Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LOGIKA PEMROGRAMAN Edie Susatyo, ST, MT.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LOGIKA PEMROGRAMAN Edie Susatyo, ST, MT."— Transcript presentasi:

1 LOGIKA PEMROGRAMAN Edie Susatyo, ST, MT

2 Logika & Pemrograman Tujuan
Mahasiswa memahami struktur penulisan bahasa pemrograman “web-based (PHP)” dan mampu membuat aplikasi komputer berbasis database (Mysql)

3 Prosentase Penilaian Ujian mid semester 35% Ujian semester 35%
Tugas kelompok % Absen % Tugas Kelompok : Minimal 5 orang, maksimal 7 orang Membuat hosting website TA : Membuat program aplikasi perpustakaan online Tugas Akhir di upload di website kelompok masing-masing Materi Kuliah dapat di download di :

4 referensi http://www.ilmukomputer.com Book : PHP for dummies
PHP & MySql untuk Pemula (andy offset) Membuat Aplikasi Database Karyawan (andy offset)

5 Kenapa Belajar Algoritma Pemrograman?

6 Kebutuhan perangkat lunak di berbagai sendi kehidupan
Modal murah (otak & PC/Laptop) dan tidak mudah ditiru Segmen luas, mass product (kuantitas) atau customized product (kualitas) Lifetime services Prospek masa depan yang akan terus berkembang Value Added Knowledge

7 Sejarah Bahasa Pemrograman

8

9 Tahun 1823 Charles Babbage menciptakan sebuah mesin yg berbeda yang membutuhkan serangkain instruksi/perintah untuk menjalankan sebuah tugas tertentu Ada King (Countess of Lovelace, Putri Lord Byron) merupakan orang yang membuat instruksi tersebut dan menjadi programmer pertama di dunia Rangkaian instruksi tersebut disebut sebagai bahasa pemrograman Dalam kurun waktu 50 tahun, bahasa pemrograman terbagi atas 2 stage : First Major Language Second Major Language (yang digunakan saat ini) Bahasa pemrograman modern diawali dengan FORTRAN (FORmula TRANslating system) yang dikembangkan oleh IBM

10 Programming Lang. Timeline

11 Apa Itu Algoritma? Definisi
Urutan langkah-langkah untuk memecahkan masalah Kamus Besar Bahasa Indonesia: Algoritma adalah urutan logis pengambilan putusan untuk pemecahan masalah Algoritma dibutuhkan untuk memerintah komputer mengambil langkah-langkah tertentu dalam menyelesaikan masalah

12 Penulisan Algoritma Dalam bahasa natural (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan bahasa manusia lainnya) Tapi sering membingungkan (ambiguous) Menggunakan flow chart (diagram alir) Bagus secara visual akan tetapi repot kalau algoritmanya panjang Menggunakan pseudo-code Sudah lebih dekat ke bahasa pemrograman, namun sulit dimengerti oleh orang yang tidak mengerti pemrograman

13 Contoh Requirement Buat sebuah algoritma untuk memilih bilangan terbesar dari 3 buah bilangan Nantinya ini bisa digeneralisir menjadi n buah bilangan

14 Algoritma Dalam Bahasa Natural
Ambil bilangan pertama dan set maks sama dengan bilangan pertama Ambil bilangan kedua dan bandingkan dengan maks Apa bila bilangan kedua lebih besar dari maks, set maks sama dengan bilangan kedua Ambil bilangan ketiga dan bandingan dengan maks Apabila bilangan ketiga lebih besar dari maks, set maks sama dengan bilangan ketiga Variabel maks berisi bilangan terbesar. Tayangkan hasilnya

15 Algoritma dengan Flowchart

16 Algoritma dengan pseudo-code
Maks=n if (maks < x then Maks=x) if (maks < y then Maks=y)

17 Aspek Penting dari Algoritma
Finiteness Algoritma harus berhenti after a finite number of steps Definiteness Setiap langkah harus didefinisikan secara tepat, tidak boleh membingungkan (ambiguous) Input Sebuah algoritma memiliki nol atau lebih input yang diberikan kepada algoritma sebelum dijalankan Output Sebuah algoritma memiliki satu atau lebih output, yang biasanya bergantung kepada input Effectiveness Setiap algoritma diharapkan miliki sifat efektif

