merupakan kondisi baru yang diharapkan terwujud setelah kegiatan. Rumusan tujuan hendaknya jelas dan dapat diukur
28
Luaran yang diharapkan
Hasil produk/penelitian Artikel Paten
29
Kegunaan Sebutkan manfaat yang akan diperoleh bagi khalayak sasaran, dari sisi ekonomi maupun Ipteks, padasaat atau setelah kegiatan selesai.
30
Tinjauan Kepustakaan Tinjauan Pustaka menguraikan teori, temuan, dan bahan penelitian lain yang diperoleh dari pustaka acuan serta menjadi landasan usulan kegiatan. Gunakan pustaka terbaru, relevan dan asli dari jurnal ilmiah. Uraikan dengan jelas kajian pustaka yang menimbulkan gagasan dan mendasari kegiatan.
31
Metode Meliputi : Variabel dalam gagasan/penelitian,
Model penulisan/penelitian yang digunakan, Teknik pengumpulan data dan analisis data, Cara penafsiran dan penyimpulan dari karya gagasan ilmiah
32
Pembahasan Meliputi uraian dari permasalahan
Dikuatkan dengan teori pendukung dalam bentuk kutipan Pembahasan secara rinci per masalah yang dikembangkan dalam subbab.
33
Kesimpulan Ungkapkan kesimpulan dari hasil kajian pustaka dan pembahasan. Kesimpulan merupakan jawaban dari masalah. Saran diberikan merupakan pemikiran penulis terhadap hasil pembahasan. Saran juga dapat merupakan gagasan untuk pengembangan keilmuan.
34
Prosedur Menulis Karya Ilmiah
Buat kerangka tulisan (OUTLINE) Daftar Isi Bab-bab (+Judul-judulnya) Sub Bab (+Judul-judulnya) Tentukan topik dari alinea-alinea (dalam kerangka tulisan) Tuliskan kalimat-kalimat mengisi alinea-alinea diatas. DRAFT 1 Periksa apakah masih ada hal-hal dan topik yang belum termasuk. Periksa apakah urut-urutan dari alinea (satu dengan yang lain) sudah enak tersusun secara kronologis. Apakah ada hal-hal yang seharusnya ditulis didepan terpaksa harus berada di belakang, dan lain sebagainya. Periksa gambar-gambar dan tabel-tabel : nomor-nomornya apa sudah betul urutan dan keterangan apa sudah sesuai
35
Prosedur Menulis Karya Ilmiah
DRAFT II Periksa apakah susunan kalimat dan jalan cerita pada setiap alinea cukup komunikatif. (Periksa tata bahasa kalimat dan maksud dari kalimat-kalimat tersebut apakah sudah jelas seperti yang dimaksud sebenarnya). Periksa apakah masing-masing alinea sudah koheren dan mempunyai satu gagasan. Periksa tanda-tanda baca kalimat. Periksa detail-detail yang lain seperti nama pengarang (referensi), daftar acuan, lampiran-lampiran dan lain sebagainya, apa sudah sesuai. DRAFT III (FINAL DRAFT) Diserahkan ke orang lain untuk dibaca TULISAN ILMIAH
36
Contoh beberapa judul PKMI
PKM YANG DI DANAI DIKTI
37
Apakah Anda se kreatif ini?
38
“Mengisi kemerdekaan dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK)”
Tugas Buatlah karya tulis ilmiah dengan tema “Mengisi kemerdekaan dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK)” Topik-topik pilihan: TIK untuk bidang ideologi TIK untuk bidang politik TIK untuk bidang pendidikan TIK untuk bidang ekonomi TIK untuk bidang sosial & budaya TIK untuk bidang HANKAM
39
Sekian, terima kasih Selamat berkarya dan sukses
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.