Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Melati Oktafiyani NPP : 0686.21.2012.0484
MANAJEMEN PROYEK Melati Oktafiyani NPP :
2
CPM dan PERT
3
PERT dan CPM adalah suatu alat manajemen proyek yang digunakan untuk melakukan penjadwalan, mengatur dan mengkoordinasi bagian-bagian pekerjaan yang ada didalam suatu proyek. PERT yang memiliki kepanjangan Program Evalution Review Technique sedangkan CPM merupakan kepanjangan dariCritical Path Method
4
PERT dan CPM keduanya mengikuti enam langkah dasar, yakni:
Mengidentifkasikan proyek dan menyiapkan struktur pecahan kerja, Membangun hubungan antara kegiatan, memutuskan kegiatan mana yang harus terlebih dahulu dan mana yang mengikuti yang lain, Menggambarkan jaringan yang menghubungkan keseluruhan kegiatan, Menetapkan perkiraan waktu dan/atau biaya untuk tiap kegiatan, Menghitung jalur waktu terpanjang melalui jaringan. Ini yang disebut jalur kritis Menggunakan jaringan untuk membantu perencanaan, penjadwalan, dan pengendalian proyek.
5
Proses dalam CPM/PERT
6
1. Komponen jaringan (network component)
Jaringan CPM/PERT menunjukkan saling berhubungnya antara satu kegiatan dengan kegiatan lainnya dalam suatu proyek Ada dua pendekatan untuk menggambarkan jaringan proyek yakni kegiatan pada titik (activity on node – AON) dan kegiatan pada panah (activity on arrow – AOA). Pada konvensi AON, titik menunjukan kegiatan, sedangkan pada AOA panah menunjukan kegiatan.
7
Pebandingan antara konvensi jaringan AON dan AOA
Activity on Arti dari Activity on Node (AON) Aktivitas Arrow (AOA) A datang sebelum B, yang datang sebelum C (a) A B C A dan B keduanya harus diselesaikan sebelum C dapat dimulai (b) A C B B dan C tidak dapat di mulai sebelum A selesai (c) B A C
8
Activity on Arti dari Activity on Node (AON) Aktivitas Arrow (AOA)
C dan D tidak dapat dimulai hingga A dan B keduanya selesai (d) A B C D C tidak dapat dimulai setelah A dan B selesai, D tidak dapat dimulai sebelum B selesai. Kegiatan Dummy ditunjukan pada AOA (e) Dummy activity
9
Activity on Arti dari Activity on Node (AON) Aktivitas Arrow (AOA)
B dan C tidak dapat dimulai hingga A selesai. D tidak dapat dimulai sebelum B dan C selesai. Kegiatan dummy ditunjukan pada AOA. (f) A C D B Dummy activity
10
Contoh: Pemerintah akan membangun rumah sakit berstandar internasional, rumah sakit tersebut akan di bangun dan harus melalui delapan kegiatan yakni: membangun komponen internal, memodifikasi atap dan lantai, membangun tumpukan, menuangkan beton dan memasang rangka, membangun pembakar temperatur tinggi, memasang sistem kendali polusi, membangun alat pencegah polusi udara, dan kegiatan terakhir yaitu pemerikasaan dan pengujian.
11
Kegiatan Penjelasan Pendahulu langsung A - B C D A,B E F G D,E H F,G
Kegiatan tersebut dapat di lihat pada tabel di bawah ini berikut penjelasan susunan kegiatannya: Kegiatan Penjelasan Pendahulu langsung A membangun komponen internal - B memodifikasi atap dan lantai C membangun tumpukan D menuangkan beton dan memasang rangka A,B E membangun pembakar temperatur tinggi F memasang sistem kendali polusi G membangun alat pencegah polusi udara D,E H pemerikasaan dan pengujian F,G
12
Gambar AON untuk proyek rumah sakit tersebut:
F H C A Start D B
13
Gambar AOA untuk proyek rumah sakit tersebut:
Pemeriksaan dan pengujian 7 Dummy Activity 6 Memasang sistem kendali polusi F Membangun pembakar temperatur tinggi E Membangun alat pencegah polusi udara G 5 D Menuangkan beton dan memasang rangka 4 C Membangun kumpulan tumpukan 1 3 2 Memodifikasi atap dan lantai B Membangun komponen internal A
14
2. Jadwal aktivitas (activity scheduling)
Menentukan jadwal proyek atau jadwal aktivitas artinya kita perlu mengidentifikasi waktu mulai dan waktu selesai untuk setiap kegiatan Kita menggunakan proses two-pass, terdiri atas forward pass dan backward pass untuk menentukan jadwal waktu untuk tiap kegiatan. ES (earlist start) dan EF (earlist finish) selama forward pass. LS (latest start) dan LF (latest finish) ditentukan selama backward pass.
