Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehFitri Anggraini Telah diubah "9 tahun yang lalu
1
PENGANTAR INTELEGENSI BUATAN
2
1. Lingusitik komputisional Merupakan suatu disiplin ilmu antara linguistik dan sains komputer yang mempelajari aspek komputasional dari ilmu tentang bahasa mesin manusia termasuk dalam sains kognitif dan tumpang tindih dengan bidang kecerdasan tiruan / buatan ( A1 ) atau cabang sains komputer yang bertujuan mendapatkan model komputasional dari kognitif manusia.
3
Dua komponen linguistik komputasional : 1.Aspek teori membahas teori forma taentang pengetahuan linguistik yang diperluas manuisia untuk membangun dan mengerti bahasa.
4
2.Aspek aplikasi berfokus pada hasil praktis dari pemodelan bahasa pemakai manusia Perangkat lunak yang ramah : Harus mandengar dan berbicara Membuat user mampu berkomunikasi dengan komputer dalam berbagai bahasa manusia.
5
Mesin Membantu Orang Untuk Berkomunikasi Masalah komunikasi orang - orang dengan bahasa ibunya jauh lebih mudah daripada masalah komunikasi orang dengan mesin Tujuan : aplikasi linguistik komputasional adalah merupakan mesin transaksi otomatis penuh antar bahasa
6
Bahasa adalah pabrik suatu WEB 1.pertumbuuhan cepat dari internet memicu perkembangan linguistik komputerasional 2. media baru mampu mengkombinasikan test,grafik,suara,gambar
7
Pengantar Intelegensi Buatan diperlukan tegnologi unutk browsing, filtering. VISI : merancang,mereliasisaikan dan memelihara sistem yang memfasilitasi pekerjaan sehari = - hari. contoh : - grammar checker - filter dan router - sistem unutk ekswasi situasi
8
LINGUISTIK Bahasa dipakai untuuk mengkomunikasikan infomasi, memperoleh informasi, negosiasi Bahasa sebagai negosiasi sosial: - Asal geografi - Atribut personal - Status personal
9
bahasa suatu kenversi sosial kata - kata diasosiasikan dengan arti -arti pemahaman bahasa oleh manusia dan mesin mengganjalkan konversi ini untuk melakukan pemrosesan komputerbrs. konversi - konversi ini.
10
Linguistik Komputasional Membangun model komputer dari bahasa Aplikasi - mitra untuk berbincang - penerjemah - agen komputer untuk broowsing, filtering
11
Arca dari linguistik komputasional - arah = ada pendengar & pembicara, contoh - > telepon. - media = contoh ===== obrolan, teks, transkrip,vidia, tulisan tangan - partisiupan = mionolog, dialog, multi partai → tatap muka
12
bahasa ; bahasa tunggal ; contoh = translasi mesin,sumari otomatis peran sistem : partisipan dan fasilitator contoh : pengambilan informasi bahasa lisan,oktraksi informasi
14
Contoh : ekstraksi informasi
15
Artifical intelegensia sebagai cabang science komputer yang mempelajari tentang otomatisasi tingkah laku intelegen, sehingga kecerdasan buatan didasarkan pada teorika dan prinsip - prinsip yang mencangkup struktur data atau algorithma yang biasa digunakan dalam representasi knowledge.
16
Algorithma yang diperlukan dalam penetapan suatu pengetahuan diantaranya adalah tehnik - tehnik bahasa yang biasa ditangani oleh artificial intelegensia, diantarnya adalah 1. Pemcahan PROBLEM secara umum 2. Pemahamn bahasa 3. Pemechahan PROBLEM EXPERT? SISTEM PAKAR 4. Pebuktian suatu TEOREMA _ TEOREMA
17
Langkah - langkah pengujian turing dalam AI → 1.Mencapai tingkah laku dari kecerdasan buatan yang telah dikenal terhadap sejumlah pertanyaan tertentu 2.Pepengujian ini menghapous setiap bias yang menemukan mmengumjungiiorganisme hidup dibandingkan dengan mesin cerdas.
