Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Oracle : Form/Report Developer
Pertemuan 1 Dibuat oleh : Lis Suryadi, M.Kom
2
Materi: Mengenal Oracle Developer
3
Sasaran Belajar Agar mahasiswa :
Dapat mengerti dan memahami fitur-fitur yang ada pada form developer suite 10g. Dapat menggunakan fitur-fitur tersebut untuk membuat sebuah aplikasi.
4
Oracle Developer Oracle merupakan suatu produk yang mendukung desain, kreasi dan menjalankan aplikasi melalui platform yang berbeda. Tools yang digunakan untuk mendisain, men- development dan mengakses data dari oracle adalah: Oracle Designer Oracle Developer
5
Oracle Developer Oracle Developer memungkinkan untuk membangun sistem dengan performance yang tinggi, menguntungkan bagi GUI(Graphical User Interface), database client-server dan teknologi web. Tools dari Oracle Developer mempunyai interface dan karakteristik umum yang memudahkan dalam penggunaan serta mendisain elemen modular (berbentuk modul-modul), dan kemudian dapat digunakan kembali (reusable).
6
Karakteristik Utama Oracle Developer
Mendukung GUI yang komprehensif Aplikasi yang dapat didistribusi Tools yang komprehensif Mendukung berbagai macam aplikasi Source kontrol yang fleksibel Scalability (Kemampuan untuk terus berfungsi dengan baik meskipun diubah ukuran atau volumenya) Berorientasi object
7
Kelebihan Oracle Developer
Wizard untuk memudahkan tugas yang dikerjakan berulang-ulang Visual query builder sebagai eksekusi Statemen SQL yang berdiri sendiri dan sebagai utilitas yang tersimpan di dalam reports. Mendukung client yang berjalan pada Microsoft Messaging Application Program Interface(MAPI) untuk memudahkan distribusi report. Open Application Programming Interface(APIs), memungkinkan developers untuk memanipulasi sebuah file, penyediaan program interface yang sangat cepat.
8
Komponen-komponen Oracle Developer
Oracle Designer Designer Documentation Oracle JDeveloper Oracle Forms Developer Oracle Reports Developer
9
Oracle Designer Merupakan tools Oracle untuk mendisain sistem informasi dan men-generate-nya. Setelah men-generate sistem informasi, seseorang dapat mengedit koding yang dihasilkan dengan menggunakan Oracle Developer Suite.
10
Oracle Designer Documentations
Berisi dokumentasi cara mendisain sistem dengan menggunakan Oracle Designer.
11
Oracle JDeveloper JDeveloper merupakan sebuah IDE(integrated Development Environment) gratisan dari Oracle, aplikasi ini menawarkan berbagai fitur untuk membangun aplikasi dengan Java, XML, SQL dan PL/SQL, HTML, JavaScript, BPEL(Business Process Execution Language) dan PHP. JDeveloper melingkupi seluruh siklus pengembangan dari desain hingga coding, debugging, optimasi dan profiling untuk melakukan deploying. Dengan JDeveloper, Oracle mempunyai tujuan untuk melakukan penyederhanaan pengembangan aplikasi dengan berfokus pada pendekatan visual dan deklaratif.
12
Oracle Form Developer Merupakan sebuah tool untuk membuat disain visual yang dirancang khusus berpasangan dengan database Oracle.
13
Mengenal Objek Navigator
Objek Navigator menyediakan sebuah struktur objek pada sebuah modul yang sedang terbuka. Objek dikelompolkan berdasarkan simpul- simpul tertentu. Object Navigator
14
Mengenal Objek Trigger
Trigger Adalah sebuah blok dari kode PL/SQL yang ditulis untuk sebuah fungsi tertentu, yang berhubungan dengan sebuah event di dalam aplikasi. Setiap trigger mempunyai sebuah nama, dan berisi satu/lebih perintah PL/SQL. Trigger di dalam form Oracle memiliki tiga(3) bentuk, yaitu: PRE : Trigger akan diaktifkan sebelum suatu event dijalankan POST : Trigger akan diaktifkan setelah suatu event dijalankan WHEN : Trigger akan diaktifkan pada saat suatu event dijalankan KEY : Trigger akan diaktifkan pada saat ditekan suatu tombol tertentu.
15
Objek Trigger Object Trigger
16
Mengenal Objek Alerts Alerts adalah sebuah window yang menampilkan pesan kepada user pada beberapa kondisi aplikasi. Gunakan Alerts untuk memberikan peringatan kepada user dari situasi yang tidak umum atau memberikan peringatan atas aksi yang dilakukan user. Ada tiga(3) tipe Alerts yang dapat digunakan, yaitu: Stop, Caution dan Note. Setiap tipe Alert adalah sebuah tingkat pesan yang berbeda.
17
Objek Alerts 2 3 1
18
Mengenal Objek Attached Libraries
Attached Libraries menampilkan kumpulan dari subprograms, termasuk procedures, functions dan packages yang dapat dipanggil dari modul lain di dalam aplikasi.
