Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Pembelajaran Berbasis Multimedia
4
Faktor Penyebab Guru Siswa Sarana dan Prasarana Kurikulum
Komitmen Bersama
5
Salah satu faktor penyebab mutu pendidikan di Indonesia rendah adalah motivasi belajar siswa rendah karena pada saat proses pembelajaran guru kurang menerapkan pembelajaran yang interaktif Pembelajaran yang interaktif bisa diterapkan oleh guru dengan bantuan media pembelajaran
6
Media Pembelajaran Media : Medium = Perantara
Media komunikasi : perantara penyampai pesan/informasi Media pembelajaran : sarana komunikasi untuk menyampai-kan materi pembelajaran
7
Kontribusi media dalam proses pembelajaran
Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar Pembelajaran dapat lebih menarik Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
8
Kontribusi media dalam proses pembelajaran
Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan Peran guru berubah kearah yang posistif
9
Peran media dalam pembelajaran
Membuat kongkrit konsep yang abstrak Mengetengahkan bagian tertentu yang dianggap penting Memberikan pengganti pengalaman langsung Mendekatkan obyek yang sukar atau berbahaya untuk didekati Memberikan pengalaman segi pengamatan Menyajikan perbedaan warna secara visual Menyajikan informasi yang memerlukan gerak
10
Perkembangan DAN Jenis Media
Cetak Generasi Pertama Radio/audio Generasi Kedua Televisi/Video Generasi Ketiga KOMPUTER Generasi Keempat
11
Trend Pemanfaatan media
Integrasi Dua atau lebih media dimanfaatkan secara terpadu untuk saling mengisi dan saling melengkapi
12
Trend Pemanfaatan media
Konfergensi Penggabungan berbagai tipe media – teks, foto, grafik, suara, video, dan animasi – kedalam satu buah media tertentu.
13
Trend Pemanfaatan media
Interaktif Adanya komunikasi dua arah antara media dengan pengguna dalam bentuk stimulus dan response Multimedia Interaktif menjawab tantangan pemanfaatan media yang terintegerasi, konfergensi dan interaktif
14
MULTIMEDIA INTERAKTIF
Model pembelajaran multimedia interaktif (MMI) diartikan sebagai suatu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (message), merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar.
15
Multimedia ? Teks “Perpaduan harmonis antara berbagai media (teks, gambar, grafik/diagram, audio, video, animasi) secara sinergis untuk mencapai tujuan (pembelajaran)” Media
16
MULTIMEDIA INTERAKTIF
Teks Gambar Grafik Animasi Audio Video (audio visual)
17
Tingkat kemampuan daya ingat
Media % Audio 10 Verbal (teks, visual) 20 Audio-Visual 50
18
Tingkat kemampuan menyimpan pesan berdasarkan media
<3 hari >3 hari Audio 70% 10% Verbal (teks, visual) 72% 20% Audio-Visual 85% 65%
19
Manusia belajar dari : 80 % Berbicara 80 % Berbicara dan
10 % Membaca Teks 20 % Mendengar Audio 30 % Melihat Grafis/foto 50 % Melihat & Video/Animasi mendengar MM MM Interaktif 80 % Berbicara 80 % Berbicara dan melakukan Simulasi
20
Manfaat Multimedia Interaktif
Meningkatkan motivasi belajar siswa Meningkatkan hasil belajar siswa Mereduksi miskonsepsi siswa Mengembangkan kompetensi guru
21
MULTIMEDIA INTERAKTIF
Lee, Nicoll, dan Brooks (2005) dalam penelitiannya tentang ”Perbandingan Pembelajaran Berbasis Web secara Inkuiri dan Contoh Kerja dengan Menggunakan Physlets”, menemukan bahwa siswa merasa tertolong dengan penggunaan model pembelajaran (multimedia interaktif) MMI jenis Physlets, dalam hal memvisualisasikan konsep-konsep yang bersifat abstrak menjadi lebih konkret
22
Hendrawan dan Yudhoatmojo (2001) dalam penelitiannya tentang ”Efektivitas dari Lingkungan Pembelajaran Maya Berbasis Web (Jaringan)”, juga mengatakan bahwa lingkungan pembelajaran yang bermedia teknologi (model pembelajaran MMI) dapat meningkatkan nilai para siswa (konsep), sikap mereka terhadap belajar, dan evaluasi dari pengalaman belajar mereka
23
Eni Nuraeni (2006) dari penelitian yang dilakukannya menyimpulkan multimedia yang digunakan untuk media pembelajaran dapat meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa dengan taraf kepercayaan 95%.