15
Nama kegiatan atau simbol
Earliest Start ES Earliest Finish EF Latest Start LS Latest Finish LF Lamanya kegiatan 2
16
Forward pass, merupakan indentifikasi waktu-waktu terdahulu
Aturan mulai terdahulu: Sebelum suatu kegiatan dapat dimulai, kegiatan pendahulu langsungnya harus selesai. Jika suatu kegiatan hanya mempunyai satu pendahulu langsung, ES nya sama dengan EF pendahulunya. Jika satu kegiatan mempunyai satu pendahulu langsung, ES nya adalah nilai maximum dari semua EF pendahulunya, yaitu ES = max [EF semua pendahulu langsung]
17
Aturan selesai terdahulu:
Waktu selesai terdahulu (EF) dari suatu kegiatan adalah jumlah dari waktu mulai terdahulu (ES) dan waktu kegiatannya, EF = ES+waktu kegiatan.
18
Backward pass, merupakan indentifikasi waktu-waktu terakhir
Aturan waktu selesai terakhir: Jika suatu kegiatan adalah pendahulu langsung bagi hanya satu kegiatan, LF nya sama dengan LS dari kegiatan yang secara langsung mengikutinya. Jika suatu kegiatan adalah pendahulu langsung bagi lebih daru satu kegiatan, maka LF adalah minimum dari seluruh nilai LS dari kegiatan-kegiatan yang secara langsung mengikutinya, yaitu LF = Min [LS dari seluruh kegiatan langsung yang mengikutinya]
19
Aturan waktu mulai terakhir.
Waktu mulai terakhir (LS) dari suatu kegiatan adalah perbedaan antar waktu selesai terakhir (LF) dan waktu kegiatannya, yaitu LS = LF – waktu kegiatan.
20
Contoh: Hitunglah waktu mulai dan selesai terdahulu, untuk proyek rumah sakit berstandar internasional yang di bangun pemerintah. Dan berikut menunjukan jaringan proyek lengkap untuk proyek rumah sakit tersebut, bersama dengan nilai ES dan EF untuk semua kegiatan.
21
Kegiatan Penjelasan Waktu (minggu) A 2 B 3 C D 4 E F G 5 H
membangun komponen internal 2 B memodifikasi atap dan lantai 3 C membangun tumpukan D menuangkan beton dan memasang rangka 4 E membangun pembakar temperatur tinggi F memasang sistem kendali polusi G membangun alat pencegah polusi udara 5 H pemerikasaan dan pengujian TOTAL (minggu) 25
22
B 3 C 2 4 E F G 5 H 8 13 15 7 D Start A
23
E 4 F 3 G 5 H 2 8 13 15 7 10 D C B Start A 1
24
Hasil perhitungan ES, EF, LS dan LF
Kegiatan Waktu ES EF LS LF A 2 B 3 1 4 C D 7 8 E F 10 13 G 5 H 15
25
A. membangun komponen internal B. memodifikasi atap dan lantai
C. membangun tumpukan D. menuangkan beton dan memasang rangka E. membangun pembakar temperatur tinggi F. memasang sistem kendali polusi G. membangun alat pencegah polusi udara H. pemerikasaan dan pengujian Chart untuk ES-EF
26
A. membangun komponen internal B. memodifikasi atap dan lantai
Chart untuk LS-LF A. membangun komponen internal B. memodifikasi atap dan lantai C. membangun tumpukan D. menuangkan beton dan memasang rangka E. membangun pembakar temperatur tinggi F. memasang sistem kendali polusi G. membangun alat pencegah polusi udara H. pemerikasaan dan pengujian
27
3. Hambatan aktivitas (slack activity) dan jalur krirtis (critical path)
Waktu slack (slack time) yaitu waktu bebas yang dimiliki oleh setiap kegiatan untuk bisa diundur tanpa menyebabkan keterlambatan proyek keseluruhan. Jalur kritis adalah kegiatan yang tidak mempunyai waktu tenggang (Slack=0), artinya kegiatan tersebut harus dimulai tepat pada ES agar tidak mengakibatkan bertambahnya waktu penyelesaian proyek. Kegiatan dengan slack = 0 disebut sebagai kegiatan kritis dan berada pada jalur kritis.