19
Mengenal Objek Data Blocks
Data Blocks adalah sebuah kontainer(wadah) yang berisi sekelompok objek, misalnya: text items, list dan buttons. Sebuah Data Blocks mempunyai properti yang dapat dimodifikasi. Data Blocks memberikan sebuah mekanisme pengelompokkan objek-objek ke dalam fungsi tertentu untuk menyimpan, menampilkan dan memanipulasi sebuah record dalam database.
20
Mengenal Objek Data Blocks
2 1
21
Mengenal Objek Canvas Canvas adalah sebuah permukaan dari sebuah window, tempat dimana diletakkan semua objek yang akan ditampilkan pada sebuah aplikasi.
22
Mengenal Objek Canvas 2 1
23
Mengenal Objek Editor Editor merupakan sebuah objek yang dipergunakan untuk melakukan editing text. Objek ini sudah mempunyai fungsi-fungsi standar editing, termasuk fungsi untuk melakukan pencarian teks.
24
Mengenal Objek Editor 2 1
25
Mengenal Objek LOVs dan Record Groups
LOV merupakan sebuah kumpulan field di dalam sebuah tabel atau beberapa tabel yang dikelompokkan menjadi sebuah kesatuan. LOV dan Record Group merupakan satu kesatuan yang sulit dipisahkan. Jika kita membuat sebuah LOV, maka sebuah Record Group yang berhubungan dengan LOV tersebut akan terbentuk.
26
Mengenal Objek LOVs dan Record Groups
2 1
27
Mengenal Objek Object Groups
Object Group merupakan sebuah kontainer(wadah) yang menampung sebuah group objek. Object Group memberikan sebuah jalan untuk menyatukan objek-objek sehingga menjadi satu kesatuan blok besar yang dapat digunakan oleh bagian lain aplikasi.
28
Mengenal Objek Object Groups
2 1
29
Mengenal Objek Parameters
Parameter biasanya digunakan untuk melewatkan sebuah nilai ke form lain pada saat form tersebut digunakan.
30
Mengenal Objek Parameters
2 1
31
Mengenal Objek Popup Menus
Popup menu merupakan sebuah menu yang dapat dihubungkan dengan sebuah item atau canvas, yang memungkin user untuk mendapatkan akses langsung pada sebuah fungsi tertentu.
32
Mengenal Objek Popup Menus
2 1
33
Mengenal Objek Program Unit
Program Unit merupakan sebuah objek yang mewakili sebuah nama unit dari sekumpulan perintah PL/SQL yang membentuk fungsi tertentu.
34
Mengenal Objek Program Unit
2 1
35
Mengenal Objek Property Classes
Property Class merupakan sebuah nama objek yang berisi daftar dari property beserta settingnya. Property Class merupakan objek yang dapat dipindahkan diantara objek yang satu dengan yang lain. Juga dapat di-copy pada modul-modul yang berbeda.
36
Mengenal Objek Property Classes
2 1
37
Mengenal Objek Reports
Obyek ini mewakili sebuah modul report yang dibuat menggunakan Oracle Report Builder.
38
Mengenal Objek Reports
39
Mengenal Objek Visual Attributs
Visual Attributs terdiri dari font, color dan pattern property yang dapat diaplikasikan pada form dan menu yang berhubungan dengan disain interface aplikasi.
40
Mengenal Objek Visual Attributs
2 3 1
41
Mengenal Objek Windows
Window merupakan kontainer(wadah) dari semua objek visual untuk membuat sebuah aplikasi Form Builder, termasuk canvas. Sebuah form dapat mempunyai banyak window. Window biasanya berisi sebuah canvas dengan beberapa item yang berhubungan dengan response user pada saat aplikasi dijalankan.
42
Mengenal Objek Windows
2 3 1
43
Mengenal Property Palette
Property Palette adalah tempat dimana kita dapat melakukan perubahan atas property-property yang dimiliki oleh setiap objek. Ketika kita memilih sebuah objek pada Objek Navigator, property-property yang dimiliki oleh objek tersebut akan ditampilkan pada property palette.
44
Item-item Property Palette
Property List Memiliki dua(2) kolom, yaitu: names dan value. Kita dapat memilih property di dalam list dengan cara mengklik mouse pada property tersebut atau menggunakan tombol Up/Down pada keyboard. Name Kolom name menunjukkan nama objek yang dipilih pada Objek Navigator.
46
Mengenal Layout Editor
Layout Editor adalah sebuah fasilitas design graphic untuk membuat dan mengubah item interface dan object graphic di dalam sebuah form. Di dalam layout editor, kita bekerja pada sebuah canvas. Canvas ditampilkan di window pada saat dijalankan pertama kali.
