Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Flowchart dan Pseudocode
Agung Nugroho, S.Kom
2
Tipe Data Kata data adalah bentuk jamak dari kata datum yang berarti fakta. Data adalah istilah umum yang mewakili angka, karakter dan simbol-simbol lain yang berfungsi sebagai masukan untuk proses komputer. Data Interger Date Real Data Karakter Data String Data Boolean (Logika)
3
Tipe Data Data Integer Merupakan nilai bilangan bulat baik dalam bentuk desimal maupun hexadesimal. Data Real Digunakan untuk keperluan data real (pecahan) Data Karakter Tipe data Character merupakan tipe data yang mengandung sebuah sebuah karakter. Karakter dapat berupa sembarang elemen dalam ASCII yang ditulis di antara tanda petik tunggal.
4
Tipe Data Tipe Data Boolean (Logika)
Tipe ini mengenal dua buah nilai saja, yaitu true (benar) atau false (salah).
5
Variabel Variabel (pengubah) adalah suatu lambang dari sebuah daerah di memori utama komputer yang dapat berisi suatu nilai. Variabel merupakan nama yang mewakili nilai data dimana nilai tersebut dapat berubah pada saat program dieksekusi.
6
Syarat-syarat penulisan nama variabel
Nama variabel jangan terlalu panjang, meskipun harus dengan jelas menunjukkan fungsi nilai data yang diwakilinya. (sebab setiap bahasa pemrograman mempunyai batas maksimal panjang nama variabel). Nama variabel tidak menggunakan tanda-tanda khusus seperti tanda baca dan spasi; meskipun dalam bahasa pemrograman tertentu dapat digunakan suatu pemisah dalam penulisan nama variabel.
7
Flowchart Algoritma merupakan suatu alur pemikiran seseorang yang dapat dituangkan secara tertulis (simbol-simbol/gambar-gambar). Gambar/simbol itu disebut dengan flowchart.
8
Flowchart Pada kerja tim, banyak programmer terlibat. Akibatnya, jika tim tersebut merupakan tim yang mengerjakan beberapa bagian dari suatu proyek besar, maka flowchart sangat penting digunakan untuk mengungkapkan algoritma salah satu tim, untuk dapat dipahami dan dikerjakan oleh tim lain. Pada saat seorang programmer selesai mengerjakan suatu program, langkah selanjutnya adalah memberikan program tersebut kepada kliennya.Untuk menjelaskan alur pemikiran dan cara kerja program
9
Kegunaan Flowchart Sebelum program selesai dibuat …………………..
Setelah program selesai dibuat
10
Simbol-Simbol Flowchart
12
Flowchart
13
Program Flowchart Menggambakan urutan logika dari suatu prosedur pemecahan masalah.
14
Pedoman pembuatan flowchart
Flowchart sebaiknya digambar dari atas ke bawah dan dimulai dari bagian kiri suatu halaman. Kegiatan didalam flowchart harus ditunjukkan dengan jelas Harus ditunjukkan dari mana kegiatan dimulai dan dimana akan berakhir Masing-masing kegiatan didalam flowchart sebaiknya menggunakan suatu kata yang mewakili suatu pekerjaan. Masing-masing kegiatan didalam flowchart harus didalam urutan yang tepat. Kegiatan yang terpotong dan akan disambungkan ke tempat lain harus ditunjukkan dengan jelas menggunakan simbol penghubung yang benar. Gunakan simbol-simbol alir yang standar
15
Pseudocode Pseudo-> semu code->kode
Pseudocode adl kode semu atau menyerupai kode program yang sebenarnya
16
Pseudocode Algoritma Flowchart Pseudocode
Menggunakan bahasa tingkat tinggi (biasanya bahasa inggris) Menggunakan simbol berbentuk gambar Menggunakan bahasa tingkat tinggi yang menyerupai kode program Tidak standar Standar Belum standar Mudah dibaca Mudah dimengerti Tidak dapat langsung dibuat programnya Bisa langsung dibuat programnya Masih berupa ide Berupa rancangan Sudah hampir berupa implementasi