18 Pemrograman Komputer Bentuk keahlian menulis instruksi yang sangat berguna, dapat dikelola, dan berkembang luas yang dapat diterjemahkan oleh sistem komputer untuk menjalankan sebuah tugas yang berguna. Program komputer dapat di bentuk dalam satu dari sekian banyak bahasa, mulai dari bahasa tingkat tinggi hingga tingkatan paling rendah. The Software Engineering Body Of Knowledge (SWEBOK) : Software requirements Software design Software construction Software testing Software maintenance Software configuration management Software engineering management Software engineering process Software engineering tools and methods Software quality

19 Perkembangan teknologi jaringan menuntut aplikasi sederhana dengan kemampuan multi-jaringan yang dapat diakses dengan cepat dan powerfull Aplikasi Client-Server merupakan sebuah paradigma dalam teknologi informasi yang merujuk kepada cara untuk mendistribusikan aplikasi ke dalam dua pihak: pihak klien dan pihak server. Dalam model klien/server, sebuah aplikasi dibagi menjadi dua bagian yang terpisah, tapi masih merupakan sebuah kesatuan yakni komponen klien dan komponen server. Komponen klien juga sering disebut sebagai front-end, sementara komponen server disebut sebagai back-end

20 Komponen klien dari aplikasi tersebut dijalankan dalam sebuah workstation dan menerima masukan data dari pengguna. Komponen klien tersebut akan menyiapkan data yang dimasukkan oleh pengguna dengan menggunakan teknologi pemrosesan tertentu dan mengirimkannya kepada komponen server yang dijalankan di atas mesin server, umumnya dalam bentuk request terhadap beberapa layanan yang dimiliki oleh server. Komponen server akan menerima request dari klien, dan langsung memprosesnya dan mengembalikan hasil pemrosesan tersebut kepada klien. Klien pun menerima informasi hasil pemrosesan data yang dilakukan server dan menampilkannya kepada pengguna, dengan menggunakan aplikasi yang berinteraksi dengan pengguna.

21 Tipe Pemrograman Pemrograman Desktop
Pada umumnya program/aplikasi yang dibuat untuk digunakan di sebuah PC saja dan tidak bisa digunakan secara bersama-sama dengan PC lain disebut aplikasi desktop-based (misalnya : notepad, word, excel, dsj) Pemrograman Web-based Aplikasi yang di-install di sebuah PC dan dapat digunakan oleh PC lain dalam satu jaringan atau lebih yang saling terhubung. Untuk menjalankan aplikasi tersebut umumnya membutuhkan web-browser

22 Aplikasi Web-based (+) Support semua Operating System (OS)
(+) Open Source (+) Bisa di-enkripsi untuk keamanan/privasi (+) Dikembangkan oleh banyak pihak (+) Support jaringan secara otomatis (+) Mendukung sistem database (-) Instalasi tidak mudah untuk org awam (-) Tidak bisa berdiri sendiri,membutuhkan web-server & web browser

23 Requirement PC / Server Computer
Web & PHP-server ( free. Database-server (xampp) Program Editor ( free. Dreamweaver (not free)

24 PHP (1)

25 PHP (2)

26 PHP (3) PHP adalah bahasa scripting yang menyatu dengan HTML dan dijalankan pada server side. Artinya semua sintaks yang kita berikan akan sepenuhnya dijalankan pada server sedangkan yang dikirimkan ke browser hanya hasilnya saja PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web. Selanjutnya Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/FI, kependekan dari Hypertext Preprocessing'/Form Interpreter. Dengan perilisan kode sumber ini menjadi open source, maka banyak programmer yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP. Pada Juni 2004, Zend merilis PHP 5.0. Dalam versi ini, inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Versi ini juga memasukkan model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek.

27 Kelebihan PHP Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya. Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan dimana - mana dari mulai apache, IIS, Lighttpd, hingga Xitami dengan configurasi yang relatif mudah. Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis - milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan. Dalam sisi pemahamanan, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak. PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (Linux, Unix, Macintosh, Windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.

28 Contoh Sederhana Menampilkan pesan : <?php
echo "<b>Hello World</b>" ; echo "<b>Halo Dunia</b>" ; ?> Menampilkan deret fibonaci : <?php $now = 1; $prev = 0; $jumlah = 8; while ($i < $jumlah) { $temp = $prev; $prev = $now; $now = $now + $temp; echo($now . ", "); $i++; } ?>

29 Homework Download & Install XAMPP di PC Pelajari petunjuk singkatnya
Download & Install PHP Editor


Download ppt "LOGIKA PEMROGRAMAN Edie Susatyo, ST, MT."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google