Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kelas XII / 1. Kelas XII / 1 STANDAR KOMPETENSI Menggunakan perangkat lunak pembuat grafik KOMPETENSI STANDAR Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kelas XII / 1. Kelas XII / 1 STANDAR KOMPETENSI Menggunakan perangkat lunak pembuat grafik KOMPETENSI STANDAR Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam."— Transcript presentasi:

1

2 Kelas XII / 1

3 STANDAR KOMPETENSI Menggunakan perangkat lunak pembuat grafik KOMPETENSI STANDAR Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis

4 INDIKATOR Menjelaskan pengertian grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap Memahami aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap Menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis Menerangkan fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis Mengidentikasi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan

5 MATERI PENGERTIAN DESAIN GRAFIS salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan ( 2 CARA REPRESENTASI DESAIN GRAFIS Bitmap Vektor

6 Grafis Vektor Grafis vektor adalah objek gambar yang dibentuk melalui kombinasi titik-titik dan garis dengan menggunakan rumusan matematika tertentu Grafis Bitmap Grafis Bitmap adalah objek gambar yang dibentuk berdasarkan titik-titik dan kombinasi warna

7 PERBANDINGAN VEKTOR VS BITMAP
Gambar tetap jelas ketika di perbesar Gambar kurang jelas ketika di perbesar Tersusun oleh garis dan kurva Tersusun atas titik-titik/ dot Ukuran File yang dihasilkan kecil Ukuran File yang dihasilkan besar Kualitas grafis tidak bergantung dari banyaknya pixel Kualitas grafis bergantung dari banyaknya pixel

8 PERANGKAT LUNAK BERBASIS VEKTOR
IMAGE CREATOR-PRINT ADOBE ILLUSTRATOR MACROMEDIA FREEHAND IMAGE CREATOR-WEB MACROMEDIA FIREWORKS MACROMEDIA FLASH CAD AUTOCAD MICRO STATION MODELLING 3D MAX MAYA FORMZ

9 MICROSOFT PHOTO EDITOR MACROMEDIA XRES
PERANGKAT LUNAK BERBASIS BITMAP ADOBE PHOTOSHOP COREL PHOTOPAINT MICROSOFT PHOTO EDITOR MACROMEDIA XRES

10 KONFIGURASI MINIMUM PENGGUNAAN PERANGKAT LUNAK PEMBUAT GRAFIS
SISTEM OPERASI WINDOWS PROCESSOR INTEL PENTIUM IV MEMORI 512 Mb HARDISK 1 Gb VGA CARD 256 Mb MONITOR PIXEL 1024 x 768 Konfigurasi diatas merupakan standar minimum dimana CorelDraw dapat dijalankan. Untuk menambah Performa kerja, sebaiknya konfigurasi tersebut ditingkatkan

11 Jendela Kerja Corel Draw
2 1 3 4 5 6 7 9 10 8 11 1. Title bar 5. Toolbox 9. Vertical scroll bar 2. Menu bar 6. Work area 10. Color pallete 3. Standard bar 7. Ruler 11. Control window 4. Property bar 8. Horizontal scrollbar

12 Title bar Berisi nama program sedang kita pakai dan nama file yang sedang dikerjakan Menu bar Berisi nama-nama perintah untuk berbagai macam pekerjaan Standard bar Berisi ikon untuk memproses gambar Property bar Mengatur properti dari work area Control window Kumpulan alat untuk menggambar dan memodifikasi gambar

13 Area kerja corel draw Work area Ruler
Alat bantu untuk membuat objek gambar yang memerlukan ketepatan ukuran V-H scrollbar Menggulung layar kearah vertikal maupun horizontal Color pallete Mengatur properti dari work area Control window Untuk memperkecil, memperbesar, mengembalikan window ke ukuran semula dan menutup window

14 Toolbox pada Corel Draw
Pick Tool Shape Tool (F10) Crop Tool Zoom Tool (Z) Freehand Tool Smart fill Tool Rectangle Tool Elipse Shape Polygon Tool Basic Shapes Text Tool (F8) Interactive Blend Tool Eyedropper Tool Outline Tool Fill Tool Interactive Fill Tool

15 Pick Tool, Shape Tool, Croop Tool, Zoom Tool, Freehand Tool,
untuk memilih, mengubah ukuran, menggeser objek Shape Tool, untuk memodifikasi dan editing objek Croop Tool, untuk memotong/ mengubah ukuran objek Zoom Tool, untuk memperbesar/ memperkecil tampilan objek Freehand Tool, untuk pembuatan objek berbentuk garis Rectangle Tool, untuk pembuatan objek segi empat Ellipse Tool, untuk pembuatan objek ellips dan lingkaran Elipse shape,