28
Contoh: Hitunglah slack dan jalur kritis untuk kegiatan-kegiatan pada proyek rumah sakit pemerintah yang berstandar internasional.
29
Slack Critical Kegiatan ES EF LS LF LS – ES Path
A Ya B C Ya D E Ya F G Ya H Ya
30
4. Kemungkinan waktu penyelesaian aktivitas (probabilistic activity times)
Waktu optimis (optimistic time) [a] Waktu pesimis (pessimistic time) [b] Waktu realistis (most likely time) [m]
31
Perbedaan CPM dan PERT CPM :
Tidak ada variabilitas dalam waktu aktivitas Asumsi : waktu diketahui dan tetap PERT : Waktu penyelesaian aktivitas bervariasi dan bergantung banyak faktor Menggunakan distribusi probabilitas dengan 3 perkiraan waktu : Optimistic time (a) : waktu penyelesaian “terbaik” yg dpt dicapai dlm jaringan PERT Pessimistic time (b) : waktu penyelesaian “terburuk” yg dpt diperkirakan dlm jaringan PERT Most Likely time (m) : waktu yg plg mungkin untuk menyelesaikan aktivitas dlm jaringan PERT
32
Peluang 1 di antara 100 terjadi Peluang 1 di antara 100 terjadi < a
Optimistic Time (a) Most Likely Time (m) Pessimistic Time (b) Activity Time
33
Expected time (waktu yang diharapkan):
t = (a + 4m + b)/6 Variance of times: v = [(b – a)/6]2
34
s2 = Varians proyek = (varians kegiatan pada jalur kritis)
Standard deviasi proyek (s) = varians proyek Nilai deviasi normal (Z) = [batas waktu (n) – waktu penyelesaian yang diharapkan]/s
35
Contoh: Lihat contoh pembangunan rumah sakit diatas. Waktu yang diharapkan pada contoh ini merupakan waktu normal yang dibutuhkan untuk mengerjakan proyek rumah sakit tersebut diatas. Kontraktor membuat perkiraan waktu dan hasilnya sebagai berikut:
36
Kegiatan Waktu optimis (a) Waktu pesimis (b) Waktu realistis (m) Jalur kritis A 1 3 2 Ya B 4 - C D 6 E 7 F 9 G 11 H
37
Untuk mencari waktu yang diharapkan perusahaan dan variansnya, maka dilakukan perhitungan sebagai berikut Kegiatan (a) (b) (m) Jalur kritis Waktu yang diharapkan t = (a + 4m + b )/6 Varians [(b-a)/6]2 A 1 3 2 Ya 0.11 B 4 - C D 6 0.44 E 7 1.00 F 9 1.78 G 11 5 H
38
Varians proyek = (varians kegiatan pada jalur kritis) = varians A + varians C + varians E + varians G + varians H = 0,11 + 0,11 + 1,00 + 1,78 + 0,11 = 3,11
39
Standard deviasi proyek (s) = varians proyek 3.11 =1.76 minggu
40
Kemudian perusahaan menetapkan batas waktu penyelesaian proyek yakni selama 16 minggu, maka:
Nilai deviasi normal (Z) = [batas waktu (n) – waktu penyelesaian yang diharapkan]/S = (16 minggu – 15 minggu)/1.76 = 1/1.76 = 0.57
41
Kemudian merujuk pada Tabel Normal, kita dapat mendapat peluang 0
Kemudian merujuk pada Tabel Normal, kita dapat mendapat peluang , artinya ada peluang sebesar 71.57% untuk perusahaan menyelesaikan proyek tersebut dalam kurun waktu 16 minggu atau kurang dari itu
42
Waktu 15 16 minggu 0.57 Standard deviations
Peluang (T≤16 minggu) adalah 71,57% Waktu minggu
43
TRADE-OFF BIAYA-WAKTU DAN PROJECT CRASHING
Crashing : Memperpendek waktu aktivitas di jaringan untuk mengurangi waktu di jalur kritis dengan biaya terendah sehingga waktu penyelesaian total berkurang. Crashing proyek melibatkan 4 langkah ; Langkah 1 : Hitung biaya crash per minggu (atau satuan waktu lain). Biaya crash per periode : Langkah 2 : Based on waktu aktivitas sekarang, temukan jalur kritis dan kenali aktivitas kritisnya. Langkah 3 : Jika hnya ada satu jalur kritis, pilih aktivitas yang : Masih dpt dipersingkat Mempunyai biaya crash terkecil per periode. Aktivitas crash ini satu periode
