Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehRifqy Suci Telah diubah "9 tahun yang lalu
1
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2C MATERI MINGGU KE-2 Pengenalan Teknik-teknik Bahasa Pemrograman Henny Medyawati
2
BAHASA PROSEDURAL Serangkaian tugas diselesaikan dalam bentuk fungsi atau prosedur Cara pandang program adalah suatu urutan instruksi Programer harus melakukan perincian suatu problem menjadi sub problem yang lebih sederhana Fungsi dan prosedur menjadi fokus utama Fungsi dan prosedur digunakan untuk memanipulasi data Data bersifat pasif.
3
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Fungsi dan data bukan menjadi dua hal yang terpisah Fungsi dan data menjadi satu kesatuan yang disebut sebagai obyek aktif Cara pandang program adalah serangkaian obyek yang bekerjasama untuk menyelesaikan suatu problem
4
PROCEDURAL VS OOP Focusing on the task you are using the computer for
Focusing on the way a computer handles tasks Apakah itu Objek? Semua benda yang ada di dunia nyata dapat dianggap sebagai obyek Contoh : rumah, mobil, sepeda motor, gelas, komputer, meja dll.
5
Karakteristik objek Setiap obyek memiliki atribut sebagai status
(state). Setiap obyek memiliki tingkah laku (behavior) Contoh: obyek sepeda memiliki atribut (state) : pedal, roda, jeruji, warna, jumlah roda. memiliki tingkah laku (behavior) : kecepatannya menaik, kecepatannya menurun, perpindahan gigi sepeda.
6
Karakteristik objek (lanjutan)
Penggambaran pemrograman berorientasi obyek = penggambaran pada dunia nyata. Pada pemrograman berorientasi obyek: State disimpan pada variabel Tingkah laku disimpan pada method Apakah Class? Definisi class: merupakan template untuk membuat obyek. Definisi class: merupakan prototipe / blue prints yang mendefinisikan variabel – variabel dan method – method secara umum. Obyek merupakan hasil instansiasi dari suatu kelas. Proses pembentukan obyek dari suatu class disebut dengan instantiation. Obyek disebut juga instances.
7
KONSEP DASAR OOP Enkapsulasi (Encapsulation) Penurunan (Inheritance)
Polimorfisme (Polymorphism)
8
ENKAPSULASI Definisi enkapsulasi: Pembungkusan variabel dan method dalam sebuah obyek yang terlindungi serta menyediakan interface untuk mengakses variabel tersebut Variabel dan method yang dipunyai suatu obyek, bisa ditentukan hak aksesnya.
9
ENKAPSULASI Contoh: jam tangan
Penting sekali untuk mengetahui waktu. Cara jam mencatat waktu dengan baik antara jam bertenaga baterai atau bertenaga gerak tidaklah penting kita ketahui Dalam OOP, konsep enkapsulasi sebenarnya merupakan perluasan dari struktur dalam bahasa C.
10
PEWARISAN Definisi : merupakan pewarisan atribut dan method dari sebuah class ke class lainnya Class yang mewarisisuperclass Class yang diwarisisubclass Subclass bisa berlaku sebagai superclass bagi class lainya multilevel inheritance
11
PEWARISAN (LANJUTAN) POLIMORFISME Definisi:
Contoh : terdapat class sepeda dan sepeda gunung. Sepeda superclass Sepeda gunung subclass Sepeda gunung memiliki variabel dan method yang dimiliki oleh sepeda. Prinsip : Persamaan-persamaan yang dimiliki oleh beberapa kelas dapat digabungkan dalam sebuah class induk sehingga setiap kelas yang diturunkannya memuat hal-hal yang spesifik untuk kelas yang bersangkutan. POLIMORFISME Definisi: Kemampuan suatu obyek untuk mempunyai lebih dari satu bentuk .
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.