16 Interactive blend Tool, Eyedropper Tool, Outline Tool, Fill Tool,
Polygon Tool, untuk pembuatan objek poligon Basic shape, untuk pembuatan objek khusus Text Tool, untuk pembuatan teks Interactive blend Tool, untuk pengaturan efek khusus Eyedropper Tool, untuk pemberian efek suatu warna Outline Tool, untuk pengaturan garis Fill Tool, untuk pengaturan warna isian suatu objek Interactive Fill Tool, untuk pengaturan warna secara interaktif

17 Menampilkan Toolbox yang tersembunyi
Pada ToolBox ada beberapa tools pada sisi sudut kanan bawah terdapat tanda segi tiga kecil warna hitam. Hal ini menandakan bahwa pada tool tersebut masih tersimpan beberapa tools yang tersembunyi. Untuk menampilkannya, ikuti langkah berikut:

18 Klik pada tools yang mempunyai tanda segitiga hitam tersebut, sehingga tampak tools yang lain
Pilih tools yang anda perlukan, dengan menggeser mouse ke tools yang anda maksud, kemudian klik mouse Mengedit bentuk objek Mengubah bentuk objek vektor dengan drag Mengubah outline objek vektor dengan drag Mengubah posisi objek perputaran bebas

19 Dengan cara yang sama, dapat dicoba untuk tool tersembunyi yang lain
Memotong dan mengubah ukuran objek Memotong dan memisahkan objek Membuang bagian dari objek Menghapus bagian objek yang saling beririsan Dengan cara yang sama, dapat dicoba untuk tool tersembunyi yang lain

20 Dengan cara yang sama, dapat dicoba untuk tool tersembunyi yang lain
Memperbesar/ memperkecil tampilan objek Menggeser/ memindahkan lembar kerja Dengan cara yang sama, dapat dicoba untuk tool tersembunyi yang lain

21 Dengan cara yang sama, dapat dicoba untuk tool tersembunyi yang lain
Membuat garis lurus atau garis kurva Membuat satu segmen kurva dalam sekali waktu Membuat media artistik Membuat satu segmen kurva dalam sekali waktu Membuat dan menggambar garis dan kurvaA Menggambar kurva dengan 3 titik Menggabungkan 2 objek dengan garis Menggambar garis vertikal, horizontal, diagonal dan bersudut Dengan cara yang sama, dapat dicoba untuk tool tersembunyi yang lain

22 Dengan cara yang sama, dapat dicoba untuk tool tersembunyi yang lain
Menggambar objek kotak dan persegi Menggambar objek kotak dan persegi dengan cara mendrag untuk membuat garis dasarnya terlebih dahulu lalu klik untuk menentukan tingginya Dengan cara yang sama, dapat dicoba untuk tool tersembunyi yang lain

23 Dengan cara yang sama, dapat dicoba untuk tool tersembunyi yang lain
Menggambar objek elips dan lingkaran Menggambar objek elips dengan cara mendrag untuk membuat garis dasarnya terlebih dahulu lalu klik untuk menentukan tingginya Dengan cara yang sama, dapat dicoba untuk tool tersembunyi yang lain

24 Dengan cara yang sama, dapat dicoba untuk tool tersembunyi yang lain
Menggambar objek poligon Menggambar objek bintang dengan bentuk simetris Menggambar objek bintang dengan bentuk yang kompleks (variasi) Menggambar garis grid dengan jarak sama (seperti gambar tabel) Menggambar objek spiral dengan bentuk simetris atau logaritma Dengan cara yang sama, dapat dicoba untuk tool tersembunyi yang lain

25 Soal Latihan Jelaskan pengertian grafis vektor dan grafis bitmap!
Sebutkan kelebihan grafis vektor! Sebutkan 4 macam program yang dapat digunakan untuk membuat grafis vektor! Apakah nama komponen layar utama program Corel Draw yang digunakan untuk menentukan ukuran windows (jendela Corel Draw)? Tuliskan urutan langkah untuk menampilkan Properties Toolbar! Sebutkan 5 piranti toolbox yang fungsinya untuk menggambar garis! Apakah fungsi dari interactive fill tool? Apakah nama piranti/toolbox yang digunakan untuk menggambar bujursangkar secara diagonal?

26 Referensi Hendi Hendratman (2008), Tips n Trix Computer Graphisc Design, Bandung: Informatika

27 Materi ini disusun SMAN 2 Wonosari


Download ppt "Kelas XII / 1. Kelas XII / 1 STANDAR KOMPETENSI Menggunakan perangkat lunak pembuat grafik KOMPETENSI STANDAR Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google