Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
uses&gratification_joice cs
Teori Kegunaan dan Gratifikasi berdasarkan penelitian Elihu Katz, Jay G. Blumler, dan Michael Gurevitch Tahapan dalam Penelitian Asumsi Khalayak Aktif Pengaruh Media Kegunaan dan Gratifikasi dan Media Baru uses&gratification_joice cs
2
uses&gratification_joice cs
Sekilas Teori Orang aktif memilih dan menggunakan media tertentu untuk memuaskan kebutuhan tertentu. Menekankan posisi pengaruh yang terbatas, teori ini melihat media mempunyai pengaruh terbatas karena pengguna mampu memilih dan mengendalikan. uses&gratification_joice cs
3
uses&gratification_joice cs
Sekilas Teori Orang memiliki kesadaran diri, dan mereka mampu memahami dan menyatakan alasan mereka menggunakan media. Mereka melihat media sebagai salah satu cara untuk memuaskan kebutuhan yang mereka miliki. Teori kegunaan dan Gratifikasi berfokus pada pertanyaan berikut: apa yang orang lakukan dengan media? uses&gratification_joice cs
4
uses&gratification_joice cs
Sekilas Teori Uses and Gratification Theory menyatakan bahwa orang secara aktif mencari media tertentu dan muatan (isi) tertentu untuk menghasilkan kepuasan (atau hasil) tertentu. Teoretikus Uses and Gratification Theory menganggap orang aktif karena mereka mampu untuk mempelajari dan mengevaluasi berbagai jenis media untuk mencapai tujuan komunikasi. uses&gratification_joice cs
5
Tahapan dalam Penelitian Kegunaan dan Gratifikasi
Uses and Gratification Theory adalah perluasan dari teori kebutuhan dan motivas (Maslow, 1970). Abraham Maslow menyatakan bahwa orang secara aktif berusaha untuk memenuhi kriteria kebutuhannya. Setelah mereka memperoleh tuuan yang mereka cari pada satu tingkat hierarki, mereka dapat bergerak ke tahap berikutnya. uses&gratification_joice cs
6
Tahapan dalam Penelitian Kegunaan dan Gratifikasi
Fraction of selection yang diajukan Wilbur Schramm merupakan ide mengenai bagaimana pilihan-pilihan media dibuat: harapan akan adanya penghargaan dibagi usaha yang dibutuhkan. _Harapan akan Pengharapan_ Usaha yang Dibutuhkan uses&gratification_joice cs
7
Tahapan dan Penelitian dalam Kegunaan dan Gratifikasi
uses&gratification_joice cs
8
Tahapan dan Penelitian dalam Kegunaan dan Gratifikasi
uses&gratification_joice cs
9
Tahapan dalam Penelitian Kegunaan dan Gratifikasi
Tahap kedua dimulai ketika para peneliti menciptakan tipologi yang mewakili semua alasan yang dimiliki orang untuk menggunakan media. Tahap ketiga, para peneliti tertarik dalam menghubungkan alasan khusus penggunaan media dengan variabel seperti kebutuhan, tujuan, keuntungan, dan konsekuensi penggunaan media, dan faktor individual. uses&gratification_joice cs
10
uses&gratification_joice cs
Tahapan dan Penelitian dalam Kegunaan dan Gratifikasi Tabel Tipologi Kegunaan dan Gratifikasi PENELITI ALASAN MENGGUNAKAN MEDIA Rubin (1981) Menghabiskan waktu Menemani Kesenangan Pelarian Kenikmatan Interaksi sosial Relaksasi Memperoleh informasi Belajar mengenai muatan tertentu McQuail et.al. (1972) Pengalihan perhatian Hubungan personal Identitas personal Pengawasan Katz et.al. (1973) Keterhubungan dengan orang lain Keterpisahan dengan orang lain uses&gratification_joice cs
11
uses&gratification_joice cs
Asumsi Khalayak aktif dan penggunaan medianya berorientasi pada tujuan. Inisiatif dalam menghubungkan kepuasan kebutuhan pada pilihan media tertentu terdapat pada anggota khalayak. Media berkompetisi dengan sumber lainnya untuk kepuasan kebutuhan. uses&gratification_joice cs
12
uses&gratification_joice cs
Asumsi Orang mempunyai cukup kesadaran diri akan penggunaan media mereka, minat, dan motif sehingga dapat memberikan sebuah gambaran yang akurat mengenai kegunaan tersebut kepada para peneliti. Penilaian mengenai nilai isi media hanya dapat dinilai oleh khalayak. uses&gratification_joice cs
13
Asumsi Tabel Kebutuhan yang Dipuaskan oleh Media