24
Kartini (2006) bahwa model pembelajaran interaktif berbasis komputer dapat meningkatkan penguasaan konsep, keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan proses sains siswa SMP.
25
Multimedia Presentasi Komputer untuk Pembelajaran CD Multimedia Interaktif Video Pembelajaran
26
MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN
Guru bisa mengadopsi Guru bisa mengembangkan Guru bisa membuat sendiri Guru bisa menerapkan di kelas
27
Contoh Mengadopsi dan mengembangkan
Menggunakan internet Menggunakan cd pembelajaran
28
Cara Pemanfaatan Internet untuk Media Pembelajaran
Menjadikan internet sebagai sumber referensi materi pelajaran Memanfaatkan blog yang dikelola guru (pengajar) Tiap peserta didik dan guru mengelola blog masing-masing Menggunakan sarana jejaring sosial (facebook) Menggunakan Learning Management System (LMS)
29
Tantangan Multimedia Interaktif
Butuh peralatan (komputer, LCD) Butuh keahlian khusus (produksi dan operasi) Sumber listrik harus tersedia
30
Udara akan mengalir dari daerah panas kedaerah dingin
Aliran udara Ruangan Normal Ruangan panas Udara akan mengalir dari daerah panas kedaerah dingin Udara akan mengalir dari daerah bertekanan tinggi (panas) ke daerah bertekanan Rendah (dingin)
31
Siklus Hidrologi air permukaan aliran air tanah lapisan kedap air
recharge air permukaan aliran air tanah lapisan kedap air 31
32
Tsunami
33
Proses Fotosintesis Oleh Agus Maramba Meha (942011070)
35
Air inlet system with turbo charger
Sartono Nim :
36
Tsunami
37
Skenario Membuat Tsunami
Copy gambar tsunami (jpeg), insert dalam halaman ppt. Membuat layer (lapisan) tanah yang bergerak dari kiri ke kanan atau sebaliknya kanan ke kiri. Pilih insert , shapes, freeform. Untuk membuat warna pilih Drawing tools, Shapes Files dan pilih warnanya. Membuat gerakan tanah, pilih animations, add animation, exit, wipe. Pilih animation pane, effect option dan left atau sebaliknya right. Membuat gerakan panah, pilih panah, posisikan pada tanah (lihat gambar). Pilih add animations, motion path, custom path, tarik arah gerakan dan tekan enter. Masuk animation pane, pilih effect, with previous, until end of slide
38
Tugas Membuat Siklus Hidrologi
recharge air permukaan aliran air tanah lapisan kedap air 38
39
Air Permukaan Lapisan kedap air Aliran air tanah
40
Tugas Mingguan Buatlah animasi menggunakan powerpoint dengan topik/pokok bahasan dari pelajaran yang diajarkan di sekolah masing – masing. Tugas di kan dalam bentuk file ppt dan di upload dalam web yang telah dibuat pada tugas pertama
41
Kualitas Pendidikan Terbaik dunia Versi OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development )
42
Kualitas Pendidikan Terbaik dunia Versi OECD 2009 (Organisation for Economic Co-operation and Development )
43
Kualitas Pendidikan Terbaik dunia Versi OECD 2009 (Organisation for Economic Co-operation and Development )
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.