Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bab 3 HARDWARE KOMPUTER.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bab 3 HARDWARE KOMPUTER."— Transcript presentasi:

1 Bab 3 HARDWARE KOMPUTER

2 PERIFERAL KOMPUTER: TEKNOLOGI INPUT, OUTPUT DAN PENYIMPAN
Bagian II PERIFERAL KOMPUTER: TEKNOLOGI INPUT, OUTPUT DAN PENYIMPAN

3 Periferal Komputer Definisi: Begantung pada koneksi langsung ke CPU
Nama umum yg diberikan untuk semua peralatan input, ouput dan penyimpan sekunder yg merupakan bagian dari sebuah sistem komputer, tetapi bukan merupakan bagian dari CPU. Begantung pada koneksi langsung ke CPU Semua periferal: peralatan online

4 Online vs. Offline Online – peralatan yg terpisah dari CPU, tetapi secara elektronik dapat dihubungkan ke dan dikendalikan oleh CPU Offline – peralatan yang terpisah dari CPU dan tidak berada di bawah kendali CPU

5 Teknologi Input Keyboard Peralatan Penunjuk (Pointing Devices)
Komputasi Berbasis Pena (Pen-Based Computing) Sistem Pengenal Suara (Speech Recognition Systems) Pemindai Optikal (Optical Scanning)

6 Keyboard Paling banyak digunakan untuk memasukkan data teks
Flexible keyboard Ergonomic keyboard PDA with keyboard

7 Keyboard Ergonomic keyboard Flexible keyboard

8 Pointing Devices Electronic Mouse – mengerakkan kursor pada layar.
Trackball – peralatan permanen dgn dgn bola pemutar pada bagian atasnya untuk menggerakkan kursor pada layar. Pointing Stick – tombol kecil mirip kancing yang terletak diantara tombol keyboard.

9 Pointing Devices Touchpad – permukaan segi empat yg sensitif terhadap sentuhan yang menggerakan kursor searah gerakan jari anda. Touch Screen – Layar yang memancarkan sinar inramerah yang akan mendeteksi daerah pada layar yg anda sentuh.

10 Pointing Devices: Mouse

11 Pointing Devices: Mouse

12 Pointing Devices trackball Pointing stick Touch pad

13 Pointing Devices: Touch Screen

14 Komputasi Berbasis Pena
Banyak digunakan pada komputer genggam & PDA Dapat mengenali dan mendigitalkan tulisan tangan Contoh: pena digitizer dan tablet grafis

15 Komputasi Berbasis Pena

16 Sistem Pengenalan Suara
Merupakan cara paling alami untuk memasukkan data ke komputer Software: Discrete speech recognition– berhenti sejenak diantara setiap kata yang diucapkan.user must pause between each spoken word Continuous speech recognition– mengenali suara yang berupa percakapan. Sistem pengenal suara mendigitalkan, menganalisis, mengklasifikasi suara anda serta polanya.

17 Sistem Pengenalan Suara

18 Pemindai Optikal Merupakan peralatan yg dapat membaca teks atau gafik dan mengubahnya ke bentuk input digital Flatbed scaner OCR – membaca karakter menggunakan peralatan peka cahaya Wand – pemindai optikal genggam yg digunakan untuk membaca kode OCR

19 Pemindai Optikal

20 Pemindai Optikal

21 Pemindai Optikal bar code platform scanner

22 Teknologi Input Lainnya
Magnetic Stripe – peralatan yg dapat membaca data yg tersimpan pada garis magnetik pada bagan belakang kartu Smart Cards – peralatan yg dapat membaca chip mircoprosesor yg terdapat pada sebuah kartu.

23 Teknologi Input Lainnya
Digital cameras – peralatan yg dpt digunakan menangkap, menyimpan dan men-download foto, video Magnetic Ink Recognition (MICR) – peralatan yg dapat membaca karakter tercetak pada dokumen dengan tinta berbahan dasar oksida besi

24 Teknologi Input Lainnya
Digital camera webcam

25 Teknologi Input Lainnya
Digital camera

26 Teknologi Output Video Output (Output Video)
Printed Output (Output Tercetak) Voice Response

27 Output Video Cathode Ray Tube (CRT) – mirip dgn tabung hampa udara pada televisi Liquid Crystal Display (LCD) – monitor layar datar Light Emitting Diode (LED)

28 Output Tercetak Inkjet Printers – menyemprotkan tinta pada kertas
Laser Printers – prosesnya mirip mesin fotokopi

29 Output Tercetak Photo printer Dot-matrix printer

30 Output Tercetak plotter

31 Voice Response Audio output device, menterjemahkan informasi audio dari komputer ke suara yg dapat dipahami manusia. Yang paling banyak digunakan: speaker dan headphone

32 Kelebihan dan Kelemahan Penyimpan

33 Representasi Biner Data diproses dan disimpan dlm komputer melalui keberadaan atau ketakberadaan sinyal elektronik Komputer hanya mengenal 2 keadaan: 1 (ON) atau 0 (OFF)

34 Bit vs. Byte Bit – binary digit, bernilai nol atau satu
Byte – pengelompokkan beberapa bit sebagai sebuah unit Biasanya 1 byte = 8 bit

35 Kapasitas Media Penyimpan
Kilobyte (KB) – one thousand bytes Megabytes (MB) – one million bytes Gigabytes (GB) – one billion bytes Terabytes (TB) – one trillion bytes Petabytes (PB) – one quadrillion bytes

36 ASCII Codes

37 Akses Langsung vs Sekuensial
Direct (or Random) Access – Setiap posisi penyimpanan memiliki alamat unik dan dapat diakses secara individu dlm waktu yg hampir sama. Sequential Access – Data direkam dan dibaca secara berurutan.

38 Akses Langsung vs Sekuensial

39 Memori Semikonduktor Karakteristik: Kecil Cepat
Tahan benturan dan temperatur Volatile – isi akan hilang jika arus listrik diputuskan Digunakan sebagai memori utama

40 RAM vs. ROM Random Access Memory (RAM) – isi memori dapat dibaca dan ditulis Read Only Memory (ROM) – isi memori dapat dibaca tetapi tidak dapat ditulisi

41 Disk Magnetik Karakteristik: Cepat Kapasitas Besar Harga terjangkau
Digunakan untuk memori sekunder

42 Jenis Disk Magnetik Floppy Disks – disk tunggal yang dilapisi jaket pelindung Hard Disk Drives – terdiri dr beberapa disk, lengan pengakses dan kepala pembaca/penulis dalam modul tertutup Redundant Arrays of Independent Disks (RAID) - susunan disk dari drive harddisk mikrokomputer yg saling berhubungan

43 Floppy Disks

44 Floppy Disks

45 Zip Disk

46 Hard Disk

47 Pita Magnetik Digunakan sebagai penyimpan sekunder
Data direkam dalam bentuk titik-titik magnetis pada permukaan lapisan besi oksida

48 Disk Optikal (Optical Disks)

49 Aplikasi Bisnis dari Disk Optikal
Penyimpanan archival jangka panjang. Media publikasi dengan akses yg cepat bagi bahan-bahan referensi Aplikasi multimedia interaktif

50 Bab 3 Selesai


Download ppt "Bab 3 HARDWARE KOMPUTER."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google