TIPE KEBUTUHAN DESKRIPSI CONTOH MEDIA Kognitif Memperoleh informasi, pengetahuan, pemahaman. Televisi (berita), video (“Bagaimana memasang Lantai Keramik”), film (dokumenter atau film berdasarkan sejarah). Afektif Pengalaman emosional, menyenangkan, atau estetis. Film, televisi (komedi situasi, opera sabun). Integrasi Personal Meningkatkan kredibilitas, percaya diri, dan status. Video (“Berbicara dengan Keyakinan”) Integrasi Sosial Meningkatkan hubungan dengan keluarga, teman dan lainnya. Internet ( , chat room, FB) Pelepasan Ketegangan Pelarian dan pengalihan. Televisi, film, video, radio, ketegangan. uses&gratification_joice cs
14
uses&gratification_joice cs
Asumsi (1) Anggota khalayak individu dapat membawa tingkat aktivitas yang berbeda untuk penggunaan media mereka. Klasifikasi kebutuhan dan kepuasan khalayak: Diversion: melibatkan pelarian diri dari rutinitas dan permasalahan. Personal identity: melibatkan cara-cara untuk menekankan nilai-nilai individu. Personal relationship: melibatkan penggunaan media sebagai ganti teman. Surveillance: melibatkan pengumpulan informasi yang dibutuhkan. uses&gratification_joice cs
15
uses&gratification_joice cs
Asumsi (2) Menghubungkan kepuasan akan kebutuhan pada pilihan terhadap sebuah media yang berada di tangan khalayak. Karena orang adalah agen yang aktif, mereka mengambil inisiatif. uses&gratification_joice cs
16
uses&gratification_joice cs
Asumsi (3) Media berkompetisi dengan sumber lainnya untuk kepuasan akan kebutuhan – berarti bahwa media dan khalayaknya tidak berada dalam kevakuman. Keduanya adalah bagian dari masyarakat luas, dan hubungan antara media dan khalayak dipengaruhi oleh masyarakat. uses&gratification_joice cs
17
uses&gratification_joice cs
Asumsi (4) Berkaitan dengan masalah metodologis mengenai kemampuan peneliti untuk mengumpulkan informasi yang andal dan akurat dari konsumen media. uses&gratification_joice cs
18
uses&gratification_joice cs
Asumsi (5) Asumsi ini menyatakan bahwa peneliti harus mempertahankan penilaiannya mengenai hubungan antara kebutuhan khalayak akan media atau muatan tertentu. uses&gratification_joice cs
19
uses&gratification_joice cs
Khalayak Aktif Jay G. Blumler (1979) menawarkan beberap sara jenis aktivitas khalayak yang dapat dilakukan oleh konsumen media, termasuk di dalamnya: Utility: menggunakan media untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Intentionality: terjadi ketika motivasi awal orang menetukan penggunaan media. Selectivity: penggunaan media oleh anggota khalayak menunjukkan minat mereka. Imperviousness to influence: merujuk pada anggota khalayak yang mengkonstruksikan makna mereka sendiri dari muatan media. uses&gratification_joice cs
20
uses&gratification_joice cs
Khalayak Aktif Uses and Gratification membedakan aktivitas dan keaktifan. Activity: lebih merujuk kepada apa yang dilakukan oleh konsumen media. Activeness: lebih dekat dengan apa yang benar-benar menarik minat peneliti teori ini. Merujuk pada seberapa banyak kebebasan yang dimiliki khalayk di hadapan media massa. uses&gratification_joice cs
21
uses&gratification_joice cs
Pengaruh Media Situasi sosial dapat menghasilkan ketegangan dan konflik, menuntun pada tekanan untuk meredakan hal ini melalui konsumsi media. Situasi sosial dapat menghasilkan sebuah kesadaran akan masalah yang meminta perhatian, informasi mengenai apa saja yang bisa didapatkan dalam media. Situasi sosial dapat meruntuhkan kesempatan hidup yang sesungguhnya untuk memuaskan kebutuhan tertentu, dan media dapat menjadi pengganti atau suplemen. uses&gratification_joice cs
22
uses&gratification_joice cs
Pengaruh Media Situasi sosial seringkali memunculkan nilai tertentu, dan afirmasi serta penekanan mereka dapat difasilitasioleh konsumsi materi media yang berkaitan. Situasi sosial menuntut kefamiliaran dengan media; tuntutan ini harus dipenuhi untuk mempertahankan keanggotaan dalam kelompok sosial tertentu. uses&gratification_joice cs
23
Kegunaan dan Gratifikasi dan Media Baru
Apakah motivasi yang dibawa orang kepada pengguna media lama mereka akan dapat diterapkan pada media baru. Bagaimana dengan media-media seperti: Video game Internet uses&gratification_joice cs
24
uses&gratification_joice cs
Kritik Heurisme: bersifat heuristik. Kegunaan: masih dipertanyakan. Konsistensi Logis: beberapa terminologi teori ini masih membutuhkan penjelasan lebih lanjut. uses&gratification_joice cs
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.