Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Diagram Interaksi - Sequen Diagram
2
Diagram Interaksi (1) Diagram use-case digunakan untuk memvisuali sasikan dan mendeskripsi kan eksternal view sistem & eksternal urutan aksi-reaksi antara sistem/use-case dengan aktor (skenario). Diagram Interaksi untuk mengetahui deskripsi internal sistem perangkat lunak dari suatu skenario, Deskripsi internal ini digambarkan dalam bentuk kumpulan objek.
3
Diagram Interaksi (2) Menggambarkan interaksi antar objek yang terdapat dalam sebuah realisasi use-case. Berupa step-by-step aliran (flow) yang terdapat dalam realisasi use-case; terdiri dari: Objek apa saja yang dibutuhkan dalam aliran? Message apa saja yang dikirim dari objek ke objek lain? Aktor apa yang menginisiasi aliran? Tujuan diagram interaksi adalah untuk men dapatkan aliran (flow) interaksi antar objek yang mendeskripsikan sebuah skenario.
4
Diagram Interaksi (3) Dalam sebuah realisasi use-case, dpt terdiri dr beberapa alternatif aliran (dengan tujuan yg sama). Dgn demikian kita membutuhkan bebe rapa diagram interaksi utk menggambarkannya Minimal kita mempunyai satu diagram interaksi utk satu alternatif yg sukses (happy case); & be berapa interaksi utk alternatif kasus yg tdk sukses. Contoh: pada CatatPembelian, happy case terjadi pada saat pencatatan berhasil, sedangkan alternatif lain jika terjadi pencatatan gagal karena kesalahan memasukkan kode.
5
Diagram Interaksi Interaction diagram membuat model perilaku (behavior) use case diagram dengan menggambarkan cara interaksi dari group-group objek dalam menyelesaikan tugasnya Interaction diagram dibagi menjadi dua: Sequence diagram Collaboration diagram
7
Diagram sekuen (1) Sequence diagram menggambarkan interaksi antar objek di dalam dan di sekitar sistem (termasuk pengguna, display, dsb.) berupa message yang digambarkan terhadap waktu. Sequence diagram terdiri atas: 1.Dimensi vertikal (waktu) 2. Dimensi horizontal (objek2 yang terkait).
8
Diagram sekuen (2) Merupakan suatu diagram interaksi yang memodel kan suatu skenario tunggal yang dijalankan pada sistem Digunakan untuk memperlihatkan interaksi antar obyek dalam perintah yang berurut. Tujuan utama adalah mendefinisikan urutan kejadian yg dpt menghasilkan output yg diinginkan
9
Diagram Sekuen (3) Temukan objek:
Identifikasi benda/noun yang terdapat dalam aliran kejadian/skenario Benda tersebut dapat saja berupa aktor, objek atau atribut dari objek. Identifikasikan objek saja, kategorikan objek tersebut menjadi objek entity, boundary dan control. Temukan aktor: yaitu pihak yang menginisiasi aliran/skenario. -ap-
10
Diagram Sekuen (4) Tambahkan message ke dalam diagram,
Message adalah komunikasi antar objek yang menggam barkan aksi yang akan dilakukan. Message terjadi antar dua buah objek dimana satu objek (disebut client) meminta objek lain (disebut supplier) untuk melakukan sesuatu. Message berbeda dengan Method, dimana method adalah fungsi dari kelas yang berisi statement untuk meng gambarkan apa yang terjadi ketika suatu message diteri ma (misalnya perubahan state, ekstrak informasi) -ap-
11
Diagram Sekuen (5) Partisipan : obyek atau entitas yang bertindak dalam sequence diagram Message : komunikasi antar obyek partisipan Terdapat 2 tipe garis yaitu vertikal dan horisontal Vertikal : waktu maju berdasarkan waktu Horisontal : obyek mana yang beraksi
12
Nama class/actor name bersifat optional Berupa object diberikan tanda
garisbawah object yang tidak bernama disebut anonymous objects Berupa actor dapat juga digambar dengan stick figure
14
Kelas Analisis Merupakan elemen/benda yang terdapat pada model analisis. Menggambarkan konsep awal mengenai benda yang terdapat dalam sistem (yang akhirnya memiliki tanggung jawab dan perilaku). Kelas analisis digunakan sebagai dasar kelas pada model desain. Terdiri dari 3 elemen, yaitu: Boundary Control Entity -ap-
15
Boundary Boundary, memodelkan interaksi antara satu atau lebih actor dengan sistem/perangkat lunak. Memodelkan bagian dari sistem yang bergantung pada pihak lain dan merupakan pembatas sistem dengan dunia luar. Terdiri dari user interface, system interface dan device interface. -ap-
16
Boundary -ap-
17
ControlClass Control Control, memodelkan perilaku mengatur satu atau beberapa use-case. Bersifat optional, umumnya terdapat satu control pada satu use-case yang mengontrol urutan events dalam use-case tersebut. Menghubungkan kelas boundary dengan kelas entity -ap-
18
Entity Entity, memodelkan informasi yang harus disimpan oleh sistem.
Memperlihatkan struktur data sebuah sistem. Tanggung jawab utamanya adalah menyimpan dan mengatur informasi dalam sistem. -ap-
19
Case Study: CatatPembelian
Identifikasi Nomor UC-01 Nama CatatPembelian Tujuan Mencatat pembelian makanan yang ada Deskripsi Pembeli melakukan pemesanan makanan, kasir mencatat pemesanan makanan Tipe High level Aktor Petugas Kasir Skenario Utama Kondisi awal: Aplikasi Penjualan sudah dibuka Aksi Aktor Reaksi Sistem Membuka formulir pembelian Menampilkan formulir yang siap diisi Mengisi data kode makanan dan jumlah Menampilkan jenis makanan dan harga per item berdasarkan kode Menekan tanda selesai jika pembelian makanan sudah selesai Menyimpan seluruh item pembelian makanan Kondisi akhir: Seluruh item pembelian sudah tersimpan -ap-
20
Case Study: CatatPembelian
-ap-
21
Diagram Sekuen (6) Diagram Sekuen tidak dipergunakan untuk:
Kolaborasi objek yang banyak Logika yang kompleks Menunjukkan kelakuan sebuah objek tunggal Gunakan statechart diagram -ap-
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.