47
Layout Editor
48
Mengenal Layout Editor
Untuk menunjang pembuatan form, pada layout editor dilengkapi beberapa tool, seperti Layout Editor Tool Palette dan Toolbar Command. Tool Palette terbagi menjadi beberapa type: Layout Tools Graphic Drawing Tools Item Drawing Tools Fill/Line Color Palette
49
Layout Editor Tool Palette
50
Fungsi dari Tool Palette
Items Fungsi Select Untuk mengaktifkan atau memilih suatu objek Magnify Sebagai pembesar atau zoom dari suatu canvas Rectangle Untuk menggambar kotak Ellipse Untuk menggambar lingkaran Polygon Untuk menggambar polygon Rounded Rectangle Untuk menggambar kotak dengan ujung-ujungnya membentuk lingkaran Label Untuk membuat teks Button Untuk membuat button, seperti button simpan dll
51
Fungsi dari Tool Palette
Items Fungsi Radio Button Untuk membuat item radio, yang digunakan untuk memilih kondisi Image Item Untuk menampilkan image atau gambar Been Area Untuk menambahkan kemampuan java pada form dalam bentuk class List Item Untuk menampilkan suatu list atau daftar dari suatu data Hierarchidql Tree Untuk membuat suatu tampilan dalam bentuk tree Stacked Canvas Untuk membuat canvas dalam bentuk stack atau bertumpuk
52
Fungsi dari Tool Palette
Items Fungsi Rotate untuk memutar suatu objek pada canvas Reshape Untuk memperbesar/memperkecil suatu objek pada canvas Line Untuk membuat garis Arc Untuk membuat sudut 450 Freehand Untuk menggambar objek sesuai dengan yang kita inginkan Frame Untuk membuat suatu frame atau bingkai Checkbox Untuk membuat suatu objek kotak cek, yang divisualisasikan dengan kotak yang ditandai Text Item Untuk membuat suatu inputan data, bisa berupa teks atau angka
53
Fungsi dari Tool Palette
Items Fungsi Chart Item Untuk membuat suatu grafik Display Item Untuk menampilkan suatu dalam bentuk per item Sound Item Untuk membuat suatu fasilitas menampilkan sound Tab Canvas Untuk membuat canvas dalam bentuk tabular Fill Color Untuk mewarnai background suatu objek Line Color Untuk mewarnai garis suatu objek Text Color Untuk mewarnai text
54
ToolBar Palette ToolBar Palette digunakan untuk mengatur nama font, ukuran font, format font dan juga dapat digunakan untuk mengatur posisi objek satu dengan objek lainnya.
55
Shortcut pada Fom Builder
Form Developer mempunyai beberapa shortcut untuk mempercepat pengaksesan terhadap sebuah menu, Berikut ini diberikan beberapa shortcut yang digunakan dalam form builder.
56
Shortcut pada Fom Builder
Menu Shortcut Open Ctrl + O Close Ctrl + W Save Ctrl + S Save As Shift + Ctrl + S Connect Ctrl + J Print Ctrl + P Copy Ctrl + C Paste Ctrl + V Clear Del
57
Shortcut pada Fom Builder
Menu Shortcut Run Form Client/Server Ctrl + R Run Form Debug Shift + Ctrl + R Compile Incremental Ctrl + K Compile All Shift + Ctrl + K Layout Editor F2 Object Navigator F3 Property Palette F4
58
Latihan 1 Buatlah disain form seperti ini :
59
Langkah-1: Membuat Koneksi ke Database (Lihat di materi lampiran)
60
Langkah-2: Me-running OC4J Instance
61
Me-running OC4J Instance
Caranya: Dari Oracle Developer Suite --> Forms Developer --> Start OC4J Instance, sehingga akan tampil kotak dialog seperti berikut :
62
Langkah-3: Membuka Form Builder
63
Membuat Form Baru
64
Langkah-4: Login Koneksi ke Database
65
Membuat Data Blok Baru 1 2 4 3
66
Menyetting Properti Data Block
1 2
67
Memulai Disain Form 1 2
68
Mendisain Form Baru
69
Menyetting Properti Pallete
70
Membuat Block PL/SQL 1 2
71
Blok PL/SQL pada Objeck Button BProses Ketika Trigger When-Button-Pressed
Nama Data Block Nama Trigger Nama Object Tipe Object
72
Blok PL/SQL pada Objeck Button Bproses Ketika Trigger When-Button-Pressed
:BLOKDATA.TXTHASIL:=:BLOKDATA.TXTDATA;
73
Membuat Block PL/SQL 1 2
74
Blok PL/SQL pada Objeck Button Bkeluar Ketika Trigger When-Button-Pressed
EXIT_FORM;
75
Langkah ke-5: Meng-kompile PL/SQL
76
Langkah ke-6: Me-running Form
77
Setelah Program Dieksekusi
78
Menyimpan Modul FrmLatihan1
Buatlah folder dengan nama “ ORA” untuk menyimpan semua modul praktek Oracle. Untuk menyimpan modul praktek : Dari menu File : Save As Pilih Direktori Penyimpanan (misalkan di E:\Oracle\ ORA ), Beri nama FrmLatihan1.FMB Seperti kotak dialog berikut :
80
File Yang Terbentuk FrmCetakGaji Setelah Dieksekusi
Module FrmCetakGaji
81
Selamat Mencoba
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.