18
Keterbatasan sistem pakar diantaranya adalah sistem pakar → 1.keterbatasan fleksibilitas 2.ketidakmampuan unutk melakukan / penyajikan penjelasan yang mendalam 3.ksulitan dalam pebuktian suatu persoalan 4.kesulitan dalam menangkap pengetahuan tentang persoalan – persoalan yang sedang dihadapi.
19
Perbedaan program komputer standar dengan intelegensia buatan Komputer standar => hanya dapat menyelesaikan persoalan – persoalan yang telah di program secara spesifik. Intelegensia buatan => dengan cara menyederhanakan program, kecerdasan buatan itu dapat menirukan proses elajar sehingga info yang dicari dapat diserap dan dipakai untuk masa yang akan datang. Manusia dapat menyerap info baro tanpa perlu mengubah informasi yang telah tersimpan
20
Sifat penting dari AI 1.Pemrosesan ( pefokusan ) diajukan / ditunjkkan pada persoalan yang tidak memberikan respon pada suatu permasalahan. 2.Usaha yang dilakukan lebih ditujukan untuk menangkap dan memanipulasi sifat – sifat kualitatif penting dari suatu situasi 3.Usaha yang dilakukan adalahuntuk menangani dan simantik dan bentuk sintaksis
21
4.Jawaban yangdiberikan tidak optimal namun lebih bersifat 5.Penggunaan sejumlah besarpengetahuan khusus dalammemecahkakn persoalan 6.Penggunaan pengeraitahuan tingkat meta untuk mempengaruhi pengendalian strategi suatu masalah
22
Pengantar Intellegensi Buatan Bahasa kecerdasan buatan meiliki ciri – cir sebagai berikut: 1.Fasilitas untuk menangani list 2.Mempunyai fasilitas jenis – jenis data 3.Kemampuan untuk penguraian( parsing ). 4.Kemampuan untuk mengendalikan struktur yang fleksibel 5.Interaktif 6.Efisien 7.Kemampuan untuk mencocokkan polayang terstruktur
23
8.Kemampuan untukmenyimpan sebuah basis data termasuk untuk insert 9.Kemampuan untuk membuat struktur pengetahuan yang rumit 10.Kemampuan untuk menggabungkan prosedur dan data 11.Mempunyai struktur pengendalian yang menyediakan fasilitas tingkah laku kearah tujuan 12.Mempunyai kemampuan modularitas program 13.Mampu memodifikasi kode - kode program
24
Aturan- aturan yang diperlukan bahasa pemrograman dalam AI 1.Pendekatan untuk memecahkan suatu permasalahan 2.Perograman berbasis pengetahuan merupakan sesuatu yang benar – benar secara alami 3.Metode HEURISTIK empiris Ex : sales buku kota / daerah ( yangpaling dekat dengan sales buku ) laku
25
Bahasa pemrograman dalam AI - Prolog - Lisp
26
Bahasa PROLOG Prolog menyebabkan seantic declaratif yang digunakan sebagai alas yang langsung menyatakan hubungan permasalahan dalam kecerdasan buatan
27
Example: -Likes ( dyna, andi ) Dyna menyukai andi - Needs ( dina, andi )needs ( dewi, tuti) - Likes ( dian, sari ), likes ( dian, nelly ) Dian menyukai sari dian menyukai nelly - not likes (vdian,sari ) dian tidak suka dengan santi
28
LISP Lisp merupakan bahasa perograman secara prosedural menggambarkan bagaimana membuat suatu algorithma sehingga berlawanan dengan sikap dari pemrograman prolog Lisp juga meruapakan BAHASA PEMROGRAMAN prosedural dan fungsional, berarti sintax dan semantic diturunkan dari teori matematika diantaranya fungsi rekursif Kemampuan pemrograman fungsional yang digabungkan dengan pembuatan struktur data symbolik sehingga bahasa perograman LISP dipakai dalam AI