17
Perbedaan Notasi Algoritma & Pseudocode
Nilai A ditambah dengan 5 A A+5 Cetak Nilai A bila lebih besar dari 10 IF>10 THEN PRINT A Dari dua bilangan A dan B, cari bilangan yang terbesar IF A> THEN PRINT A ELSE PRINT B
18
Penggunaan dan Notasi Pseudocode
Algoritma Pseudocode Masukkan bilangan pertama Input a Masukkan bilangan kedua Input b Jika bilangan pertama>bilangan kedua maka kerjakan langkah 4. Jika tidak, kerjakan langkah 5. If a>b then do step 4 Tampilkan bilangan pertama. Print a Tampilkan bilangan kedua. Print b
19
Konvensi simbol pada Pseudocode
Bahasa Inggris Penjelasan simbol Dalam bahasa Pemrograman A b gets Pemberian nilai dari a ke b = A v B and Operator logika antara a dan b && A ^ b or Operator logika antara a or b ǁ ¬ a not Negasi dari a ! A=b Is equal to Apakah a equal dengan b == A≠b Is not equal to Apakah a tidak equal dengan b != A<b Is less than Apakah a kurang dari b <
20
Konvensi simbol pada Pseudocode
Bahasa Inggris Penjelasan simbol Dalam bahasa Pemrograman a≤b Is less than or equal to Apakah a kurang dari sama dengan b <= a>b Is greater than Apakah a lebih besar dari b > A≥b Is greater than or equal to Apakah a lebih besar dari sama dengan b >= A≈b approximately A hampir sama dengan b N/A ┌a┐ ceiling Mengambil nilai integer terbesar dari pembulatan ke atas Ceil() └a┘ floor Mengambil nilai integer terkecil dari pembulatan ke bawah Floor()
21
Kata dalam Pseudocode Perintah Sekuensial Input : Read, Obtain,Get
Output : Print, Display,Show Perhitungan: Compute,calculate,determine Inisialisasi : Set, Init Penambahan dengan 1 : Increment,Bump
22
Kata dalam Pseudocode Perintah percabangan if condition then
<sequence 1> else <sequence 2> endif
23
Kata dalam Pseudocode Perintah perulangan while
digunakan untuk mengulang satu atau beberapa perintah sekaligus selama masih dalam kondisi benar (TRUE). while condition <sequence > endwhile
24
Kata dalam Pseudocode Perintah perulangan FOR
digunakan untuk mengulang satu atau beberapa perintah sekaligus selama masih dalam kondisi benar (TRUE). FOR iteration bounds <sequence > ENDFOR
25
Kata dalam Pseudocode Perintah percabangan case
percabangan yang dipermudah Case expression of condition 1: <sequence 1> condition 2: <sequence 2> others: default<sequence> endcase
26
Kata dalam Pseudocode Perintah repeat until
perintah ini dilakukan satu kali perulangan, baru kemudian Repeat <sequence > until condition
27
Kata dalam Pseudocode Perintah nested construct
perintah ini merupakan perulangan bertingkat, dimana didalam perulangan terdapat perulangan lagi
28
Kata dalam Pseudocode Perintah invoking procedure
procedure adalah kumpulan program yang diberi nama unik. Perintah ini berarti memanggil kumpulan program tersebut untuk mempersingkat dan mempermudah penggunaan kembali procedure di lain waktu. kata kunci -> CALL
29
Kata dalam Pseudocode Perintah exception handling
Perintah ini bertujuan untuk menangani kesalahan yang terjadi pada program. kata kunci -> EXCEPTION
30
Kesimpulan Pseudocode bukan merupakan kode program yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Tujuan flowchart dan pseudocode sama Flowchart dan Pseudocode memiliki simbol2 tertentu yang disepakati bersama.
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.