44
TRADE-OFF BIAYA-WAKTU DAN PROJECT CRASHING
Jika terdapat > satu jalur kritis, pilih satu aktivitas dari setiap jalur kritis hingga : Setiap aktivitas yg dipilih masih dpt dipersingkat Biaya crash total per periode dari semua aktivitas yg dipilih merupakan biaya terkecil. Crash setiap aktivitas sebanyak satu periode Langkah 4 : Perbarui semua waktu aktivitas jika batas waktu yg diinginkan telah tercapai berhenti. Jika tidak, kembali ke langkah 2. Contoh Crashing proyek di buku1 MO halaman 120 (Contoh 12)
45
Kelebihan CPM/PERT Sangat bermanfaat untuk menjadwalkan dan mengendalikan proyek besar. Konsep yang lugas (secara langsung) dan tidak memerlukan perhitungan matematis yang rumit. Network dapat untuk melihat hubungan antar kegiatan proyek secara cepat. Analisa jalur kritis dan slack membantu menunjukkan kegiatan yang perlu diperhatikan lebh dekat. Dokumentasi proyek dan gambar menunjukkan siapa yang bertanggung jawab untuk berbagai kegiatan. Dapat diterapkan untuk proyek yang bervariasi Berguna dalam pengawasan biaya dan jadwal.
46
Keterbatasan CPM/PERT
Kegiatan harus jelas dan hubungan harus bebas dan stabil. Hubungan pendahulu harus dijelaskan dan dijaringkan bersama-sama. Perkiraan waktu cenderung subyektif dan tergantung manajer. Ada bahaya terselubung dengan terlalu banyaknya penekanan pada jalur kritis, maka yang nyaris kritis perlu diawasi.
47
CPM (Critichal Path Method)
Langkah pertama: Membagi keseluruhan proyek menjadi aktivitas-aktivitas yang signifikan, dengan 2 pendekatan : AOA (Activity On Arrow) Panah menunjukkan aktivitas b. AON (Activity On Node) Titik menunjukkan aktivitas
48
Simbol yang digunakan dalam jaringan yang mengambarkan suatu proyek
Simbol,Mengambarkan kejadian (awal dan akhir suatu kegiatan) Anak panah, Mengambarkan kegiatan dengan beberapa atributnya, kadang-kadang bersifat ‘dummy’ (ditandai dengan panah putus-putus) Aktivitas dummy : diperlukan bila sebuah jaringan mempunyai 2 aktivitas dengan mulai dan akhir yg sama atau bila dua atau lebih mengikuti beberapa tapi tidak semua aktivitas pendahulu
49
AKTIVITAS Dimulai Setelah DURASI A - 3 G 4 B 2 H C D E F 1 I H, E, F
50
G H I A E START C F B D
51
G,4 H,3 I,2 A,3 E,4 START C, 2 F,1 B,2 D,3
52
Dari Aktivitas di atas, Buatlah Network diagram secara AOA dan AON
JARINGAN AOA & AON KETERANGAN PENDAHULU DURASI A. Menggambar Aliran Data Tidak Ada 9 B. Menggambar Pohon Keputusan A 12 C. Merevisi pohon keputusan B 3 D. Implementasi C , H 7 E. Menyusun kamus data 11 F. Membuat prototipe 8 G. Merevisi desain output F 14 H. Merancang basis data E , G 5 KETERANGAN PENDAHULU DURASI A. Menggambar Aliran Data Tidak Ada 9 B. Menggambar Pohon Keputusan A 12 C. Merevisi pohon keputusan B 3 D. Implementasi C , H 7 E. Menyusun kamus data 11 F. Membuat prototipe 8 G. Merevisi desain output F 14 H. Merancang basis data E , G 5 Dari Aktivitas di atas, Buatlah Network diagram secara AOA dan AON
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.