29
Simbol – simbol dalam LISP - - (min ) *( kali ) ( ) ( kurung buka, ) kurung tutup + - / % $ & - huruf - bilangan - karakter - alpha, numerik
30
contoh LISP ( Nia Ana Rita Dewi ) ( 3 5 7 8 9 10 12 ) ( ) > ( * 9 3 )27 > ( + ( - 7 5 ) 2 )2 ( + ( 2 ) 2 )4 ( + 2 2 )4
31
REPRESENTASI PENGETAHUAN DALAM AI maksudnya : seorang manager berarti harus memilih objek – objek yang berhubungan, yang signifikan dan map – ping ( pemetaan ) ke dalam bahasa formal apabila menginginkan membuat suatu basis pengetahuan sehingga pengetahuan yang dimiliki meneger tersebut harus efisien dalam memecahkan sutau permasalahan sehingga program yang dihasilkannyapun dapat memecahkan permasalahan dalam AI. Contoh : bahasa pemrograman adalah medianya
32
Representasi Pengetahuan (Rp) dapat dibedakan menjadi : - Reprt. Terstruktur bahasa representasi terstruktur meperkuat jaringan dengan cara membuat setiap simpulnya menjadi sebuah struktur data yangkompleks yang berisi data yang berisi niali – nilai tertentu. - Reprt. Logika Maksudnya ekspresi dalam logika formal untuk mempresentasikan basis pengetahuan.
33
- Reprt. Prosedural Menggambarkan pengetahuan sebagai sekumpulan instruksi untuk memecahkan masalah - Reprt. Jaringan Menangkap pengetahuan sebagai graph dimana simpul- simpulnya menggambarkan objek atau konsep dalam permasalahan yang dihadapi.
34
FRAME Frame dapat dipandang sebagai struktur data yang statik yang dapat mempresenatsikan suatu keadaan yang telah dipahami. SCRIPT Merupakan represenatasi terstruktur yang menggabarkan urutan dari kejadian dalam sebuah konteks / hubungan.
35
Contoh : script restoran 1.kondisi entry > restoran buka pelanggan makan hasil / fakta pelanggan kenyang pemilik restoran dapat imbalan pelanggan membayar 2.kondisi entry toko baju buka Pelanggan membeli baju Hasil / fakta Pelanggan membeli
36
JARINGAN SARAF TIRUAN INTELEGENSIA BUATAN Permasalahan buat algoritma yang dapat dimengerti oleh komputer jaringan saraf tiruan terbagi atas dua bidang, yaitu :
37
1. AI tradisional 2. pengenalan pola tradisional a. Kecerdasan buatan tradisional - berdasarkan hipotesa atau ide gagasan tentangssegala sesuatu yang dapat dinyatakan dengan simbol. - Proses cognitif dan persepsi terdiri dari manipulasi modifikasi representasi simbolikdan hubungan.
38
b. pengenalan pola secara tradisional terkonsentrasikan pada aspek matematisdan teknologi komputer pemrosesan informasi dengan pola terformat. Contoh : 1. pengenalan pola pada statistik 2. pengenalan pola pada bidang research
39
jaringan saraf tiruan mempunyai kemampuan untuk mengabstraksikan suatu input atau masukan. Ex : sebuah jaringan dilatih untuk mengenali beberapa simbol misalnya simbol alphabet,nuerik yang akhirnya suatu jaringan dapat membuat suatu simbol itu dan sempurna dari input yang sudah terdistorsi.
40
JARINGAN SARAF BUATAN dalam expert system Jaringan syaraf tiruan dengan lapisan tunggal
41
Jaringan saraf tiruan Dilatih untuk dapat membangkitkan jaringan input agar dapat mendapatkan suatu jaringan output sepertiyang diinginkan oleh manusia. Ex:- ramalan cuaca - sistem informasi
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.